Bagaimana Cara Membuat Iklan Yang Baik Dan Bisa Memajukan Usaha

Bagaimana Cara Membuat Iklan Yang Baik Dan Bisa Memajukan Usaha – Membuat iklan yang baik harus disertai dengan riset yang benar. Anda harus memasukkan beberapa kriteria penting sesuai permintaan pasar agar iklannya mudah dilirik oleh pemesannya. Cara seperti ini lebih mengerucut dan menuju pangsa pasar sesuai tujuan dari produk maupun jasanya. Iklan yang dibuat harus disesuaikan dengan hasil riset yang telah dilakukan.

Bagaimana Cara Membuat Iklan Yang Baik Dan Bisa Memajukan Usaha

Saat ini penggunaan media offline untuk promosi memang sudah banyak ditinggalkan dengan alasan lebih membutuhkan banyak modal. Namun untuk kelebihan menggunakan media offline ini juga menguntungkan. Salah satunya adalah produk lebih mudah dikenal dan konsumen bisa langsung melihat produknya tanpa takut tertipu.

Rahasia Bagaimana Cara Membuat Iklan Yang Baik Dan Bisa Memajukan Usaha

  • Masukkan testimoni

Menambahkan testimoni dari seseorang yang pernah mencoba produk atau jasa bukanlah suatu hal yang berlebihan. Justru dengan adanya testimoni ini bisa digunakan sebagai bukti bahwa sudah banyak orang yang mencobanya. Bahkan jika testimoni yang diberikan kebanyakan cenderung puas terhadap produknya tentu bisa menambah nilai jual dari produknya.

Anda bisa mengatur penempatan testimoni ini dengan ukuran yang minimalis agar mampu menampung banyak gambar. Utamakan menggunakan testimoni ini untuk media offline berupa brosur, baliho atau bahkan pajangan outlet. Cara ini mampu menarik pembeli lebih mudah sehingga mereka bisa tertarik dengan produknya.

  • Berikan penekanan pada alasan pembelian

Bagaimana cara membuat iklan yang baik dan bisa memajukan usaha terbaik kedua adalah dengan memberikan penekanan pada alasan pembeliannya. Banyak orang yang sudah tertarik dengan produk yang dipromosikan namun tidak segera bergegas untuk membelinya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penekanan pada alasan untuk pembeli agar membelinya segera.

Alasan yang bisa dimasukkan berupa limited stock atau limited edition sehingga pemikiran pembelinya pasti takut kehabisan jika tidak segera membeli. Cara ini tentu sudah banyak ditemukan pada penjualan produk unik dengan iming-iming limited edition. Jadi selain pengemasan produk dan iklan yang menari, iming-iming yang menekan juga diperlukan.

  • Tekankan manfaat dari produknya

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah memberikan penekanan pada bagian produk yang akan didapatkan. Anda tidak perlu takut merasa berlebihan untuk menceritakan keunggulan dan manfaat dari produknya. Yang terpenting adalah semua yang diceritakan memang benar dan bukan manipulasi. Hal ini berguna untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap produk tersebut.

Letakkan manfaat ini pada bagian awal dari promosi untuk meyakinkan calon pembelinya. Kemas dengan cara penyampaian yang unik namun mudah diterima. Lebih bagus lagi jika ditambahkan dengan gambar seperti contohnya before dan after pemakaian. Contoh real ini mampu mengajak pembeli untuk mencoba produk yang ditawarkan tersebut.

 

  • Jangan lupa menambah penawaran menarik

Bagaimana cara membuat iklan yang baik dan bisa memajukan usaha terpercaya keempat adalah dengan menambah penawaran menarik pada iklannya. Berikan diskon, voucher, gratis barang atau souvernir dalam pembelian jumlah tertentu untuk menyenangkan calon konsumen. Anda bisa riset tema promo berdasarkan hari besar yang terjadi setiap bulannya.

Contohnya adalah hari besar pada bulan ini tentang hari lebaran. Maka buatlah promo lebaran yang menarik seperti souvenir sajadah dan tasbih. Apalagi jika produk yang dijual adalah fashion tentu souvenir ini sesuai untuk diberikan. Atau bisa juga dengan menggunakan promo beli satu gratis satu namun dengan barang yang berbeda. Promonya digunakan untuk menjual mukena dan gratisnya adalah satu buah sajadah.

  • Pemilihan platform iklan yang sesuai

Anda tidak perlu menggunakan semua platform untuk memajang iklan baik bentuk online maupun offline. Untuk budget yang minim dan takut iklannya tidak menghasilkan keuntungan bisa menggunakan satu atau dua jenis platform terlebih dahulu. Setelah melakukan riset Anda bisa memasukkan kriteria iklan yang diminati pada saat pembuatan iklannya.

Barulah luncurkan pada kedua platform yang telah dipilih sebelumnya. Setelah melewati satu periode lakukan evaluasi mengenai tingkat keberhasilan iklan yang ditayangkan pada platform tersebut. Buatlah kriteria sukses dari penayangan sebuah iklan untuk melanjutkan atau berhenti menggunakan platform tersebut. Jika ternyata kurang efektif maka bisa diganti dengan platform lainnya.

  • Target pasar yang sesuai

Bagaimana cara membuat iklan yang baik dan bisa memajukan usaha masa kini selanjutnya adalah dengan memilih target pasar yang sesuai. Salah satu penyebab iklan tidak bisa maksimal adalah kesalahan dalam memilih target pasar. Itulah pentingnya melakukan riset sebelum membuat promosi dan tujuannya. Jika tidak sempat melakukan riset, lakukan saja analisa ringan mengenai produk dan kemungkinan peminatnya.

Seperti contohnya jika produk atau jasa yang dijual adalah makanan kekinian. Makanannya berupa olahan ayam tepung dan sambal bawang dengan porsi nasi yang banyak. Harga jualnya mulai dari sepuluh ribuan saja sementara pembeli hanya bisa datang ke lokasi penjualan saja. Tipe produk seperti ini banyak disukai oleh target menengah ke bawah terutama untuk siswa dan mahasiswa kos.

  • Gunakan visualisasi yang menarik

Trik ketujuh adalah dengan memaksimalkan penggunaan visualisasi yang menarik pada iklannya. Hal terpenting agar sebuah desain menarik adalah keseimbangan dari beberapa komponen yang ada. Untuk itu masukkan huruf dengan layouting yang sesuai, gelap terang warna yang tepat dan juga penempatan logonya. Perhatikan proporsional dari penggunaan gambar dan beberapa kalimat yang harus masuk ke dalamnya.

 

Dukungan dari beberapa komponen yang bersatu ini akan memberikan nilai estetika yang tinggi. Jadi pembeli bisa langsung tertarik untuk membaca semua informasi yang disajikan pada iklannya. Meskipun tidak semuanya berujung dengan pembelian namun setidaknya mereka sudah tertarik dengan apa yang ditawarkan.

Tips Membuat Desain Iklan Yang Baik

Selain beberapa tips penting dalam pembuatan iklan Anda juga harus memperhatikan beberapa kriteria dalam pembuatan desain iklannya. Desain iklan adalah hal yang penting pembuatannya dalam keberhasilan sebuah promosi. Adapun beberapa kriteria penting dalam desain iklan bisa dilihat di bawah ini:

  • Kreativitas yang dimasukkan

Hal terpenting dalam bagaimana cara membuat iklan yang baik dan bisa memajukan usaha termurah adalah dengan meningkatkan kreativitas dalam pembuatannya. Jangan hanya mengikuti tren iklan yang banyak digunakan saja, namun Anda juga bisa mengembangkan idenya menjadi lebih luas. Tambahkan sentuhan baru pada iklan yang dibuat agar memiliki nilai keunikan dibandingkan jenis lainnya.

Ketika sebuah iklan sudah terlihat kreatif dan unik maka kemungkinan besar banyak yang melihat isi dari iklannya. Jadi penampilan dari kemasan iklan juga harus diperhatikan di samping pembuatan materi dari iklannya.

  • Jangan berlebihan

Kreatif memang diperlukan namun jangan terlalu berlebihan untuk memasukkan semua komponen ke dalam iklannya. Jika memang banyak komponen penting yang ingin dimasukkan Anda harus berpikir ulang untuk menentukan bagian yang paling krusial. Kemudian bagian yang kurang penting lebih baik dipangkas. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kejenuhan pembeli pada kalimat iklannya.

Anda juga bisa menambahkan gambar untuk mengganti tipe kalimat promosi yang ingin dimasukkan ke dalamnya. Cara seperti ini justru mampu meyakinkan pembeli dari pada hanya fokus dengan kalimat promosi yang panjang.

  • Pemilihan animasi

Terkadang ada tipe iklan yang menambahkan animasi ke dalam desainnya. Animasi dibuat untuk memperjelas maksud iklan dan juga mempercantik tampilannya. Namun pemilihannya juga harus sesuai dan jumlah yang digunakan jangan sampai berlebihan. Lebih baik mengutamakan animasi untuk bagian yang penting saja seperti animasi kontak Email, WA atau ucapan terima kasih yang lucu.

Selebihnya tidak perlu lagi diberikan animasi karena mengganggu penyampaian iklannya. Banyak juga tipe orang yang tidak menyukai iklan yang berbelit sehingga mereka cenderung akan meninggalkannya. Untuk mencakup jangkauan iklan yang lebih luas maka lebih baik menggunakan animasi secukupnya saja.

  • Kesan dan pesan

Membuat iklan yang unik harus diimbangi dengan kemudahan penyampaian pesan dan kesan yang dilakukan. Sesuai dengan tujuan utama dari sebuah iklan adalah untuk mengenalkan sebuah produk pada masyarakat umum. Sementara hasil akhir yang ingin didapatkan adalah meningkatnya nilai jual dari produknya. Kemudahan pembacaan iklan juga akan mendukung semakin meluaskan pelanggan yang mengenal iklannya.

  • Kombinasi warna yang sesuai

Bagaimana cara membuat iklan yang baik dan bisa memajukan usaha terupdate kelima adalah dengan menggunakan kombinasi warna yang sesuai. Dalam pembuatan iklan Anda harus bisa menemukan warna utama dari produk yang nantinya menjadi pengemas iklan secara keseluruhan. Buatlah kombinasi warna yang cantik dan unik agar memudahkan masyarakat untuk mengenali produknya.

  • Persingkat kalimat namun jelaskan

Tips berikutnya yang tidak boleh lupa dalam pembuatan desain iklan adalah panjangnya kalimat dan kejelasan isinya. Anda wajib membuat kalimat persuasif yang mudah dijangkau oleh beberapa kalangan dengan maksud yang jelas. Hal ini bertujuan untuk menghindari ambiguitas yang sering terjadi dalam dunia iklan. Terlebih jika ingin memberikan diskon yang menarik untuk pembelinya. Jangan sampai mereka kecewa jika realitanya tidak seperti pada iklan.

  • Pesan yang seragam

Pastikan jika menggunakan banyak platform untuk menampilkan iklan, pesan yang disampaikan harus seragam tidak boleh ada yang beda. Sesuai yang dijelaskan pada poin sebelumnya fungsinya untuk menghindari makna ganda yang membuat pembeli bingung. Ketika semua platform memberikan pesan yang sama maka kalimat iklan bisa lebih diterima dari segi mana pun.

  • Penempatan logo

Anda harus benar-benar memperhatikan penempatan dari logo produk agar terlihat oleh masyarakat. Terlebih jika logo brandnya sudah memiliki nama yang baik maka pengeluaran produk baru bukanlah masalah yang serius. Hal ini untuk mencakup tipe pembeli yang membeli produk karena brandnya yang sesuai. Ketika seseorang terlanjur senang dengan salah satu brand maka semua jenisnya akan dicoba.

  • Suarakan tindakan

Iklan yang dibuat juga tidak boleh bersifat persuasif saja namun harus mengantarkan pada gerakan yang dilakukan. Seperti contohnya jika iklannya sebuah produk maka tindakan yang diharapkan dari pembacanya adalah proses pembelian. Begitu pula dengan iklan jasa yang menginginkan pembacanya untuk datang dan mencoba layanannya.

Rahasia bagaimana cara membuat iklan yang baik dan bisa memajukan usaha ini harus dipertimbangkan dengan baik. Lakukan penyusunan iklan yang baik dan lengkap agar semua kriterianya bisa masuk ke dalam iklan tersebut. Dengan begitu makin banyak orang yang tertarik dengan produknya. Jika ingin beriklan namun masih bingung caranya, bisa hubungi jasa pasang iklan seperti Sinergi Media di nomor telepon 021 8262 7171 atau WA ke 0812 8553 5200.

Leave a Reply

×