Signage Huruf Timbul

Signage Huruf TimbulIstilah signage mungkin masih terdengar kurang familiar di telinga orang awam. Namun tujuan pemasangan signage adalah untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Bentuk dan ukuran dari signage ini sangatlah bervariasi, begitu pula dengan desainnya. Tidak hanya dalam wujud huruf timbul atau letter sign pada media iklan atau promosi, namun signage juga sering digunakan pada nama jalan, display digital/ elektronik, spanduk, billboard, mural dan masih banyak lagi.

Signage Huruf Timbul

Peranan dari signage sendiri dapat dilihat di berbagai macam tempat, misalnya di jalanan, mall/ pusat perbelanjaan, perusahaan, terminal dan sebagainya. Setiap Anda bepergian ke suatu tempat mungkin dapat melihat signage dalam bentuk huruf timbul yang terpampang, apapun tujuan dari pemasangan tersebut. Pastinya memiliki tanda-tanda informasi yang ingin disampaikan kepada mereka yang lewat dan membacanya.

Jenis-jenis Signage Yang Ada di Pasaran Menurut Fungsinya

Signage atau papan info memiliki fungsi instruksional dan promosional. Contohnya saat signage digunakan sebagai papan info penunjuk jalan atau penunjuk bahaya, maka signage tersebut memiliki fungsi instruksional. Sedangkan jika Anda melihat promosi produk barang atau jasa, maka jelas fungsi signage untuk mempromosikan barang/ usaha tersebut.

Sebagai fungsi promosional, memang pada umumnya digunakan oleh perusahaan yang dirancang khusus oleh jasa signage huruf timbul yang sudah profesional atau ahli di bidangnya. Tidak hanya dapat menyampaikan brand atau merek perusahaan atau produk tersebut, namun juga mempromosikan lokasi usaha, nama usaha, dll.

Berikut ini ada beberapa jenis signage yang mungkin perlu Anda ketahui, seperti:

  1. Signage nama toko/ perusahaan: Adalah ujung tombak dari sebuah brand secara menyeluruh. Biasanya dipasang pada area perusahaan atau toko tersebut. Misalnya papan nama signage dengan huruf timbul dari brand perusahaan, seperti bank, nama toko baju, usaha UKM, dsb.
  2. Signage penunjuk arah/ directory signage: Biasanya digunakan sebagai penunjuk arah yang digantung di plafon atau berdiri dengan ketinggian maksimal mencapai batas mata bisa membaca.
  3. Signage produk tertentu: Biasanya pemasangan signage ini digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk tertentu pada usahanya. Dibuat sesuai dengan perjanjian dari supplier.

Untuk mendapatkan jenis signage tersebut bisa memesan signage custom yang sederhana atau simpel, namun jelas sehingga mudah dibaca. Misalnya yang paling sederhana, membuat signage letter sign yang digantung di atas sebuah toko agar orang tahu apa yang dijual di toko tersebut ataupun makin meningkatkan kesadaran brand dari toko itu.

Ada lagi papan signage yang sering dipasang pada tepi gedung, biasanya ukurannya besar. Contohnya seperti signage McDonalds dengan huruf ‘M’ berukuran raksasa. Signage ini tentunya akan membuat mereka yang membaca akan tahu bahwa ada restoran di sana dan brand makin dikenal. Selain itu karena berukuran besar, dapat terlihat sangat jelas bahkan dari jarak yang jauh dan memberi kesempatan branding yang baik.

Signage papan info penunjuk atau instruksional umumnya digunakan untuk memberikan info penting pada orang supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti signage petunjuk area yang dilarang dimasuki atau bahan beracun. Signage semacam ini sengaja dipasang di suatu sudut lokasi tertentu yang harus diperhatikan karyawan atau orang. Harus diikuti untuk mencegah risiko yang ada.

Jenis-jenis Signage di Pasaran Menurut Bentuknya

Kata signage sendiri berasal dari kata sign yang punya arti sangat luas tergantung dari ruang lingkupnya. Beberapa arti sign yang penting yaitu:

  • Untuk menampilkan sebuah pesan atau tampilan kepada publik
  • Untuk mengindikasikan bahwa sesuatu telah terjadi atau sebagai tanda petunjuk
  • Untuk gerakan bahasa isyarat atau tingkah laku

Ada begitu banyak variasi desain signage, termasuk desain signage huruf timbul yang paling banyak digunakan untuk menampilkan sebuah pesan kepada publik. Misalnya pesan brand atau produk tertentu.

Berikut ini ada beberapa tipe atau jenis signage yang dikenal di pasaran menurut desainnya:

  • Banner signs

Biasanya terbuat dari bahan material yang ringan dan tidak kaku, misalnya plastik, kertas dan kain. Banner sign digunakan pada umumnya sebagai pemberitahuan sebuah acara.

  • Changeable copy signs

Biasanya dalam bentuk message board di sebuah restoran atau hotel, sehingga bisa diubah-ubah secara manual sesuai dengan kebutuhan atau pesan yang ingin disampaikan tiap waktunya.

  • Canopy signs

Biasanya dibuat pada suatu permukaan seperti tiang atau dinding tembok. Jika signage tersebut digantung di bawah kanopi maka disebut dengan undercanopy signs.

  • Floor signs

Tanda pada lantai ini memang sengaja dipasang atau ditulis di atas lantai berupa simbol atau tulisan, umumnya sebagai peringatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh floor signs lantai basah, lantai licin, dan sebagainya.

  • Electronic message center

Sesuai dengan namanya, signase ditampilkan dalam sebuah papan layar elektronik yang bisa diubah-ubah setiap saat secara efisien.

  • Projecting signs

Jenis signage seperti ini dipasang pada dinding/ tembok dan biasanya punya 2 sisi sehingga dapat mudah dibaca dari dua arah oleh orang yang lewat meski berlawanan arah sekalipun.

  • Free standing signs

Signage ini tidak dipasang pada bangunan, namun dipasang dengan cara disangga pada satu atau dua tiang supaya bisa berdiri dengan tegak. Tiang tertanam pada lantai atau tanah secara kuat.

  • Suspended signs

Suspended signs pada umumnya dipakai untuk interior sign dan digantung pada langit-langit dengan menggunakan kawat, rantai, senar atau material kuat lainnya. Bisa juga digunakan pada tempat-tempat dimana free standing atau wall signs tidak bisa diaplikasikan pada bangunan.

  • Roof signs

Roof signs seperti namanya dipasang pada bagian atap sebuah bangunan atau gedung. Pemasangan ini biasanya ditujukan sebagai informasi petunjuk untuk pengendara bermotor ataupun iklan sebuah produk.

  • Windows signs

Ditempatkan pada sebuah jendela bagian dalam agar mereka yang ada di luar ruangan tersebut bisa membacanya ketika lewat. Untuk desainnya sendiri harus jelas supaya bisa mudah terlihat dan terbaca.

  • Wall signs

Signage bisa dipasang pada dinding sebuah bangunan dan biasanya hanya bisa dibaca dari satu sisi saja. Bentuknya segi empat dan biasanya tidak lebih dari 18 inci.

Itulah beberapa jenis signage yang ada di pasaran. Beberapa diantaranya dapat didesain dengan signage huruf timbul, terutama untuk media promosi dan beriklan suatu perusahaan atau produk.

Macam-macam Signage Huruf Timbul dan Manfaatnya

Kali ini kita akan membahas tentang signage huruf timbul Indonesia dimana memang sampai sekarang masih sering digunakan, bahkan semakin banyak digunakan. Signage dalam desain letter sign alias huruf timbul semacam ini memang merupakan cara marketing offline yang sangat efektif dan efisien karena beberapa kelebihan berikut ini:

  1. Desainnya yang sederhana, namun mudah terlihat jelas dan mudah untuk dibaca mereka yang lewat.
  2. Material yang awet dan tahan lama, termasuk cara marketing jangka panjang.
  3. Merupakan cara branding yang baik bagi perusahaan atau toko Anda.
  4. Meningkatkan kesadaran akan brand dari perusahaan atau bisnis Anda kepada publik luas.
  5. Mudah dibuat karena tinggal memesan di jasa signage huruf timbul di Indonesia yang sudah terpercaya dan berpengalaman.
  6. Harganya yang terjangkau dalam membuat signage tersebut sebanding dengan hasilnya yang bisa digunakan sebagai cara pemasaran jangka panjang.

Adapun beberapa jenis material huruf timbul yang sering digunakan dalam membuat signage tersebut antara lain yaitu:

  • Huruf timbul acrylic

Pertama adalah huruf timbul untuk signage yang terbuat dari bahan acrylic. Bahan ini merupakan material yang bisa mempercantik huruf timbul yang dipasang. Apalagi kalau memilih material acrylic yang berwarna dan berukuran besar. Warna dasarnya memang beragam, namun ada juga yang bening atau putih susu. Supaya menghasilkan visual yang semakin cantik maka sering dipasang lampu pada bagian signage-nya.

  • Huruf timbul stainless steel

Material huruf timbul kedua untuk signage adalah yang terbuat dari bahan stainless steel. Bahan ini sangatlah awet dan cukup diminati oleh para konsumen. Jenis huruf timbul yang cukup banyak diminati adalah desain logo atau nama perusahaan mereka yang terbuat dari stainless steel. Bahan ini terkenal sebagai bahan yang baik dan awet, apalagi jika dipadukan dengan lighting atau pencahayaan yang baik dari depan atau belakang.

  • Huruf timbul galvanil

Signage huruf timbul galvanil juga adalah salah satu bahan material yang paling banyak digunakan oleh penyedia jasa letter signs. Plat galvanil memiliki ketebalan serta ukuran yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Bisa dipercantik dengan mudah menggunakan warna yang menarik sesuai keinginan. Ada teknik spray painting untuk menambahkan warna-warna yang cantik ataupun dipadukan dengan cutting sticker serta bahan acrylic. Lalu supaya terlihat lebih jelas di waktu malam, maka bisa ditambahkan dengan pencahayaan.

  • Huruf timbul kuningan

Bahan kuningan memang warna dasarnya nampak keemasan, sehingga merupakan material pembuat signage yang mewah dan elegan. Bahan ini juga memiliki harga yang lumayan tinggi dibandingkan material huruf timbul lainnya. Sangat cocok digunakan sebagai logo atau nama perusahaan. Bisa dipadukan dengan pencahayaan yang menarik baik dari depan ataupun belakang (shadow).

Itulah beberapa jenis bahan dasar dari signage serta manfaat yang bisa diberikan. Memang tidak diragukan lagi kalau manfaat signage masih dibutuhkan sampai sekarang bahkan terus berkembang.

Jasa Pembuat Signage Huruf Timbul Jadetabek

Sedang mencari jasa penyedia signage huruf timbul di Jakarta ataupun area Jadetabek lainnya? Kami dari Sinergi Media siap melayani media beriklan dan promosi Anda. Sinergi Media adalah perusahaan yang sudah lama bergerak di bidang advertising termasuk pembuatan huruf timbul atau letter sign. Bagi Anda yang butuh jasa berpengalaman yang bisa membantu menyediakan kebutuhan media huruf timbul seperti signage ini bisa langsung menghubungi kami.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan memesan di tempat kami, antara lain:

  • Harga yang terjangkau dan bersaing dengan penyedia jasa advertising huruf timbul lainnya di Jadetabek.
  • Kami juga menawarkan konsultasi gratis bagi pelanggan.
  • Kami menawarkan garansi bagi produk yang sudah selesai kami buat demi kepuasan Anda.
  • Hasil kerja yang on time dan pekerjaan yang rapi berkat tenaga kerja berpengalaman yang kami miliki.

Hubungi Sinergi Media sekarang juga untuk pembuatan signage huruf timbul yang terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat