Signage Jalan

Signage JalanSalah satu jenis signage yang sering ditemukan adalah signage jalan. Signage ini biasanya berguna sebagai penunjuk jalan untuk Anda yang sedang berada di area umum. Biasanya signage jenis ini sering ditemui di area alun-alun, museum, dan lainnya sebagai penunjuk jalan. Contoh signage jalan biasanya berupa penunjuk arah untuk pergi ke suatu tempat yang penting atau biasanya menunjukkan dimana letak lokasi-lokasi umum lainnya seperti pasar, masjid, bahkan toilet. 

Signage Jalan

Manfaat signage jalan ini sangatlah penting untuk orang-orang yang baru pertama kali berkunjung ke suatu tempat. Selain itu juga akan sangat membantu orang-orang yang sukar dalam memahami letak arah suatu daerah. Gunanya tentu saja untuk memberikan informasi dan bantuan secara tidak langsung melalui signage agar tidak tersesat. Selain itu signage juga berguna sebagai media untuk berkomunikasi, hanya saja sudah pasti komunikasi dalam bentuk satu arah saja. 

Namun, biasanya masyarakat kurang peka dan paham akan fungsi penggunaan signage jalan ini. Hal ini dikarenakan sekarang sudah tersedia GPS yang memudahkan orang-orang untuk mencari suatu lokasi tertentu tanpa bingung saat membacanya. Bahkan sekarang banyak sekali pengendara yang secara sengaja tidak mematuhi aturan yang berlaku di jalan raya. Meskipun begitu, ternyata penggunaan signage jalan ini masih banyak ditemukan di sekitar kita, terlebih lagi di jalan raya. Anda akan dengan mudah menemukan rambu-rambu peringatan dan himbauan yang tersebar di jalan raya. 

Penggunaan signage jalan ini terkadang juga sangat disepelekan. Misalnya penempatan signage jalan yang justru malah terhalang dengan objek lain. Seringnya adalah penempatan signage jalan yang terhalang pohon lebat, informasi atau petunjuk yang hendaknya bisa dilihat dan dipatuhi masyarakat menjadi tidak terlihat hanya karena penempatannya yang kurang tepat.

Beberapa Contoh Signage

Contoh lainnya adalah penempatan nama jalan yang tertutup oleh tiang lain seperti tiang listrik. Hal-hal seperti ini bisa membuat pengguna jalan menjadi kebingungan, terlebih lagi jika orang tersebut tidak paham akan arah jalan suatu lokasi.

Akan tetapi selain signage jalan, juga masih banyak lagi jenis signage yang lain. Berikut adalah beberapa contoh signage yang sering Anda temukan:

  • Signage rumah

Signage ini sering ditemukan di area rumah-rumah atau kompleks perumahan mewah. Signage ini biasa ditemukan untuk mempromosikan rumah tersebut, baik untuk disewakan atau dijual. Bisanya untuk rumah yang disewakan, pemilik rumah akan mencantumkan fasilitas-fasilitas yang tersedia di rumah tersebut. Misalnya menggunakan air panas, pemanas ruangan, atau tersedia garasi. Semua itu bisa dicantumkan menggunakan signage rumah.

  • Signage hotel

Signage hotel ini bisa berupa indoor dan outdoor. Signage oudoor biasanya digunakan untuk menginformasikan nama hotel tersebut. Oleh karena itu pemilihannya pun biasanya signage dengan tulisan disertai lampu, hal ini berguna untuk menarik minat dan rasa penasaran masyarakat. 

Sedangkan penggunaan signage indoor untuk hotel biasanya digunakan di hall sebagai tempat informasi dan penunjuk lokasi fasilitas hotel tersebut. Misalnya tempat restoran, toilet, hall, atau meeting room.

  • Signage kantor

Hampir sama dengan signage hotel, signage kantor biasanya juga menggunakan signage indoor dan outdoor. Untuk penggunaan signage outdoor biasanya berupa tulisan atau logo perusahaan yang dipasang di bagian atas atau atap kantor. Sedangkan indoor signage biasanya menunjukkan lokasi penting yang ada di kantor tersebut. Misalnya ruang kerja beberapa atasan atau ruang kerja divisi tertentu.

  • Signage jalan tol

Signage ini sering ditemukan disisi kiri jalan tol yang berfungsi untuk memberikan informasi dan himbauan. Misalnya untuk menunjukkan jarak kilometer, nama kota, atau jarak rest area dan spbu terdekat. Signage jalan ini akan sangat membantu pengendara kendaraan yang melewati tol. Hal ini dikarenakan tidak semua orang akan menggunakan GPS saat masuk jalan tol.

  • Signage mall

Jika Anda sering pergi ke mall, maka Anda sudah pasti bisa menemukan signage ini dengan mudah. Biasanya sering digunakan untuk menunjukkan informasi tentang apa saja yang ada di lantai 1, 2, 3 dan seterusnya dari mall tersebut. Misalnya, letak food court, toilet, supermarket dan bioskop. 

Contoh-contoh signage tersebut sangat berguna untuk Anda yang baru pertama kali berada di tempat tersebut. Selain itu signage ternyata memiliki manfaat dalam bidang promosi, seperti contoh signage rumah tadi.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendesain Signage Jalan

Banyak sekali penyedia jasa signage jalan yang bisa dengan mudah ditemukan baik secara langsung atau online. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau membuat signage jalan, ada perlunya Anda mengetahui beberapa hal berikut:

  • Keseimbangan 

Salah satu hal yang penting saat pembuatan desain signage jalan adalah mengusahakan agar signage tersebut bisa lebih mudah dipahami. Salah satu caranya adalah keseimbangan desain berupa simbol penunjuk arah harus dibuat secara seimbang dari segala sisi. Mulai dari kondisi lapangan, ukuran, bahkan warna harus dibuat secara seimbang.

Misalnya adalah signage hotel yang menampilkan denah lokasi ruangan yang ada di hotel tersebut. Desain dari signage hotel haruslah jelas dan seimbang hal ini agar membantu membuat pengunjung dan tamu dapat menemukan lokasi dengan mudah dan cepat sehingga akan lebih nyaman.

  • Warna

Dalam mendesain sebuah signage jalan yang digunakan untuk petunjuk, pemilihan warna adalah hal yang penting. Hal ini dikarenakan pemilihan warna yang salah dapat membuat kesan yang kurang nyaman bagi orang-orang yang melihat signage tersebut. Hindari penggunaan desain signage jalan dengan warna gelap, hal ini untuk mengantisipasi petunjuk atau informasi pada signage tidak terlihat khususnya di malam hari. Jika Anda bingung dengan pemilihan warna pada desain, Anda bisa mencari tempat jual signage jalan yang pastinya sudah lebih berpengalaman.

  • Riset

Sebelum membuat desain petunjuk jalan ada baiknya jika Anda melakukan riset atau survei terlebih dahulu untuk para penggunaan tempat umum atau bangunan tersebut. Penyesuaian desain signage jalan harus sesuai dengan karakter masyarakat, hal ini dikarenakan masyarakat memiliki karakter yang berbeda di setiap lingkungannya.

Signage jalan juga harus dibuat dengan menyesuaikan tingkat pendidikan masyarakat di lokasi tersebut. Fungsinya adalah untuk mengetahui sejauh mana desain signage jalan yang bisa dipahami oleh penduduk. Dengan begitu pengadaan signage jalan tidak akan sia-sia hanya karena terkendala masalah kurang mampunya masyarakat dalam memahami signage jalan tersebut. Riset seperti ini juga sangat dibutuhkan untuk penggunaan signage jalan Jakarta yang memiliki banyak sekali tempat ramai dan tempat umum.

  • Menciptakan kepribadian

Signage jalan dapat menjadi simbol tertentu atau yang khas dari sebuah lokasi. Penggunaan simbol yang melambangkan lokasi tertentu biasanya akan jauh lebih mudah dipahami. Misalnya penggunaan simbol masjid untuk memberitahu bahwa di lokasi tersebut terdapat sebuah masjid.

Dengan begitu biasanya orang-orang akan semakin paham dan lebih cepat tahu kemana tujuan mereka. Selain itu simbol-simbol tertentu pada sebuah signage jalan secara tidak langsung akan membentuk suatu imej tertentu dari sebuah perumahan, perusahaan atau fasilitas umum lainnya.

  • Melakukan uji coba 

Setelah signage jalan Anda telah selesai dibuat, selanjutnya adalah melakukan uji coba terhadap signage jalan tersebut. Hal ini diperlukan guna mengukur tingkat keefektifan signage tersebut. Dalam kata lain untuk mengetahui apakah pasang signage jalan di lokasi tersebut cukup berguna dan membantu.

Selain dengan melakukan uji coba setelah produk signage selesai. Ternyata uji coba juga diperlukan sebelum mendesain signage tersebut. Hal ini dimaksudkan agar semua informasi yang ada pada signage jalan bisa sesuai dengan keadaan di tempat aslinya.

  • Desain yang simpel

Salah satu yang penting dalam mendesain signage jalan adalah desainnya yang simpel. Gunanya adalah agar masyarakat tidak merasa kebingungan saat membaca dan memahami informasi yang ingin disampaikan. Dalam hal ini juga menghindari informasi yang ingin disampaikan menjadi sia-sia saja. Dengan desain yang lebih simpel orang-orang akan dimudahkan dalam mencari informasi atau lokasi yang dibutuhkan.

  • Jenis huruf

Huruf yang digunakan dalam signage jalan biasanya menggunakan font huruf yang formal, tegas, mudah dibaca dan sederhana. Namun biasanya pemilihan huruf juga disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang ingin disampaikan melalui signage. Biasanya yang menjadi kesalahpahaman adalah ukuran huruf kapital dirasa semakin mudah untuk dibaca dari jarak yang jauh.

Akan tetapi ternyata dari hasil uji coba yang telah dilakukan, ternyata tidak selamanya penggunaan huruf kapital bisa dengan mudah dibaca pada signage jalan. Gabungan dari huruf besar dan huruf kecil akan lebih mudah dibaca dari kejauhan jika dibandingkan dengan penggunaan huruf besar saja pada signage jalan. Dikarenakan orang akan secara otomatis melihat dan menangkap informasi pada signage jalan beberapa detik saja, sehingga penggunaan signage dengan huruf besar harus lebih dikurangi.

  • Penyampaian informasi yang penting saja

Salah satu hal yang menyebabkan masyarakat secara malas dan susah untuk memahami signage jalan adalah karena informasi yang ada terlalu banyak. Hal ini menjadikan informasi penting pada signage tersebut bisa tertutup dengan informasi lain yang tidak terlalu penting. Selain itu orang-orang yang melihatnya juga merasa terganggu dan kebingungan dengan banyaknya informasi yang tersedia.

Demikianlah artikel mengenai signage jalan yang perlu Anda pahami. Jika Anda sedang bingung bagaimana membuat desain signage yang benar dan baik, maka mungkin Anda bisa memilih untuk sewa signage jalan. Dengan begitu Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mendesain signage jalan yang sesuai dengan karakteristik signage jalan yang baik.

Layanan Pemasangan Signage Jalan di Indonesia

Sinergi Media? Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang advertising sekaligus jasa pembuatan dan pemasangan signage. Produk-produk kami terdiri dari signage indoor serta outdoor termasuk signage jalan. Kami memiliki tenaga kerja yang berpengalaman dan sudah ahli di bidangnya dalam pembuatan dan pemasangan signage outdoor ini. Jadi, jika Anda tertarik dapat menghubungi kami.

Keunggulan layanan pembuatan serta pemasangan signage kami di Indonesia dibandingkan dengan vendor signage lainnya yaitu:

  • Harga yang bersaing dengan vendor lain
  • Layanan konsultasi desain gratis dengan ahlinya
  • Jasa pasang dari tenaga ahli berpengalaman
  • Garansi untuk signage yang kami pasang demi kepuasan pelanggan
  • Layanan online dan offline juga tersedia

Bagi Anda yang ingin menyewa layanan pemasangan signage jalan, maka bisa menghubungi kami sekarang juga.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat