Glass Signage Board

Glass Signage BoardSignage merupakan sebuah media informasi yang menggunakan teknik desain grafis sebagai teknik pembuatannya. Signage ini berfungsi untuk menyebarkan berbagai macam informasi yang penting dan mendesak secara lebih cepat dan efisien kepada masyarakat. Biasanya informasi yang disebarkan adalah informasi yang sesuai dengan tempat dan sasaran yang ingin dituju. Misalnya penyebaran informasi mengenai lokasi suatu tempat tertentu di mall yang secara langsung ditujukan untuk pengunjung mall tersebut.

Glass Signage Board

Mengenal Jenis Signage

Signage pun juga dibuat dengan berbagai macam dan jenis yang beragam, mulai dari fungsi atau tujuannya hingga bahan yang digunakan dalam proses pembuatan. Misalnya signage indoor dan outdoor yang berbeda karena tempat penggunaannya. Signage indoor adalah jenis signage yang secara khusus dibuat untuk di dalam ruangan. Sedangkan signage outdoor merupakan jenis signage yang dibuat khusus untuk di luar ruangan. Perbedaan jenis signage tersebut juga dipengaruhi oleh bahan, tujuan, dan kebutuhannya. 

Signage indoor tentunya memiliki bahan yang jauh berbeda dengan signage outdoor. Bahan yang digunakan untuk signage outdoor umumnya adalah bahan dengan kualitas tinggi dan baik terhadap berbagai permasalahan luar ruangan. Khususnya dalam hal ketahanan bahan terhadap cuaca. Hal ini tentu saja dimaksudkan untuk membuat signage outdoor tersebut lebih bagus dan memiliki daya tahan yang lama.

Selain ada jenis signage berdasarkan tempat penggunaannya, juga ada signage berdasarkan bahan yang dipakai. Misalnya terbuat dari bahan akrilik, kaca, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah glass signage board. glass signage board ini juga merupakan salah satu signage dengan bahan yang populer selain akrilik. Selain karena hasil dari signage yang transparan, glass signage board juga mampu memberikan kesan yang mewah untuk hasil akhirnya. Oleh karena itu banyak juga jasa glass signage board yang membuat signage dengan bahan ini.

Macam-macam Bahan Kaca di Pasaran

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat atau membeli signage dengan bahan kaca, ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai jenis material kaca yang bisa digunakan pada glass signage board. Berikut adalah beberapa jenis kaca yang bisa Anda ketahui:

  • Kaca Cermin

Berbeda dengan kaca pada umumnya yang transparan pada kedua sisinya, kaca cermin hanya memiliki satu sisi saja yang transparan. Oleh karena itu kaca ini juga sering disebut one way mirrored glass. Kaca jenis ini biasanya digunakan untuk ruangan yang menginginkan privasi yang tinggi. Hal ini karena ruangan dengan kaca ini memungkinkan seseorang hanya bisa melihat objek luar dari dalam ruangan saja. Sehingga objek luar tidak bisa melihat ke dalam ruangan dan yang terjadi objek luar hanya akan melihat pantulannya sendiri pada kaca tersebut.

Kaca jenis ini biasa digunakan untuk kegiatan interogasi yang sering Anda lihat pada film-film detektif. Selain digunakan pada ruangan, keaca jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk dekorasi ruangan. Hasilnya akan memberikan kesan yang mewah dengan tampilan yang minimalis.

  • Kaca Warna

Kaca warna ini bisa juga disebut dengan kaca rayban adalah kaca bening yang memiliki berbagai macam warna. Warnanya sendiri berasal dari campuran senyawa logam yang menghasilkan beberapa warna yang menarik. Seperti merah, biru, kuning, hijau, ungu, hitam, jingga, abu-abu, emas dan lain sebagainya. Kaca warna ini memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu kaca warna transparan dan pekat. Namun tingkat kepekatan atau transparansi dari warna itu sendiri bisa diatur dan disesuaikan sesuai keinginan konsumen.

Kelebihan kaca warna ini adalah kemampuannya yang dapat meredam panas sehingga sering digunakan sebagai material pembuatan pintu, langit-langit dan jendela. Semakin pekat warna yang digunakan akan semakin bagus juga keunggulannya dalam meredam panas matahari. Selain itu, karena memiliki berbagai warna secara langsung, kaca jenis ini juga cocok digunakan sebagai material untuk dekorasi ruangan yang akan menghasilkan kesan yang indah dan mewah.

  • Kaca Patri

Jika Anda sering melihat bangunan masjid atau gereja dengan material kaca yang bermotif pada bagian bangunannya, maka kaca tersebut bernama kaca patri. Kaca patri merupakan gabungan pecahan kaca warna-warni yang perakitannya menggunakan kuningan atau timah. Disebut kaca patri karena proses penggabungan pecahan kaca tersebut dinamakan patrian.

Kaca jenis ini populer digunakan sejak jaman Renaissance sebagai salah satu dekoratif bangunan-bangunan bersejarah atau tempat ibadah seperti gereja. Kaca ini bisa dibilang unik karena desain corak, pola, dan warna pada kaca bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Namun kekurangan dari kaca ini adalah ketebalannya yang tidak lebih dari 2 cm menjadikan kaca ini rentan terhadap beban yang berat. Sehingga sangat tidak disarankan menggunakan material ini untuk anak tangga, alas pijak atau penopang furnitur lain yang memiliki banyak beban.

  • Kaca Es

Disebut kaca es karena kaca ini memiliki tekstur yang buram seperti es. Jenis kaca ini memiliki tekstur yang agak kasar yang di luar ruangan, namun teksturnya halus untuk yang di dalam ruangan. Berbeda dengan kaca patri yang memiliki tingkat ketipisan yang tinggi, kaca es ini justru sebaliknya. Kaca jenis ini memiliki karakteristik yang tebal dan buram sehingga mampu melindungi ruangan dari sinar matahari. Menjadikan ruangan tidak terlalu silau namun tetap hangat.

Kaca es ini biasa digunakan untuk ruangan di rumah yang ingin memiliki privasi yang cukup, misalnya kamar mandi yang menggunakan kaca es sebagai pembatas shower. Tampilan ruangan yang menggunakan kaca es ini dipercayai akan lebih lapang jika dibandingkan dengan penggunaan dinding solid.

  • Kaca Bening

Salah satu jenis kaca yang sangat umum dan mudah dijumpai adalah kaca bening. Kaca ini hampir bisa ditemukan di setiap rumah sebagai bagian dari bangunan atau digunakan untuk hiasan pada interior ruangan. Kaca bening ini bisa juga disebut dengan kaca polos atau float glass. Kaca ini memiliki sifat atau karakteristik yang transparan dengan ukuran ketebalan yang lumayan tipis menjadikan kaca ini kurang cocok digunakan untuk eksterior rumah yang secara langsung terkena cahaya matahari.

Oleh karena itu kaca jenis ini penggunaannya hanya terbatas pada interior rumah seperti pada perabotan dan furnitur rumah. Contohnya jendela, hiasan dinding, akuarium, lemari baju dan sebagainya. Namun perlu diketahui bahwa semakin besar furnitur atau bendanya, maka kaca yang digunakan juga harus semakin tebal.

Selain itu penggunaan jenis kaca bening ini juga umum sebagai material untuk glass signage board. Hal ini dikarenakan material ini lebih mudah disesuaikan dengan berbagai macam desain signage yang diinginkan. Inilah mengapa banyak vendor glass signage board yang menggunakan bahan ini.

  • Kaca Laminasi

Diantara semua jenis kaca, kaca laminasi adalah kaca dengan daya tahan yang paling kuat. Hal ini dikarenakan kaca laminasi mampu menahan benturan hingga 3 sampai 5 kali, sehingga bahan kaca ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan komponen pada bangunan. Misalnya untuk anak tangga, dinding lift, lantai balkon dan sebagainya.

Selain itu kaca jenis ini juga cocok digunakan sebagai material glass signage board karena bahannya yang tebal sehingga akan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan bahan kaca yang lain. Sisi pinggirnya pun juga tidak tajam sehingga ketika bahan ini pecah, pecahannya tidak akan setajam kaca biasanya. Sehingga banyak yang jual glass signage board yang menggunakan kaca laminasi sebagai bahan utamanya.

Kelebihan Glass Signage Board

  • Kesannya yang profesional dan elegan

Kelebihan material kaca pada glass signage board adalah material ini mampu memberikan kesan yang elegan dan terlihat profesional. Selain itu signage dengan bahan kaca juga menampilkan kesan yang resmi sehingga banyak konsumen dari glass signage board adalah dari perusahaan atau pengusaha. glass signage board ini sering digunakan untuk ditampilkan di area lobi, entry wall, ruang tunggu dan ruangan lainnya. Pasang glass signage board ini juga sangat mudah, biasanya hanya ditempel di tembok menggunakan baut di setiap pojoknya.

  • Pembuatannya yang mudah

Hampir sama dengan material lainnya, proses pembuatan glass signage board ini juga lebih mudah karena dikerjakan dengan mesin dan teknik yang sesuai dengan materialnya. Dengan begitu harga glass signage board murah juga lebih sering dijumpai jika dibandingkan dengan model signage besar seperti videotron.

  • Desainnya yang bisa disesuaikan

Karena proses pembuatannya yang menggunakan mesin berteknologi canggih, desain glass signage board lebih bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Signage bisa dibentuk menjadi persegi, lingkaran, persegi panjang, segitiga atau berbagai jenis bentuk lainnya. Hal ini menjadikan glass signage board lebih memiliki bentuk dan ukuran yang menarik dan bervariatif. Selain itu kegunaan dan fungsi glass signage board sebagai media penyampaian informasi akan semakin sempurna dan menonjol ketika sudah selesai.

  • Mudah dibersihkan

Berbeda dengan signage berbahan neon, signage jenis kaca akan lebih mudah untuk dibersihkan. Anda hanya perlu menyingkirkan kotoran yang menempel pada glass signage board tersebut. Cara membersihkannya pun juga sangat mudah. Hanya membutuhkan air biasa atau air sabun yang disemprotkan pada permukaan glass signage board yang kotor. Lalu di bersihkan dengan cara di lap menggunakan kain lap yang halus, hal ini guna menghindari lapisan kaca tergores akibat permukaan kain yang kasar. Lakukan perawatan signage secara teratur agar selalu terlihat cemerlang dan bersih.

Demikianlah artikel mengenai glass signage board yang mungkin bisa membantu Anda dalam menentukan glass signage board seperti apa yang Anda inginkan. Jika masih bingung, Anda bisa menemui konsultan glass signage board guna membantu menentukan jenis signage dengan berbagai macam bahan yang bisa digunakan.

Sinergi Media Melayani Jasa Pembuatan Signage Bahan Kaca

Kami dari Sinergi Media menawarkan jasa buat signage dari berbagai macam bahan seperti kayu, alumunium, plastik, akrilik, hingga kaca. Dalam pembuatannya dikerjakan oleh tenaga kerja yang berpengalaman dan sudah profesional.

Bingung mau membuat signage dari kaca seperti apa? Jangan khawatir, karena selain menyediakan tenaga ahli pembuatan signage, kami pun menyediakan layanan konsultasi signage gratis. Di sini Anda bisa berbincang dan berdiskusi dengan konsultan profesional kami yang siap membantu Anda mendapatkan signage sesuai dengan kebutuhan yang efektif.

Yang Anda perlu lakukan hanya dengan menghubungi kami sekarang juga di nomer kontak yang sudah tersedia. CS kami akan melayani Anda secara cepat dan ramah. Anda juga bisa datang langsung ke alamat workshop kami untuk melihat sendiri pembuatan glass signage board.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat