Bagaimana Cara Mempromosikan Usaha Agar Dapat Pelanggan?

Bagaimana Cara Mempromosikan Usaha – Sebuah usaha harus melalui proses promosi yang sesuai agar dikenal oleh masyarakat luas dengan mudah. Produk yang bagus namun kurang meluas promosinya juga tidak bisa meningkatkan proses penjualannya.

Pemilihan jenis promosi yang sesuai juga mempengaruhi lama tidaknya perkembangan sebuah usaha yang dijalankan. Anda membutuhkan perencanaan dan anggaran dana yang sesuai untuk mewujudkannya.

Bagaimana Cara Mempromosikan Usaha

Direkomendasikan untuk menggunakan banyak tipe promosi agar produk lebih mudah merata sesuai pangsa pasarnya. Perkembangan tipe promosi offline juga semakin pesan yang bisa dipilih.

Meskipun sudah banyak ditinggalkan namun promosi offline ini memiliki manfaat yang penting. Pendekatan dengan tatap muka ini memunculkan rasa percaya dan kepuasan tersendiri dari customer karena bisa bertemu langsung dengan produknya.

Bagaimana Cara Mempromosikan Usaha Dengan Langkah Tepat

  • Buatlah rencana untuk promosi

Tidak disarankan untuk sekedar mengikuti tren promosi yang berkembang tanpa mempertimbangkan kesesuaiannya dengan usaha yang dijalankan. Ada banyak kriteria yang mendukung sebuah usaha bisa lancar untuk dijalankan seperti daftar promosi apa saja yang akan dijalankan. Kemudian perlu juga merumuskan anggaran, tujuan dan misi promosi serta nilai produk serta target pasar yang sesuai.

Rencana ini juga tidak boleh hanya asal dibuat saja namun Anda harus benar-benar melakukan riset untuk mengisi data yang dibutuhkan. Terlebih pada bagian tujuan dan misi dari produknya untuk menembus pangsa pasar yang diinginkan. Ceritakan keunikan produk dan perubahan apa yang ditawarkan oleh produk tersebut.

  • Buat materi untuk promosi

Tips tentang bagaimana cara mempromosikan usaha terbaik kedua adalah dengan membuat materi promosi yang sesuai. Sebuah promosi yang dijalankan tidak semuanya bisa berjalan mulus dan langsung mendatangkan konsumen. Terlebih jika promosi yang dibuat asal-asalan tanpa mementingkan materi untuk promosinya. Tujuan dari promosi adalah meningkatkan minat masyarakat untuk membeli produknya.

Jangan lupa untuk memasukkan logo perusahaan, detail kemasan, komposisi, BPOM dan nilai halal jika sudah memiliki. Ceritakan sedetail mungkin apa yang ingin disampaikan mengenai produknya. Isi materinya harus mampu menjawab semua keraguan pembeli ketika ingin membelinya.

  • Sasaran yang sesuai

Promosi juga menuntut adanya sasaran customer yang sesuai agar nilai belinya menjadi meningkat. Seperti contohnya Anda menjual sebuah produk yang menggunakan kemasan mudah didaur ulang, maka sasaran yang cocok adalah komunitas pecinta alam. Mereka akan mempertimbangkan segi kemasan yang digunakan dalam produknya agar tidak merusak alam.

Setelah promosi ini tersampaikan pada sasaran yang sesuai maka otomatis mereka akan menyambut dengan baik produknya. Berikan impresi yang baik sehingga pembelian tidak terjadi satu kali saja namun berulang. Ketika sudah suka maka orang lain akan langsung mempromosikan produk dengan cuma-cuma menggunakan teknik mulut ke mulut.

  • Berikan jawaban yang memuaskan

Umumnya pada saat produk pertama kali lunching promosinya maka akan banyak orang yang penasaran untuk bertanya. Anda harus tenang dan menjawab dengan logis semua pertanyaan yang diberikan. Diperlukan kesabaran dan pemikiran cerdas walaupun tidak semua pertanyaan berakhir pada proses pembelian. Pendekatan yang tepat mampu merangkul pembeli dalam jangka panjang.

  • Dengarkan kritik dan pendapat pelanggan

Bagaimana cara mempromosikan usaha terpercaya berikutnya adalah dengan menampung segala bentuk kritik dan pendapat dari pelanggan. Walaupun tidak semua hal harus menjadi bahan memperbaiki produk yang ada, namun usahakan untuk memberikan tanggapan yang enak. Kritik dari pelanggan yang didengarkan akan membuat mereka senang karena keinginannya terpenuhi.

  • Perluas relasi platform promosi

Untuk sistem promosi offline yang bisa dilakukan adalah menyewa tempat pemasangan baliho yang strategis, koran, majalah dan radio. Cara ini termasuk cukup efektif dalam meluaskan pengenalan produk untuk kisaran umur dewasa. Sementara jika fokusnya pada anak muda bisa merambah proses pembuatan website dan media sosial.

  • Desain papan iklan yang sesuai

Perhatikan juga dalam proses pembuatan papan iklan yang akan dipamerkan. Gunakan jasa pembuatan papan iklan yang sudah terjamin kualitasnya agar tidak menyesal. Desain yang dibuat juga harus sesuai dengan tone produk yang ditawarkan. Perhatikan penggunaan layout dan penempatan logo produk agar mudah dijangkau dari sisi mana saja.

  • Utamakan pelayanan yang ramah

Agar produk semakin disukai oleh para pelanggan jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah setiap harinya. Seperti halnya dengan menanggapi keinginan pembeli walaupun tidak semuanya membeli pada tokonya. Jangan membeda-bedakan penampilan pembeli karena semua yang datang ke outlet adalah raja. Lakukan pelayanan yang baik, cepat dan memuaskan.

  • Berikan hadiah

Anda bisa membuat program yang menyenangkan seperti pemberian hadiah gratis untuk pembeli pertama yang membeli produknya. Lakukan juga pemberian reward pada pembeli yang mencapai jumlah tertentu. Mereka tentunya merasa senang karena dihargai sebagai pelanggan produknya.

  • Jangan jadikan pesaing sebagai hambatan

Banyak pengusaha yang hanya fokus dengan memikirkan bagaimana cara mengalahkan pesaing, padahal langkah ini hanya menghabiskan waktu. Lebih baik waktu yang ada digunakan untuk fokus memperbaiki usaha yang sedang dijalankan. Jika semuanya sudah berjalan dengan baik maka akan menemukan konsumennya sendiri.

Cara Beriklan Dengan Billboard

Salah satu tipe media promosi offline yang banyak digunakan adalah billboard. Papan berukuran besar ini biasanya dipamerkan pada lokasi yang banyak orangnya. Berisikan banyak informasi menarik mengenai usaha yang sedang dijalankan.

Untuk bagaimana cara mempromosikan usaha termudah dengan billboard, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangannya seperti di bawah ini:

  • Atur fondasi

Langkah awal dalam pemasangan billboard adalah memperhatikan model fondasi yang dibuat. Fondasi ini menentukan sisi kekuatan dari billboard selama dipajang sebagai iklan. Anda harus membuat kedalaman dengan ukuran yang harus pas dengan lebar dan tinggi dari billboard-nya. Hal ini bertujuan untuk memberikan keseimbangan dalam daya topang untuk berat billboard-nya.

Lanjutkan dengan menanam besi sebagai fondasi ke dalam tanah dengan hati-hati. Lakukan sampai semua besinya sudah tertanam dengan baik. Cek ulang mengenai kekuatannya jangan sampai ada yang belum tertanam dengan baik.

  • Pengangkatan pipa

Setelah itu lanjut pada proses pengangkatan pipa billboard pada fondasi yang telah tertanam. Umumnya karena prosesnya membutuhkan tenaga yang banyak dan ketetapan yang sesuai maka langkah ini mendapat bantuan dari alat berat. Prosesnya dilakukan dengan tenang serta membutuhkan pengawasan agar tidak meleset. Pemasangan pipa ini akan menentukan kelurusan dari posisi billboard yang akan dipasangkan.

  • Pemasangan printing bilboardnya

Langkah terakhir dalam pemasangan bilboard ini adalah memasangkan digital printing yang telah dicetak pada bagian muka bilboardnya. Gunakan helm selama proses pemasangannya untuk menghindari benturan yang berbahaya. Lengkapi juga dengan alat pengaman seperti sabuk, sarung tangan dan tali pengaman. Pemasangannya juga harus hati-hati sampai semuanya terpasang dengan baik.

  • Jumlah tenaga kerja

Agar prosesnya berjalan lebih cepat dan aman direkomendasikan untuk menggunakan tenaga pasang sebanyak lima orang. Kerja sama dari lima orang akan memudahkan dalam hal pembagian jobdesk.

Strategi Penting untuk Mencari Pelanggan

Adapun untuk melancarkan proses promosi yang dilakukan membutuhkan beberapa tips seperti di bawah ini:

  • Menjadi sponsorship

Bagaimana cara mempromosikan usaha masa kini yang penting adalah dengan mencoba menjadi sponsorship sebuah event. Cara offline ini ternyata mampu mengenalkan produk tepat pada sasaran yang membutuhkan. Anda bisa memilih untuk memberikan bantuan berupa uang ataupun produknya. Nama dan logo usaha akan selalu disebut atau diletakkan pada tempat penting selama acara.

  • Kartu ucapan

Tips kedua yang tidak kalah penting adalah dengan pembuatan kartu ucapan pada pelanggan yang membeli. Cara ini biasanya digunakan untuk mempertahankan loyalitas pembeli yang sudah lama menjadi pelanggan. Kartu ucapan juga dilengkapi dengan hampers bisa berupa produk maupun makanan sesuai konsep pengirimannya.

  • Berikan souver

Jangan lupa untuk membuat souvernir yang menarik pada pelanggan yang sudah mencapai pembelian tertentu. Seperti contohnya ketika sudah mencapai pembelian sebesar lima puluh ribu maka pembeli akan mendapatkan kupon khusus. Kupon ini boleh dikumpulkan sampai batas tertentu atau diisi dengan data diri yang nantinya bisa diundi untuk mendapatkan hadiah. Sementara souvernir yang diberikan tidak harus mahal seperti tumbler, payung, jam dinding dan peralatan menarik lainnya.

  • Diskon 50 persen

Tips menarik berikutnya adalah dengan memberikan diskon sampai dengan lima puluh persen. Untuk menggunakan cara penawaran diskon ini harus diimbangi dengan perhitungan laba dan modal yang sesuai. Sehingga ketika melakukan program ini tidak akan terjadi kerugian bagi pemilik usaha.

  • Liput keunikan produk

Jangan pernah bosan untuk melakukan promosi dan memperlihatkan keunggulan serta keunikan produknya. Bahkan jika memiliki modal Anda bisa meminta liputan pada proses review produknya dalam program televisi yang sesuai. Cara ini merupakan tipe promosi yang halus dan mengharuskan penonton yang menyukai program tersebut untuk melihatnya.

  • Pasang testimoni

Bagaimana cara mempromosikan usaha termurah berikutnya adalah dengan memasang testimoni pelanggan. Bukan hanya bisa dilakukan melalui media sosial namun pemasangan testimoni juga bisa secara offline. Anda bisa memajang foto orang-orang penting yang pernah berkunjung untuk dipajang pada area penjualan. Gunakan testimoni pelanggan sebagai hiasan yang mudah dibaca oleh pendatang.

  • Selalu berikan nota

Anda harus tahu bahwa ada tipe pelanggan yang menyukai rincian belanja untuk mengetahui setiap harga produk yang telah dibeli. Nota kelihatannya memang sepele namun bisa mengecewakan pembeli jika tidak diberikan. Hal ini juga mendukung adanya sisi transparansi antara pembeli dan penjual.

  • Buatlah brosur

Selalu sediakan brosur pada dekat kasir dan berikan pada pelanggan yang datang ke tempat Anda. Bahkan ada juga tipe pelanggan yang langsung mengambil brosur tanpa dipersilahkan. Cara ini akan membuat mereka lebih mudah mengenal fitur dan produk apa yang dijual pada outlet usaha tersebut.

  • Buatlah kalender

Promosi dengan kalender juga sudah lama dilakukan dan hasilnya juga cukup berhasil. Kalender ini berisikan foto produk dan outlet Anda yang nantinya diberikan untuk pelanggan. Orang yang melihat kalender ini otomatis akan melihat juga banyak informasi penting mengenai promosi di dalamnya.

Untuk melakukan bagaimana cara mempromosikan usaha memang diperlukan perencanaan yang tepat. Anda tidak boleh terburu-buru dalam melakukan setiap detail rencana yang sudah dibuat. Jika tidak berhasil menggunakan cara yang pertama bisa dilanjut dengan tipe cara berikutnya sampai menemukan yang sesuai.

5/5 - (7 votes)

Leave a Reply

×