Bagaimana Cara Promosi Agar Produk Dapat Dikenal Oleh Khalayak

Bagaimana Cara Promosi Agar Produk Dapat Dikenal Oleh Khalayak – Hal terpenting dalam sebuah pemasaran adalah dengan melakukan promosi yang sesuai. Produk dengan kualitas yang bagus pun jika tidak diimbangi dengan promosi yang gencar maka tidak akan berhasil. Perlu beberapa strategi penting yang harus dilakukan untuk meyakinkan pelanggan sebelum membeli.

Bagaimana Cara Promosi Agar Produk Dapat Dikenal Oleh Khalayak

Anda perlu melakukan perencanaan yang matang dan juga anggaran yang sesuai sebelum eksekusi. Dengan begitu setiap langkah yang dilakukan bisa ditinjau mulai dari perkembangan sampai hasilnya. Terlebih jika dilakukan untuk bisnis yang baru saja dimulai maka proses promosinya benar-benar harus sesuai target.

Bagaimana Cara Promosi agar Produk Dapat Dikenal oleh Khalayak

  • Word of mouth

Langkah offline yang cocok untuk pemasaran masa kini adalah menggunakan strategi word of mouth. Strategi dari mulut ke mulut adalah sistem lama yang masih menjadi acuan penting mengenai kualitas sebuah produk. Anda harus mampu menciptakan kesan yang baik pada pelanggan yang mencoba produknya. Mereka yang menyukai produk ini akan suka rela merekomendasikan produk tersebut untuk tetangga dan keluarganya.

Strategi dari mulut ke mulut ini justru lebih mudah menyebar dibandingkan promosi gencar-gencaran. Hal tersulit yang dialami adalah memberi keyakinan kualitas produk pada seseorang. Namun jika sekali mengenai tujuannya maka produk Anda akan laris dan langgeng dalam saingan pasar.

  • Beri informasi mengenai produk

Zaman semakin canggih sehingga bagaimana cara promosi agar produk dapat dikenal oleh khalayak terbaik harus lebih merata. Untuk itu jangan hanya fokus untuk menjual produk namun berikan informasi mendalam mengenai produknya.

Persaingan yang semakin ketat membuat produk dengan fungsi yang sama semakin banyak. Agar pembeli tidak salah beli, berikan identitas yang mudah dikenal pada produknya.

Terlebih jika sedang grand launching pembukaan outlet maupun launching produknya. Sempatkan beberapa menit untuk menjelaskan detail mulai dari bahan yang digunakan, manfaat dan juga ciri kemasannya. Dengan begitu pelanggan yang datang langsung bisa mengenal perbedaan produk Anda dengan produk lainnya.

  • Gabung dengan grup yang sesuai

Salah satu cara untuk memperbanyak ilmu dagang dan promosi adalah dengan bergabung pada komunitas yang sesuai. Gabunglah dengan grup yang berisikan banyak penjual di dalamnya untuk mendapatkan ilmu baru. Sharing yang dilakukan tidak hanya berupa teori namun juga langsung pada praktiknya.

Yang akan didapatkan bukan hanya penjelasan namun berupa pengalaman langsung yang dialami oleh pelaku usahanya. Di dalam komunitas lebih baik pilih yang ada mentornya. Dengan begitu sesi sharing dan konsultasi bisa lebih terarah serta mendapatkan jawaban yang sesuai dengan porsinya.

  • Sebar iklan semaksimal mungkin

Lakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat orang sering membaca info produk maupun berita. Anda bebas memilih untuk menggunakan media offline maupun online atau bahkan keduanya. Lakukan pemilihan tempat iklan yang mudah dijangkau namun tidak pasaran.

Buatlah promosi dari brosur yang menggunakan desain tidak biasa. Jangan terlalu banyak kata-kata di dalamnya namun fokus pada inti dari penawarannya. Tambahkan juga gambar yang sesuai untuk menarik minat pembelinya. Sebarkan brosur ini menyeluruh pada tempat-tempat yang banyak dijumpai seseorang.

  • Lakukan giveaway

Salah satu strategi dalam bagaimana cara promosi agar produk dapat dikenal oleh khalayak tercepat adalah dengan melakukan giveaway. Giveaway adalah proses pemberian hadiah dengan cara random berdasarkan syarat tertentu. Giveaway banyak digunakan untuk penyebaran promosi produk secara gratis dan keuntungan yang banyak.

Syarat yang biasanya digunakan adalah kewajiban untuk follow sosial media, membeli produk tertentu atau memposting jawaban dari pertanyaan yang ada. Pemenangnya bisa dipilih langsung oleh penyelenggara ataupun menggunakan bantuan pick random agar lebih cepat.

Tugas pemenang giveaway adalah membuka hadiah dan mempostingnya pada sosial media mereka secara gratis. Untuk itu Anda harus memaksimalkan pemilihan pemenang ini agar mendapatkan pemenang yang sesuai.

  • Bukalah reseller dan dropshipper

Untuk Anda yang sudah memiliki modal banyak dan pabrik produksi sendiri bisa membuka reseller dan dropshipper. Pendaftaran ini bisa diatur ada yang berbayar namun dengan fasilitas tertentu dan ada juga yang gratis. Dengan membuka peluang ini Anda akan dibantu dalam proses pemasaran dan penjualan produknya.

Bahkan ada yang hanya fokus memproduksi sementara penjualannya sudah dipegang oleh para reseller-nya. Cara ini termasuk jawaban bagaimana cara promosi agar produk dapat dikenal oleh khalayak masa kini.

  • Manfaatkan peluang waktu tertentu

Untuk bisa mendapatkan proses promosi yang sesuai kebutuhan Anda bisa membaca peluang mengenai tanggal-tanggal penting pada setiap bulannya. Terimalah tawaran menjadi sponsor untuk event yang sesuai dengan visi dan misi produk. Anda bisa memberikan sumbangan berupa produk maupun uang.

Agar produk lebih dikenal luas oleh pelanggan direkomendasikan untuk memberikan bantuan berupa produk. Dalam hal ini perusahaan memang harus mengeluarkan banyak modal namun timbal baliknya tentu sangat mendukung.

  • Atur diskonnya

Anda boleh-boleh saja memberikan diskon besar-besaran untuk memperluas sayap promosi produknya. Namun jangan lupa untuk memperhatikan setiap keuntungan yang wajib didapatkan agar modal produksinya kembali. Penjualan yang banyak dengan harga tidak sesuai juga tidak menguntungkan.

Anda hanya akan mendapatkan lelah tanpa untung. Buatlah anggaran mengenai jumlah bahan dan biaya produksi kemudian tambahkan untung yang ingin didapatkan. Pilihlah diskon yang paling diminati oleh pelanggan bisa gratis barang, potongan harga dan promo pelanggan khusus.

  • Lakukan survey

Untuk mengetahui minat dan kepuasan pembeli yang perlu dilakukan adalah menyelenggarakan survey. Anda bisa memberikan kupon seperti undian yang berisikan kesan dan pesan pelanggan yang datang. Informasikan bahwa pelanggan yang beruntung dalam mengisi akan mendapatkan voucher belanja. Dengan begitu customer menjadi lebih semangat untuk mengisinya.

  • Lakukan pendataan

Hal yang satu ini sangat cocok dilakukan pada saat pembukaan pertama tokonya. Anda bisa meminta pengunjung untuk mengisi nama dan nomor telepon pada buku tamunya. Data ini berguna untuk sistem promosi produk selanjutnya. Simpan semua nomor pelanggan untuk menawarkan produk menggunakan via SMS.

Alasan Penggunaan Media Promosi untuk Penjualan 

Dalam membuat sebuah promosi untuk bagaimana cara promosi agar produk dapat dikenal oleh khalayak terpercaya memerlukan persiapan yang tepat. Langkah yang dilakukan untuk persiapannya adalah sebagai berikut:

  • Pilih promosi yang sesuai

Jenis promosi ini akan mempengaruhi keberhasilan pengiklanan yang dilakukan. Anda perlu mengenal isian konten dan kebutuhan dari macam-macam media yang digunakan. Sesuaikan juga media yang digunakan dengan produk yang dijual. Dengan begitu sasarannya bisa langsung tepat pada sasarannya.

  • Jalankan kampanye

Pada fase ini yang perlu dilakukan adalah membuat event berhadiah dengan melibatkan produk tersebut. Gunakan hadiah uang tunai atau produk yang disukai semua kalangan dengan syarat membeli produk dan mengisi kuponnya. Kupon berhadiah ini akan menjadi acuan banyaknya orang yang tertarik pada produknya.

  • Buatlah misi pencapaian

Setiap usaha promosi yang dilakukan harus disertai dengan tujuan penyelenggaraannya. Anda harus membuat sebuah target untuk acuan promosi ini sudah mencapai misi yang ditetapkan sebagai bahan evaluasi. Namun jika ternyata tidak sesuai harapan gunakan opsi promosi berikutnya untuk menawarkan produknya.

  • Targetkan pelanggannya

Sebuah produk tentu memiliki target pelanggannya masing-masing. Target market adalah kunci penting dalam bagaimana cara promosi agar produk dapat dikenal oleh khalayak minim budget. Lakukan survey ringan mengenai kebutuhan dari masyarakat sekitar toko dengan rentang umur tertentu.

  • Siapkan strategi pemasaran yang sesuai

Produk akan mendapatkan tempat di hati pelanggan jika memenuhi beberapa kriteria yang menarik seperti di bawah ini:

  • Berikan sampel gratis untuk dicoba pembeli.
  • Berikan promo dadakan harian seperti harga spesial untuk pembeli pertama atau terakhir.
  • Jangan ragu untuk memberikan garansi pada produk yang dijual.
  • Berikan promo maupun voucher yang menarik.
  • Adakan pengumpulan poin dari kemasan produk untuk ditukarkan menjadi hadiah.
  • Berikan merchandise pada pelanggan setia atau yang pembeliannya mencapai jumlah tertentu.
  • Berikan promo beli satu gratis satu dan berlaku kelipatannya.
  • Ikuti program flash sale dengan harga yang menggiurkan.
  • Perbanyak metode pembayaran produk seperti E-wallet yang menggunakan sistem cashback/
  • Berikan jasa pengiriman ke pelanggan satu area dengan bebas biaya ongkir.
  • Berikan potongan harga yang menggiurkan.

Bagi pebisnis baru yang masih awam tentu bingung mengapa penting menggunakan promosi yang sesuai. Promosi memiliki beberapa alasan khusus yang bisa dipelajari di bawah ini:

  • Pengembangan bisnis

Bisnis tanpa promosi sangatlah hambar karena tidak ada penghubung yang jelas antara penjual dan pembelinya. Informasi produk yang bagus tidak akan sampai merata pada target market yang membutuhkannya. Itulah sebabnya jenis promosi ada banyak untuk menjangkau tipe pembeli yang berbeda-beda.

Promosi mampu mengenalkan sebuah produk lebih meluas dari area satu ke area lainnya. Terlebih jika memang kualitas dari produknya menjamin maka otomatis pembeli langsung merekomendasikannya untuk orang lain. Dengan begitu bisnis bisa berkembang lebih baik karena produk sudah mulai dikenal oleh pembelinya.

  • Berikan pelayanan yang bagus

Jangan cuek untuk melayani setiap pertanyaan yang diberikan oleh konsumen. Namun tidak selamanya Anda ada untuk menjawab keraguan dari konsumennya. Itulah alasan mengapa harus ada bahan promosi yang mewadahi. Promosi harus berisikan konten informatif mengenai produk yang dijual. Promosi juga harus mampu membangun komunikasi dua arah tanpa menyisakan pertanyaan baru.

  • Logo produk lebih dikenal

Dengan adanya promosi orang-orang akan lebih mudah mengenal logo produknya. Saat ini sudah banyak produk dengan fungsi yang sama sehingga perlunya identitas yang kuat agar produk tidak tergeser. Kampanye yang tepat adalah dengan promosi menggunakan logo produk yang menonjol.

  • Meningkatkan branding

Alasan berikutnya mengenai pentingnya promosi untuk perusahaan adalah sebagai pembangun branding yang praktis. Promosi mampu memberikan nilai positif pada perusahaan yang melakukannya. Imbasnya adalah produk menjadi lebih mudah dikenal oleh pelanggan sesuai dengan target marketnya.

Dalam persiapan mengenai bagaimana cara promosi agar produk dapat dikenal oleh khalayak memang diperlukan banyak pertimbangan. Terlebih untuk perusahaan yang baru saja didirikan tentu harus memperkirakan segi biaya dan dampaknya. Anda harus pandai memilah tipe media offline yang cocok dengan produknya. Jangan ragu untuk mengganti tipe promosi jika pada tahap evaluasi tidak terjadi peningkatan yang signifikan.

Leave a Reply

×