Signage Keselamatan

Signage KeselamatanSelama ini kita hanya mengenal dua jenis signage yaitu signage penunjuk arah atau signage promosi. Keduanya sering kali dipasang di bagian depan gedung atau indoor demi memenuhi kebutuhan audience. Faktanya, ada juga yang disebut sebagai safety signage yang berfungsi sebagai warning atau pemberi informasi. Safety signage ditemukan di pinggir jalan, di pabrik, tempat penggalian, tempat perbaikan jalan dan lainnya.

Signage Keselamatan

Apa Yang Dimaksud Dengan Safety Sign dan Manfaatnya?

Safety sign adalah visual grafis berstandar internasional yang sengaja dibuat sebagai rambu-rambu peringatan bagi manusia. Signage ini sifatnya internasional dengan standar simbolisasi dan format desain  yang telah dibentuk sejak lama. Model safety sign memang berbeda dengan persuasive signage yang dibuat untuk mempersuasi atau menginformasikan orang lain.

Desain dan simbol safety sign sifatnya baku, mustahil bisa berubah. Lantas, apa manfaat safety sign dalam kehidupan sehari-hari?

  • Media informasi tertentu

Beberapa safety sign dibuat oleh perusahaan atau pabrik untuk menginformasikan layanan tertentu yang akan memandu pegawai atau orang lain memahami tujuan dan fungsinya. Karena dibuat sebagai pesan informasi, biasanya signage dipasang di indoor atau outdoor.

  • Rambu-rambu untuk mewaspadai

Dan model safety sign familier lainnya adalah rambu-rambu yang terbiasa kita temukan di tempat umum. Signage ini berfungsi untuk menginformasikan hal yang dibolehkan dan dilarang dilakukan di lokasi tersebut. 

Seperti signage dilarang merokok yang sudah jelas menginformasikan pada audience jika lokasi tersebut bukan lokasi terbaik untuk merokok. Dan bila didapati melanggar signage maka audience akan menerima sanksi bisa berupa denda atau sanksi lainya tergantung pada peraturan dan kebijakan yang berlaku. 

Selain rambu-rambu dilarang merokok, masih ada rambu lainnya yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri dan harus dipatuhi oleh masyarakat. 

Material Signage Keselamatan

Membuat safety signage wajib menggunakan material yang tepat karena mayoritas signage ini dipasang di luar ruangan atau area publik. Agar signage bertahan lama pilih salah satu dari material di bawah ini:

  • Vinyl

Rekomendasi material pertama dibuat dari bahan vinyl, material ini cukup familier untuk membuat stiker signage. Kelebihan utama vinyl adalah daya lekat yang sangat kuat hingga memungkinkannya menempel dengan sangat baik di akrilik atau logam.  Hasil stiker signage vinyl sangat berkualitas dan jelas cocok untuk safety signage.

  • Reflektif

Material stiker safety signage berikutnya adalah reflektif yang bila tersorot cahaya lampu atau sinar matahari akan tampak sangat terang. Otomatis mau pagi, siang bahkan malam hari signage reflektif tetap terlihat jelas oleh audience. 

Tidak heran jika mayoritas pemilik gedung atau tempat usaha lebih dominan menggunakan material reflektif dari jenis lainnya. Apalagi untuk model safety signage yang harus dipajang sepanjang hari tanpa terkecuali.

  • Luminous atau glow in the dark

Saat mengunjungi toko jual signage keselamatan ada banyak signage yang akan ditemukan salah satunya yang dibuat dari material glow in the dark.  Sebagaimana namanya, signage ini memiliki konsep pengaturan cahaya yang sangat unik. Ketika dilihat di pagi atau siang hari saat cahaya matahari terang, signage tampak biasa saja.

Tapi setelah malam hari dan signage tidak terpancar sinar yang terang, otomatis akan muncul pijar cahaya dari signage itu sendiri. Kondisi ini tentunya sangat unik dan banyak disukai oleh pemilik usaha terutama yang memiliki perhatian tinggi akan pemakaian sumber daya listrik. Karena sifatnya yang spesial, signage glow in the dark tidak perlu lagi disinari cahaya lampu saat malam hari.

Elemen Desain Safety Signage

Di atas telah dijelaskan apa saja jenis material yang bagus untuk membuat safety signage. Pada pembahasan kali ini simak beberapa elemen penting pembentuk safety signage di area kerja:

  • Format dan Desain

Sebelum membawa orderan pada penyedia jasa signage keselamatan pastikan sudah ada desain dan format signage yang telah Anda buat meskipun masih dalam goresan kasar. Agar lebih mudah membuat desain safety signage, pastikan beberapa aspek berikut ini:

  • Warna

Safety signage memiliki keunikan yang membedakannya dengan signage lainnya. Jika kita terbiasa melihat signage dalam bentuk sederhana dan berwarna gelap atau netral maka safety signage hadir dengan warna yang lebih terang dan bervariasi. Contohnya signage hijau yang menyimbolkan emergency dan masih banyak pengenalan warna safety signage lainnya.

  • Bentuk atau Simbol

Selain menyesuaikan warna dengan jenis informasi signage yang dibuat, hal lain yang wajib diperhatikan adalah simbol. Simbol menjadi elemen paling penting yang bisa memberikan gambaran sekilas atau informasi utama pada audience. Bahkan dengan menggunakan gambar saja, seorang audience bisa memahami pesan yang diberikan dengan mudah.

  • Format Desain

Dan perhatian terakhir sebelum membuat signage keselamatan murah adalah pemilihan format desainnya. Jika tidak mengetahui bagaimana format desain safety signage yang baik dan sesuai standar, baiknya Anda mencari tahu seluruh informasinya terlebih dahulu. Contoh sederhana, one panel sign yakni signage yang sengaja didesain untuk menampilkan simbol saja. 

  • Material

Selain memperhatikan format dan desain, elemen penting lainnya adalah material. Pembahasan tentang material selengkapnya telah dijelaskan di atas dan bisa Anda simak dengan baik. Material memberikan efek yang sangat penting terutama tentang kualtias dan daya tahan signage. 

Semakin bagus kualitas materialnya maka akan semakin lama daya tahan safety signage tersebut. Percuma menghabiskan banyak uang memesan signage di tempat paling bonafid jika material yang dipilih bukan material bagus dan awet.

  • Teks

Membuat signage untuk melengkapi standar keselamatan kerja di perusahaan atau pabrik bukanlah hal yang sulit. Karena pilihan kata dan simbolnya sudah ada dan bisa disalin dengan mudah. Contohnya signage “Warning” atau “Danger” meskipun kata yang digunakan sangat singkat tapi potensi pesan yang diberikan sangat besar bagi audience.

  • Pelatihan

Bagian ini sesungguhnya bukan elemen terpenting dalam pembuatan signage karena terjadi pasca signage dipasang. Tapi untuk mencapai tujuan dan memberikan pemahaman akan pesan signage, wajib bagi pihak manajemen untuk memberikan pelatihan. Pelatihan ini akan membantu semua audience memahami maksud dari signage A dan signage B dan membedakan semuanya tanpa melihat buku panduan.

  • Lokasi Pemasangan

Saat memutuskan pasang signage keselamatan lokasi pemasangan bisa menjadi hal yang paling dipertimbangkan banyak orang. Baiknya saat akan memasang warning signage atau contoh safety signage lainnya pastikan signage tersebut masih bisa dibaca ketika berada dalam jarak yang jauh atau setara 1.5  meter.

  • Safety Sign Assessment

Dan elemen terpenting yang harus diperhatikan adalah fungsi, model dan keuntungan dari penggunaan safety sign assessment itu sendiri. Biasanya beberapa safety sign akan mengalami perubahan desain dan format, fenomena ini harus diperhatikan dengan baik agar signage yang dibuat menyesuaikan perubahan tidak terpaku pada desain lama. 

Contoh-contoh Safety Sign Assessment 

Cara termudah memahami apa itu safety signage cukup dengan mengetahui jenis-jenis signage yang ada. Dan inilah model signage berikut fungsinya:

  • Mandatory Sign

Ada banyak sekali simbol dan bentuk dari mandatory sign, secara universal signage ini dibuat untuk menginstruksikan keselamatan baik di tempat kerja dan tempat lainnya.  Pada umumnya, mandatory sign memiliki format desain yang sama menggunakan warna biru dan bentuk lingkaran meskipun tiap symbol dan pesan yang disampaikannya berbeda.

  • Warning Sign

Ada banyak model signage keselamatan online yang dijual di marketplace salah satunya warning sign ini. Signage ini dibuat dalam bentuk segitiga dengan dasar warna kuning. Karena warna yang digunakan cukup terang, maka simbol atau tulisan signage sengaja dibuat berwarna hitam. 

Sebagaimana namanya, warning sign menjelaskan kondisi berbahaya. Simbol-simbol seperti ini biasanya terdapat di pabrik atau pertambangan. Masing-masing signage memiliki makna tersendiri yang baiknya dipahami oleh semua elemen masyarakat terutama yang sering kali berhubungan dengan tempat berbahaya.

  • Prohibition Sign

Pernah melihat rambu-rambu dilarang merokok yang menggunakan signage lingkaran dengan gambar rokok yang disilang. Itu adalah contoh prohibition sign yang bisa kita temukan di mana saja. Selain signage tersebut masih ada banyak signage lainnya yang juga memiliki arti beragam. 

Saat membuat prohibition sign di vendor signage keselamatan, minta desain dan model yang ter-standarisasi. Pada dasarnya signage ini dibuat berbentuk lingkaran merah dengan dasar warna putih dan simbol hitam di dalamnya.

  • Emergency dan Direction Sign

Meskipun sama-sama gawat darurat, model emergency sign bertolak belakang dengan warning sign justru signage ini memiliki format dan desain yang mirip dengan fire sign. Emergency sign hampir selalu dibuat dengan format persegi dan dasar warna hijau.

Sementara untuk mengisi kolom pesannya, kita menggunakan warna putih yang dibentuk menjadi gambar tertentu. Berbeda dengan beberapa signage di atas yang paling sering ditemukan di pertambangan atau pabrik. Emergency sign paling sering ditemukan di rumah sakit, tapi tidak mustahil juga menemukannya di perusahaan atau perkantoran. Contoh emergency sign yang paling umum adalah “Exit” atau “Fire Exit” 

  • Fire Sign

Dan contoh signage keselamatan di Jakarta berikutnya adalah fire sign yang secara khusus dibuat untuk keselamatan diri dari risiko kebakaran. Kebakaran merupakan peristiwa teknis yang bisa saja terjadi baik disengaja atau tidak. 

Saat terjadi kebakaran, kita membutuhkan beberapa signage untuk memandu menemukan jalan keluar atau peralatan keselamatan. Satu perbedaan antara fire sign dan emergency sign hanya terletak pada dasar warnanya saja. Di mana fire sign diwakili dengan warna merah terang. 

Mulai memahami apa itu safety sign dan bagaimana contoh ikonnya? Di atas merupakan gambaran singkat tentang safety sign yang bisa saja kita temukan dalam kehidupan sehari-hari terutama bila berada di area publik.

Butuh Jasa Pasang Signage Untuk Berbagai Kebutuhan?

Saat ini signage tidak hanya dibutuhkan untuk keperluan memberitahukan informasi ke publik. Manfaat signage lain sebagai alat promosi atau marketing. Di sinilah peran Sinergi Media, sebagai salah satu jasa advertising melayani kebutuhan pembuatan signage sekaligus pemasangannya.

Kelebihan kami sebagai jasa signage antara lain seperti:

  • Signage dapat dicustom sesuai permintaan
  • Harga signage terjangkau dan bersaing dengan jasa lainnya
  • Gratis konsultasi soal produk kami
  • Bergaransi demi kepuasan total Anda
  • Layanan CS yang cepat dan ramah

Bagi Anda yang ingin tanya-tanya mengenai signage keselamatan maka bisa menghubungi CS kami sekarang juga.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat