Signage Kaca

Signage KacaKaca termasuk material yang sangat populer dan bisa dibuat menjadi apa saja salah satunya signage. Aplikasi kaca pada papan petunjuk atau informasi sebenarnya telah dilakukan sejak lama namun semenjak kemunculan akrilik, kaca mulai mengalami penurunan permintaan. Meskipun demikian, masih banyak pengusaha yang lebih suka menggunakan material kaca untuk membuat signage karena beberapa alasan. 

Signage Kaca

Pengertian Signage Kaca

Glass board signage merupakan kepingan kaca yang didesain sedemikian rupa dengan permukaan yang halus, licin dan mengkilap biasanya ditempelkan di dinding. Signage kaca paling sering ditemukan di gedung perkantoran atau gedung komersil, menghiasi lobi atau ruangan lainnya.

Karena tampilannya yang terbuat dari kaca, glass signage memiliki visual yang lebih mewah dan elegan apalagi jika terkena sinar matahari. Karena material alaminya berwarna putih transparan, beberapa pengusaha sengaja menambahkan panel dengan pesan berwarna sehingga glass board signage tampak lebih menarik dan unik. Hampir sama seperti signage lainnya, glass signage juga memiliki banyak kelebihan. Apa saja yang membedakan signage kaca kantor dengan signage materi lainnya? simak berikut ini:

  • Memiliki kesan elegan dan profesional

Salah satu kelebihan glass signage yang tidak bisa ditampik oleh semua orang adalah tampilannya. Karena dibuat dari kaca, signage ini tampak berkali lipat lebih elegan dan profesional kesan resmi yang ingin ditonjolkan terbentuk dengan sangat sempurna. Tidak heran jika rata-rata konsumen glass signage adalah pengusaha atau perusahaan. Mereka perlu membuat signage ini untuk ditampilkan di berbagai tempat termasuk entry wall, lobi, area tunggu dan lainnya.

  • Desain unik mampu mempengaruhi kegiatan branding

Hampir semua glass signage dibuat oleh tim kreatif yang dibantu oleh jasa pembuatan signage kaca. Hasilnya signage terlihat sangat unik dan mengandung pesan yang mampu memberikan pengaruh besar terhadap audience. Inilah alasan beberapa pelaku bisnis lebih tertarik menampilkan promosi atau branding produk menggunakan glass signage. Karena desainnya yang unik efektif membuat orang tertarik untuk melihat. Apalagi bila ada kalimat atau pesan yang provokatif contohnya diskon atau promo buy 1 get 1. 

  • Proses pembuatan mudah

Hampir sama dengan pembuatan signage material lainnya, proses pembuatan glass signage cukup mudah dan cepat. Karena jasa pembuatan signage menggunakan mesin berteknologi canggih yang mampu menghasilkan tampilan beragam sesuai kebutuhan klien.

Model signage ini cenderung lebih mudah dibuat daripada digital signage berukuran besar seperti videotron. Biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih terjangkau. Yang perlu Anda lakukan cukup bertemu dan memilih layanan pembuatan signage terbaik yang mampu mengubah kepingan kaca menjadi bentuk yang unik dengan pesan yang jelas. 

  • Desain beragam sesuai selera

Karena dibuat dan monitoring dengan mesin berteknologi canggih tidak menutup kemungkinan signage terbentuk dengan desain yang beragam. Signage bisa dipotong berbentuk persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran dan model bentuk unik lainnya.

Apa pun desain signage yang diminta pasti bisa dikerjakan dengan teknologi mesin laser. Beberapa mesin terkadang mampu melakukan pengukiran dengan sangat baik. Ketika glass signage sudah selesai dibuat, otomatis fungsi dan kegunaan signage kaca sebagai papan informasi akan menonjol dengan sempurna. 

Yang perlu Anda lakukan berikutnya cukup temukan tempat yang tepat untuk memasang glass signage. Usahakan untuk ditempatkan di tempat yang sulit dijangkau oleh tangan anak-anak karena dikhawatirkan signage akan tersenggol lantas pecah. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian akibat signage yang rusak karena kelalaian pengunjung atau pengelola gedung. Mengingat meskipun pembuatannya mudah, membuat signage juga membutuhkan biaya.

  • Perawatan mudah

Berbeda dengan neon signage yang harus diperhatikan dengan baik kondisi neonnya, perawatan glass signage jauh lebih mudah dan sederhana. Anda hanya perlu membersihkan signage secara teratur untuk mengangkat kotoran yang menempel di permukaan kaca. 

Semprotan air yang digunakan bisa air biasa atau air pembersih yang dibeli di supermarket atau minimarket. Lap yang digunakan untuk membersihkan adalah lap khusus yang permukaannya lembut sehingga tidak membuat permukaan signage tergores. Lakukan perawatan secara teratur sehingga permukaan kaca selalu terlihat bersih dan cemerlang. Bila signage disentuh, jari tidak akan kotor.

Contoh Aplikasi Signage Kaca di Perkantoran

Signage menjadi salah satu media informasi masa kini yang digunakan oleh siapa saja. Dari banyaknya material signage yang ditawarkan, ada glass signage yang mampu memikat konsumen. Inilah contoh penggunaan glass signage di lingkungan perkantoran:

  • Petunjuk arah kantor

Gedung perkantoran kecil yang terdiri dari beberapa ruang saja masih membutuhkan signage di beberapa titik, bagaimana dengan kantor besar? tentu saja model signage office yang dibutuhkan jauh lebih banyak termasuk petunjuk arah.

Dengan membuat signage petunjuk arah, akan memudahkan pengunjung kantor untuk menemukan lokasi ruangan tujuannya. Materi yang digunakan untuk membuat signage ini biasanya logam yang digantung atau ditempelkan ke dinding. Tapi belakangan ini ada juga perkantoran yang menggunakan material kaca. 

Material kaca memberikan tampilan yang lebih formal dan tradisional, cocok sekali bila perusahaan yang berdiri ingin menampilkan konsep nostalgia yang bersifat timeless. Model petunjuk arah yang biasa ditampilkan di gedung perkantoran sangat sederhana dan hampir semua pengunjung bisa membacanya dengan mudah. Ketika mengunjungi gedung perkantoran yang tinggi dan bertingkat, tidak perlu khawatir salah jalan. Karena papan arahnya dibuat benar-benar jelas. 

  • Signage lobi

Salah satu hal paling mencolok yang bisa dilihat dari lobi adalah kehadiran glass signage yang menempel di dinding belakang meja resepsionis. Tipe signage kaca ini sangat familier dan hampir bisa ditemukan di tiap-tiap gedung perkantoran atau gedung komersil lainnya. Menariknya selain menggunakan glass signage, beberapa perusahaan juga menggunakan material lain sebut saja stainless steel atau akrilik. Namun jika ingin menonjolkan kesan elegan, glass signage memang yang paling cocok.  Yang perlu dilakukan cukup buat signage dari kombinasi logo dan nama perusahaan. 

  • Waiting room

Pernahkah Anda melihat tulisan “waiting room” saat berkunjung ke suatu gedung? Tulisan tersebut termasuk dari bagian glass signage yang umum digunakan untuk menyampaikan informasi ruangan. Sehingga, orang yang perlu menunggu bisa menunggu di tempat yang tepat.

Di dalam waiting room umumnya kita akan menemukan jejeran meja dan kursi serta furnitur lainnya. Beberapa waiting room seperti yang ada di airport, bahkan dilengkapi dengan kursi tidur yang dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat ketika pesawat melakukan transit. 

  • Plat nama

Merupakan aplikasi signage kaca murah yang juga familier di perkantoran. Biasanya setiap karyawan memiliki plat nama ini sebagai identitas karyawan. Sehingga staf yang tidak salah mengenal satu sama lain bisa memanggil orang yang bersangkutan dengan lebih mudah.

Signage plat nama juga sering kita temukan di bank, tujuannya agar nasabah mengetahui siapa teller atau customer service yang melayaninya. Namun dalam praktiknya, signage plat nama bank paling banyak digunakan dari material plastic meskipun tidak menutup kemungkinan juga turut menggunakan material kaca. 

Materi Letter Signage 3 Dimensi Yang Banyak Diburu Pelaku Usaha

Yang dimaksud dengan letter signage merupakan model signage yang hampir sebagian besar panelnya berisi tulisan. Beberapa perusahaan atau pelaku usaha umumnya menambahkan logo, tapi ukurannya dibuat jauh lebih kecil. 

Aplikasi letter signage termasuk yang paling sederhana dan random karena bisa dibuat dari berbagai material dengan model font yang sangat unik. Dan inilah jenis-jenis material yang paling banyak digunakan:

  • Plastik 

Merupakan jenis material yang cukup populer untuk membuat letter signage. Plastik yang digunakan pun sangat beragam tergantung kebutuhan, Anda bisa memilih jenis akrilik, vinyl atau PVC dan lainnya. Beda material plastik tentunya menghasilkan visual yang berbeda. Sebelum memilih material plastiknya usahakan untuk melihat contoh produk yang sudah jadi terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa lebih mudah memilih material apa yang akan digunakan. 

  • Besi

Tidak kalah populer dari signage plastik, ada juga lempengan besi yang diolah menjadi letter signage. Model yang dihasilkan dari material signage ini sangat menarik dan dinamis. Lempengan besi yang paling sering digunakan di antaranya adalah kuningan, alumunium, stainless steel, dan logam lainnya. Jika ingin tampilan lebih mewah dan bernilai investasi, mungkin Anda bisa menambahkan material emas. Namun, pastikan signage tersebut ditempatkan di ruang pribadi sehingga signagenya tidak mudah dicuri oleh orang lain. 

  • Kaca

Fungsi signage kaca sejauh ini bisa diterima dengan baik oleh audience. Tidak heran jika penggunaan material kaca untuk membuat letter signage tidak pernah sepi. Material ini juga jauh lebih murah daripada material logam terutama kuningan. 

Namun bila dibandingkan dengan material plastik, harga signage kaca di beberapa lokasi terkadang jauh lebih mahal. Tapi ada juga yang menjualnya lebih murah, harga tersebut tergantung dari harga pasar serta proses pembuatan letter signage. Bila prosesnya mudah dan cepat, umumnya jasa pembuatan signage akan mematok harga lebih murah. 

  • Letter Foam

Merupakan materi padat yang mudah rusak atau sobek, meskipun memiliki banyak kekurangan banyak pebisnis yang suka memakai busa sebagai material utama letter signage. Hasilnya juga tidak kalah bagus dan unik daripada letter signage lain yang dibuat dari plastik atau logam. 

Kelebihan dari letter foam ada pada harganya yang jauh lebih murah. Proses pembuatannya pun sangat gampang, jasa pembuatan signage hanya perlu memotong dan membentuk busa menjadi huruf letter yang dibutuhkan.

Kelebihan lainnya, ada banyak busa warna-warni yang bisa ditemukan di pasaran. Sehingga hasil letter signage berbahan busa jauh lebih berwarna. Dan karena dibuat dari busa, signage ini tidak membutuhkan perawatan yang banyak cukup dibersihkan secara teratur agar tidak berdebu. 

Industri signage di tanah air cukup menjamur bahkan kita bisa menemukan kantor layanan pembuatan signage profesional dengan mudah. Ini terjadi akibat besarnya permintaan pasar terhadap signage berkualitas terutama di kota-kota besar. Signage dianggap satu-satunya produk iklan paling efektif dan timeless yang bisa ditempatkan di dalam maupun luar gedung.

Di atas merupakan informasi lengkap tentang signage kaca dan contoh aplikasinya pada dunia perkantoran. Selain digunakan pada gedung kantong, glass signage juga menjadi media informasi dan iklan yang paling sering digunakan oleh instansi atau lembaga komersil. Berbeda dari signage lainnya, material kaca yang menjadi material utama membuat signage tersebut terkesan lebih elegan da mewah.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat