Signage Kantor Pemerintahan

Signage Kantor PemerintahanMeskipun bukan tempat umum, kantor pemerintahan hampir setiap hari ramai oleh pengunjung. Kebanyakan yang datang adalah  masyarakat yang memiliki kepentingan tertentu. Tapi tidak jarang kantor digunakan sebagai tempat meeting atau  lokasi penyelenggaraan acara pemerintahan.  Dengan kondisi sedemikian rupa bukan hal yang mengherankan jika ada beberapa signage yang dipasang di kantor pemerintahan. 

Signage Kantor Pemerintahan

3 Aplikasi Signage Kantor Pemerintahan

Signage yang dipasang di kantor pemerintahan mungkin tidak sebanyak yang biasa kita temui di gedung perkantoran atau apartemen karena luas gedung pemerintahan cukup terbatas tergantung jenis layanan yang diberikan. Contohnya Kantor Kepala Desa atau Kantor Camat di mana bangunan keduanya sengaja dibuat sederhana. 

Dan inilah beberapa model signage yang paling sering ditemukan dan familier di kantor pemerintahan Indonesia:

  • Nama Gedung Pemerintahan

Pertama tentu saja nama gedung pemerintahan, signage yang dibuat merupakan standing signage  atau wall signage tergantung besar kecilnya gedung pemerintahan. Jika gedung pemerintahan bertingkat dan tampak luas, signage yang dipilih umumnya wall signage yang sengaja dipasang di bagian tengah gedung dengan huruf berukuran besar dan jelas.

Sementara kantor pemerintahan yang sederhana cukup menggunakan standing floor signage yang dibuat dari kayu. Tujuannya untuk memberikan identitas atas gedung pemerintahan tersebut sehingga masyarakat bisa mengetahui di mana letak Kantor Camat, Kantor Bupati, Kantor Dinas Pendidikan dan kantor pemerintahan lainnya. Dengan demikian masyarakat tidak akan mengunjungi kantor pemerintahan yang salah. Tujuan datang ke gedung pemerintahan pun bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat. 

  • Papan Informasi 

Aplikasi signage kantor pemerintahan murah mahalnya bisa dilihat dari jenis material yang digunakan. Tapi untuk menghemat budget biasanya material yang digunakan adalah material yang murah. Jangan heran jika banyak kantor pemerintahan yang menggunakan signage sederhana tidak semewah signage yang diaplikasikan di mall atau hotel. 

Papan informasi tentang pesan pemerintahan biasanya dibuat sesimpel dan sederhana mungkin untuk memberikan informasi pada audience. Contohnya ketika Anda berkunjung ke Kantor Pajak, di beberapa sudut biasanya terdapat banyak pesan informasi tentang layanan pajak.

  • Nama Ruangan

Dan aplikasi berikutnya adalah nama ruangan. Meskipun bangunannya kecil, kantor pemerintahan juga memiliki divisi yang berbeda. Setiap divisi sengaja diberi identitas signage nama ruangan untuk mempermudah menemukan ruangan yang ingin dituju.

Contohnya saat mengunjungi Kantor Imigrasi, kita akan menemukan beberapa ruangan yang memiliki fasilitas beragam. Contohnya ruangan khusus untuk wawancara dan pengambilan foto.  Mereka yang tidak familier dengan bangunan dan ruangan di Kantor Imigrasi akan mengalami kesulitan menemukan ruangan yang dimaksud.

Mungkin tidak jadi masalah jika ada petugas imigrasi yang membantu menemukan ruangannya. Tapi baiknya setiap ruangan di kantor pemerintahan memang difasilitasi dengan signage.

Fungsi Signage Untuk Kantor Pemerintahan

Di atas sebenarnya telah dijelaskan secara singkat apa saja fungsi dari signage yang dipasang di kantor pemerintahan. Untuk menjelaskan secara detail, simak penjelasan berikut:

  • Identitas gedung

Salah satu jenis signage yang paling banyak diorder di tempat jual signage kantor pemerintahan berfungsi sebagai identifikasi gedung. Tanpa menggunakan signage masyarakat awam tidak bisa mengidentifikasi apa kantor pemerintahan tersebut dan layanan apa yang diberikannya?

Contohnya saat ingin membuat passport, akan sulit bagi masyarakat untuk menemukan kantor Imigrasi jika gedung pemerintahan bersangkutan tidak dipasangi signage. Memang ada fasilitas Google Maps yang bisa dimanfaatkan, tapi aplikasi tersebut hanya berfungsi untuk menemukan letak gedung saja.

Jika sudah sampai di lokasi tapi tidak ada identitas Kantor Imigrasi akan sulit masyarakat untuk menemukan gedung yang benar. Tidak mungkin terus menerus bertanya pada pejalan kaki bukan? bisa jadi pejalan kaki tersebut hanya sekedar lewat dan tidak familier dengan nama-nama gedung di sekitarnya.

  • Mengedukasi audience tentang isu terbaru seputar pemerintahan

Kantor pemerintahan yang ada di Indonesia sangat banyak dan masing-masing memiliki layanan dan fasilitas yang beragam. Saat Anda ingin mengetahui isu-isu tentang pendidikan, tidak mungkin datang ke Kantor Kelurahan bukan? 

Tidak hanya mengidentifikasi gedung pemerintahan, signage juga berperan dengan baik untuk mengedukasi audience tentang isu atau informasi terbaru seputar layanan pemerintahan yang diberikan. Contohnya Kantor Pajak yang biasanya punya informasi baru yang wajib ditelaah lebih dalam oleh masyarakat. Atau Kantor Imigrasi yang punya banyak informasi penting seputar proses pembuatan paspor terbaru atau informasi penting lainnya.

  • Menginformasikan fasilitas yang tersedia di gedung pemerintahan 

Saat bertemu dengan vendor signage kantor pemerintahan apa saja jenis signage yang rencananya akan dibuat? Jangan hanya terpaku pada papan informasi saja tapi buatlah directory signage yang akan memberikan kemudahan navigasi untuk menemukan fasilitas yang tersedia di gedung pemerintahan.

Apalagi jika kantor pemerintahan tersebut memiliki banyak ruangan. Jika tidak menggunakan navigasi signage, tidak mustahil audience akan salah masuk ke ruangan. Tidak lucu bukan jika Anda sampai masuk ke ruangan Pak Walikota atau Pak Camat padahal tujuan utamanya adalah toilet? 

Inilah fungsi utama signage untuk mempermudah menemukan ruangan yang dituju, penggunaan signage turut berfungsi untuk menghindari kesalahpahaman. Karena tidak semua ruangan yang ada di gedung pemerintahan bisa diakses oleh masyarakat.  

Tips Membuat Signage Yang Unik dan Menarik

Mencari layanan jasa pembuatan signage kantor pemerintahan Jakarta bukan perkara sulit. Hampir semua sudut Kota Jakarta punya vendor signage yang hebat dan berkualitas. Sebelum meluncur ke tempat mereka, pastikan sudah memahami beberapa signage berikut ini:

  • Menjaga visibilitas pesan

Kejelasan dan ketajaman pesan merupakan unsur penting dalam pembuatan signage.  Saat pesan signage tidak visibilitas akan sulit bagi audience untuk memahami maksud dari signage tersebut. Yang ada mereka akan bertanya lagi pada resepsionis atau karyawan pemerintahan yang ditemuinya.

Agar kondisi tersebut tidak terjadi, pastikan buat signage yang memiliki visibilitas tinggi termasuk ketika dilihat dari jarak jauh. Akan percuma dan sia-sia membuat signage yang bagus jika pesan yang tertulis tidak sampai ke audience. 

Padahal tujuan utama membuat signage adalah untuk mengedukasi dan menyiarkan pesan pada audience. Jika tidak sampai pesannya otomatis signage yang telah dibuat tidak bekerja sebagaimana mestinya dan perlu ditinjau atau diperbaharui kembali.

  • Hindari pesan rumit

Agar kekuatan pesan signage sampai kepada audience, Anda perlu menghindari tulisan yang rumit dan bertele-tele. Terkecuali jika signage yang dibuat bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi seputar layanan pemerintahan. 

Beberapa signage bahkan hanya membutuhkan satu kata saja untuk menginformasikan fungsi ruangan. Contohnya signage toilet yang cukup ditulis dengan kata “toilet” atau menggunakan gambar tertentu.  Audience yang melihat otomatis memahami jika ruangan tersebut berfungsi untuk buang air kecil atau buang air besar.

Hal yang sama bisa kita temui saat menuju kantin, signage “kantin” yang digunakan sudah mampu mempresentasikan fungsi ruangan sebagai tempat makan atau membeli makanan.  Bila menggunakan kata-kata lain yang lebih panjang, audience mungkin memahami maknanya tapi akan malas membacanya untuk kedua kalinya. 

  • Pilih font dan warna yang sesuai

Membuat signage kantor pemerintahan di Jakarta bukan hal yang asing, hampir semua kantor pemerintahan Jakarta menggunakan signage bahkan model signage yang digunakan tidak kalah modern dan mahal dari signage hotel atau mall. 

Salah satu aspek yang diperhatikan pemerintah Kota Jakarta adalah font dan kontras warna. Mereka percaya jika memilih font yang jelas dan unik akan memberikan visibilitas tinggi. Apalagi jika warna signage yang digunakan cukup mencolok. Sebagian besar signage pemerintahan biasanya menggunakan warna netral seperti putih, hitam atau abu-abu. 

  • Baiknya tambahkan gambar pendukung

Selain lettering, unsur lain yang bisa ditambahkan pada saat membuat signage adalah gambar. Gambar tidak hanya menjadi unsur tambahan bahkan sebagian besar menjadi bintang utama. Contohnya gambar tempat beribadah, daripada menuliskan “mushola” atau “masjid” beberapa kantor pemerintahan menggunakan gambar masjid/ mushola sebagai identitas signage.

Cukup dengan satu gambar yang simpel, audience bisa memahami pesan dan fungsi dari ruangan tersebut yakni sebagai tempat beribadah. Hal yang sama sering kali kita temui di signage tangga darurat atau toilet. 

  • Gunakan media yang unik

Yang dimaksud dengan media adalah material, sebagian besar signage kantor pemerintahan Jakarta Selatan menggunakan signage berbahan kayu atau logam. Padahal selain dua material tersebut masih banyak material yang tidak kalah berkualitasnya.

Contohnya adalah akrilik atau kaca, material ini bisa digunakan untuk membuat signage nama gedung pemerintahan. Tampilan kaca atau akrilik jauh lebih indah dan istimewa daripada kayu yang sangat sederhana. Perawatan dan cara membersihkannya pun sangat mudah cukup di lap secara teratur terutama ketika cuaca sedang kering di mana banyak debu yang beterbangan. 

  • Pilih vendor signage terpercaya

Setelah memahami beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat signage, langkah berikutnya temukanlah vendor signage kantor pemerintahan Tangerang terpercaya.  Tidak beda jauh dari  Jakarta, Tangerang juga punya banyak vendor signage hebat dan berpengalaman.

Menggunakan jasa mereka akan membantu Anda menghasilkan signage gedung pemerintahan yang bagus dan berkualitas. Hasilnya signage tidak hanya bertahan selama beberapa bulan saja tapi bisa awet selama beberapa tahun apalagi jika dirawat sebaik mungkin. Agar tidak salah pilih vendor, seleksi vendor signage secara ketat jika perlu minta bantuan dari kantor pemerintahan lain yang telah berhasil membuat signage awet dan berkualitas.

Itulah hal-hal menarik seputar signage gedung pemerintahan yang banyak disepelekan oleh audience. Padahal tanpa signage tersebut, sulit bagi audience untuk memahami informasi  yang coba disampaikan pemerintah. Dengan memahaminya, kita tidak hanya memiliki kesadaran untuk mengenal fungsi-fungsi signage tapi turut menjaga kualitas signage agar bertahan lama.

Jasa Pasang Signage Untuk Perkantoran Pemerintah

Apakah Anda sedang butuh jasa pasang signage untuk perkantoran baik pemerintah maupun swasta? Di sini kami Sinergi Media menawarkan jasa buat dan pasang signage untuk berbagai macam keperluan mulai dari perkantoran, hotel, mall, apartemen, rumah sakit, toko, dll.

Kelebihan signage yang kami buat antara lain yaitu:

  • Harga yang kompetitif di pasaran
  • Tersedia berbagai model/ desain
  • Tersedia dalam berbagai macam material dan warna
  • Jasa pasang oleh tenaga ahli berpengalaman
  • Jasa konsultasi oleh tenaga ahli berpengalaman

Selain itu, pemesanan jasa signage kantor pemerintahan juga dapat dilakukan secara online maupun offline sehingga lebih memudahkan Anda para pelanggan kami.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat