Plang Nama Madrasah

Plang Nama Madrasah – Sebuah instansi seperti madrasah membutuhkan sebuah plang sebagai salah satu bentuk identitas. Tak heran jika pembuatan plang nama madrasah penting dilakukan agar tempat ini menarik dan mudah diingat. Selain itu, penggunaan plang sebagai bukti eksistensi sebuah instansi atau bisnis.

Plang Nama Madrasah

Tidak hanya untuk madrasah, sebuah plang juga banyak digunakan pada nama gedung, rumah sakit, apotek, masjid, yayasan, gereja, dan tempat lainnya. Dengan demikian, plang nama sangat penting sebagai bukti keberadaan suatu tempat.

Mengapa Plang Nama Madrasah Perlu Dipasang?

Plang nama madrasah merupakan salah satu media promosi efektif untuk menunjukkan identitas instansi. Tidak hanya itu, plang nama bisa Anda temui dengan mudah di sekitar lingkungan. Misalnya pada sebuah toko, kantor, yayasan, petunjuk arah, petunjuk jalan dan lain-lain.

Jika ingin melakukan advertising yang optimal, tentu penggunaan plang nama tidak boleh dilewatkan. Termasuk untuk sebuah madrasah, pemasangan plang diperlukan agar orang lebih mudah mengenalinya. Hal ini menjadi pembeda meski di sekitarnya terdapat madrasah lain.

Keberadaan plang nama madrasah juga sangat bermanfaat untuk orang tua murid. Misalnya ketika memasuki tahun ajaran baru, hal ini bisa menjadi momen yang tepat.

Selain itu, sebuah plang nama menjadi kebutuhan pokok ketika Anda ingin membuka usaha. Terlebih jika membukanya di kota besar dimana terdapat potensi besar menggaet konsumen. Dengan adanya plang nama, suatu tempat akan lebih menarik perhatian.

Macam-Macam Plang Nama Berdasarkan Material

Plang nama bisa dibuat dengan berbagai jenis bahan. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya. Apa saja jenis plang nama berdasarkan susunan bahannya?

  • Plang Nama Akrilik

Plang nama jenis ini terbuat dari bahan akrilik yang dikenal lebih tahan lama. Selain itu, saat sudah jadi pun cenderung lebih awet saat digunakan. Banyak pelaku bisnis yang menyukai plang nama dengan bahan ini. Selain karena tahan lama, tampilannya juga dianggap lebih menarik.

Selain itu, material akrilik memiliki tekstur yang lentur sehingga mudah dibentuk. Bagi Anda yang ingin membuat plang nama dengan bentuk yang rumit, bahan akrilik bisa menjadi pilihan.

  • Plang Nama Kayu

Plang nama ini terbuat dari bahan kayu pilihan. Bagi yang ingin membuat papan nama yang bernilai seni dan memiliki kesan artistik, tentu bahan ini layak dipilih. Tidak sedikit pebisnis yang mengusung tema tempat vintage dengan plang nama kayu.

Namun, plang nama jenis ini ketahanannya tidak terlalu lama. Terlebih jika diletakkan di luar ruangan. Cuaca yang silih berganti, tentu menjadi resiko tersendiri. Hal ini karena plang nama akan sering terkena sinar matahari dan air hujan.

Plang nama ini dibuat dengan mengukir tulisan sesuai pesanan di atas bahan kayu. Pembuatan plang nama jenis ini harus dilakukan oleh ahlinya karena diperlukan skill dan ketelitian.

  • Papan Nama Galvanis

Papan nama ini memiliki ciri khas tekstur yang timbul. Banyak orang yang lebih akrab menyebut plang ini dengan papan nama huruf timbul. Jenis plang ini terbuat dari kombinasi bahan baku aluminium dan akrilik. Dengan kombinasi yang pas, desain tulisan pun bisa dibuat timbul.

Karena terbuat dari bahan berkualitas dan awet, jenis papan nama ini menjadi yang paling mahal. Namun, hal ini tentu setara dengan keawetannya.

  • Plang Nama Plat Aluminium

Papan nama ini menggunakan bahan rang besi sebagai material penyusunnya. Plang nama ini didesain menggunakan teknologi digital printing atau stiker cutting. Jenis plang ini memiliki keunggulan dalam segi visual, simpel, dan fleksibel karena bisa diganti kapan saja.

Bagaimana Pengaruh Papan Nama Terhadap Madrasah?

Jika Anda tinggal di kota besar, tentu akan sangat mudah untuk menemukan plang nama. Bahkan di perkampungan sekalipun sudah semakin banyak instansi atau tempat bisnis lainnya yang menggunakan media promosi ini. Salah satunya adalah bangunan madrasah.

Plang nama pemasangannya cukup fleksibel sesuai keinginan konsumen. Namun letak yang paling banyak dipilih adalah di atas kanopi dan memanfaatkan tiang penyangga. Penggunaan papan nama banyak ditemui pada gedung, nama proyek, masjid, sekolah, yayasan, apotek, dan lain-lain.

Anda bisa menggunakan jenis papan nama yang telah disebutkan di atas. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, hal ini harus disesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalani dan tentunya budget.

Bagaimana Cara Memasang Plang Nama Madrasah yang Bagus?

Pemasangan plang nama memang fleksibel, namun Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Pada dasarnya, hal ini dilakukan demi kegiatan promosi yang efektif. Selain itu, hal ini dilakukan agar sekolah atau madrasah lebih mudah dikenali.

Berikut beberapa tips pemasangan plang nama untuk madrasah yang baik dan benar.

  1. Pilih Lokasi Strategis

Sebelum memasang plang nama, pastikan Anda memilih lokasi yang terbaik. Artinya, tempat untuk meletakkan papan nama harus benar-benar strategis. Cara menentukannya adalah dengan melihat apakah tempat tersebut sering dilewati orang-orang atau tidak.

  1. Atur Ukuran yang Ideal

Cara memasang plang nama yang benar selanjutnya adalah memilih ukuran yang ideal. Selain tempat yang ramai, ukuran yang pas juga harus diperhatikan. Jangan sampai papan nama berukuran lebih besar dibanding tempatnya yang lebih sempit.

Ukuran ideal untuk papan nama adalah maksimal 4 meter. Sedangkan letak yang disarankan adalah di bagian depan bangunan.

  1. Gunakan Font Besar

Papan nama harus menunjukkan identitas sebuah tempat dengan jelas. Salah satu caranya adalah dengan memilih font yang besar. Jika terlalu kecil, orang yang lewat pun akan kesulitan membacanya.

Terlebih jika tulisan pada papan sudah cukup menarik orang-orang yang sedang lewat. Oleh karena itu, gunakanlah font yang besar dan jelas agar pemasangan plang nama efektif.

  1. Desain Gambar Simple

Desain papan nama yang terlalu banyak gambar terkadang membuat pusing yang melihatnya lho. Hal ini karena mata menjadi cenderung tidak fokus saat melihatnya. Oleh karena itu, sebaiknya pilih satu gambar saja atau gunakan saja logo instansi.

Selain itu, gambar yang dipasang pun sebaiknya sesuai dengan jenis instansi. Dengan demikian, orang yang melihat akan langsung menyadari bahwa bangunan tersebut adalah madrasah.

  1. Gambar Jelas dan Tidak Blur

Selain gambar yang sesuai, resolusi gambar pun perlu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai gambar yang sudah dicetak ternyata hasilnya blur dan tidak jelas. Mengingat gambar untuk papan nama memang akan dibuat dalam ukuran besar.

Dalam hal ini, tentu Anda harus menggunakan jasa pembuatan plang nama yang berkualitas dan terpercaya.

  1. Pilih Warna yang Pas

Tahukah Anda bahwa pemilihan warna untuk banner atau papan nama ternyata mempengaruhi psikologis orang yang melihatnya. Misalnya untuk tempat makan, lebih banyak pebisnis yang menggunakan plang nama berwarna merah dan sebagainya.

Oleh karena itu, pemilihan warna yang pas sangat diperlukan sehingga orang menjadi tertarik untuk mengunjungi tempat Anda.

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan hal-hal seputar plang nama? Jika Anda ingin membuat plang nama madrasah atau instansi lainnya, sinergimedia.com menyediakannya untuk Anda. Tentunya dengan harga dan jenis plang yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5/5 - (4 votes)

Leave a Reply

×