Signage Jogja

Signage JogjaSignage tidak hanya ditemukan di satu lokasi atau satu gedung saja, setiap kota termasuk Jogja juga memfasilitasi publik area dan gedung mereka dengan signage. Signage sudah menjadi bagian penting yang harus ada terutama di gedung perkantoran yang tinggi dan bertingkat dengan beragam ruangan dan fasilitas di dalamnya. 

Signage Jogja

Pengertian Signage Jogja

Meskipun sudah sering melihat aplikasi signage di jalan atau dalam gedung, tidak semua orang memahami definisi dari istilah tersebut. Signage bisa diartikan sebagai papan informasi yang sengaja di pasang di ruang terbuka atau bagian dalam gedung untuk memudahkan audiens dalam mengenali fungsi ruangan. 

Sebuat saja signage kantor yang sengaja di pasang di beberapa ruangan termasuk lobi, toilet, kantin, ruang kerja tiap divisi dan ruang lainnya. Tujuannya agar semua karyawan bisa menggunakan fasilitas kantor dengan mudah, tidak perlu lagi bertanya-tanya pada orang lain atau memeriksa satu demi satu ruangan.

Sementara signage hotel dibuat untuk memudahkan tamu hotel dalam menemukan fasilitas hotel maupun kamarnya. Signage yang paling umum adalah nomor kamar yang diukur dengan tampilan berkelas dibuat dari material stainless steel yang tampak mengkilap.

Sementara di bagian lobinya, tamu bisa menemukan signage nama karyawan yang sengaja diletakkan di atas meja resepsionis. Tidak sedikit pula hotel yang memasang signage petunjuk arah masing-masing fasilitas di dinding samping lift. Fungsi signage Jogja tersebut untuk memudahkan tamu hotel memilih lantai yang akan dituju sebelum menekan nomor di lift. 

Meski tergolong sederhana, arahan yang diberikan signage cukup membantu karena sudah dilengkapi dengan petunjuk arah yakni tanda panah yang sengaja ditampilkan ke samping kiri, samping kanan, atas atau bawah. 

Jika tamu menyadari bagaimana cara membaca signage yang baik dan benar, rasanya mustahil akan tersesat ketika berada di dalam hotel atau gedung bertingkat lainnya. Bila masih tersesat, masih ada staf hotel yang bisa dimintai bantuan dan arahan untuk menemukan ruangan yang ingin dituju. 

Tips Menambah Trafik Pengunjung Melalui Signage Jogja

Memiliki bisnis yang sukses tapi tidak sekedar wacana harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Dan salah satu cara terbaik untuk menarik atensi pengunjung tanpa menggunakan jasa sales marketing adalah melalui signage. Signage berkualitas merupakan modal promosi yang mudah dan efektif yang akan menjadi jembatan komunikasi antara kedua belah pihak.

Agar teknik marketing ini berjalan dengan lancar, seorang pelaku usaha wajib menggunakan konsep desain yang cocok dan berkualitas ketika membuat signage. Dan ikutilah beberapa tips ini sebelum membuat signage di jasa profesional:

  • Buat desain yang lebih spesifik

Custom signage yang tampak sederhana bisa memberikan pesan berharga bila dikemas dengan baik dan dipasang di tempat yang tepat. Konsep memberikan banyak pengaruh dalam aplikasi signage di lingkungan kerja. 

Ketika mendesain huruf timbul, perhatikan dengan baik detailnya. Jangan sampai Anda membuat signage yang tidak pada tempatnya. Jika signage dibuat sebagai identitas nama perusahaan atau tempat usaha, pastikan buat dengan detail sederhana. Cukup tambahkan logo atau gambar yang menonjolkan konsep bisnis Anda.

Contohnya jika membuat signage untuk restoran bakso, Anda bisa mendesain signage nama restoran berikut gambar mangkok bakso yang unik. Detail sekecil ini bisa memberikan perubahan yang cukup besar terhadap bisnis restoran Anda. 

  • Buat sederhana tapi menarik

Kegunaan signage Jogja memang tidak terpaku pada lapangan pekerjaan saja. Tapi jika bicara tentang bisnis, usahakan fokus membuat signage yang sederhana tapi tetap berkesan dan menarik. 

Utamakan untuk membuat signage yang jelas dan sederhana sehingga publik bisa langsung memahami apa pesan yang coba Anda sampaikan. Karena membuat huruf timbul dengan desain ramai terkadang mengaburkan pesan sesungguhnya dan membuat orang malas untuk membaca. 

Jika pesan yang dibuat terlalu panjang, coba untuk menyederhanakannya. Anda bisa meminta bantuan jasa pembuatan signage untuk menyusun kata-kata yang tepat. Karena sudah mengerjakan puluhan bahkan mungkin ratusan proyek tentunya mereka lebih berpengalaman dalam menonjolkan pesan dan fitur signage. 

  • Pilih font yang tidak biasa

Sama seperti media informasi penting lainnya yang terdiri dari pesan bergambar dan teks. Signage juga dibentuk oleh keduanya, supaya huruf timbul yang dibuat memiliki power sebagai media marketing pilihlah font dan gambar yang unik.

Ada banyak font yang bisa dipilih berikut gambar unik yang bisa dikembangkan sesuai kebutuhan bisnis. Contohnya jika bisnis yang dibangun adalah bisnis fashion, maka Anda bisa menambahkan gambar sepatu, tas, bahkan keranjang belanja di samping teks. 

Font yang kuat terkadang tidak membutuhkan tambahan gambar, cukup perhatikan detail warna dan pengaruh pencahayaan terhadap visualisasi signage. Karena signage yang dibuat dari material berkilau seperti akrilik dan stainless steel akan tampak mengkilap terutama bila terkena cahaya matahari dan lampu. 

  • Temukan jasa signage berkualitas dan berpengalaman

Meningkatkan brand awareness melalui signage tidak akan sukses bila sejak awal signage sudah dibuat di tempat yang salah. Ada baiknya sebelum membuat signage, Anda cari tahu terlebih dahulu profil dari jasa pembuatan signage Jogja

Tidak ada salahnya meminta contoh gambar hasil signage yang sudah mereka kerjakan. Lebih banyak informasi yang diketahui akan lebih mudah bagi Anda membuat keputusan untuk menggunakan jasa tersebut atau tidak. 

Di Jogja menemukan jasa pembuatan signage bukanlah hal yang sulit, hampir setiap Kota/Kabupaten memiliki jasa signage yang berkualitas dan profesional. Mengingat kebutuhan konsumen akan signage di Jogja sangat besar baik yang berasal dari bisnis baru atau bisnis lama yang membutuhkan signage terbaru.

4 Model Signage Terbaik Yang Cocok Ditempatkan di Tempat Bisnis

Beberapa signage secara khusus hanya bisa ditempatkan di bagian dalam gedung, signage tersebut dikenal sebagai signage Jogja indoor. Sebut saja sign penunjuk letak tangga darurat, sign toilet, atau penunjuk lainnya. Namun, bila Anda berencana membuat signage untuk kepentingan bisnis maka buatlah beberapa model signage berikut ini:

  • Persuasif signage

Sebagai penyedia jasa atau penjual produk, pelaku usaha harus melakukan tindakan marketing lebih sering. Saat menyadari kondisi tersebut, buatlah persuasif signage yang berisi tentang ajakan untuk menggunakan jasa atau membeli produk.

Contohnya Anda bisa menempelkan signage bertuliskan kata “sale” di jendela toko sehingga konsumen bisa melihat dan memahami pesan yang coba disampaikan. Anda juga bisa menuliskan signage lain yang bersifat mengajak dengan kata-kata yang lebih sederhana.

Intinya buat signage tersebut sebagai pesan provokatif sehingga konsumen merasa tertarik untuk melihat bahkan masuk ke dalam toko. Semakin baik konsep persuasif signage yang Anda buat maka akan semakin banyak pengunjung yang datang.

Penerapan persuasif signage bukan hanya dilakukan oleh toko baju, mereka yang bekerja di bidang properti juga sering kali menuliskan pesan ajakan. Contohnya menawarkan rumah dengan harga diskon yang disampaikan menggunakan standing floor signage atau elektronic signage center

  • Signage di keset

Merupakan aplikasi signage yang menarik namun masih jarang digunakan oleh pelaku bisnis. Tipe signage Jogja ini tampak sangat sederhana bahkan terkesan sepele padahal memberikan kesan yang baik terhadap konsumen.

Selain menggunakan kata welcome, Anda bisa menuliskan teks yang lebih persuasif di atas keset. Material keset yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan material signage yang dibuat di jasa pembuatan signage terpercaya.

Pembuatan signage di properti toko ini bisa menjadi ajang promosi yang sangat efektif, konsumen mungkin tidak akan menyadari jika itu adalah strategi marketing Anda. Mereka hanya akan menganggap tulisan tersebut sebagai bentuk fasilitas dari toko. 

Tempatkan keset di tempat-tempat yang tepat, bukan hanya di bagian depan pintu saja. Jika Anda menjalankan toko pakaian, Anda bisa menemukan keset signage di depan ruang ganti. 

  • Outdoor Signage

Merupakan model signage paling umum yang bisa ditemukan di berbagai kesempatan termasuk tempat bisnis. Signage outdoor yang paling efisien dan ekonomis adalah floor standing signage yang bisa ditekuk ke dua arah sehingga pesan yang disampaikan bisa dilihat dari kedua sisi.

Karena tujuannya adalah mempromosikan bisnis, maka outdoor signage yang diletakkan di luar toko akan lebih banyak membahas tentang aktivitas toko. Contohnya outdoor signage restoran yang berisi tulisan menu makanan atau diskon tertentu. 

Dengan cara ini, audience bisa memahami kondisi yang terjadi di dalam toko tanpa perlu masuk ke dalam. Jika mereka tertarik dengan pesan yang disampaikan, otomatis mereka akan langsung masuk ke dalam. Inilah fungsi dan keunggulan yang bisa diterima pelaku bisnis saat menggunakan signage Jogja murah. 

Supaya outdoor signage memiliki harmoni dengan desain eksterior toko, usahakan gunakan material yang sama. Jika eksterior café lebih didominasi oleh kayu, Anda bisa menggunakan signage bahan kayu. Berbeda bila café desainnya Industrial, maka gunakan kuningan atau stainless steel signage. 

  • Informational Signage

Menolong seseorang untuk menemukan ruangan yang ingin ditujunya merupakan konsep dasar pembuatan signage. Karena berbeda dengan pengelola gedung atau arsitektur yang mengenal dengan baik tiap ruangan di dalam gedung, orang lain yang baru berkunjung pertama kali tidak mengenalnya sama sekali.

Agar tidak membuang banyak waktu untuk mencari tempat yang ingin ditujunya, sengaja dipasang banyak signage di berbagai tempat. Mulai dari ruang resepsionis hingga ruang lainnya.

Memasang signage di ruangan yang tepat akan memberikan kesan terhadap pengunjung, setidaknya tidak akan ada tanggapan miring dari pengunjung akan sulitnya menemukan ruangan. Saat pengunjung merasa nyaman ketika berada di dalam gedung perkantoran atau bisnis, tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali berkunjung untuk yang kesekian kalinya.

Karena tugas resepsionis di tempat bisnis Anda bukan hanya melayani tamu yang buta arah. Ada banyak pekerjaan yang harus mereka kerjakan, termasuk mengangkat telepon dan melayani tamu lainnya. 

Berkomitmen untuk menggunakan signage nampaknya sudah dilakukan oleh berbagai gedung di Jogja. Ini berarti kesadaran untuk memberikan informasi sudah dimiliki oleh tiap-tiap pengelola gedung berikut pula kesadaran untuk meningkatkan brand awareness melalui signage.

Sebelum membuat signage untuk menginformasikan ruangan, pastikan kembali apakah gedung bisnis Anda membutuhkan model signage yang lainnya. Jika membutuhkannya, Anda bisa sekalian membuat informasional signage dan jenis signage lainnya. 

Temukan layanan pembuatan signage Jogja yang mampu membuat signage dalam berbagai model bukan hanya signage sederhana saja.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat