Tarif Pasang Iklan di Jalan

Tarif Pasang Iklan di Jalan – Cara memasang iklan salah satunya dapat dengan penyelenggaraan reklame yang dipasang di jalan. Dalam pemasangan reklame ini dibutuhkan tarif pemasangan iklan yang nantinya harus Anda bayar. Mengenai besar tarif pasang iklan tentunya tiap daerah berbeda juga tarifnya, namun biasanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, dan sekitarnya akan jauh lebih tinggi dibandingkan kota-kota kecil. Berikut akan dibahas mengenai besar tarif pasang iklan dan biaya-biaya apa saja yang biasanya dikenakan.

Tarif Pasang Iklan di Jalan

Tarif pasang iklan di jalan yang murah

Besar tarif pasang iklan di jalan berbeda-beda tiap daerahnya dan tentunya berbeda agen periklanan yang Anda sewa maka berbeda pula tarif yang dikenakan. Contohnya saja jika Anda memasang media reklame iklan lewat ‘Sinergi Media Advertising’. Tarif pasang iklan di jalan Bekasi yang akan dikenakan tergantung dari jenis media reklame yang mau dipasang contohnya seperti:

  • Tarif pasang reklame billboard dari Rp 600 ribu – 750 ribu per meter persegi tergantung materialnya.
  • Tarif pasang reklame neon box dari Rp 1,3 juta – 1,6 juta per meter persegi tergantung materialnya.
  • Tarif pasang reklame huruf timbul dari Rp 8 ribu – Rp 15 ribu per meter persegi tergantung materialnya.

Harga tarif reklame di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan memang biaya total bergantung dari besar ukuran reklame dan material reklame yang ingin dibuat. Biaya di atas hanya berupa gambaran saja. Untuk jenis-jenis reklamenya sendiri ada banyak, seperti:

  • Billboard
  • Neon box
  • Huruf timbul
  • Videotron
  • Spanduk
  • Umbul-umbul
  • Banner
  • Mobile branding, dsb.

Biaya pasang iklan di jalan terlengkap

  1. Biaya izin reklame

Tarif pasang iklan di jalan besarnya juga dipengaruhi oleh biaya izin reklame. Sekali lagi, masing-masing daerah punya besar biaya izin yang berbeda. Anda bisa memfoto lokasi tempat Anda ingin memasang iklan terlebih dahulu untuk dilampirkan pada dokumen perizinan. Selain itu bawalah juga beberapa dokumen pelengkap lainnya antara lain: KTP, NPWP, KK, surat permohonan tertulis, dan sebagainya yang dibawa langsung ke Dispenda.

  1. Biaya pajak reklame

Biaya pajak reklame harus diurus langsung ke pemerintah daerah (Pemda) masing-masing area tempat Anda mau memasang iklan. Ada baiknya pajak reklame langsung diurus pada saat penyelenggaraan iklan agar nanti tidak disegel. Tarif pajak reklame semua tempat sama yaitu 25%, hanya nanti totalnya bisa berbeda karena masih harus dikalikan dengan NSR (Nilai Sewa Reklame). Nilai sewanya bergantung dari lokasi penyelenggaraan reklame, ukuran reklame, dan jangka waktu pasang reklame.

Selain kedua elemen biaya pasang iklan di atas, masih ada biaya-biaya lain yang dimasukkan ke dalam tarif pasang iklan di jalan seperti biaya perawatan, biaya asuransi, biaya pengurusan izin dan pajak reklame jika diuruskan oleh pihak ketiga, dan sebagainya.

Dimana tempat terlarang untuk pasang iklan di jalan?

Memasang reklame di jalan tidak bisa dilakukan sembarangan alias asal pasang. Sudah ada lokasi-lokasi tersendiri tempat Anda bisa menyewa untuk memasang reklame ataupun mendirikan reklame yang baru. Itulah sebabnya mengapa ada izin pasang reklame terlebih dahulu.

Pasanglah reklame di lokasi yang benar dan pastikan iklan yang dipasang itu bisa terlihat dari berbagai macam sisi namun tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan serta tak mengganggu keselamatan. Tempat-tempat yang biasanya dilarang untuk memasang reklame di jalan contohnya seperti:

  • Menghalangi penerangan jalan umum
  • Di pohon
  • Menghalangi lampu lalu lintas (traffic light)
  • Di kawasan jalur hijau
  • Di tiang telepon maupun listrik
  • Pagar pembatas jalan dan pagar taman
  • Melintang di jalan protocol

Pastikan kalau Anda ingin memasang iklan entah di pertigaan, perempatan, jalan tol, dan tempat-tempat lainnya tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan ataupun keselamatan seperti lokasi yang sudah disebutkan di atas.

Baca juga: Pasang Iklan Videotron

Tips mendapatkan tarif pasang iklan di jalan yang murah

Kalau budget Anda memang terbatas untuk menyelenggarakan pasang iklan di jalan, maka ada beberapa tips yang bias Anda ikuti untuk mendapatkan tarif pasang iklan di jalan yang lebih murah, yaitu:

  1. Cari lokasi jalan yang tidak terlalu mahal

Berbeda lokasi pemasangan iklan, maka berbeda pula tarifnya. Cobalah cari lokasi jalan yang tidak terlalu mahal untuk memasang iklan tersebut. Yang penting adalah bagaimana Anda bisa mencari lokasi jalan yang mampu mencapai target konsumen. Tidak harus memilih lokasi yang besar dan ramai, namun belum tentu efektif dalam menarget kalangan konsumen yang diinginkan. Anda bisa cari lokasi yang lebih kecil dan masih tetap dilalui oleh orang tapi yang efektif menarget konsumen yang dicari dengan biaya yang jauh lebih murah tentunya.

  1. Buatlah reklame dengan ukuran yang tidak terlalu besar

Besar ukuran reklame akan mempengaruhi besar tarif pasang iklan di jalan. Anda tidak perlu membuat ukuran reklame yang terlalu besar karena yang terpenting informasi reklame masih dapat terbaca dan cukup untuk menarik perhatian. Pesanlah media reklame dengan ukuran yang sesuai dengan budget Anda, jangan memaksakan membuat terlalu besar. Ukuran yang biasa misalnya 3 meteran saja atau kurang sudah cukup untuk menarik perhatian. Yang penting bagaimana cara Anda mengemasnya.

  1. Pilih bahan/ material yang tidak terlalu mahal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahan material pembuat reklame mempunyai biaya yang berbeda. Jadi, Anda bisa memilih bahan material yang tidak terlalu mahal. Contohnya jika Anda ingin membuat reklame billboard, maka bisa memilih material sticker cutting saja yang rata-rata jauh lebih murah dibandingkan dengan material lainnya seperti digital printing atau spray printing. Cutting sticker juga sudah termasuk bagus dan hasilnya juga rapi.

  1. Carilah agen periklanan yang murah

Agar lebih mudah dalam menyelenggarakan pemasangan iklan di pinggir jalan, maka umumnya perusahaan/ individu lebih mudah pesan langsung lewat agen periklanan. Contohnya saja di Bekasi ada agen periklanan Sinergimedia.co.id. Memanfaatkan jasa agen periklanan seperti ini biasanya jauh lebih murah dalam hal biaya apalagi ditambah Anda tak perlu repot-repot atau susah payah mengurus segara sesuatunya sendiri.

Akan tetapi, untuk mendapatkan penyedia jasa reklame yang murah, Anda harus bandingkan harga-harga yang ditawarkan. Jangan langsung ambil 1 agen periklanan, coba bandingkan terlebih dahulu harga mereka yang bersaing kemudian baru memilih yang paling murah dan hasilnya bagus.

Jasa agen periklanan yang murah meriah dapat Anda temui di Sinergi Media Advertising. Tarif pasang iklan di jalan yang ditawarkan oleh kami adalah termasuk salah satu yang termurah di Bekasi, Jakarta, dan daerah sekitarnya. Anda bisa memanfaatkan harga yang terjangkau dalam penyelenggaraan iklan di jalan ini apalagi kalau Anda juga tak ingin repot mengurus biaya izin pasang dan pajak reklame. Kami bisa mengurus semuanya sampai iklan Anda terpasang di jalan. Tunggu apalagi, kontak nomer kami sekarang juga.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat