Papan Nama Minimalis Untuk Promosi Usaha Anda

Papan Nama Minimalis – Papan nama memang sering kita temui terpampang di pinggir jalan baik ukuran kecil, sedang atau besar. Dari kesekian papan nama tersebut tentunya memiliki makna yang membuat orang lain tertarik untuk melihatnya. Salah satu tujuan dipasangnya papan nama adalah mengenalkan sebuah produk kepada orang lain agar mendapatkan informasi yang diinginkan. Yuk, kita cari tahu serba serbi papan nama minimalis seperti apa!

Papan Nama Minimalis

Definisi Papan Nama

Papan nama merupakan sebuah benda yang terbuat dari besi, kayu, akrilik dan semacamnya yang dipasang di tempat strategis agar orang lain melihat dan mengetahui makna tulisan di dalam plang tersebut. Papan nama ini dibuat dengan teknik khusus namun manfaatnya sangat banyak sekali. Ada banyak toko yang membuat papan nama dengan harga yang diinginkan namun rata-rata papan nama minimalis dengan rangka besi mulai dari harga Rp. 800 ribuan. Ada pula yang dibandrol dengan harga Rp. 2 jutaan tergantung dari tingkat kerumitan pembuatan.

Tujuan Papan Nama

Pemasangan papan nama tentunya memiliki maksud dan tujuan tertentu misalnya saja:

  • Untuk memperkenalkan sebuah produk penjualan

  • Untuk mengedukasi sebuah informasi yang memang dirasa penting untuk disampaikan (papan rambu lalu lintas, papan penunjuk arah, papan nama sebuah jalan atau papan sekolah).

  • Untuk menegaskan bahwa memang benar-benar papan ini penunjuk alamat, instansi atau bangunan setempat.

Pada intinya, pembuatan papan nama bertujuan secara global untuk memberi informasi apapun kepada masyarakat agar mereka mengenali tujuan inti pemasangan. Seperti pada pemasangan papan nama minimalis yang bertuliskan “Pejabat Pembuat Akta Tanah Bapak Raharjo” dengan ukuran 50 cm x 50 cm dipasang di depan rumah. Tujuannya adalah agar orang yang lewat tahu bahwa ada seorang pegawai pengurus tanah yang tinggal di daerah sekitar. Alhasil, lambat laun usaha jasa pengelolaan pembuatan dan kepengurusan pertanahan semakin dikenali luas.

Jenis Papan Nama

Bagi Anda yang ingin memesan papan nama untuk promosi harus mengetahui terlebih dahulu jenis papan nama yang diinginkan, karena bisa mempengaruhi harga.

  1. Papan Nama Kayu

Papan nama kayu ini tentunya menggunakan bahan dari kayu yang bersifat lebih ringan dan mudah didapat. Dasaran kayu dicat terlebih dahulu dengan warna yang dikehendaki kemudian ditempel bentuk huruf yang sesuai menggunakan teknik semprot dalam kertas berlubang yang telah dibentuk huruf. Papan nama minimalis ini memiliki kekurangan yakni ketahanan terhadap cuaca luar kurang bagus sehingga akan rusak dan lapuk dalam beberapa tahun saja. Pembutannya memang memangkas biaya yang lebih murah dibanding dengan papan nama bahan lainnya.

  1. Papan Nama Akrilik

Akrilik adalah bahan semi plastik namun mirip dengan kaca, anti air dan bisa dibentuk sesuai keinginan. Biasanya, papan nama akrilik ini dicepitkan di bagian tengahnya nama atau informasi kemudian dipasang menempel ke luar ruangan yang mudah dilihat orang. Kesan papan nama ini lebih elegan dan berkelas namun ongkos pembuatannya juga tidak terlalu mahal.

  1. Papan Nama Besi

Papan nama besi biasanya dibuat dari lembaran besi yang bagian sampingnya diberi rangka hollow dan disambung dengan cara dilas. Harga pembuatan papan nama besi cukup menguras isi dompet Anda, namun hasilnya lebih awet hingga 5 tahun kedepan dan kuat. Kelemahan dari papan nama besi ini yaitu mudah berkarat jika terjadi hujan asam terus menerus.

  1. Papan Nama Kain

Papan nama kain yang terbuat dari kain tebal dan diapit dengan kayu bagian sisinya. Kain ini terlebih dahulu disablon atau diprint kemudian dijepit di sisi kerangka besi atau kayu. Papan nama kain ini condong untuk sekali pemakaian saja. Kelebihan dari papan kain ini lebih ringan, mudah dibongkar pasang dan tidak luntur saat hujan. Kendati demikian, jika ada yang usil memang mudah sobek digunting.

Tips Agar Papan Nama Terkenal

Proses pembuatan papan nama harus masuk dalam beberapa aturan yang jika ingin mudah dikenal, antara lain:

  1. Lokasi Strategis

Lokasi keberadaan papan nama dipasang di pinggiran jalan yang sering dilalui orang agar mudah dikenali. Sebenarnya lebih tepat jika papan nama dipasang di area sendiri artinya depan rumah usaha. Karena ada aturan dari pemerintah tidak boleh memasang papan nama di tempat umum karena melanggar ketertiban.

  1. Ukuran Papan yang Standar

Keidealan dalam memasang papan nama juga perlu Anda perhatikan, misalkan tempat usaha ukurannya 4×4 meter maka papannya jangan melebihi ukuran tersebut. Mungkin tujuannya agar orang fokus tetapi malah mengganggu pemandangan dan kurang rapi.

  1. Desain Minimalis

Kebanyakan orang menyukai desain papan nama minimalis karena mudah dilihat sekilas dan langsung khas diingat. Anda gunakan satu simbol khas dan tulisan singkat, misalnya “ warung geprek mbok rondo” dengan simbol ayam di panggang.

  1. Ukuran Huruf Besar, Jelas

Ukuran huruf harus besar dan bentuk hurufnya menarik serta jangan diberi aksesoris aneh-aneh. Radius 5 meter orang melihat langsung tertarik dan mendatangi tempat usaha Anda. Seringkali ukuran huruf yang kurang besar diabaikan oleh orang, apalagi jika orang tersebut memiliki kelainan mata, tentunya akan malas untuk memastikan. Namun. Apabila ukuran besar dan jelas, mata yang rabun bisa memperkirakan kalimat apa yang tertulis pada papan nama.

  1. Pemilihan Warna Maksimal 3

Mengapa demikian?

Karena terlalu banyak warna akan merusak simbolis tempat usaha Anda, berikan warna mencolok satu dominan dengan kombinasi minimalis 2 warna agar orang melihat dengan jelas bahwa tanda khasnya warna merah. Kebanyak jika kualitas tempat usaha ingin didatangi pastinya orang akan bertanya tokonya seperti apa, nah Anda bisa menjelaskan dengan nama toko dan warna yang mencolok. Dengan demikian, tak lama akan segera ketemu.

  1. Kalimat Menarik, Singkat dan Bermakna

Idealnya papan nama ada unsur nama tempat usaha, logo, alamat dan nomor yang sering dihubungi. Ketiga unsur tersebut lebih menjelaskan secara global akan produk yang dipromosikan. Biasanya orang akan memotret bagian papan nama dan disebarkan ke teman untuk referensi pembelian produk.

  1. Beri Pencahayaan

Hal pokok dari sebuah promosi adalah bisa dilihat orang lain di segala waktu, untuk itu Anda bisa beri sedikit lampu penerang di sekitar papan nama agar ketika malam hari orang tetap bisa menemukan tempat usaha Anda.

Jika Anda berkenan untuk membuat papan nama minimalis yang berkualitas dan cepat, bisa dengan proses konsultasi, desain, produksi dan eksekusi. Untuk proses konsultasi akan diberikan solusi apabila Anda ingin membuat papan nama sesuai budget. Proses desain biasanya gratis karena sekalian dengan proses produksi. Hal terakhir adalah proses pemasangan papan di tempat usaha Anda yang strategis. Garansi akan diberikan saat pemasangan mengalami ketidaksempurnaan karena cacat bawaan dari toko.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Leave a Reply

× WhatsApp Chat