Bagaimana Cara Mempromosikan Suatu Barang atau Jasa ke Masyarakat Luas

Bagaimana Cara Mempromosikan Suatu Barang atau Jasa ke Masyarakat Luas – Promosi saat ini sudah sangat berkembang memenuhi keinginan pasar. Sebagai penggerak usaha bisnis harus selalu update mengenai cara promosi yang dilakukan. Lakukan riset sederhana untuk mengetahui keinginan target pasar dan juga media yang banyak dikunjungi. Pendekatan yang tepat mampu membawa produk atau jasa pada pelanggan yang membutuhkannya.

Bagaimana Cara Mempromosikan Suatu Barang atau Jasa ke Masyarakat Luas

Cara promosi untuk barang dan jasa sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang jauh. Hanya saja untuk pemasaran jasa tidak perlu mendetail memberikan gambar treatmentnya. Pembeli akan lebih fokus melihat tulisan treatment yang akan didapatkan dari pada melihat gambarnya. Berbeda dengan produk yang langsung mengarahkan pembeli untuk melihat detail kemasan dan juga teksturnya.

Tujuan Melakukan Berbagai Strategi Promosi ke Masyarakat

Dalam melakukan promosi setiap perusahaan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut akan sangat mempengaruhi strategi promosi yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Ternyata tujuan tersebut juga sangat beragam seperti di bawah ini:

  • Promosi penjualan

Untuk menjawab bagaimana cara mempromosikan suatu barang atau jasa ke masyarakat luas terpercaya bisa memakai promosi penjualan. Salah satu contohnya adalah datang pada sebuah event untuk membuka booth dengan pameran produk dan jasanya.

  • Publikasi

Jika tujuan yang diinginkan adalah sebuah publikasi maka langkah yang harus dilakukan adalah pengadaan materi yang komersial. Anda harus mengenal kebutuhan promosi yang digunakan baik offline maupun online.

  • Penjualan langsung

Tujuan yang satu ini banyak memberikan keuntungan ketika digunakan. Ketika penjual fokus dengan cara direct selling maka customer bisa lebih leluasa untuk mencoba produknya. Mereka bisa langsung menilai suka atau tidak suka dengan produknya. Jangan lupa untuk menerima kritik dan saran sebagai masukan pada produknya.

  • Promosi

Tujuan yang terakhir adalah sebagai bentuk promosi tidak langsung. Anda bisa memilih tujuan yang satu ini dengan memanfaatkan media sosial atau media offline yang sudah ada.

Bagaimana Cara Mempromosikan Suatu Barang Atau Jasa Ke Masyarakat Luas

Setelah memilih tujuan promosi tersebut, sekarang saatnya mengetahui strategi yang bisa Anda lakukan. Secara umum strategi yang digunakan untuk penjualan memiliki empat klasifikasi seperti di bawah ini:

  • Bussines promotion

Strategi yang satu ini memiliki tujuan untuk menjaga loyalitas dan hubungan dengan pelanggan lama. Namun juga tetap berusaha untuk menggaet pelanggan baru dengan pendekatan yang sesuai.

  • Sales force promotion

Strategi selanjutnya yang bisa digunakan adalah sales force promotion. Strategi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai penjualan produk dengan menggencarkan promo. Termasuk dalam bagaimana cara mempromosikan suatu barang atau jasa ke masyarakat luas terbaik untuk dilakukan.

  • Trade promotion

Stratgei berikutnya berguna untuk memaksimalkan fungsi dari distributor untuk menjual produk dari perusahaan. Biasanya cara ini banyak dilakukan oleh para grosir dan reseller yang bertugas menjadi distributor dan sales sekaligus.

  • Customer promotion

Strategi terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan customer promotion. Cara ini menggunakan pendekatan langsung dengan ajakan kepada customer untuk membeli produk atau jasanya.

Tips Promosi Yang Efektif Untuk Menggaet Konsumen

Untuk melancarkan bagaimana cara mempromosikan suatu barang atau jasa ke masyarakat luas masa kini dibutuhkan beberapa tips khusus. Anda bisa menggunakan beberapa tips penting seperti di bawah ini:

  • Mengadakan giveaway

Anda memang harus memerlukan modal sebagai bentuk promosi yang tepat. Salah satunya adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway adalah serangkaian acara pemberian hadiah untuk pelanggan tertentu. Giveaway bisa dilakukan secara online maupun offline sesuai dengan kebutuhan. Biasanya jika berbentuk offline salah satu syaratnya adalah datang ke outlet, membeli produk lalu mendapatkan kupon undian.

Kupon inilah yang nantinya menjadi penentu menang tidaknya berdasarkan isian kupon yang sesuai. Ada juga yang menggunakan cara pemilihan random sehingga kemenangan sepenuhnya berdasarkan keberuntungan saja. Buatlah giveaway yang menarik dengan jangka waktu yang sesuai.

Untuk membuat giveaway yang menarik dan menguntungkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini:

  • Berlakukan syarat pembelian produk tertentu, jika tujuannya untuk meningkatkan penjualan produk baru.
  • Berlakukan syarat hadiah bisa didapatkan oleh pemenang yang sama. Hal ini akan berimbas pada pembelian dalam jumlah banyak.
  • Berikan hadiah yang banyak diminati orang seperti pulsa, uang tunai ataupun bundle produk.
  • Berikan jangka waktu yang singkat untuk menarik antusias para pemburu hadiah giveaway ini.

  • Berikan garansi

Hanya produk dengan kualitas bagus yang berani memberikan garansi yang menggiurkan. Pembeli akan mempertimbangkan dalam membeli produk dengan garansi yang jelas untuk menghindari kerugian yang bisa terjadi. Berikan garansi yang mampu menjaga kepercayaan pembeli seperti pemakaian dan selamat sampai tujuan.

Garansi ini sama sekali tidak merugikan penjual asalkan hanya menjual produk yang benar-benar berkualitas. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan garansi adalah sebagai berikut:

  • Berikan garansi yang masuk akal sesuai dengan produknya. Umumnya untuk elektronik garansinya hanya sekitar beberapa bulan saja untuk keamanan. Sementara keawetan bisa sampai tahunan. Namun untuk produk seperti pakaian dan skincare tentu jangka waktunya tidak akan selama itu.
  • Cek ulang produk yang akan didistribusikan untuk meyakinkan bahwa produk yang diterima pelanggan memang sudah bagus kualitasnya.
  • Jangan lupa meminta pembeli untuk mengecek sendiri produk sebelum dibeli dan tidak menerima pengembalian produk karena kesalahan pembeli.
  • Jika pembelian menggunakan jasa antar, mintalah video unboxing oleh pelanggan untuk mendapatkan penggantian ketika produknya rusak.
  • Buatlah kupon atau voucher

Salah satu jawaban untuk bagaimana cara mempromosikan barang atau jasa ke masyarakat luas termurah adalah dengan membuat kupon atau voucher. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kupon bisa digunakan untuk giveaway, sementara voucher bisa digunakan sebagai hadiahnya. Banyak orang yang lebih tertarik dengan voucher karena bisa dibelikan produk sesuai keinginan.

  • Berikan tanda loyalty

Banyak orang yang hanya fokus untuk mencari pelanggan baru dan melupakan pelanggan lama. Akibatnya bukan malah bertambah, pelanggan akan semakin berkurang. Untuk mengantisipasi hal tersebut gunakan tanda loyalty sebagai bentuk reward. Salah satu contohnya adalah setiap pembelian dalam jumlah tertentu pembeli mendapatkan cap pada struk belanjanya.

Setelah mencapai batas cap tertentu bisa ditukarkan dengan hadiah menarik. Anda tidak perlu menyediakan hadiah yang mahal namun lebih pada sisi manfaatnya. Pilihlah hadiah berupa set alat masak, payung, gelas, tumbler atau produk lain yang banyak disukai. Jangan lupa untuk memberikan logo produk pada setiap hadiah yang diberikan. Hal ini berguna sebagai soft selling secara gratis pada masyarakat lebih luas.

  • Hadiah yang menarik

Selain memberikan tanda loyalty jangan lupa memperhatikan hadiah untuk pelanggan yang sudah berlangganan lama. Anda pasti pernah mendapatkan reward berupa jam dinding atau payung setelah menjadi pelanggan tetap. Lakukan cara ini untuk memanjakan pelanggan. Konsumen akan merasa dihargai meskipun reward yang diberikan hanya berupa handuk muka saja.

  • Promo beli satu gratis satu

Maksimalkan penawaran dengan promo menarik seperti beli satu gratis satu. Promo yang satu ini paling banyak menggaet minat pembeli. Anda tidak perlu mengorbankan banyak dana untuk melakukannya. Perhatikan saja pengolahan kalimat promosi dan juga permainan harga yang lebih menarik minat. Buatlah kemasan produk yang lebih mini dari aslinya kemudian promokan dengan buy one get one.

Bahkan promosi ini tidak hanya berlaku untuk produk yang sama. Apalagi jika tidak memungkinkan untuk mencapai biaya modalnya. Lakukan penyatuan buy one get one untuk produk lain yang lebih terjangkau. Namun jangan terlalu timpang jauh dari ekspektasi pembelinya agar tidak kecewa.

  • Tawarkan produk dalam bentuk paketan

Saat ini banyak orang yang ingin lebih praktis sehingga Anda bisa memaksimalkannya dengan penawaran produk paketan. Seperti contohnya produk yang dijual adalah perawatan badan maka Anda bisa membuat penawaran paket menarik seperti sabun dan lotion. Satu kotak isikan sabun ukuran kecil dengan lotion ukuran sedang, tambahkan tas terawang untuk mempercantik. Bundle ini akan lebih diminati baik untuk kado atau dipakai sendiri.

  • Lakukan kontes

Untuk selingan giveaway Anda bisa menggunakan sistem kontes. Kontes ini bisa berupa event berhadiah produk dengan syarat tertentu atau cukup bergabung menjadi sponsor. Maksimalkan produk yang ada di gudang sebagai merchandise dan bundle hadiah peserta. Cara ini lebih efektif untuk mengenalkan produk meluas pada seluruh lapisan masyarakat.

  • Program chasback

Perbanyak cara pembayaran bukan hanya tunai saja walaupun dilakukan secara offline. Anda bisa menggunakan metode pembayaran seperti E-Wallet dan kartu kredit. Hal ini untuk mendukung program chasback yang menguntungkan. Dengan begitu masyarakat lebih mudah menjangkau pembelian produknya.

  • Gratis pengantaran

Meskipun menggunakan toko offline Anda bisa memakai bagaimana cara mempromosikan suatu barang atau jasa ke masyarakat luas termudah gratis pengantaran. Buatlah pelanggan lebih nyaman berbelanja dengan memanfaatkan jasa pengantaran kurir atau langsung menggunakan tenaga kerja toko. Mainkan harga produk untuk mencukupi biaya bensin selama pengantarannya.

Jangan lupa untuk mengklasifikasikan jenis produk apa saja yang mampu bertahan selama proses pengantaran. Untuk pemilik usaha jasa bisa juga melayani pelayanan undangan seperti pijat, spa asalkan tempatnya mendukung.

  • Potongan harga

Maksimalkan juga pemberian potongan harga untuk memanjakan para pembelinya. Potongan ini harus sesuai dengan target penjualan pada jumlah tertentu. Potongan harga juga bisa menjadi alternatif sebagai reward pembeli yang membeli dalam jumlah banyak. Mereka akan senang sehingga memungkinkan terjadinya pembelian ulang di hari lainnya.

Seperti contohnya Anda bisa memberikan potongan harga lima ribu rupiah untuk pembelian yang mencapai seratus ribuan. Cara ini mampu meningkatkan minat beli untuk pembeli yang menyukai hitungan bulat. Jadi mereka bisa lebih berhemat jika belanjaan melebihi targetnya.

  • Datangkan tokoh berpengaruh

Sekali waktu pada momen yang tepat datangkan tokoh berpengaruh sebagai bintang tamu dalam usaha Anda. Tokoh ini tugasnya mempromosikan produk atau jasa yang dijual secara langsung. Otomatis banyak pelanggan yang langsung suka dan tertarik untuk membeli produknya. Memang dibutuhkan biaya lebih namun impresinya bisa lebih tahan lama. Apalagi jika mampu menyewanya sebagai brand ambassador.

Dalam mempelajari bagaimana cara mempromosikan suatu barang atau jasa ke masyarakat luas memang diperlukan banyak biaya dan tenaga. Salah satu cara promo yang bisa Anda gunakan adalah dengan memasang billboard. Sinergi Media dapat memenuhi kebutuhan promosi tersebut, segera hubungi kami melalui nomor 021-8262-7171 untuk mendapatkan konsultasi gratis promosi.

Leave a Reply

×