Bagaimana Cara Iklan Menarik Perhatian Masyarakat

Bagaimana Cara Iklan Menarik Perhatian Masyarakat – Untuk membuat iklan yang mampu menarik perhatian diperlukan beberapa tips penting di dalamnya. Iklan yang dimaksud sama saja dengan tujuan memperkenalkan program atau barang dan jasa jualan.

Umumnya iklan membutuhkan kriteria yang sama, sebagai pembedanya adalah tujuan dibuatnya iklan tersebut. Termasuk untuk kepentingan pengenalan launching produk yang masih asing di masyarakat.

Bagaimana Cara Iklan Menarik Perhatian Masyarakat

 

Iklan yang menarik juga harus disertai dengan pesan yang padat dan jelas. Iklan dibuat harus dengan informasi yang mengandung keunikan dari produk atau jasanya. Calon pembeli dibuat seolah-olah bisa merasakan keberadaan produknya sehingga mereka akan tergiur untuk membelinya.

Strategi Bagaimana Cara Iklan Menarik Perhatian Masyarakat

  • Menggunakan foto artis

Salah satu cara untuk meningkatkan impresi sebuah iklan adalah menggunakan foto artis terkenal sebagai daya tariknya. Anda harus pandai-pandai dalam memilih artis yang lagi booming dan disukai oleh masyarakat masa kini.

Tidak perlu langsung menjadikan ambasador namun hanya menyewa fotonya agar lebih murah. Jika sudah memiliki dana yang cukup kerja sama bisa dilanjutkan lagi.

Bukan hanya pilihan untuk foto artis saja bahkan Anda juga bisa memilih menggunakan tokoh yang terkenal seperti presiden, menteri atau lainnya. Tokoh yang terkenal ini mampu membawa kesan tersendiri pada produk maupun jasa yang sedang ditawarkan.

  • Buat penawaran yang menarik

Bagaimana cara iklan menarik perhatian masyarakat termurah kedua adalah memasukkan penawaran yang menarik. Anda tidak perlu pusing dalam pembuatan penawaran menarik ini karena bisa mengadaptasi dari yang sudah ada. Penawaran yang dimaksud bisa berupa beli satu gratis satu, gratis ongkir, diskon setengah harga sampai dengan pembayaran COD.

Penawaran yang menarik ini mampu mendongkrak keinginan pembeli untuk mencoba produknya terlebih jika masih dalam taraf pengenalan. Diskon memang memberikan peluang untuk masyarakat merasakan produk dengan harga yang lebih murah dari aslinya. Jadi dengan jangka waktu yang sesuai mereka akan memanfaatkan momen ini.

  • Jangan remehkan model desain

Banyak orang yang asal dalam pembuatan desain dengan alasan dampak yang diberikan sama saja. Padahal paham yang seperti ini salah kaprah, desain promosi yang menawan bisa menarik minat bagi pembaca iklannya.

Didukung juga dengan peletakan layout yang sesuai dan pemilihan warna yang tepat. Dengan begitu pesan yang diberikan pada iklan promosinya lebih mudah tersampaikan pada masyarakat.

Anda juga wajib meletakkan logo produk dan nama produk pada posisi yang sesuai. Peletakan yang strategis akan mendukung keberhasilan dalam penawaran produknya. Jangan lupa untuk menambahkan foto detail mengenai apa yang sedang dipromosikan sebagai penjelas situasinya.

  • Buatlah tagline

Hal yang satu ini juga banyak ditinggalkan dengan alasan fungsinya yang tidak krusial. Padahal dengan adanya tagline ini justru membantu memberikan sisi keunikan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Tagline berisikan sebutan yang tepat terhadap isi dan tujuan dari produknya. Jadi ketika disebutkan otomatis pembeli langsung mengerti bahwa tagline tersebut adalah milik produk Anda.

Pembuatan tagline ini juga tidak mudah untuk menghindari terjadinya jiplak hak milik dari brand lainnya. Perlunya riset mendalam dengan merumuskan kata-kata yang sesuai untuk diutarakan. Barulah mencari penekanan pada setiap kata agar tidak menyamai brand lainnya.

  • Jangan asal memilih lokasi

Dikarenakan media yang dipilih adalah promosi offline, Anda tidak boleh sembarangan memilih lokasi untuk pemasangannya.  Lokasi ternyata juga termasuk aspek penting yang mendukung keberhasilan promosi yang dilakukan. Lokasi strategis memungkinkan banyak orang yang lalu lalang dalam melihat iklan yang dipajang tersebut. Cara ini juga mendukung bagaimana cara iklan menarik perhatian masyarakat terbaik.

Ilustrasinya jika sebuah iklan sudah dirancang dengan matang serta memiliki materi yang berbobot namun dipasang pada jalan yang sepi. Meskipun memang biaya pasangnya murah tapi impresi yang didapatkan juga justru merugikan. Dalam urusan media offline memang diperlukan keberanian untuk mengeluarkan modal banyak agar keuntungan meningkat.

  • Berikan detail produknya

Cara yang satu ini hanya diperuntukkan bagi penjual produk tertentu baik makanan, elektronik maupun skincare. Ada beberapa kriteria khusus yang menjadi pertimbangan seseorang dalam pembelian produknya. Salah satu yang penting adalah pemilihan packaging, ada tipe pelanggan yang menyukai produk dari model packagingnya.

Kemudian lanjut pada komposisi bahan yang digunakan maka hal ini juga harus ditampilkan. Kriteria terakhir adalah pilihan rasa atau varian dan juga tekstur dari produk yang ditawarkan. Dikarenakan promosinya tidak langsung maka ajaklah pembeli untuk seolah merasakan produk tersebut secara nyata.

  • Jangan lupakan testimoni

Untuk penjualan awal tidak ada salahnya meminta testimoni dari beberapa pelanggan yang membeli produk dan sudah merasakannya. Selain bisa menyimpannya sebagai bahan promosi, cara ini juga bermanfaat untuk mencari tahu kekurangan dari produknya. Berbekal kritik dan saran produk bisa dibenahi menjadi lebih baik lagi.

Dalam hal ini Anda memang harus terbuka untuk menerima kritik dan saran dari pelanggannya agar lebih maju. Mereka akan merasa didengarkan ketika perubahan mulai terjadi dari produknya. Produk yang sudah bagus pun dahulunya mengalami proses perjalanan yang sangat panjang hingga sampai pada titik ini.

  • Pengambilan gambar yang estetik

Bagaimana cara iklan menarik perhatian masyarakat terpercaya selanjutnya adalah dengan mengambil gambar produk yang estetik. Gambar sebuah produk yang cantik dan menggiurkan ternyata juga menjadi modal penting dalam pembuatan sebuah promosi. Anda bisa memanfaatkan smartphone dengan menambah pencahayaan dan juga properti untuk pengambilan fotonya.

Jangan lelah untuk mencari ilmu baru di Youtube maupun platform lain mengenai tata cara pengambilan foto yang sesuai. Selain bisa lebih terjangkau, cara ini juga bisa menambah wawasan mengenai dunia fotografi.

  • Penataan bahasa yang sesuai

Hal terpenting kesembilan adalah mengenai rangkaian racikan kata dalam pembuatan iklan. Bisa dibilang diperlukan pembacaan ulang atau revisi berkali-kali demi mendapatkan kalimat yang efektif. Kalimat efektif ini lebih disukai karena bisa menjelaskan maksud promosi sesuai dengan sasarannya. Minta tolonglah pada orang lain untuk membaca tulisan yang dibuat agar mudah menemukan letak kesalahannya.

Tips Melancarkan Promosi Media Offline

Selain tips pembuatan iklan yang sesuai Anda juga harus menambah tips lain untuk melancarkan proses penjualan produknya. Cara offline masih digunakan karena bisa menjangkau pihak-pihak lebih sopan dan kerja sama yang lebih banyak diterimanya. Adapun tips yang dimaksud bisa dilihat di bawah ini:

  • Bangun kemitraan

Jangan menutup diri dalam menjual sebuah produk namun buatlah kemitraan dengan sektor pendukung agar produknya lebih dikenal. Seperti contohnya menggaet beberapa investor dan meyakinkannya untuk menyumbang modal pada usaha tersebut. Dana yang didapatkan ini bisa digunakan untuk renovasi gudang, pabrik sampai dengan proses promosi yang lebih meluas.

Kemitraan juga berupa tukar menukar barang yang dimiliki, seperti contohnya kemitraan yang diajak bekerja sama adalah pabrik semen. Mereka akan menyumbang beberapa sak semen untuk Anda sementara dalam pengembaliannya berikan produk yang sesuai seperti pasir atau cat tembok. Kerja sama seperti ini banyak digunakan untuk penjual yang masih taraf rendah ke bawah karena modalnya sedikit.

  • Word of mouth

Bagaimana cara iklan menarik perhatian masyarakat terupdate kedua adalah menggunakan strategi word of mouth. Cara yang satu ini mementingkan pengaruh yang diberikan pembeli dari mulut ke mulut. Dalam penggunaan strategi ini Anda harus memastikan terlebih dahulu kualitas yang diberikan di dalamnya. Jika sudah yakin bagus maka strategi ini berdampak positif pada penjualannya.

Word of mouth ini juga bisa memberikan dampak negatif karena pandangan pembeli yang tidak puas dengan produknya. Mereka akan jujur mengenai kepuasan terhadap produknya. Jadi ketika merasa tidak suka mereka akan memberikan cerita ketidak sukaannya pada orang lain.

  • Gabung menjadi sponsorship

Cara selanjutnya yang juga berhasil dilakukan adalah dengan bergabung menjadi sponshorsip sebuah event. Menjadi sponsorship juga tidak harus menyumbang berupa uang namun manfaat produk untuk memperluas promosi yang dilakukan. Selain itu logo perusahaan juga akan selalu dimunculkan pada bagian spanduk, baliho sampai dengan poster sebagai sponsornya.

  • Kerja sama dengan komunitas

Jika produk atau jasa yang dijual sesuai dengan sebuah komunitas maka ajaklah mereka untuk kerja sama. Seperti contohnya produk yang dijual menggunakan kemasan yang ramah lingkungan maka komunitas yang cocok adalah pecinta lingkungan.

Mereka akan bertanya-tanya mengenai produk dan kemasannya. Setelah cocok maka otomatis produknya dikenalkan secara gratis. Hal ini juga merujuk pada strategi penawaran word of mouth yang memang berdampak besar dalam sebuah usaha.

  • Gunakan iklan baris

Bagaimana cara iklan menarik perhatian masyarakat termudah kelima adalah menggunakan jasa iklan baris. Iklan baris adalah sebuah iklan yang penayangannya menggunakan palform online yakni surat kabar. Surat kabar sendiri menerima berbagai jenis iklan dengan bayaran yang beragam. Sesuaikan saja kemampuan budget dengan surat kabarnya agar tidak terlalu timpang pada modal.

  • Buka pelatihan

Cara offline selanjutnya yang mampu menarik minat masyarakat adalah dengan pengadaan pelatihan gratis. Seperti contohnya jika usaha yang dibuka merupakan perhiasan dari plastik maka bukalah pelatihan dengan tema ini.

Masyarakat, terutama kaum ibu-ibu akan tertarik untuk ikut membuat perhiasannya. Pilih beberapa yang memiliki kemampuan bagus untuk menjadi karyawan usahanya.

  • Display yang menarik

Tips selanjutnya untuk pemasaran offline adalah mengenai penataan display yang menarik. Pemasangan display sangat mempengaruhi impresi pengunjung yang datang ke outletnya. Impresi mereka ini juga akan menyimpulkan kedatangannya untuk melihat-lihat saja atau berujung dengan pembelian produk. Yakinkan dengan display yang menggugah mata untuk membeli agar mereka juga tertarik.

  • Banyak gunakan kertas

Yang dimaksud adalah gunakan kertas yang bertuliskan banyak info mengenai kontak yang bisa dihubungi, komposisi, ucapan terima kasih dan keperluan lainnya. Detail ini tidak akan menghabiskan modal Anda karena harganya yang murah. Namun dampak yang diberikan cukup krusial terutama bagi pelanggan baru. Informasi ini mampu meyakinkan mereka mengenai keunggulan dari produknya.

Dalam melakukan bagaimana cara iklan menarik perhatian masyarakat dituntut untuk selalu mampu berbenah. Jangan hanya berfokus dengan satu atau dua tips saja karena semuanya membutuhkan evaluasi yang sesuai.

Usaha yang dilakukan juga memiliki ciri khusus dengan pemilihan promosi yang sesuai. Dengan begitu proses pengenalan produknya menjadi lebih lancar. Jika ingin beriklan namun masih bingung caranya, bisa hubungi jasa pasang iklan seperti Sinergi Media di nomor telepon 021 8262 7171 atau WA ke 0812 8553 5200.

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply

×