Signage Rumah Sakit

Signage Rumah SakitRumah sakit termasuk salah satu gedung publik yang selalu kedatangan pengunjung setiap harinya. Entah untuk berobat, membesuk teman yang sakit atau kondisi lainnya. Untuk mempermudah mobilitas setiap orang yang berada di gedung rumah sakit, umumnya pengelola gedung akan menambahkan beberapa papan informasi. Papan informasi tersebut ditempel dari luar gedung sampai ke bagian dalam tergantung fungsinya. 

Signage Rumah Sakit

Pengertian Signage Rumah Sakit

Merupakan lempengan papan informasi atau petunjuk ruangan yang sengaja dipasang pengelola rumah sakit. Sehingga baik praktisi rumah sakit, pasien dan tamu yang datang untuk membesuk bisa menemukan ruangan dengan cepat. 

Dari sekian banyak rumah sakit yang ada di Indonesia, hampir sebagian besar sudah mengaplikasikan signage. Sehingga mereka yang masuk ke gedung rumah sakit tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan keperluannya. 

Signage yang digunakan pun sangat beragam dan tidak terfokus pada satu jenis serta material saja. Masing-masing signage didesain menyesuaikan kebutuhannya. Plat nama signage biasanya dibuat jauh lebih simpel sementara signage petunjuk arah dibuat lebih detail karena digunakan untuk memberikan informasi. 

Sementara signage yang ditempatkan di bagian depan umumnya merupakan wall signage atau model standing floor signage. Pesan yang disampaikan di panel bisa apa saja, tapi sebagian besar berisi promosi tentang layanan rumah sakit. Atau pesan penting seputar dunia kesehatan yang perlu diinformasikan oleh rumah sakit kepada audience.

Variasi Signage Rumah Sakit

Rumah sakit tidak hanya dihiasi oleh peralatan kesehatan saja, tapi turut memiliki banyak elemen lainnya salah satu signage. Dan inilah contoh model signage yang paling banyak ditemukan di rumah sakit:

  • Door Signs

Merupakan model signage yang paling sering ditemukan di berbagai tempat bahkan rumah sakit. Door signage di rumah sakit hampir sama seperti yang menempel di badan pintu ruangan hotel yakni nomor ruangan. Dengan demikian, orang bisa menemukan ruangan dengan lebih mudah.

Selain menampilkan nomor ruangan beberapa door signs juga dibuat dengan detail nama dokter, gelar juga jabatannya. Ruangan tersebut digunakan oleh dokter untuk bekerja atau menerima pasien. Dan model lain yang tidak boleh dilewatkan adalah warning signs.

Beberapa pintu rumah sakit terkadang ditempel dengan warning signage yang berfungsi untuk menjelaskan fungsi dari masing-masing ruangan. Dengan membaca warning signage, audience yang berada di rumah sakit bisa memilih milih mana tempat yang boleh dimasukinya atau tidak.  Apa pun model dan desainnya, tipe signage rumah sakit ini bertujuan untuk memberikan informasi atau pesan.

  • Emergency Signs

Selain door signs, signage lain yang paling familier adalah emergency exit. Signage tersebut dibuat untuk menginformasikan letak pintu darurat yang ada di rumah sakit. Dan ketika terjadi kondisi membahayakan di rumah sakit seperti kebakaran atau gempa bumi, orang bisa keluar dengan cepat dan mudah karena papan petunjuk tangga darurat di tampilkan dengan baik dan jelas. 

Karena tidak berbeda jauh dari gedung bertingkat lainnya, kebanyakan rumah sakit di Indonesia dibangun berlantai-lantai. Akan sangat berbahaya jika menggunakan lift ketika terjadi insiden gempa, cara yang paling aman memang memanfaatkan fasilitas tangga darurat yang sudah dibuat oleh rumah sakit. 

  • Plat Nama

Model signage ini banyak ditemukan di rumah sakit, mulai dari lobi hingga ruangan dokter dan pasien. Signage yang ditampilkan di lobi biasanya  berisi nama dari staf administrasi yang bekerja di rumah sakit. 

Beberapa signage dibuat menggunakan model yang sederhana dari material logam atau plastik. Sementara plat nama di ruangan dokter berisi informasi tentang nama dan gelar dokter yang bersangkutan. Ketika seseorang berobat ke dokter gigi, maka dia akan menemukan plat nama dengan tambahan gelar dokter gigi yang menunjukkan keahlian sang dokter.

Dan terakhir adalah plat nama pasien, berbeda dari plat nama staf rumah sakit. Signage ini dibuat jauh lebih simpel, informasi yang tertulis di papan nama pasien pun bisa diubah dengan mudah menyesuaikan dengan identitas pasien yang menggunakan ruangannya. 

Karena sifatnya yang fleksibel, plat nama signage biasanya dibuat jauh lebih sederhana dengan material yang murah seperti plastik. Terkecuali jika plat nama tersebut milik petinggi rumah sakit, tentunya pihak pengelola akan membuatkan plat nama yang lebih spesial dengan material kuningan yang mahal. 

  • Petunjuk Arah Ruangan

Salah satu model signage rumah sakit indoor antara lain petunjuk arah ruangan. Rumah sakit besar biasanya memasang signage ini di dinding luar lift tapi terkadang ada pula yang memasangnya di dinding sebelah tangga. 

Sehingga orang menjangkau tempat dengan akurat, tidak ada audience yang salah jalan karena tidak tahu informasi ruangan. Signage petunjuk ruangan jauh lebih efisien karena bisa dibaca dengan mudah. Cukup ikuti arah panah yang ada pada signage. Dan ikuti langkah kaki Anda membawa Anda menemukan titik ruangan yang tepat. Tidak perlu takut mengikuti papan petunjuk ruangan karena semuanya telah dibuat sedetail mungkin mengikuti denah rumah sakit yang sudah ada.

  • Logo dan Nama Rumah Sakit

Dan model signage terakhir yang juga dibuat di rumah sakit adalah logo juga nama rumah sakit. Biasanya dipasang di beberapa tempat terutama bagian luar rumah sakit sebagai identitas. Sementara di bagian dalam, logo dan nama rumah sakit bisa ditemukan menghiasi lobi rumah sakit.

Tujuannya untuk memperjelas identitas dari gedung rumah sakit yang bersangkutan. Sehingga audience yang tidak mengenal rumah sakit tersebut bisa langsung mengenalinya setelah membaca papan nama rumah sakit yang dipasang di atap rumah sakit juga belakang meja resepsionis. 

5 Keuntungan Memasang Digital Signage Indoor dan Outdoor Rumah Sakit

Di atas telah disebutkan apa saja variasi signage populer yang ditempatkan di rumah sakit. Lantas, apa saja manfaat yang diperoleh seseorang saat memasang digital signage di rumah sakit? Simak selengkapnya berikut ini:

  • Menemukan ruang fasilitas yang tepat

Salah satu fungsi signage rumah sakit adalah mempermudah penemuan ruang fasilitas yang dibutuhkan. Ketika pergi ke rumah sakit, ada beberapa tempat yang ingin Anda tuju terlebih dahulu salah satunya tempat pendaftaran.

Dengan melihat signage, Anda bisa menemukan loket pendaftaran dengan mudah mengingat tidak semua rumah sakit umum di Indonesia memiliki ruang administrasi yang menyatu dengan ruangan lainnya. Pada dasarnya, hampir semua rumah sakit menempatkan loket pendaftaran di bagian depan sementara ruang pasien bisa ditempatkan di lantai yang sama atau berbeda. 

Selain menemukan loket pendaftaran dengan mudah, signage yang digunakan juga mempermudah Anda menemukan ruangan lainnya. Seperti waiting room, toilet umum atau kantin. 

  • Petunjuk Jalan

Beberapa orang tidak dibekali dengan kemampuan mengenali arah, cara termudah untuk mengatasi kondisi tersebut yakni membaca papan arah alias signage rumah sakit murah. Saat melihat petunjuk jalan, Anda akan menemukan ruangan dengan mudah meski tidak bertanya pada security maupun staf medis lainnya.

Beberapa signage ditulis dengan sangat jelas termasuk dengan detail tanda panahnya. Jika Anda ingin menuju ruang keluar atau kamar pasien, cukup ikuti tanda panah dan petunjuk jalan yang telah dipasang oleh pengelola rumah sakit. 

Petunjuk jalan ini mutlak diperlukan terutama jika rumah sakit bersangkutan ukurannya sangat luas dan terdiri dari berbagai lantai. Uniknya, bahkan beberapa rumah sakit memberikan denah rumah sakit secara cuma-cuma sebagai media penunjuk jalan lainnya. 

  • Media Promosi

Kegunaan signage rumah sakit tidak sebatas pemberi informasi saja tapi juga menjadi media iklan efektif. Contohnya jika rumah sakit sedang mengadakan acara tertentu entah itu acara ulang tahun rumah sakit atau hari spesial lainnya. Dengan menggunakan signage, pengumuman acara atau iklan promosi lainnya bisa disampaikan dengan mudah.

Karena berbeda dari publik area lainnya, rumah sakit bukanlah tempat umum yang disukai semua orang. Tidak ada orang yang ingin sakit, meski demikian untuk kelangsungan bisnis beberapa rumah sakit tetap membuat iklan signage. Apalagi jika rumah sakit tersebut baru dibuka dalam artian belum dikenal oleh banyak orang. 

  • Media Komunikasi  

Berbeda dengan polisi atau agen yang memiliki perlengkapan mata-mata untuk mempermudah mereka berinteraksi. Signage ternyata bisa menjadi media komunikasi antara rumah sakit dengan para staf. Beberapa signage yang dipasang terkadang berisi prosedur pekerjaan, model perawatan terbaru bahkan kesempatan pelatihan.

Cara ini dinilai jauh lebih mudah dan fleksibel daripada informasi yang diberikan dari mulut ke mulut. Beberapa rumah sakit bahkan meminta bantuan jasa pembuatan signage rumah sakit untuk dibuatkan digital signage. Sehingga informasi yang diberikan oleh rumah sakit bisa dilihat oleh seluruh staf dengan baik. 

Proses pembuatan signage ini juga sangat mudah dan efisien, yang paling penting signage bersifat permanen. Jadi rumah sakit hanya perlu update informasi terbaru jika memang ada informasi baru yang perlu disampaikan. Dengan kehadiran signage ini, diharapkan para staf bisa bekerja lebih baik mengikuti aturan yang dibuat oleh rumah sakit. 

  • Iklan Kesehatan

Dan model signage lainnya yang paling banyak ditemukan adalah signage iklan kesehatan. Bentuknya ada yang paling sederhana ada juga yang dibuat digital. Tujuannya untuk mengedukasi para audience yang datang ke rumah sakit akan pentingnya menjaga kesehatan.

Biasanya masing-masing divisi memiliki iklan kesehatan yang berbeda, contohnya ketika Anda masuk ke bagian kesehatan kulit. Iklan kesehatan yang akan sering ditemukan adalah iklan tentang macam-macam penyakit kulit dan bagaimana cara mengobatinya. 

Sementara bila pergi ke bagian gigi, Anda akan membaca berbagai iklan kesehatan tentang gigi. Mulai dari cara membersihkan gigi yang baik hingga bagaimana perawatan gigi yang benar. Dengan adanya signage informasi ini diharapkan setiap orang yang datang ke rumah sakit bisa menambah ilmu pengetahuan terutama tentang penyakit yang diidapnya.

Mereka juga memiliki informasi menarik yang bisa dibaca sambil menunggu nama dipanggil untuk mengambil obat atau mendapatkan layanan di loket pembayaran. 

Mau membuat signage rumah sakit dalam bentuk apa pun, semuanya bisa dilaksanakan dengan mudah di jasa pembuatan signage profesional. Cukup datangi kantornya dan katakana detail pesanan yang Anda inginkan. Penyedia layanan akan memberikan desain atau contoh signage yang sudah jadi dan bisa Anda pilih. Jika ada desain khusus, Anda bisa mengkomunikasikannya pada penyedia jasa untuk menyesuaikan budget.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat