Apa Yang Dimaksud Dengan Signage – Adalah tanda yang digunakan untuk menandai dan menonjolkan keberadaan suatu toko atau bisnis. Tanda ini bertujuan untuk membantu pelanggan menemukan toko dan memberikan identitas visual yang membedakan bisnis Anda dari yang lain. Ia juga menjadi bagian penting dalam desain toko keseluruhan.
Apa Yang Dimaksud Dengan Signage Sebenarnya? Baca 11 Hal Ini
-
Signage adalah Tanda Identitas
Signage merupakan tanda visual yang dijadikan sebagai penanda toko maupun lokasi suatu tempat usaha. Dengan adanya signage maka lokasi akan lebih mudah ditemukan dan tidak akan tertukar dengan posisi bisnis yang sejenis. Oleh sebab itu Anda wajib menampilkan ciri khas brand dalam papan iklan yang akan dipakai.
-
Signage adalah Penanda Lokasi
Penggunaan papan iklan menjadi suatu penanda bagi sebuah lokasi usaha dengan tepat. Hal ini akan membantu calon pelanggan untuk mencapai toko tersebut tanpa harus menyasar. Dengan begitu Anda harus memastikan bahwa signage tersebut bisa dilihat dari jarak yang cukup jauh.
-
Signage adalah Pembangun Merk
Apa yang dimaksud dengan signage sebagai pembangun merk ialah tidak terlepas dari bagaimana ia dapat membangun citra bisnis pemilik. Ia juga menjadi salah satu sarana komunikasi antara sebuah brand dengan audience yang disasarnya.
Maka dari itu tampilan papan ini hendaknya mampu mencirikan bagaimana merek ingin dikenal pasar. Misalnya jika sebuah toko menjual aneka kue manis yang lembut, maka dapat menggunakan papan berlatar pink. Warna ini mengonotasikan bahwa merk tersebut mampu memberi kesan ceria bagi penikmatnya.
Lain lagi jika brand itu menjual pakaian pria dewasa yang hendak menampilkan kesan profesionalitas. Maka warna hitam adalah pilihan terbaik. Namun jika sasarannya adalah anak muda, pilihlah warna biru yang dinamis. Selain warna tentunya pemilik bisa menggunakan aneka atribut penunjang pada signagenya.
-
Signage adalah Bagian dari Desain
Signage tidak hanya sekedar papan yang dipajang untuk menandai sebuah lokasi, namun ia memiliki fungsi lebih dari itu. Posisinya yang tepat berada di luar toko, dapat menjadi bagian dari keseluruhan tampilan gedung. Oleh sebab itu tentukan tema desain yang cocok agar pemasangan papan menyatu dengan tokonya.
Selain itu penggunaan signage juga dapat menutup bagian bangunan yang kurang menarik. Misalnya jika Anda menyewa bangunan dengan kondisi atap yang tidak estetik, atau dinding yang buruk, maka signage dapat menutup kekurangannya. Dengan begitu tampilan bangunan akan terlihat lebih profesional.
-
Signage adalah Penarik Pengunjung
Apa yang dimaksud dengan signage sebagai penarik pengujung tidak lepas dari tampilannya yang menawan. Dengan kata lain ia adalah hal pertama yang membedakan sebuah toko dengan toko lain di sekitar lokasi. Apalagi jika bentuk toko di sekitarnya dibuat sama persis oleh developer.
Masyarakat tentunya lebih tertarik dengan toko yang berisi papan karena terlihat lebih meyakinkan. Bisa dibilang ini akan menjadi penentu tingkat totalitas sebuah brand di mata para pelanggan. Agar signage lebih menarik, gunakan beberapa atribut dan simbol-simbol unik namun tetap mudah dipahami.
-
Signage Dibuat dari Aneka Material
Meski dapat diletakan di dalam ruangan seperti lobi ataupun koridor, namun kita kerap menjumpai signage di luar bangunan toko. Kondisi ini membuat signage harus terbuat dari material yang kuat dan kokoh. Ia haruslah tahan terhadap aneka perubahan cuaca ekstrem di luaran sana baik hujan maupun panas.
Biasanya material yang dipakai ialah logam, akrilik, AVC, hingga kayu berkualitas tinggi. Meski memang bahan-bahan ini kuat, namun pemilik tetap harus melakukan perawatan rutin terhadap papannya. Hal ini agar papan tetap terlihat menarik sepanjang waktu.
Perawatannya pun sebenarnya mudah. Cukup dengan dicat secara berkala dengan produk khusus jika papan mulai terlihat kusam. Selain itu cek selalu kondisi lampu yang terpasang kalau-kalau masa pemakaian lampu mulai habis. Selain itu apabila papan terlihat kotor, pemilik dapat mengelapnya dengan cairan pembersih.
-
Siganage Memiliki Ragam Ukuran
Signage dapat dibuat dengan aneka ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan toko. Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan terkait penentuan ukuran ini. Pertama ialah posisi pemasangan signage. Jika posisinya adalah di luar ruangan misalnya di depan toko, atau di atas gedung, buatlah ukuran yang lebih besar.
Hal ini akan mempermudah orang yang berlalu-lalang untuk tertarik menoleh dan menyadari keberadaan brand tersebut. Lain lagi jika hendak meletakannya di dalam gedung seperti koridor atau lobi, ukuran signage sebaiknya yang sedang saja. Dengan begitu ia tidak akan tampak terlalu berlebihan dan lebih enak dipandang.
-
Signage Merupakan Penerangan Tambahan
Apa yang dimaksud dengan signage sebagai penerangan tambahan merupakan fungsi yang didapat dari penggunaan lampu LED di dalam papan. Lampu ini diletakan dengan tujuan membuat signage menjadi lebih menarik. Jadi meski hari telah malam, namun papan tetap terlihat dengan mudah.
Selain memberikan kesan dramatis, penggunaan lampu pada signage dapat berfungsi sebagai penerangan bagi area di sekitarnya. Dengan begitu jalanan tidak menjadi terlalu gelap. Anda bisa mengombinasikan aneka warna lampu sesuai konsep bisnis agar signage terlihat unik dan beda dari yang lain.
-
Signage Dipasang dengan Perhitungan Tertentu
Signage bukanlah hal yang bisa dipasang sembarangan terlebih-lebih jika Anda ingin hasil yang optimal. Lakukan pertimbangan sebelum memesan signage dan memasangnya. Pertimbangan tersebut menyangkut ukuran, warna, posisi pemasangan terbaik, dan lain sebagainya.
Jika hal ini merupakan kali pertama Anda dalam menggunakan signage, maka banyak-banyaklah berdiskusi pada jasa pembuatnya. Jasa yang profesional akan memberikan berbagai pertimbangan terkait signage yang cocok untuk masing-masing bisnis. Gunakan pula referensi akurat yang didapat dari berbagai sumber.
-
Signage Dipesan Sesuai Harga
Harga signage sangat bervariasi tergantung dari banyak faktor. Ukuran, bentuk, proses pemasangan, hingga lokasi pembuatan dengan toko tujuan menjadi hal penentu dalam pemberian harga. Untuk itu lakukan survey ke beberapa jasa pembuat signage untuk mendapat harga yang cocok di kantong.
Sebaiknya dalam pemilihan jasa pembuat signage, jangan terlalu terpaku pada harga yang murah. Hal terpenting ialah melihat bagaimana kualitas pekerjaan yang dilakukan serta pelayanan mereka terhadap konsumen. Jasa yang baik tentu saja harus bisa informatif kepada para klien mereka. Itulah apa yang dimaksud dengan signage sesuai harganya.
-
Pemasangan Signage Sesuai Regulasi Wilayah Setempat
Pemasangan signage merupakan hal yang penting bagi bisnis atau organisasi untuk menunjukkan identitas dan memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Namun, setiap wilayah memiliki regulasi yang berbeda mengenai pemasangan signage, seperti ukuran, bentuk, dan lokasi.
Untuk memastikan bahwa signage yang dipasang sesuai dengan regulasi wilayah setempat, lakukan riset mengenai regulasinya terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi pihak berwenang, seperti dinas kota setempat, atau dengan mencari informasi secara online.
Pemasangan signage yang sesuai dengan regulasi wilayah setempat akan membantu bisnis atau organisasi untuk terlihat profesional. Hal ini juga memastikan bahwa signage yang telah terpasang tidak akan dibongkar atau didenda.
Tanda toko adalah bagian penting dari bisnis yang membantu membangun identitas visual dan mengarahkan pelanggan untuk menemukan toko. Dengan mempertimbangkan berbagai hal seperti, pemilik dapat memastikan bahwa apa yang dimaksud dengan signage memiliki dampak yang positif pada bisnis. Jika Anda ingin memasangnya untuk bisnis, dapat menghubungi Sinergi Media di 0812 8553 5200 atau email ke info@sinergimedia.co.id.