Signage Indoor

Signage IndoorSiapa yang tidak mengenal signage? Istilah ini mungkin memang terdengar sangat asing untuk orang yang bukan bekerja di bidang percetakan. Padahal signage bisa dengan mudah ditemukan dimana saja. Jadi, untuk Anda yang tidak tahu, ada baiknya jika mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan signage.

Signage Indoor

Beda Signage Indoor dan Outdoor

Signage merupakan desain tertentu yang ditampilkan dalam bentuk grafik, secara umum masyarakat menyebutnya dengan papan informasi, papan nama, atau petunjuk arah yang kegunaannya untuk memberikan informasi kepada orang yang melihatnya. Tujuan secara umum dari signage ini adalah untuk menyampaikan informasi yang penting untuk diketahui serta untuk berkomunikasi.

Signage memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Semuanya dibuat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan informasi. Misalnya seperti papan billboard, spanduk, papan petunjuk arah dan jalan, papan himbauan atau larangan dan sebagainya.

Secara umum juga signage dibagi menjadi 2 jika berdasarkan lokasinya, yaitu:

  • Signage indoor

Sesuai dengan namanya juga, signage indoor adalah jenis signage yang penggunaannya di dalam ruangan saja. Contoh signage indoor yang sering ditemui adalah petunjuk arah di mall, hotel, atau bandara, nomor kamar hotel, jalur evakuasi, toilet, tanda pada lantai mall, dan masih banyak lagi.

  • Signage outdoor

Sedangkan untuk signage outdoor sudah pasti sering ditemukan di tempat-tempat umum. Biasanya signage yang ditempatkan di luar ruangan ini dibuat dari bahan yang awet dan tidak mudah rusak akibat cuaca atau panas matahari.

Manfaat signage indoor ini sama seperti signage biasanya yaitu untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan tempat tersebut atau sebagai media untuk memberikan himbauan atau aturan yang perlu diperhatikan. Seperti contohnya signage papan yang memberikan himbauan untuk berhati-hati saat melewati lantai tersebut karena licin atau signage petunjuk arah dimana tempat toilet dan food court yang biasa ditemukan di pusat perbelanjaan.

Signage ini dirasa perlu dan sangat membantu dalam menyebarkan dan memberikan informasi secara langsung. Meskipun sekarang semuanya sudah serba digital dan teknologi, namun bukan berarti semua informasi bisa disebarkan melalui sosial media. Ada beberapa informasi yang lebih baik jika disebarkan secara langsung dan dengan media yang bisa dibilang masih konvensional. Salah satu contohnya adalah dengan penggunaan signage tersebut yang memungkinkan informasi bisa secara cepat dan langsung tersampaikan.

Bahan-bahan Untuk Membuat Signage

Berikut ini adalah bahan-bahan yang umum digunakan untuk membuat signage:

  • Akrilik 

Bahan signage yang sering ditemui adalah akrilik. Bahan ini memiliki karakteristik yang hampir sama seperti kaca. Namun keunggulannya jika dibandingkan dengan bahan kaca adalah dalam hal fleksibilitas yang lebih baik sehingga tidak mudah rusak dan bobot yang jauh lebih ringan. Selain itu, harganya yang murah juga membuat bahan signage ini sering dijadikan bahan pembuatan signage oleh penyedia vendor signage indoor.

Bahan ini juga lebih mudah dibentuk, diukir, dicat, dipotong, hingga dilubangi. Material ini pun cocok untuk jenis signage indoor maupun outdoor. Hal ini karena bahan ini lebih tahan cuaca atau hama. Material ini juga sering dijadikan signage dengan huruf timbul dan tambahan lampu LED karena kan terlihat semakin menarik dan lebih banyak diminati.

  • Medium Density Board

Bahan ini terbuat dari serbuk kayu yang diolah dan direkatkan dengan resin sintetis dan dipanaskan dalam suhu tertentu agar bisa melekat dengan baik. Bahan ini berbentuk lembaran sehingga akan sangat mudah diukir dan dipotong dengan teknik laser. Bahan ini lebih diperuntukkan sebagai ornamen dekorasi pada ruangan.

  • Alumunium 

Alumunium merupakan salah satu unsur kimia yang terdiri dari logam, namun bukan bagian dari logam berat. Bahan ini sering digunakan untuk pembuatan signage jenis outdoor karena cukup tahan lama terhadap cuaca panas dan hujan. Misalnya, papan informasi, tanda jalan, dan lain sebagainya. Karena komposisinya berasal dari logam, maka material ini juga akan lebih tahan lama dan awet.

Material ini memiliki ketebalan yang beragam mulai dari 1-20 mm yang menjadikan bahan ini lebih mudah dibentuk. Semakin tebal materialnya secara otomatis beratnya juga akan semakin bertambah.

  • Stainless

Pembuatan signage dengan model huruf timbul biasanya lebih sering menggunakan material stainless. Berbeda dengan material alumunium yang terbuat dari campuran logam, bahan stainless ini terbuat dari gabungan besi, senyawa kromium, dan bahan campuran lainnya. Kelebihannya adalah bahan ini biasa digunakan untuk building signage agar lebih tahan terhadap karat.

Signage huruf timbul dengan material signage bisa ini memberikan kesan yang lebih elegan tetapi tetap formal dan berestetika tinggi. Menjadikan signage dengan bahan stainless ini cocok digunakan untuk promosi bisnis. Selain itu bahan ini jika diletakkan di kantor Anda akan memberikan kesan yang lebih profesional.

  • Kayu 

Kayu merupakan bahan yang sering digunakan untuk pembuatan signage. Selain karena bahannya mudah ditemukan, bahan kayu juga lebih mudah dibentuk dan diberi warna dengan berbagai jenis cat. Bobot bahan ini tergantung dengan kualitas dan jenis kayunya. 

Namun, biasanya signage yang menggunakan material kayu akan memiliki bobot yang lebih berat. Kekurangan dalam material ini adalah lebih mudah terkena rayap dan perubahan cuaca. Tetapi, jika Anda bisa memilih jasa signage indoor yang baik dan profesional, Anda tidak perlu risau akan kekurangan signage dengan bahan kayu ini. Dikarenakan pasti tempat pembuatan tersebut bisa membantu Anda mengatasi atau mengurangi kekurangan dari material ini.

  • Seng 

Selanjutnya ada signage dengan bahan seng yang sering ditemukan. Hampir sama dengan material alumunium, hanya saja material ini tidak memiliki ketahanan yang cukup baik dengan cuaca. Seng ini memiliki bobot dan tingkat ketebalan yang minim, sehingga material ini memiliki harga yang cukup murah. Namun, karena tidak terlalu tahan terhadap cuaca, maka material ini lebih cocok untuk signage jenis outdoor.

Hal ini dikarenakan bahan jenis ini lebih sering terkena korosi dan rusak akibat perubahan cuaca yang tidak menentu. Solusinya, penggunaan cat pelapis saat finishing dibutuhkan guna memperlambat kerusakan dan korosi. Selain itu juga memperpanjang waktu signage agar lebih bertahan lama.

  • Plat Galvanis

Jika mendengar material ini mungkin Anda tidak tahu bahwa material ini digunakan untuk pembuatan signage. Bahan ini merupakan jenis signage yang memiliki daya anti korosi yang bisa dibilang cukup baik dikelasnya. Sehingga penggunaannya sering digunakan untuk furniture, rangka rumah, tangki minyak/gas dan timbul. Plat galvanis ini cocok digunakan untuk signage dengan teknik huruf timbul. Kelebihan material ini adalah harganya yang terjangkau dan tampilan yang bisa dihasilkan juga lebih elegan dan cantik.

  • Kuningan 

Bahan lainnya adalah kuningan, bahan ini juga hampir sama dengan stainless. Bahan kuningan ini berfungsi memberikan cahaya keemasan pada signage. Sehingga bahan ini akan membuat ruangan menjadi bercahaya dan memberikan kesan yang lebih mewah dibandingkan dengan bahan yang lain. Dalam segi harga, material ini termasuk memiliki harga yang paling tinggi jika dibandingkan dengan bahan akrilik atau stainless.

Bahan signage Yang Sering Digunakan Untuk Indoor

Selain material signage yang secara umum tadi, juga ada beberapa material yang secara khusus digunakan untuk signage indoor. Hal ini dikarenakan jenis signage baik indoor maupun outdoor tentunya memiliki jenis bahan atau material yang berbeda pula tergantung dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah beberapa bahan atau material yang bisa digunakan untuk signage indoor.

  • Gator board

Bahan yang satu ini adalah bahan yang biasa digunakan untuk signage indoor, yaitu signage untuk plang temporer. Materi ini memiliki karakteristik yang ringan namun tetap kuat, sehingga materi ini cocok untuk signage indoor. Material ini terbuat dari foam padat yang diletakkan di antara 2 veneer serat kayu, kemudian veneer ini secara jelas dan penuh akan menyerap warna tinta serta dengan gambar yang dapat bertahan lama.

Keunggulan dari bahan ini adalah tahan terhadap goresan, air, tidak mudah bengkok, dan memiliki struktur yang kuat. Sehingga tidak jarang material ini sering digunakan oleh sewa signage indoor.

  • Foam core

Seperti dengan namanya, foam core ini terbuat dari lembaran foam yang padat. Proses pembuatannya lembaran foam tersebut diletakkan di antara lembaran kertas bernama matte yang tebal. Material jenis ini bisa digunakan untuk signage indoor dan temporer. Selain itu biasanya juga sering digunakan untuk kebutuhan kegiatan sekolah atau toko. Biasanya juga digunakan untuk display presentasi pada acara trade show. Hal ini karena hasil akhir material ini serbaguna dan tidak terlalu berkilau.

  • Ultraboard 

Selanjutnya ada ultraboard yang terbuat dengan menutupi plastic polystyrene. Materi ini dianggap juga material signage yang paling tahan lama digunakan untuk indoor signage. kelebihan dari material ini adalah dapat dipotong atau dilipat guna mendukung beratnya sendiri dan juga lebih tahan goresan. Contoh penggunaan material ini untuk signage adalah pada human standee yang menyerupai bentuk dari selebritas ternama.

  • PVC

Bahan selanjutnya adalah PVC. Bahan ini berbeda dengan PVC yang biasa digunakan untuk pipa air di rumah Anda. Material untuk signage ini lebih ringan karena menggunakan busa dibandingkan dengan material signage lain yang menggunakan plastik yang lebih keras. Bahan ini mampu memberikan kesan yang lebih modern pada signage.

Perbedaannya dengan bahan lain adalah bahan ini tidak seperti coroplast yang memiliki banyak lapisan. Selain bahan foam core, bahan PVC ini juga bisa digunakan untuk signage trade show sehingga dapat digunakan baik di dalam ataupun di luar ruangan. Namun tentunya lebih cocok digunakan sebagai indoor signage. Anda juga tidak perlu ragu karena banyak sekali yang jual signage indoor. 

Demikianlah artikel mengenai signage indoor. Selain memesan signage indoor, Anda juga bisa meminta tolong untuk jasa pasang signage indoor agar lebih aman. Contohnya seperti Sinergi Media yang menawarkan jasa pemasangan signage di dalam ruangan. Kami merupakan perusahaan advertising unggulan yang memiliki kelebihan seperti:

  • Harga yang terjangkau
  • Gratis konsultasi
  • Produk bergaransi
  • Proses pemasangan tepat waktu
  • Desain bisa dicustom sesuai kebutuhan
  • Pemesanan bisa lewat online serta offline

Kalau Anda memang sedang butuh signage indoor, maka bisa langsung menghubungi kami pada nomer kontak yang sudah tersedia.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat