Bagaimana Cara Promosi Dengan Media Offline

Bagaimana Cara Promosi Dengan Media Offline – Saat ini untuk keperluan promosi bisa menggunakan media offline maupun online. Anda bisa memilih fokus menggunakan salah satunya yakni menggunakan media offline. Media offline ini berupa brosur, pamflet, poster dan promo yang langsung diutarakan kepada pelanggannya.

Bagaimana Cara Promosi Dengan Media Offline

Umumnya media offline ini memiliki target untuk menembus usia dewasa menuju tua. Hal ini dikarenakan usia ini sudah jarang menggunakan media online sehingga pemasaran bisa lebih merata. Penggunaan promosi media offline ini memang memerlukan tenaga dan biaya yang banyak namun hasilnya lebih tahan lama untuk dirasakan.

Rahasia Bagaimana Cara Promosi Dengan Media Offline

  • Tingkatkan branding untuk produk

Langkah pertama untuk mempermudah proses promosi offline adalah dengan meningkatkan branding produknya. Siapkan segala hal krusial yang perlu dimasukkan seperti produk andalan, logo produk dan juga harga sesuai pasaran. Tambahkan juga tagline untuk memberikan ciri khas pada produknya.

Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat rincian tersebut gunakan jasa jasa yang tepat. Buatlah sketsa mengenai rancangan yang diinginkan untuk keperluan branding produknya.

  • Tentukan target yang tepat

Jawaban bagaimana cara promosi dengan media offline terbaik kedua adalah dengan menyesuaikannya bersama target yang sesuai. Lakukan riset sederhana mengenai komunitas yang sesuai, penjualan wilayah, jenis kelamin dan usaha. Dengan menemukan target yang sesuai maka produknya akan sampai pada tangan yang tepat.

  • Lakukan riset untuk produknya

Selain melakukan riset untuk target pemasaran langkah selanjutnya adalah melakukan riset untuk penjualan produk. Produk ini memerlukan beberapa kriteria layak sebelum dipasarkan. Siapkan rincian mengenai jenis produk yang akan dijual, model yang dikeluarkan, warna dan motif serta kegunaannya.

Yang terpenting dari riset ini adalah harus disesuaikan dengan passion penjualnya. Seperti contohnya jika penjual adalah seorang hijaber maka produk yang tepat adalah jilbab atau fashion gamis. Jadi dalam penjualannya bisa lebih mem-branding jualan dengan memakai produknya sendiri.

  • Lakukan perencanaan yang sesuai

Kemudian dalam memulai penjualan dan pemasaran offline ini Anda wajib merencanakan hal apa saja yang akan dilakukan. Buatlah anggaran untuk memetakan uang promosi pada tempatnya. Dengan begitu ketika tiba waktunya eksekusi semuanya lebih terstruktur dan sesuai kebutuhannya.

Jika sudah memiliki tim Anda bisa ploting jobdesk untuk beberapa orang yang bekerja dalam marketing offline ini. Pastikan semua tim bekerja solid untuk mewujudkan promosi offline yang sesuai.

  • Luaskan kerja sama

Lakukan penyiaran promosi offline dengan melakukan kerja sama pada beberapa majalah, koran atau televisi yang sesuai. Sesuaikan budget yang sesuai dengan kebutuhan promosinya. Siapkan materi yang mengundang minat para pembaca dan penonton iklan televisi. Usahakan video dan fotonya terlihat dengan jelas dan pesan di dalamnya bisa tersampaikan dengan baik.

  • Diskon berdasarkan profesi

Jawaban bagaimana cara promosi dengan media offline tercepat yang keenam adalah memberikan diskon berdasarkan profesi pembeli. Pada pamflet atau banner berikan keterangan diskon yang unik, salah satunya adalah memberikan diskon berdasarkan profesinya. Contohnya jika produknya banyak dipakai untuk guru dan dokter maka berikan penjelasan potongan harga khusus target marketnya yakni guru dan dokter.

Cara seperti ini banyak digunakan untuk menarik minat langsung pada target pasarnya sekaligus menyaring targetnya. Mereka ini adalah orang-orang yang membutuhkan produk tersebut jadi akan berpikir ulang untuk tidak membelinya. Siarkan promo ini pada pembeli yang sudah pernah membeli produknya agar tertarik melakukan pembelian ulang.

  • Voucher khusus

Perlakukan pelanggan Anda berbeda dengan lainnya menggunakan voucher yang menarik. Voucher ini bisa digunakan untuk mengurangi harga pasaran ataupun bisa ditukar dengan produk lainnya. Anda harus benar-benar memperhatikan pemerataan voucher yang akan diberikan.

  • Manfaatkan diskon hari besar

Anda harus bisa memanfaatkan beberapa momen penting yang terjadi seperti hari kemerdekaan ataupun hari raya. Buatlah produk dengan ciri yang menggambarkan mengenai hari besar yang dirayakan. Kemudian lengkapi dengan media banner serta brosur untuk mempromosikannya.

  • Merchandise untuk pembelian pada jumlah tertentu

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan merchandise khusus untuk batas pembelian tertentu. Anda juga bisa memberikan merchandise untuk pelanggan yang rutin membeli produknya pada batas tertentu. Merchandisenya tidak perlu yang mahal bisa berupa handuk, sarung atau kaos dengan disertai logo produknya.

  • Ikut menjadi sponsor

Jangan tolak semua acara yang mengajukan sponsor untuk produk Anda, asalkan menarik dan menguntungkan cobalah untuk ikut. Mengikuti sponsor ini akan menjadi peluang lebih menarik dalam pengenalan produknya. Apalagi sponsornya digunakan untuk hadiah pemenang, maka produknya bisa dicoba langsung oleh orang yang penting.

  • Bagikan sampel produk

Hal terpenting dalam pemasaran offline selanjutnya adalah membagikan sampel produk gratis pada siapa pun yang ingin mencobanya. Gerakkan tim marketing untuk menawarkan produk sampel pada target yang tepat ataupun random. Cara ini akan membuat mereka tertarik untuk mencoba produk tanpa takut kehilangan dana.

Anda bisa membuat sampel produk dalam ukuran yang kecil-kecil agar lebih merata asalkan pembeli bisa merasakannya. Seperti contohnya untuk kue buatlah yang mini dengan pengemasan yang menarik.

  • Beli satu gratis satu

Promo yang banyak digunakan selanjutnya adalah penawaran beli satu gratis satu. Promo ini sangat menggiurkan untuk pembelian makanan maupun fashion. Agar tidak rugi, siasati dengan menaikkan harga jual dari aslinya. Sehingga ketika diberikan gratis pada pembeli tidak akan rugi.

Kelebihan dan Kekurangan Media Offline

Untuk Anda yang berniat memulai pemasaran offline perlu mengetahui beberapa hal penting seperti di bawah ini:

Pemasaran yang bisa dilakukan

  • Gunakan sales untuk menawarkan produk jualan dari satu tempat menuju tempat lainnya. Lakukan proses presentasi yang sesuai pada target jual atau melakukan demo yang pas. Cara ini akan menarik minat pembeli pada produknya.
  • Sales pada bagaimana cara promosi dengan media offline terpercaya ini bukan hanya bertugas untuk memasarkan namun juga publikasi produknya. Sales harus bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh calon konsumen dengan sabar meskipun tidak semua akan langsung membelinya.
  • Penawaran produk ini juga harus dilengkapi dengan perlengkapan yang mewadai seperti brosur dan banner yang tepat. Hal ini akan memudahkan target untuk mengetahui proses promosi yang dilakukan.

Kelebihan yang didapatkan

  • Segala bentuk promosi dan tanya jawab terjadi tatap muka antara penjual dengan calon pembelinya. Hal ini akan membuat faktor kepercayaan pelanggan menjadi lebih tinggi dan lebih sering berujung pada pembeliannya.
  • Konsumen bisa langsung mengetahui bentuk fisik produk yang akan dibeli. Sehingga mereka bisa langsung memutuskan untuk membeli atau mencari produk lainnya.
  • Konsumen bisa langsung mengeluhkan produk yang dibelinya pada penjualnya. Dengan begitu komunikasi bisa berjalan lebih lancar untuk menghindari kesalahpahaman.

Kekurangan yang perlu diperhatikan

  • Menghabiskan banyak waktu dan tenaga mengenai pengawasan promosi yang dilakukan.
  • Tidak bisa menjangkau lebih banyak area penjualan.
  • Biaya yang diperlukan untuk proses promosi ini sangat mahal.

Tips Memperluas Target Pasar Dengan Media Offline

Agar proses promosi offline ini bisa berjalan dengan lancar tentunya diperlukan tips yang tepat. Adapun tips yang cocok untuk menjawab bagaimana cara promosi dengan media offline minim budget bisa dilihat di bawah ini:

  • Pilah event yang sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa menjadi sebuah sponsor sangat menguntungkan sebagai cara memperluas promosi produknya. Anda tidak perlu menunggu adanya event yang menawarkan, jika memang menemukan event yang sesuai langsung ajukan saja untuk menjadi sponsornya.

Seperti contohnya jika produk yang dijual adalah paket baju untuk pernikahan maka lakukan riste dalam melihat peluangnya. Carilah informasi mengenai artis terkenal yang akan menikah dalam waktu dekat. Jika sesuai dengan keuntungan yang didapatkan maka langsung saja masuk untuk mengisi bagian yang dibutuhkan.

  • Usahakan ada toko fisik

Saat ini meskipun ingin fokus berjualan online, Anda tetap dituntut untuk memiliki toko fisik atau sekedar stan untuk bisnisnya. Tempat yang dibutuhkan tidak harus yang luas ataupun mewah, jika belum ada gunakan rumah tinggal yang sekarang untuk tempat penyimpanan. Lengkapi saja dengan banner besar yang menunjukkan bahwa tempat tersebut adalah toko yang dimaksud.

Lakukan penataan yang menarik seperti memberikan tempat display dari kaca dan aluminium pada di depan rumah.

  • Sebarkan brosur

Penjelasan mengenai bagaimana cara promosi dengan media offline masa kini yang ketiga adalah dengan menyebarkan brosur. Brosur merupakan alat yang penting untuk proses pemasaran offline karena berisikan banyak informasi di dalamnya. Sebagai bentuk pengenalan produk Anda bisa memasukkan brosur pada produk yang telah dibeli oleh pelanggannya.

Anda juga bisa menyebarkan brosur pada orang-orang yang dekat dengan outletnya untuk mampir. Biasanya hal ini diimbangi dengan pengadaan grand opening walaupun dilakukan dengan sederhana. Lakukan juga pembagian sampel pada saat pelanggan mulai berkumpul. Momen ini sangat pas untuk langsung melihat impresi mereka terhadap produknya.

  • Buatlah event yang menarik

Jangan selalu menunggu adanya event dari orang lain namun Anda bisa membuat event-nya sendiri. Untuk proses promosi offline maka kegiatan yang dilakukan harus berupa perlombaan atau bazzar. Berikan paket yang menarik seperti goody bag yang berisikan produk tersebut.

Lengkapi isian goody bag-nya juga dengan brosur, pamflet penjelasan produk, serta pernak-pernik lainnya yang menggunakan logo produknya. Dana yang harus dikeluarkan memang banyak namun dampak yang didapatkan juga mempengaruhi. Semakin menarik event yang dibuat maka akan banyak orang yang tertarik untuk bergabung.

  • Percayakan pada jasa yang sesuai

Untuk membuat promosi offline Anda harus benar-benar memilih jasa yang sesuai karena mempengaruhi dampak yang diberikan. Termasuk di dalamnya nilai estetika dari desain dan juga layout yang sesuai. Pastikan semuanya terstruktur dengan baik sehingga pesannya sampai pada pelanggan.

Jangan lupa untuk menyediakan foto produk yang mendukung agar pelanggan tertarik untuk membaca informasi yang diberikan. Pastikan harga beli untuk modal promosinya sebanding dengan media promosi yang didapatkan.

Beberapa persiapan untuk menjawab bagaimana cara promosi dengan media offline memang harus dilakukan secara rinci. Anda bisa mencoba beberapa tips terlebih dahulu kemudian melakukan evaluasi untuk melihat hasilnya. Barulah bisa melanjutkan untuk mencoba cara lainnya agar promosi offline ini tetap memberikan hasil.

Leave a Reply

×