Signage Gedung

Signage GedungDalam suatu gedung ada banyak ruangan dan fasilitas yang terkadang membingungkan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, pengelola gedung menggunakan papan petunjuk, lambang atau signage. Sayangnya, belakangan ini peran penting signage mulai kabur karena dibuat terlalu sederhana sehingga banyak orang yang tidak memahami pesan yang coba disampaikan. 

Signage Gedung

Pengertian Signage Gedung

Signage merupakan rancangan desain yang terdiri dari simbol atau lambang yang ditulis di lempengan atau papan. Masing-masing item memiliki fungsi dan tujuan tersendiri untuk mengkomunikasikan informasi pada semua orang. 

Selain dimanfaatkan sebagai petunjuk jalan atau pemberi informasi, signage juga dimanfaatkan guna kepentingan promosi. Di kota besar, penggunaan signage bukan hal baru kita bahkan bisa menemukannya di seluruh gedung baik milik perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. 

Melihat pentingnya fungsi signage gedung terhadap kebutuhan masyarakat, sudah sewajarnya gedung membuat signage yang jelas dan informatif. Tapi karena dianggap sebagai item kecil, beberapa pengelola gedung justru membuat signage ala kadarnya.

Agar tidak mengalami kondisi tersebut, pengelola gedung hendaknya membuat signage di jasa pembuatan signage yang profesional. Penyedia jasa akan mengerjakan signage sejak awal mulai dari merancang desain hingga proses pembuatan dan terakhir memasang signage di tempat-tempat yang telah ditentukan.

Mereka tidak hanya bertugas untuk membuat dan memasang tapi turut mengawasi jalannya pemasangan signage. Sehingga, baik signage maupun desain interior maupun eksterior tampak harmonis. Keberadaan signage bisa dilihat dengan baik karena tidak terkover oleh warna ruangan. 

Lantas Apa Saja Kegunaan Signage Gedung?

Penggunaan signage bukan hanya di gedung perkantoran saja tapi juga di ruang publik lain yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Contohnya di hotel, dengan menggunakan signage yang baik dan jelas para tamu hotel bisa memahami informasi dengan baik.

Setidaknya mereka tidak tersesat saat mencari toilet atau tangga darurat. Mereka juga bisa membaca informasi penting lainnya. Kondisi ini turut meningkatkan fitur pelayanan hotel terhadap tamu, ketika tamu merasa nyaman dan aman otomatis hotel akan semakin populer.

Sementara untuk publik area, signage penting untuk memberikan berbagai informasi bahkan ada juga banner signs yang sengaja dipasang untuk menginformasikan masyarakat tentang suatu acara yang akan berlangsung. 

Makin ke sini, tipe-tipe signage semakin banyak dan semakin modern. Dan tiap-tiap signage memiliki fungsi berbeda dengan satu tujuan yakni untuk memberikan informasi lengkap dan jelas pada publik.

Plang Nama Ruangan

Contoh-contoh Signage Indoor

Setelah memahami keanekaragaman signage, Anda tentu menyadari jika ada beberapa signage yang dipasang di dalam ruangan dan di luar ruangan. Berikut ini contoh signage yang di pasang di dalam gedung:

  • No Smoking

Bagi beberapa pria rokok merupakan kebutuhan penting yang tidak bisa dipisahkan. Ironisnya, rokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan hampir semua orang tidak menyukai bau asap yang ditimbulkannya. Maka untuk memberikan rasa nyaman bagi kedua pihak, beberapa pengelola gedung terkadang menambahkan signage smoking area dan no smoking. Tanda dilarang merokok paling sering ditempatkan di ruangan ber-AC. 

  • Stair

Teknologi canggih memudahkan manusia untuk mengakses tiap lantai cukup dengan lift. Tapi bagi beberapa orang lift bukan pilihan terbaik, mereka bahkan lebih memilih menaiki puluhan anak tangga untuk sampai ke tempat tujuan. Agar memudahkan seseorang menemukan keberadaan tangga di dalam gedung, pihak pengelola biasanya memasang signage dengan symbol tangga dan dua anak panah ke atas atau ke bawah. 

  • Wifi

Simbol Wifi hampir dikenali oleh seluruh masyarakat terutama yang sehari-harinya berkutat dengan internet. Simbol tiga garis melengkung dan lingkaran kecil ini menandakan jika ruangan yang sedang Anda pijak memiliki jaringan Wifi yang bisa digunakan secara gratis atau berbayar. Selain gedung perkantoran dan hotel, signage Wifi juga sering ditemukan di restoran atau publik area lainnya. 

  • Disability

Saat Anda menemukan signage gedung indoor dengan gambar orang yang tampak seperti duduk di kursi roda artinya simbol tersebut khusus untuk para penyandang disabilitas. Simbol ini cukup penting terutama jika penyandang disabilitas datang ke gedung tanpa ditemani oleh orang lain. Setidaknya mereka tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan ruangan yang ditujunya. 

  • Elevator Emergency

Meskipun keduanya memiliki gambar tangga yang hampir sama, namun masing-masing signage digunakan dalam kondisi yang berbeda. Elevator emergency merupakan model signage yang sengaja dibuat untuk menginformasikan pada publik jika telah terjadi kebakaran.

Di mana, lift atau elevator tidak diperkenankan untuk digunakan untuk menghindari hal-hal yang diinginkan. Maka pilihan yang paling nyaman dan aman adalah menggunakan tangga darurat. Inilah mengapa simbol elevator emergency dibuat dengan gambar orang menuruni tangga dan di belakangnya terdapat simbol api.

  • Toilet

Toilet merupakan tempat umum yang berperan sangat penting terutama untuk menuntaskan hajat hidup orang banyak. Entah itu gedung perkantoran, hotel, restoran dan publik area lainnya biasanya memiliki fasilitas toilet. Agar tamu bisa menemukan toilet tanpa meminta arahan dari sekuriti atau orang lain, pihak pengelola menambahkan signage yang menunjukkan keberadaan toilet berikut identitasnya. Karena toilet termasuk ruangan pribadi yang tidak dicampur antara pria dan wanita. 

  • Exit Signs

Termasuk salah satu signage yang paling umum dan sering kali Anda temukan di dalam gedung mana saja. Exit signs ini menandakan pintu keluar yang ditunjukkan oleh tanda panah dan orang berlari. 

Perlunya menambahkan exit signs untuk memfasilitasi pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke dalam gedung. Model exit signs yang dibuat oleh gedung sangat beragam, ada yang langsung ditembel di dinding namun ada pula yang digantungkan dengan kawat.

Mayoritas signage yang dibuat di dalam ruangan akan mengikuti desain interior dari ruangan tersebut. Sementara signage outdoor dibuat jauh lebih fleksibel meski harus tetap memiliki keunikan tersendiri. 

Signage Huruf Timbul

11 Tipe Signage Gedung

Masyarakat awam hanya mengenal satu signage yakni papan informasi padahal selain itu masih ada banyak sekali tipe signage yang dipasang baik pada gedung maupun tempat umum lainnya. Simak selengkapnya berikut ini:

  • Canopy Signs

Merupakan signage yang dipasang tepat di tiang atau tembok permukaan depan dari toko atau suatu gedung. Signage ini berfungsi sebagai penunjuk brand atau identitas suatu bangunan. Sehingga masyarakat umum bisa memahami apa produk yang dijual dan dihasilkan dalam gedung tersebut. 

Selain canopy signs, ada juga yang dikenal sebagai undercanopy signs di mana signage sengaja di pasang oleh jasa pembuatan signage gedung di bawah canopy. Meski posisinya berbeda, kedua signage tersebut memiliki fungsi yang sama. 

  • Free Standing Signs

Beda dari signage sebelumnya yang menggunakan tembok atau tiang sebagai penyangga, maka free standing signs mampu berdiri sendiri. Desain dan bentuknya sangat beragam tapi masing-masing dibuat sedetail mungkin. Dalam proses pemasangannya, beberapa free standing signs terkadang membutuhkan tiang penyangga agar bisa berdiri dengan baik. 

  • Banner Signs

Signage ini bisa dipasang di mana saja, entah di depan gedung dengan tiang penyangga (flag banners) atau di pasang ditembok. Banner signs dibuat dari tiga material yang berbeda yakni kain, plastik atau kertas. 

Banner signs umumnya digunakan untuk menginformasi sesuatu, entah itu acara sale toko atau bahkan opening restoran. Terkadang banner signs juga dibuat untuk menginformasikan acara formal hingga semi formal seperti pesta reuni. 

  • Floor Signs

Dari desain dan visualnya, signage ini hampir sama seperti free standing signs karena keduanya sama-sama dipasang di lantai. Uniknya, mayoritas floor signs dibuat dari material plastik berwarna kuning dengan simbol dan lambang hitam atau merah. Contohnya adalah wet floor signs, signage ini berfungsi untuk menginformasikan pada publik jika lantai di area tersebut basah dan licin sehingga tidak boleh dilalui. 

  • Changeable Copy Signs

Tipe signage gedung selanjutnya jauh lebih fleksibel dari signage sebelumnya. Changeable copy signs ini bisa diubah seiring berjalannya waktu dengan tujuan dan fungsi tertentu. Fungsinya akan mengingatkan Anda pada pemakaian message board restoran. 

Desain yang dimiliki sangat unik, karena terkadang signage dibuat di atas material kayu dan simbol yang dibuat adalah lempengan huruf dan angka yang bisa dilepas pasang dengan mudah. 

  • Projecting Signs

Pernahkah Anda melihat papan nama toko yang dipasang ditembok? Inilah yang disebut sebagai projecting signs. Kedua sisi pasang didesain dengan simbol dan lambang sehingga publik bisa memahami informasinya meski mereka berada di sisi kiri maupun kanan gedung. Mayoritas projecting signs dipasang oleh toko pakaian, restoran bahkan dokter gigi. 

  • Wall Signs

Merupakan jenis signage yang dipasang di dinding suatu gedung secara paralel dengan ketebalan 18 inci. Wall signs berbeda dari projecting signs karena dibuat cukup dengan satu sisi. 

  • Electronic Message Center

Beberapa jalan tol di Indonesia terkadang menggunakan jenis signage ini untuk menginformasikan sesuatu pada pengguna jalan. Electronic massage center juga sering digunakan untuk kepentingan publik lainnya. Tampilannya sangat sederhana namun berteknologi canggih yang memungkinkan Anda untuk mengubah pesan di papan signage dengan cepat. 

  • Suspended Signs

Hampir semua suspended signs ditempatkan di dalam ruangan dengan cara digantung di atas langit-langit menggunakan kawat. Membuat signage ini harus dilakukan sebaik dan seprofesional mungkin agar tidak mengganggu desain interior ruangan yang sudah diatur sejak awal. 

  • Roof Signs

Restoran, hotel, toko, bahkan bank terkadang menggunakan roof signs untuk menampilkan nama brand mereka. Tujuannya supaya masyarakat bisa mengenali gedung meskipun berada di lokasi yang sangat jauh.

Signage ini biasanya dibuat dari papan tapi terkadang langsung dibuat menggunakan rangkaian huruf yang dipasang berurutan. Agar roof signs tampak kokoh dan bisa berdiri dengan baik, jasa layanan akan memasangnya bersama tiang penyangga yang cukup banyak.

  • Windows Signs

Signage ini memiliki tampilan yang sangat unik dan menarik karena dipasang langsung di jendela kaca. Agar pesan yang diberikan sampai pada para masyarakat, windows signs dibuat seintens dan senatural mungkin. 

Menariknya, dari beberapa tipe signage di atas kita bisa menemukan signage gedung murah yang proses pembuatannya sangat mudah dan efisien. Karena baik material maupun desainnya cukup sederhana.

Dengan memahami fungsi, kegunaan dan contoh signage gedung diharapkan seluruh pengelola gedung bisa membuat signage yang lebih informatif. Jangan membuat signage di tempat yang kurang profesional hanya untuk memangkas pengeluaran perusahaan.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat