Bagaimana Cara Membuat Iklan Supaya Menarik Perhatian Masyarakat

Bagaimana Cara Membuat Iklan Supaya Menarik Perhatian Masyarakat – Membuat iklan yang menarik harus memenuhi beberapa kriteria penting. Kriteria inilah yang dijadikan acuan layak tidaknya sebuah iklan digunakan untuk promosi.

Sesuai dengan fungsi utama iklan yakni sebagai sarana pengenalan produk atau jasa tertentu pada sasaran masyarakatnya. Dengan memiliki kriteria yang pasti maka penjualan produk atau jasa bisa meningkat.

Bagaimana Cara Membuat Iklan Supaya Menarik Perhatian Masyarakat

Anda juga harus mengenal kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika seseorang membuat iklan untuk usahanya. Hal ini berguna sebagai bahan evaluasi mengenai bentuk iklan yang dibuat agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Kesalahan dalam iklan akan menimbulkan kesalahpahaman dan juga kerugian bagi pelaku usaha.

Bagaimana Cara Membuat Iklan Supaya Menarik Perhatian Masyarakat?

  • Cara pengemasan iklan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan iklan adalah mengenai cara pengemasan iklannya. Iklan yang dibuat harus memenuhi standar pengemasan yang menarik bagi masyarakat. Pengemasan ini berupa desain iklan, pemilihan warna dan juga layout untuk font iklannya. Pengiklanan yang sesuai sasaran mampu meningkatkan minat masyarakat untuk membeli produknya.

Untuk usaha yang sudah berjalan jangan lupa menambahkan beberapa testimoni menarik mengenai produk dari pembelinya. Cara ini mampu menarik minat konsumen baru untuk mencoba produknya.

  • Gunakan pemasaran media yang sesuai

Bagaimana cara membuat iklan supaya menarik perhatian masyarakat masa kini kedua adalah menggunakan pemasaran media yang sesuai. Media yang tidak sesuai juga menjadi masalah iklan tidak tersampaikan pada masyarakat dengan baik.

Untuk media offline gunakan brosur, iklan surat kabar, majalah, radio dan televisi. Lakukan riset sederhana mengenai kebiasaan pencarian informasi oleh respondennya.

Cara offline memang membutuhkan banyak biaya dan tenaga untuk melakukannya. Namun yang menjadi nilai plusnya adalah komunikasi yang lebih terjalin terutama pada saat pembagian brosurnya. Biasanya calon pembeli akan banyak bertanya ketika tertarik terhadap produk yang ditawarkan.

  • Jelaskan tujuan dan sasarannya

Langkah berikutnya untuk membuat iklan yang menarik juga harus memperhatikan mengenai tujuan dan sasaran yang jelas. Sebelum membuat iklan rumuskan terlebih dahulu tujuan dibuatnya iklan tersebut dan juga sasaran yang menjadi audiencenya. Kedua hal ini memiliki dampak yang krusial untuk mendapatkan customer sesuai fungsi dari produk dan kebutuhannya.

Tujuan dari produk biasanya juga termasuk ke dalam visi misi dari pengusaha yang memproduksi produk atau jasa tersebut. Seperti contohnya sebuah iklan dibuat untuk menawarkan provider dengan harga terjangkau. Maka sasaran yang sesuai adalah taraf mahasiswa maupun siswa karena membutuhkan untuk sekolah online.

  • Berikan sentuhan visual

Tips selanjutnya dalam pembuatan iklan adalah memberikan sentuhan visual pada iklannya. Sudah terbukti bahwa ketika melihat iklan yang menjadi daya tarik awal adalah bagian gambarnya sementara tulisan kurang mendapat perhatian.

Untuk itu manfaatkan laman yang ada sebagai isian gambar yang lebih banyak. Menonjolkan sisi visualisasi juga bermanfaat untuk lebih mengenalkan produk atau jasanya secara nyata.

Anda bisa mengurangi jumlah kalimat yang dimasukkan ke dalam media iklannya. Kemudian ukuran gambar produk atau jasanya bisa ditambah atau diperbesar. Gambar lebih mampu menarik perhatian masyarakat untuk tahu isi dari iklannya dari pada harus membaca kalimat promosinya.

  • Kerucutkan pesan

Bagaimana cara membuat iklan supaya menarik perhatian masyarakat terbaik berikutnya adalah menghindari banyak pesan dalam sekali penyampaian. Yang dimaksud dari mengerucutkan pesan adalah Anda harus memiliki fokus utama yang digunakan dalam penyampaian iklannya. Seperti contohnya, promosi dilakukan untuk memberitahukan diskon atau potongan harga selama periode menjelang lebaran.

Otomatis dengan begitu Anda tidak boleh menambahkan promo lain agar promo lebaran tersebut lebih dilirik oleh konsumennya. Pilihlah kalimat yang baik dan benar juga untuk menghindari timbulnya makna ganda dari sebuah kalimat. Dengan begitu pelanggan tidak akan banyak berpikir untuk menggunakan promo yang ada.

  • Jangan terlalu kaku

Cara tepat selanjutnya untuk membuat iklan yang menarik adalah menggunakan pembawaan santai dengan gurauan. Jangan terlalu kaku dalam membuat bahasa iklan karena terkesan boring dan tidak menarik. Berikan sentuhan candaan di dalam iklannya atau semacam sindiran ringan. Cara seperti ini lebih bisa memasuki pangsa pasar terlebih bagi mereka yang memiliki selera humor tinggi.

Sentuhan humor ini juga mampu membuat suasana hati seseorang yang buruk menjadi lebih baik. Inilah yang membuat banyak iklan dengan humor berujung dengan pembelian dari pembaca iklannya.

  • Tekankan keunggulan produk

Anda harus lebih mengutamakan area yang ada pada iklan untuk menekankan keunggulan dari produk yang ditawarkan. Penekanan keunggulan produk ini tentu menjadi nilai tersendiri untuk mengikat ketertarikan masyarakat terhadap penawaran tersebut. Apalagi jika usaha jasa atau produk tersebut tergolong baru sehingga perlunya promosi yang lebih gencar.

Menonjolkan kelebihan dari sebuah jasa atau produk juga sudah terbukti keampuhannya untuk menarik minat pembeli. Terlebih jika mendapatkan tipe pelanggan yang banyak rasa penasarannya. Mereka cenderung lebuh cepat memutuskan pembelian ketika mendapatkan keinginan yang kuat dalam dirinya melalui keunggulan produk tersebut.

  • Tampilah dengan beda

Bagaimana cara membuat iklan supaya menarik perhatian masyarakat terupdate kedelapan adalah lebih mengutamakan kepercayaan diri. Jangan tergantung dengan jenis iklan dan bentuknya yang sudah banyak beredar.

Justru Anda harus berani mengemas pengiklanan menjadi lebih berbeda dengan cara baru. Keunikan dalam cara penyampaian ini nyatanya lebih menarik minat masyarakat dari pada yang sudah umum.

Penampilan yang berbeda juga menjadi ciri khas dari produk atau usaha yang dipromosikan tersebut. Hal ini mampu memberikan kesan tersendiri untuk masyarakat terhadap iklan dan produknya.

Kesalahan Yang Terjadi Dalam Pembuatan Iklan

Selain tips dalam pembuatan iklan, jangan lupa untuk menghindari kesalahan yang sering terjadi saat penayangan iklan seperti di bawah ini:

  • Proses penayangan iklan

Buatlah kesepakatan yang pasti di awal penayangan iklan dimana pun tempatnya. Jangan sampai menarik iklan sebelum waktu kesepakatannya habis atau mengganti iklan dengan model baru.

Hal seperti ini memiliki dampak tersendiri bagi pengenalan informasinya pada masyarakat. Mereka akan menganggap iklan yang dibuat tidak profesional atau tidak punya pendirian.

Lebih baik tetap meneruskan kontrak iklan sampai benar-benar habis, barulah membuat iklan baru yang lebih menarik. Cara seperti ini mampu menembus pasar secara perlahan, bahkan dengan rajin menayangkan iklan lama-lama pembeli akan tergiur. Anda tidak boleh menyerah, kalau perlu gunakan banyak media offline untuk mendukung penyebarannya lebih meluas.

Kemudian dalam hal penyimpulan tingkat dari keefektivitasan sebuah iklan dalam waktu yang singkat. Inilah pentingnya berpakem pada kesepakatan awal yang fungsinya untuk jangka waktu evaluasi standar. Setelah penayangan habis barulah lakukan evaluasi untuk melihat perkembangan penjualan dari iklannya.

  • Alasan kurang jelas

Bagaimana cara membuat iklan supaya menarik perhatian masyarakat termudah adalah dengan memberi keyakinan pada pelanggan terhadap produknya. Kesalahan yang sering terjadi adalah promosi yang dibuat tidak menjelaskan provokasi dan alasan mengapa mereka harus membeli produk tersebut. Meskipun sepele, tipe pembeli tertentu akan mempermasalahkan hal ini dan tidak akan tertarik dengan produknya.

Namun perlu diperhatikan bahwa persuasif yang dilakukan juga harus berdasarkan dengan kenyataan yang ada. Jangan sampai berlebihan dalam menjelaskan keunggulan produk apalagi melakukan penipuan. Hal ini justru akan merugikan Anda dan menurunkan kepercayaan dari masyarakat.

  • Iklan yang monoton

Sebelum menayangkan iklan jangan lupa untuk melakukan riset mengenai tipe-tipe iklan yang sudah beredar di masyarakat. Carilah celah untuk membuat iklan yang dibuat menonjol di antara lainnya. Iklan yang kurang menonjol juga mudah tenggelam dan tidak mendapatkan efek yang maksimal. Pandai-pandailah dalam membuat desain dan penataan iklan yang lebih menarik.

  • Sesuaikan dengan momennya

Penawaran dengan iklan juga harus disesuaikan dengan kesesuaian momen yang dibutuhkan. Contohnya ketika produk atau jasa yang dijual adalah baju muslim, maka manfaatkan momen yang sesuai. Baju muslim identik dengan hari raya Idul Fitri, maka menjelang puasa ke hari raya buatlah promo yang menarik. Mereka yang sedang mencari baju muslim tentu sangat tertarik dengan penawaran ini.

Iklan baju muslim ini juga akan mengalami penurunan minat dari masyarakat ketika ditawarkan menjelang imlek karena tidak sesuai. Anda wajib menandai hari-hari penting apa saja yang sekiranya cocok untuk promo baju muslim ini.

  • Fokus pada media tertentu

Idealnya iklan bisa dipromosikan menggunakan banyak media sekali jalannya. Namun untuk budget yang minim direkomendasikan untuk menggunakan satu atau dua media saja terlebih dahulu. Setelah itu lakukan evaluasi mengenai nilai keefektifan dari proses promosi yang sudah dilakukan. Jika hasilnya kurang memuaskan Anda bisa menggunakan media lain yang lebih bagus.

  • Pilih media yang sesuai

Bagaimana cara membuat iklan supaya menarik perhatian masyarakat tercepat keenam adalah dengan memilih media yang sesuai. Media yang digunakan juga harus mampu menampilkan tipe iklan yang digunakan. Seperti contohnya jika iklan yang dibuat berupa audio maka media yang cocok tentu saja radio. Kemudian jika bentuknya video bisa menggunakan iklan televisi.

Berbeda lagi jika tampilannya berupa gambar biasa dan tulisan sebagai penjelas promosinya maka yang digunakan adalah brosur atau baliho. Jangan sampai salah memilih karena akan menimbulkan dua kerugian utama, yakni biaya iklan dan iklan yang tidak tersampaikan.

  • Pengambilan gambar atau video yang asal-asalan

Saat ini sudah banyak alat bantu atau perlengkapan estetik untuk membantu produk terlihat lebih menarik dalam frame. Gunakan penataan yang menarik dengan cahaya yang pas agar nama produk terlihat dengan benar. Pengemasan iklan yang niat juga membuat masyarakat lebih tertarik untuk membeli produknya.

  • Iklan yang membingungkan

Memberikan sebuah teka-teki atau sentuhan yang berbeda dalam iklan memang bagus namun kadarnya harus sesuai. Anda tidak boleh lupa dengan tujuan utama iklan yakni memberikan informasi pada konsumennya.

Jadi untuk pembuatan iklan ini juga harus jelas maksud dan tujuannya jangan membuat bingung. Iklan yang membutuhkan waktu berpikir lebih lama cenderung lebih mudah ditinggalkan.

Untuk mewujudkan bagaimana cara membuat iklan supaya menarik perhatian masyarakat diperlukan kehati-hatian di dalamnya. Iklan yang sudah memenuhi kriteria harus digencarkan proses promosinya untuk menarik minat masyarakat lebih luas. Jangan lupa melakukan evaluasi setelah promosi untuk mengetahui hasilnya.

Jika masih bingung, Anda bisa konsultasi bersama Sinergi Media di nomor telepon 021 8262 7171 atau WhatsApp ke 0812 8553 5200.

Leave a Reply

×