Bagaimana Cara Memilih Media Yang Tepat Untuk Iklan

Bagaimana Cara Memilih Media Yang Tepat Untuk Iklan – Iklan yang sudah dikemas dengan baik juga terkadang kurang bisa mendapat audience yang tepat. Salah satu penyebabnya adalah pemilihan media iklan yang tidak sesuai. Media harus didukung dengan tipe iklan yang digunakan seperti audio, video maupun gambar dan tulisan. Anda harus paham bahwa tidak semua media bisa menampilkan tipe iklan yang dimiliki.

Bagaimana Cara Memilih Media Yang Tepat Untuk Iklan

Pemilihan media yang sesuai juga harus diimbangi dengan eksekusi dan evaluasi yang sesuai. Untuk menghemat budget gunakan satu atau dua media terlebih dahulu dalam satu periode. Kemudian lakukan evaluasi mengenai perubahan penjualan yang terjadi pada usahanya. Jika kurang signifikan barulah bisa beralih pada media iklan lainnya.

Strategi Bagaimana Cara Memilih Media yang Tepat untuk Iklan

  • Gunakan jasa periklanan

Anda tidak harus bisa membuat desain iklan yang menarik ketika memerlukan materi untuk promosi. Serahkan saja sepenuhnya pada jasa periklanan yang mumpuni, selain lebih praktis hasil yang diberikan juga lebih sesuai.

Proses pembuatannya juga bisa diawasi atau melalui rekues dari pemilik usahanya. Seperti contohnya dalam pembuatan konsep, peletakan logo dan juga gambar produk sebagai pendukungnya.

Selain detail dari iklan yang dibuat Anda juga bisa mendapat rekomendasi mengenai tipe media yang digunakan. Jika lebih fokus untuk menonjolkan foto dan detail produk bisa menggunakan brosur atau baliho. Iklan media offline dipilih karena lebih meluas dan bisa diterima oleh semua jenjang usia.

  • Sasaran utama

Saat ini ada dua macam tipe periklanan yang bisa dipilih yakni online dan offline. Anda bisa memakai keduanya atau memilih salah satu dengan kesesuaian tipe iklan yang akan digunakan. Umumnya untuk proses pendekatan bagi rentang usia dewasa periklanan menggunakan pendekatan media sosial online. Namun jika fokus dengan range umur random dan cenderung ke orang dewasa lebih suka pada media yang offline.

Segmen pasar ini juga mempengaruhi tipe iklan yang akan dibuat untuk menjawab bagaimana cara memilih media yang tepat untuk iklan terbaik. Pangsa yang sesuai mampu menaikkan daya minat terhadap produk dan jasa secara signifikan.

  • Buat materinya

Jangan fokus dengan media yang digunakan namun fokuslah untuk membuat materi periklanan terlebih dahulu. Barulah materi yang sudah jadi ini akan menentukan media iklan apa yang akan digunakan nantinya.

Fokuskan pada kriteria-kriteria tertentu agar kemampuan memasuki medianya bisa lebih meluas. Seperti pengutamaan penggunaan gambar dan meminimalisir penggunaan kalimat untuk promosinya.

Materi yang dibuat haruslah sudah teruji dalam penyampaian pesannya. Anda tidak boleh langsung melakukan publikasi tanpa uji coba ringan terlebih dahulu. Setelah materi selesai mintalah beberapa orang untuk membaca isi materinya.

Kemudian test mereka untuk menjawab pertanyaan mengenai isi dari iklannya. Jika kebanyakan menjawab jawaban yang benar maka materi sudah layak untuk dipublikasikan.

  • Wilayah pasar

Tipe iklan dan media yang digunakan juga harus sesuai dengan wilayah pasar sebagai sasarannya. Seperti contohnya jika sebuah produk atau jasa ingin dipasarkan pada tingkat regional pulau atau provinsi tertentu maka medianya harus disesuaikan.

Media yang bisa dipakai berupa koran lokal regional, TV regional dan radio dengan saluran tertentu. Kemudian untuk iklan bantuan bisa memakai brosur dan pemasangan baliho pada titik-titik penting yang sering dijumpai oleh masyarakat.

  • Budget yang sesuai

Bagaimana cara memilih media yang tepat untuk iklan terpercaya kelima adalah harus disesuaikan dengan budget. Anda tidak perlu langsung menembus pangsa pasar kelas nasional dengan menggunakan iklan koran atau baliho dalam jumlah banyak. Jika budget yang dimiliki sedikit bisa diakali dengan menggunakan cara promosi ringan saja yakni memakai brosur atau baliho satu saja.

  • Mencari tahu kekurangan dan kelebihannya

Hal yang satu ini juga tidak boleh lupa dari pertimbangan dalam pemilihan media iklan yang sesuai. Kebaikan dan keburukan sebuah media untuk periklanan menjadi penentu berhasil tidaknya promosi yang dilakukan menggunakan media tersebut.

Anda harus mencari setidaknya tiga buah rencana media yang akan digunakan. Kemudian pertimbangkan dan pilih yang lebih banyak memberikan kelebihan untuk proses promosi yang dilakukan.

  • Ketahui karakteristiknya

Langkah ketujuh adalah pentingnya mengetahui karakteristik dari setiap media iklan yang akan digunakan. Karakteristik ini berkaitan dengan tipe iklan yang bisa masuk ke dalam medianya. Hal ini sangat berpengaruh dengan dukungan atau ketersediaan media untuk menampung iklan yang dimasukkan. Seperti halnya untuk media cetak koran tentu membutuhkan iklan berupa kalimat dan gambar pendukung yang sesuai.

  • Pilih kerja sama yang menarik

Bagaimana cara memilih media yang tepat untuk iklan terupdate berikutnya adalah mempertimbangkan tipe kerja sama yang akan dilakukan. Anda tidak boleh asal menerima kerja sama yang akan berjalan selama satu periodenya. Jangan sampai dirugikan atau hanya berpihak pada media iklannya saja. Kedua pihak harus sama-sama diuntungkan dalam kerja sama yang terjalin tersebut.

  • Sesuaikan dengan kemudahan pengiriman

Tidak semua orang merasa nyaman dengan adanya biaya tambahan untuk jasa pengiriman. Jadi untuk penjualan seperti barang-barang besar lebih baik difokuskan terlebih dahulu dalam pemasaran regionalnya. Setelah itu baru memikirkan cara promosi untuk kebutuhan luar regionalnya.

Pilihlah koran lokal yang fokus pada pemasaran daerah tertentu agar pemasarannya lebih terfokus. Anda juga bisa menambahnya dengan pembagian brosur agar promosi lebih meluas.

  • Berikan penekanan cara pembelian yang menarik

Anda pasti tidak sadar bahwa penekanan kalimat mengenai rekomendasi pembelian produk sangat mempengaruhi pemikiran pembelinya. Mereka akan terpengaruhi ketika dalam promosinya merekomendasikan untuk membeli produk langsung pada outletnya. Cara seperti ini sangat cocok untuk meningkatkan penjualan offline dan kunjungan dari pembeli ke tokonya.

Kelebihan dan Kekurangan dari Baliho dan Poster untuk Promosi

Baliho adalah salah satu media iklan offline yang bisa digunakan untuk mengenalkan produk lebih praktis. Sebelum menggunakan baliho untuk bahan media promosi offline Anda perlu tahu beberapa kelebihan dan kekurangannya seperti di bawah ini:

  • Kelebihan penggunaan baliho untuk media promosi offline

  • Kompetitif yang tinggi

Kelebihan pertama yang bisa didapatkan ketika menggunakan baliho adalah menciptakan sifat kompetitif yang tinggi. Terlebih jika pada wilayah tersebut banyak yang memilih menggunakan baliho untuk media promosi. Semakin banyak baliho yang dipasang menunjukkan nilai antusiasme proses pemasaran produknya. Anda tidak boleh kalah terlebih untuk produk sejenis.

  • Brand awarness yang lebih baik

Keuntungan bagaimana cara memilih media yang tepat untuk iklan termurah menggunakan baliho adalah untuk brand awareness yang lebih baik. Bentuknya yang besar dan mampu memuat gambar dan tulisan yang lebih banyak juga merupakan keuntungan tersendiri. Hal ini akan meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk membacanya meskipun sebagian terjadi karena terpaksa.

Kemas saja dengan bahasa iklan yang lebih menarik agar mereka bisa membacanya dengan nyaman sampai habis. Baliho membuat siapa pun bisa membaca dengan jelas informasi mengenai produknya. Terlebih jika pemilihan tempat pemasangannya cukup strategis.

  • Lokasinya lebih mudah

Meskipun memang tergolong media promosi offline yang besar namun lokasi pemilihan untuk pasangnya termasuk lebih mudah. Yang jelas baliho memang diperuntukkan untuk pemasangan outdoor dengan segala bentuk dan rakitan yang mendukung. Anda bisa memilih lokasi pemasangan yang aman dan mampu menjangkau banyak orang yang melihatnya.

Jika target yang dituju adalah warga desa maka penempatannya cukup di pinggir jalan desa saja. Namun jika ingin merambah daerah kota bisa mencari lokasi strategis untuk setiap sudut jalanan yang aman. Definisi fleksibel ini juga dikaitkan dengan kemudahan pemilihan lokasi sesuai keinginan pengusaha.

  • Mudah dikenali

Hal seperti ini bisa didapatkan dengan memasang baliho lebih dari satu ke tempat-tempat strategis. Dengan begitu masyarakat lebih mudah mengenali produk atau jasa yang sedang ditawarkan. Semakin banyak dan seringnya orang membaca produk atau jasa tersebut maka brandingnya akan semakin meluas.

  • Pangsa lokal yang lebih tinggi

Baliho memang cocok digunakan untuk pemasaran lokal atau regional. Hal ini dikarenakan pemasangannya yang paten dan tidak bisa dipindahkan. Bahkan dalam jangka waktu tertentu balihonya harus dilepas karena masa kontrak sewanya sudah habis. Itulah mengapa banyak baliho yang dibuat bagus dengan informasi yang lengkap sekaligus di dalamnya karena keterbatasan waktu ini.

  • Kekurangan penggunaan baliho

  • Mudah hilang

Meskipun mampu memberikan brand awareness untuk masyarakat luas namun tidak bisa bertahan lama pada memori pengingat. Masyarakat cenderung lebih cepat lupa ketika sudah bertemu dengan baliho lainnya apalagi yang memiliki kriteria sama.

  • Informasi tidak sepenuhnya tersampaikan

Kebanyakan orang yang melihat baliho menggunakan kendaraan sehingga tidak fokus dalam membaca balihonya. Itulah mengapa pesan yang tersampaikan tidak bisa seutuhnya diterima oleh masyarakat bahkan bisa menimbulkan paham lainnya.

  • Target pasar yang terbatas

Baliho hanya mampu menjangkau masyarakat yang lalu lalang di lokasi jalan tersebut. Ranah yang dituju juga lebih monoton, jadi lebih cocok untuk pangsa pasar yang minim saja tidak untuk meluas.

Selain baliho untuk promosi media offline juga bisa menggunakan poster. Agar tahu bagaimana cara memilih media yang tepat untuk iklan masa kini bisa melihat kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

  • Kelebihan dari poster untuk promosi
  • Ukurannya kecil jadi bisa dipasang dimana saja sesuai keinginan.
  • Kertasnya ringan dan mudah ditempel.
  • Pesannya lebih ringkas dan sesuai sasarannya.
  • Pemaksimalan gambar dan pewarnaan bisa lebih mudah untuk menarik minat masyarakat.
  • Bisa digunakan berulang dengan event yang berbeda asalkan momennya tetap sesuai.
  • Bisa dicetak dalam jumlah banyak dengan harga yang terjangkau.
  • Penyampaiannya bisa lebih meluas.
  • Kekurangan dari poster untuk bahan promosi
  • Kertas dianggap lebih mudah mengotori lingkungan bahkan bekas pemasangannya juga mengganggu.
  • Pemasangan yang tidak teratur juga sangat mengganggu.
  • Materinya tipis jadi lebih mudah robek.
  • Poster tidak bisa dipasang dalam waktu yang lama karena konsepnya harus berubah.
  • Jangkauannya menjadi lebih singkat karena ukuran font dan layoutnya kecil.
  • Poster memiliki kekurangan dalam perizinan karena tidak semua area boleh ditempeli poster.

Bagaimana cara memilih media yang tepat untuk iklan ini juga harus dipertimbangkan dengan seksama. Bagi pengusaha juga wajib mengetahui momen dan situasi yang pas untuk menggunakan media offline-nya.

Dengan begitu penggunaan promosi ini bisa lebih lancar dan tepat sasaran sesuai tujuannya. Untuk promosi dengan iklan sendiri Anda bisa meminta bantuan Sinergi Media di nomor telepon 021 8262 7171 atau WA ke 0812 8553 5200.

Leave a Reply

×