Signage Toilet

Signage ToiletSebagai area publik, toilet memiliki fungsi dan karakter yang berbeda dari area publik lainnya, toilet jauh lebih privat dan dibedakan dalam dua ruangan pertama untuk pria dan wanita. Tidak bisa pria masuk dan menggunakan fasilitas toilet yang diperuntukkan untuk wanita hal yang sama juga berlaku kebalikannya. Itulah gunanya signage yang berfungsi untuk mengidentifikasi gender toilet. 

Signage Toilet

Macam-macam Model Signage Toilet Lucu dan Eksentrik

Mayoritas signage untuk toilet dibuat dengan lettering “toilet” atau gambar sederhana yang mengidentifikasi pria atau wanita. Tapi belakangan ini hadir model signage unik dan eksentrik untuk toilet. Apa saja model signagenya? Simak berikut ini:

  • Tulisan unik

Sebagai dua gender yang berbeda, karakter pria dan wanita juga sangat berbeda bahkan bertolak belakang. Contohnya dari keterampilan berbicara, mayoritas wanita diberikan keterampilan edukasi yang jauh lebih jago daripada pria yang mayoritas selalu bersikap cool dan diam.

Itulah mengapa signage yang dipasang untuk toilet wanita menggunakan tambahan tulisan atau kata dalam bentuk “bla bla bla” yang secara tidak langsung mencerminkan karakter atau sifat para wanita yang hobi berbicara. Sedangkan toilet pria hanya “bla” saja. Gambaran yang cukup unik dan efektif karena bisa dipahami dengan sangat baik entah oleh pria maupun wanita. 

  • Gambar Bidet

Gambar signage toilet mall biasanya dibuat simple cukup dengan gambar pria dan wanita yang dibedakan dari celana dan roknya. Tapi di beberapa mall, gambar bidet menjadi ikon toilet. Bila diperhatikan secara seksama perbedaan gambar bidet yang dibuat ini mungkin agak rancu, tapi masih bisa diidentifikasi karena keberadaan huruf “m” dan “w” yang ada di badan gambar. Huruf tersebut tentunya singkatan dari “men” dan “women” 

  • Dominasi Gambar Black and White

Warna-warni memang bukan identitas yang bagus untuk detail signage toilet kantor. Jadi daripada membuat signage dengan warna mencolok, beberapa gedung perkantoran lebih menyukai signage yang didominasi warna hitam dan putih. Agar jauh lebih unik dan eksentrik lagi gunakan gambar yang cukup nyeleneh. Tapi sewajarnya pilih pola gambar yang bisa langsung dipahami oleh audience. Jangan sampai salah masuk toilet karena tidak mengenali maksud dari logo black and white yang digunakan. 

  • Superhero

Menemukan signage yang unik bukan hal yang aneh di Indonesia, beberapa public area bahkan menggunakan ikon superhero untuk membedakan identitas toilet. Contohnya signage bergambar Batman dengan jubah merah muda untuk identifikasi toilet wanita. Sementara toilet pria bisa menggunakan ikon Batman dengan jubah biru atau hijau. Dengan begini, audience bisa mengenali mana toilet yang mereka butuhkan dan mana toilet yang dilarang untuk dimasuki. 

  • Ikon Kerajaan

Beberapa signage toilet di Jakarta mungkin terinspirasi dari film-film bertemakan kerajaan sehingga ikon yang digunakan menggunakan gambar tiara khas princess atau prince. Signage ini bukan terkesan nyeleneh atau eksentrik tapi justru kesannya sangat kreatif. Setidaknya audience akan merasakan kenyamanan menggunakan toilet seperti raja dan ratu. Apalagi jika toiletnya dirawat dan dibersihkan dengan baik sehingga nyaman untuk digunakan.  

  • Kumis vs Lipstik Merah

Selain karakter yang berbeda, hal lain yang membedakan pria dan wanita adalah ciri fisik. Jika pria memiliki kumis maka wanita bisa diidentifikasikan dengan mudah ketika melihat bibirnya yang berwarna merah.

Inilah mengapa banyak signage toilet murah yang menggunakan konsep tersebut, di mana toilet pria dilukis dengan ikon kumis sementara toilet wanita menggunakan gambar bibir dengan tambahan lipstik merah. Dengan perbedaan ikon tersebut sangat mustahil bagi pria atau wanita salah masuk ruangan, bukan? 

  • Pria Kiri vs Wanita Kanan

Ada pepatah yang mengatakan jika wanita selalu benar dan pria selalu salah yang bila diterjemahkan dalam bahasa Inggris artinya wanita selalu berada di sebelah kanan sementara pria di sebelah kiri. Signage ini memiliki pesan yang sangat unik dan terkesan menyindir tapi di sisi lain sangat menghibur. 

Apa Itu Signage Akrilik Untuk Toilet dan Karakteristik Materialnya?

Sudah tahu apa model signage untuk toilet yang akan digunakan dari beberapa rekomendasi di atas? Jika sudah tahu mengapa tidak lanjut dengan memilih material signage. 

Dari sekian banyak material, signage akrilik dinilai sebagai pilihan terbaik. Karena akrilik termasuk material yang paling sering digunakan bahkan sudah eksis sejak tahun 1933. Akrilik memiliki karakter yang sangat unik, setengah plastik dan setengah kaca. Mengapa demikian? Karena akrilik tampak berkilau seperti kaca namun memiliki karakter yang lebih mirip seperti plastik. 

Ketika memutuskan memakai akrilik untuk membuat signage, mintalah vendor signage toilet untuk mengerjakannya seprofesional mungkin. Sebagai konsumen, ada baiknya jika Anda turut memahami bagaimana karakteristik dari material tersebut:

  • Bobotnya ringan

Beda dari kaca yang semakin besar dan banyak semakin berat bobotnya, akrilik memiliki massa yang relatif ringan. Inilah mengapa banyak pengrajin akrilik yang lebih menyukai memasarkan produk ini daripada kaca. 

Selain bermanfaat bagi pengrajin akrilik, massa akrilik yang ringan juga meringankan beban konsumen terutama jika membeli signage secara online. Dengan massa ringan, ongkos kirim yang ditanggung tidak terlalu berat berbanding jika pesan signage kaca atau signage dari logam. 

  • Kuat

Berbanding terbalik dengan karakter materialnya yang ringan, akrilik justru sangat kuat. Saat ditempatkan di luar ruangan dan terkena sinar matahari atau air hujan, akrilik tidak akan berkarat berbeda dari logam besi yang langsung berkarat. Kekuatan inilah yang membuat akrilik paling diminati. 

  • Tidak mudah pecah

Tampilannya boleh saja berkilau seperti kaca, tapi akrilik tidak bisa pecah berkeping-keping dengan mudah bila tidak sengaja terjatuh. Berbeda dengan kaca yang otomatis langsung pecah bila jatuh. Ini karena akrilik yang masih termasuk family plastic, jika terjatuh tidak akan pecah dan hancur dengan mudah mungkin hanya akan tergores di beberapa bagiannya saja. 

  • Fleksibel

Membuat signage yang bagus terutama untuk toilet tidak bisa menggunakan bongkahan akrilik yang besar. Otomatis akrilik harus dipotong dan dibentuk terlebih dahulu. Proses pemotongan dan pembentukan akrilik biasanya menggunakan bantuan bor atau mesin cutting canggih. 

  • Jernih selayaknya kaca

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, signage akrilik memiliki karakter yang hampir sama seperti kaca dengan tampilan yang sangat jernih. Ini alasan utama mengapa banyak orang yang lebih tertarik memesan signage akrilik daripada kaca karena tampilan keduanya yang hampir sama. 

  • Meningkatkan estetika ruangan

Dan alasan signage akrilik toilet populer di tempat jual signage toilet karena pengaruhnya yang sangat besar pada estetika ruangan. Signage akrilik membuat ruangan terkesan lebih modern dan bergaya terlepas dari sederhana atau mewahnya konsep interior yang digunakan. 

Cara Membuat Signage Untuk Toilet Dari Akrilik

Usai mengetahui definisi dan karakter akrilik signage, lanjutkan dengan mengenali step by step pembuatan signage akrilik toilet di bawah ini:

  • Buat desainnya

Sebelum menjadi signage yang bagus, Anda harus membuat desainnya terlebih dahulu. Dengan menggunakan referensi sebelumnya, tentukan untuk menggunakan pola atau lettering? Selain berkiblat pada referensi yang telah disebutkan di atas, masih banyak ikon toilet lain yang bisa dijadikan sebagai signage. 

  • Siapkan materialnya

Setelah desainnya rampung, langkah selanjutnya menyediakan material akrilik. Perhitungan kebutuhan akrilik harus diperhatikan dengan baik jangan sampai kebutuhannya kurang. Jika ingin tampilan signage lebih unik lagi, silahkan gunakan material lain seperti vinyl atau galvanis. Kombinasi material biasanya akan menghasilkan konsep signage yang lebih kuat dan menarik. 

  • Buat polanya

Lanjutkan dengan membuat mal yang disesuaikan dengan desain signage akrilik yang sudah diselesaikan sebelumnya. Jika lettering yang dipilih maka buat pola “toilet” dengan rapi, jangan sampai ada satu huruf yang terlewatkan atau tampak cacat. 

Proses pembuatan pola ini harus diperhatikan dengan seksama, jika melakukan satu kesalahan saja artinya proses pembuatan mal harus dimulai dari awal. Mungkin akan mudah jika masih ada bahan yang tersisa, tapi akan menjadi masalah baru jika Anda hanya mempersiapkan sedikit akrilik. 

  • Lakukan cutting

Setelah pola yang dibuat selesai, lanjutkan dengan memotong akrilik berdasarkan pola tersebut. Proses pemotongan pola inilah yang nantinya akan menghasilkan bentuk signage toilet di Indonesia. 

Peralatan yang digunakan bukan pisau atau alat tajam sederhana, melainkan peralatan khusus yang benar-benar efektif untuk memotong akrilik. Jika tidak bisa melakukan kegiatan ini baiknya bawa akrilik yang sudah Anda pola ke tempat pembuatan signage akrilik. Atau gunakan jasa pembuatan signage akrilik sejak awal, yang perlu Anda lakukan cukup kirimkan desain signage yang diinginkan. 

Dan minta jasa tersebut untuk mengikuti desainnya. Jika mereka mampu bekerja dengan baik dan profesional, tidak akan sulit mengikuti pola desain simpel atau kompleks yang sudah Anda ciptakan. Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk proses pemotongan terbilang sangat singkat. 

  • Gabungkan masing-masing huruf

Usai semua huruf “toilet” terpotong sempurna lanjutkan dengan merekatkan masing-masing hurufnya hingga membentuk satu kata yang bisa dibaca. Perekat yang digunakan bukan lem biasa melainkan perekat super yang mampu menempelkan masing-masing hurufnya dengan sebaik mungkin. 

  • Instalasi

Dan tahapan terakhir adalah instalasi. Saat melakukan pemasangan pastikan lagi jika tidak salah pasang sign mengingat model toilet untuk pria dan wanita sangat berbeda. Kebanyakan signage di tempel di depan pintu atau ditempel di dinding samping pintu toilet. Tempel di mana saja sesuai kebutuhan tapi pastikan penempatannya mudah ditemukan oleh mata audience. 

Dan itulah informasi menarik tentang signage untuk toilet. Anda yang suka pergi ke tempat-tempat umum tentunya sering melihat model signage ini. Tapi dari semua jenis signage adakah model signage kreatif dan eksentrik seperti yang dijelaskan di atas? Signage eksentrik tersebut biasanya dipasang di luar negeri tapi tidak sedikit kota di Indonesia yang turut menerapkannya.

Jasa Pasang Signage Untuk Toilet Atau Kamar Mandi

Bagi Anda yang butuh pemasangan signage atau tanda toilet atau kamar mandi maka bisa menghubungi kami Sinergi Media. Kami adalah agen signage yang menawarkan:

  • Jasa pembuatan signage
  • Jasa pasang signage
  • Jasa konsultasi signage

Tidak hanya menjual signage toilet, namun juga signage untuk keperluan lainnya seperti hunian pribadi serta gedung komersil dan publik. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat