Signage Tangga

Signage TanggaDi era yang sangat modern ini dibutuhkan media penyampaian informasi yang cepat dan mudah. Media yang digunakan juga harus tahan lama dan mampu menyampaikan informasi dengan baik kepada masyarakat atau sasaran dari informasi tersebut. 

Signage Tangga

Semakin banyaknya informasi yang perlu disebarkan kepada masyarakat maka dibutuhkan media yang semakin banyak pula. Sosial media biasanya menjadi media yang sering bahkan pilihan untuk menyebarkan informasi dengan cepat dan mampu mencakup banyak orang. 

Namun, tidak semua informasi akan lebih baik dan efektif jika disebarkan melalui sosial media. Contohnya informasi darurat mengenai suatu hal atau informasi yang berhubungan dengan benda, misalnya larangan untuk merokok, tempat tangga darurat, atau himbauan bahwa lantai sedang basah atau licin.

Misalnya adalah penggunaan signage sebagai media untuk menyebarkan informasi. Signange merupakan tanda atau petunjuk jalan yang diolah dengan desain grafis, tujuannya untuk menyampaikan informasi. Signage ini bisa ditemui hampir di semua tempat, khususnya tempat umum atau daerah perkantoran. Ada banyak sekali jenis-jenis signage, mulai dari kegunaannya, modelnya hingga bahan yang digunakan.

Salah satunya adalah signage indoor. Sesuai dengan namanya, signage indoor adalah signage yang khusus digunakan atau dipasang untuk di dalam ruangan. Biasanya sering ditemukan di mall, perkantoran, gedung, atau tempat lainnya yang sering dikunjungi orang. Tujuannya adalah untuk memberikan infomasi berupa himbauan atau petunjuk pada hal-hal tertentu. Indoor signage yang sering ditemui adalah signage tangga. Apa yang dimaksud dengan signage tangga?

Pengertian dan Fungsi Signage Tangga Yang Sering Dijumpai

  • Pengertian

Signage tangga merupakan contoh signage yang sering ditemui dan ditempel pada tangga-tangga darurat di mall, hotel, kantor, hotel atau gedung lainnya. Signage ini biasanya digunakan karena ada informasi penting yang perlu diperhatikan saat hendak menaiki atau menuruni anak tangga darurat.

Akan tetapi, ternyata signage ini tidak harus dikhususkan digunakan pada tangga darurat saja. Tangga biasa pun bisa tetap menggunakan signage ini. Demikianlah Pengertian signage tangga yang mungkin banyak orang tidak ketahui.

  • Fungsi

Fungsi signage tangga tentu saja sebagai media informasi untuk menyampaikan himbauan atau petunjuk untuk para pengguna tangga. Hal ini dikarenakan ada beberapa kasus kecelakaan yang menimpa orang-orang saat sedang menggunakan tangga, baik itu tangga darurat atau tangga biasa. Kecelakaan saat menaiki dan menuruni tangga dapat menyebabkan seseorang mengalami cedera parah, bahkan hingga sampai pada kasus kematian.

Kejadian-kejadian seperti ini tentunya tidak akan terjadi apabila saat menggunakan tangga paham dan mentaati himbauan atau perintah sesuai dengan yang ditempel pada signage. Pada kenyataannya, kejadian seperti justru terjadi karena disebabkan oleh kurangnya perhatian pada himbauan yang ada. Selain itu, perilaku yang tidak aman saat menaiki atau menuruni anak tangga juga menjadi salah satu penyebab lainnya mengapa masih terjadi kecelakaan. Himbauan yang ada biasanya berupa perintah untuk menggunakan handrail tangga. 

Handrail tangga merupakan pegangan yang ada pada sisi kanan atau kiri atau bahkan kedua sisi pada tangga. Fungsi dari handrail ini adalah sebagai penyangga atau pegangan untuk kita saat menaiki atau menuruni tangga, sehingga risiko terjadinya insiden saat menggunakan tangga bisa dikurangi atau bahkan dihindari.

Namun, meskipun begitu masih banyak orang-orang di luar sana yang tidak menggunakan handrail tersebut demi keselamatan mereka. Material yang digunakan pada handrail tangga biasanya mengikuti material yang digunakan pada anak tangga, misalnya kayu atau besi. 

Contoh signage tangga yang sering ditemui adalah aturan atau petunjuk saat menggunakan tangga. Berikut adalah contoh petunjuk keselamatan saat menggunakan tangga:

  1. Saat menaiki atau menuruni tangga, jangan tergesa-gesa.
  2. Gunakan handrail untuk berpegangan saat menuruni atau menaiki tangga. Terutama jika tangga dalam kondisi basah atau licin.
  3. Saat menggunakan tangga, pastikan Anda tidak melakukan sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian mata Anda saat menaiki atau menuruni anak tangga. Misalnya, bermain hp, sibuk memegang barang bawaan dan sebagainya.
  4. Jangan membawa barang di luar kemampuan Anda, baik dalam segi jumlah atau beban yang dibawa. Terlalu banyak beban yang Anda bawa dapat menyebabkan gangguan pada otot rangka.

Material Membuat Indoor Signage

Indoor signage memang menjadi salah satu jenis signage yang umum bahkan banyak diperlukan pada kantor, mall, hotel dan lain-lain. Indoor signage menjadi salah satu jenis signage yang banyak diminati. Hal ini karena banyak sekali hal atau informasi yang perlu disampaikan, khusunya tempat umum. Misalnya himbauan untuk selalu menjaga kebersihan, tanda jika lantainya basah, atau larangan untuk tidak merokok di ruangan tersebut.

Lalu bahan apa saja yang digunakan untuk membuat indoor signage?

  • Corrugated plastic

Corrugated plastic merupakan salah satu materi signage yang paling umum digunakan pada pembuatan signage. contoh yang termasuk ke dalam bahan ini adalah vinyl banner. Bahan ini cocok digunakan untuk keperluan pembuatan banner outdoor. Anda bisa dengan mudah menemukan bahan ini karena sering digunakan sebagai bahan pembuatan banner pemilu. 

Keunggulan dari material ini adalah harganya yang murah, memiliki berat yang ringan serta bisa digunakan menggunakan tambahan frame atau tiang. Selain itu bahan jenis ini bisa bertahan dalam jangka panjang sampai 7 tahun. 

  • Polyvinyl chloride (PVC)

Material atau bahan PVC dalam pembuatan signage disini bukanlah bahan PVC yang sama digunakan untuk pipa air di rumah. PVC yang digunakan untuk signage adalah bahan yang menggunakan material busa yang ringan dibandingkan dengan bahan plastik yang lebih keras. Bahan ini digunakan untuk indoor signage termasuk pada bahan signage tangga karena materialnya yang cukup kuat dan mampu memberikan kesan yang lebih modern.

Pemilihan material PVC dikarenakan bahan ini tidak memiliki banyak lapisan seperti coroplast. Selain itu bahan ini juga bisa digunakan POP display, bahkan signage untuk trade show. Signage dengan bahan ini bisa digunakan baik di luar dan dalam ruangan, namun akan lebih cocok digunakan di dalam ruangan sebagai bagian dari interior ruangan. Misalnya signage tangga. Oleh karena itu banyak vendor signage tangga yang menggunakan material ini.

  • Acrylic dan Plexiglass

Material ini juga sering sekali digunakan sebagai bahan utama pembuatan signage, karena bahan yang mirip seperti kaca, namun tidak mudah pecah. Harga bahannya yang murah juga dipakai sebagai bahan yang digunakan untuk promosi lainnya. Oleh karena itu banyak signage tangga murah yang bisa ditemukan.

Bahannya yang fleksibel membuat orang-orang juga menggunakannya untuk backlit sign, lettering 3 dimensi, dan display pada lobi hotel atau kantor. Karena bahannya yang fleksibel sehingga kemungkinan untuk pecah akan semakin kecil. Jika digunakan untuk indoor signage, bahan ini bahkan bisa tahan selamanya. Hanya saja perlu diperhatikan agar signage tersebut tidak mudah tergores atau tertimpa beban yang jauh lebih berat. Hal ini juga berfungsi untuk signage tangga.

Mengetahui berbagai jenis bahan yang digunakan untuk membuat signage indoor sangatlah penting. Hal ini bisa dijadikan referensi untuk memilih bahan mana yang lebih pas dan cocok untuk indoor signage yang diperlukan. Misalnya memesan signage tangga dengan bahan akrilik agar lebih tahan lama. Selain itu harga signage tangga juga akan jauh lebih murah jika dibandingkan menggunakan bahan yang lain.

Teknik Membuat Indoor Signage

Dalam proses pembuatannya, signage memiliki beberapa teknik yang digunakan:

  • Print on material

Teknik ini membuat desain yang diinginkan langsung tercetak pada bahan yang ingin dipakai sebagai signage. Biasanya bahan yang bisa digunakan untuk teknik ini adalah akrilik, jadi prosesnya hampir mirip dengan mencetak pada kertas biasa, hanya saja menggunakan lembaran akrilik sebagai pengganti kertasnya. Kelebihannya adalah warna yang dihasilkan bisa lebih menarik dan terlihat nyata.

  • Laser cutting

Seperti namanya, laser cutting merupakan teknik pemotongan menggunakan sinar laser. Pertanyaannya adalah bagaimana bisa sinar laser mampu memotong benda-benda tersebut? 

Sinar laser ternyata memiliki energi yang besar dan jika difokuskan dengan teknik tertentu mampu memotong, membakar, membelah, melelehkan, bahkan membakar benda yang ada di bawahnya. Benda-benda yang dipotong menggunakan teknik laser cutting ini adalah logam, satinless steel, plastik, akrilik dan beberapa benda yang bentuknya lembaran.

Kelebihan dari teknik ini adalah waktu yang dibutuhkan hanya sedikit. Selain itu, teknik ini mampu memotong desain dengan pola yang rumit dengan hasilnya yang rapi.

Jasa Pasang Signage Tangga Online

Signage menjadi pilihan media yang cocok digunakan di tempat umum, baik untuk promosi atau sebagai media untuk menyampaikan peringatan atau himbauan. Salah satu contohnya adalah penggunaan signage tangga.

Signage tangga dirasa sangat penting sebagai media untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan tangga. Mengingat kejadian akibat menggunakan tangga dengan tidak baik bisa terjadi kapan saja.

Jasa signage tangga juga menjadi lebih ramai dan banyak diminati. Beberapa orang memang sering menganggap sepele tanda himbauan atau aturan yang menempel pada tangga. Banyak yang tidak menyadari pentingnya memahami dan mengikuti aturan yang ada. Misalnya menghiraukan penggunaan handrail pada tangga, atau berlari-lari pada anak tangga. Hal-hal kecil tersebut dapat membahayakan diri sendiri bahkan orang lain.

Diharapkan dengan banyaknya informasi yang kita temukan tertempel di dinding sebelah tangga dapat membuat kita menjadi lebih berhati-hati saat hendak menggunakan tangga. Selain itu, kita juga tidak lupa untuk selalu mengikuti himbauan atau aturan yang tertera pada signage tersebut, guna menghindari hal-hal atau kejadian yang tidak kita inginkan.

Dan kalau Anda sedang mencari vendor signage sekaligus jasa pasangnya maka bisa langsung menghubungi kami Sinergi Media. Berikut cara memesan signage dari kami:

  1. Silahkan menghubungi CS kami di nomer kontak yang sudah disediakan pada situs ini. Anda juga bisa datang langsung ke alamat workshop kami.
  2. Utarakan keinginan Anda mengenai desain, bentuk, material, warna dan ukuran signage yang ingin dipasang. Jika bingung maka kami pun menawarkan konsultasi gratis.
  3. Setelah yakin dengan desain dan lokasi signage yang mau dipasang, maka selanjutnya Anda tinggal menunggu proses signage dilakukan oleh tenaga kerja ahli kami. Tentunya setelah proses pembayaran dilakukan.
  4. Kami akan mengerjakan signage tepat pada waktunya sehingga Anda tinggal terima hasil.

Butuh pemasangan signage tangga, hotel, mall, kantor, apartemen, resto, toko, pemerintahan, rumah sakit, dsb? Hubungi saja Sinergi Media.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat