Bagaimana Cara Mempromosikan Wisata Daerah?

Bagaimana Cara Mempromosikan Wisata Daerah – Wisata daerah agar lebih meluas dikenal memerlukan cara promosi yang tepat. Sudah banyak contoh potensi daerah yang nyatanya cukup menarik minat pengunjung luar daerah bahkan dalam taraf Internasional. Hal ini tentu membuat perkembangan wisatanya menjadi lebih baik dan keindahannya bisa terekspos lebih luas lagi.

Bagaimana Cara Mempromosikan Wisata Daerah

Untuk melakukan promosi pada wisata daerah memang banyak menemui kesulitan seperti akses yang sulit dan juga pemilihan promosi yang salah. Anda harus benar-benar menemukan komunitas yang tepat sesuai dengan passion wisata yang ditawarkan.

Cara ini lebih mudah untuk menyebarluaskan potensi wisata daerah dengan metode mulut ke mulut. Sehingga target pasar wisatanya sesuai dengan sasarannya.

Bagaimana Cara Mempromosikan Wisata Daerah ke Masyarakat

  • Komunikasi pemasaran

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk promosi daerah wisata ini adalah dengan melakukan komunikasi pemasaran. Ada beberapa hal yang perlu dirumuskan untuk melancarkan proses pembuatan komunikasi seperti di bawah ini:

  • Alat komunikasi yang sesuai

Hal pertama yang diperlukan adalah alat komunikasi yang sesuai. Alat yang dimaksud adalah tipe promosi yang akan digunakan. Terdapat beberapa jenis alat komunikasi seperti promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, periklanan dan digital marketing.

  • Materi iklan

Buatlah iklan dengan tujuan yang sesuai mulai dari wisata yang dikenalkan sampai dengan harga dan fitur yang didapatkan. Dengan begitu iklannya bisa diterima dengan baik oleh banyak orang.

  • Buatlah tujuan yang jelas

Jangan lupa untuk membuat visi dan misi yang mampu menarik minat pengunjung ke wisata daerahnya. Seperti contohnya visi dan misi untuk membangun desa menjadi lebih modern.

  • Akses pemasaran yang sesuai

Bagaimana cara mempromosikan wisata daerah terbaik kedua adalah dengan menentukan akses pemasaran yang sesuai. Ada dua tips yang harus terpenuhi untuk mewujudkan akses yang tepat seperti di bawah ini:

  • Menggaet kerja sama

Anda bisa menjalin kerja sama dengan pihak yang menjual jasa selinier seperti jasa travel, penginapan dan tur lain yang memungkinkan. Selain mampu membuka akses lebih mudah, penawaran paket perjalanannya menjadi lebih menarik.

  • Dengan undangan langsung

Namun Anda juga bisa menggunakan cara langsung dengan mendatangkan perangkat desa dan komunitas selinier untuk berkunjung. Cara seperti ini juga efektif dilakukan untuk penawaran wisata daerah agar lebih meluas.

  • Pembuatan kisaran harga

Cara selanjutnya yang tidak kalah penting dalam promosi sebuah wisata adalah dengan pembuatan kisaran harga yang sesuai. Untuk membuat harga ini diperlukan beberapa kriteria khusus seperti di bawah ini:

  • Pemberlakuan variatif subjek

Jangan menyamaratakan harga tiket masuk, Anda harus menggunakan strategi keuntungan dengan membedakannya berdasarkan umur. Hal ini sangat cocok untuk menggaet pengunjung yang datang bersama keluarga besar. Jadi ketika membawa anak kecil bukan menjadi masalah lagi.

  • Psikologikal yang menarik

Jangan terlalu jujur dalam memberikan harga namun buatlah harga yang terkesan murah. Seperti contohnya jika harga asli sekitar sepuluh ribuan maka buatlah harga sekitar Rp9.900,-. Cara ini cukup ampuh untuk mendapatkan perhatian pengunjung untuk datang.

  • Lakukan penetrasi

Buatlah harga pengenalan yang lebih murah dari harga reguler. Cara ini mampu menggaet pengunjung lebih banyak karena takut harganya menjadi lebih mahal. Namun jika impresinya bagus mereka akan datang kembali ke wisata daerah tersebut.

  • Bangun fasilitas wisatanya

Bagaimana cara mempromosikan wisata daerah masa kini kedua adalah dengan membangun fasilitas untuk wisatanya. Meskipun terkesan meluas namun ada beberapa point penting untuk fasilitas yang harus ada seperti di bawah ini:

  • Pengadaan event

Sebuah wisata memang harus diimbangi dengan pengadaan event yang menarik untuk mengundang pengundang datang. Buatlah event seperti konser musik, demo masak, acara fashion show atau acara lain yang mampu menarik minat pengunjung.

  • Buatlah paket wisata yang menarik

Buatlah paket yang berisikan harga tiket, transportasi, makan minum dan kriteria lain yang menggiurkan untuk dibeli. Cara ini lebih mudah membuat fitur dalam wisata terjual dan dikenal oleh pengunjungnya.

  • Fasilitas terlihat

Jangan lupa untuk menyediakan fasilitas berupa taman bermain anak, kamar mandi, toilet, akses gerbang masuk dan keluar yang tepat. Hal ini akan membuat pengunjung lebih nyaman ketika berada pada wisata daerahnya.

  • Buatlah kesan branding

Cara berikutnya adalah dengan menekankan pada pemberian nama untuk wisatanya. Perlu diketahui bahwa pembuatan nama ini juga tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa kriteria penting sebelum memutuskannya seperti di bawah ini:

  • Merek yang digunakan jangan sampai menyerupai dengan nama wisata lainnya. Hal ini sangat krusial karena nantinya nama tersebut akan dijadikan hak paten sebagai identitas wisata daerah.
  • Nama wisata yang digunakan juga harus bisa dipakai dalam segala macam situasi dan kondisi.
  • Bahasa yang dipakai juga harus mudah dikenal karena pasarnya bukan yang ada di daerahnya saja namun meluas.
  • Harus memiliki nilai estetika yang menarik ketika didengar maupun diucapkan.
  • Harus memiliki artian penting atau makna dibalik pemberian nama wisata daerahnya.
  • Nama yang dibuat harus yang simpel dan mudah diingat oleh khalayak ramai.

  • Buatlah seminar wisata

Seminar yang dilakukan bisa dimulai dari antar desa saja kemudian bisa meluas sampai ke area provinsi jika dana sudah mencukupi. Seminar ini berisikan informasi penting mengenai wisata desa yang sedang dikelola serta mencari tahu daya minat dari pengunjung sekitar. Seminar yang dilakukan juga tidak perlu terlalu sering, cukup sebulan dua kali sebagai bentuk promosi offline yang lebih efektif

  • Adakan pameran

Selain bisa menggunakan seminar wisata Anda juga bisa mengadakan pameran wisata. Pameran ini cukup dilakukan sekitar tiga bulan sekali. Selama waktu tersebut dirasa cukup untuk memberikan pengetahuan baru mengenai fitur yang diberikan oleh wisatanya.

  • Lomba yang menarik

Bagaimana cara mempromosikan wisata daerah terupdate kedelapan adalah dengan menyelenggarakan lomba yang menarik. Anda bisa membuat lomba seperti esai, tulisan ilmiah, puisi atau cerpen yang berkaitan dengan wisata daerahnya. Untuk hadiahnya juga harus sesuai seperti tur penuh liburan ke wisata daerahnya.

Semua biaya transport, uang saku dan penginapan sudah ditanggung. Selain mengenalkan secara gratis Anda juga mendapatkan promosi gratis dari pemenangnya nanti. Lomba lain yang bisa digunakan seperti pembuatan jingle wisata dengan hadiah uang tunai. Anda bisa menggunakan jingle-nya nanti untuk bahan promosi wisatanya.

  • Buatlah penawaran dalam jangka waktu

Bukan hanya usaha biasa, namun untuk penawaran promo liburan wisata daerah juga tidak ada salahnya. Anda bisa menawarkan harga promo paket keluarga selama liburan panjang untuk tanggal tertentu. Jika tersampaikan pada keluarga yang memang ingin berlibur tentu hal seperti ini sangat menarik. Mereka bisa berlibur lengkap dengan harga yang murah.

  • Kemas lokasi menjadi nyaman dan asri

Salah satu daya tarik dari sebuah wisata adalah lokasinya yang nyaman dan asri untuk bersantai. Buatlah konsep yang menyenangkan untuk relaksasi sehingga mudah untuk mendapatkan pangsa pasarnya.

Cara Promosi Offline untuk Wisata Daerah

Untuk menambah proses pengenalan wisata daerah lebih maksimal Anda bisa menggunakan beberapa strategi seperti di bawah ini:

  • Perbanyak relasi

Lakukan banyak pengajuan kerja sama dengan relasi penting yang ada di sekitar tempat wisata daerah. Relasi yang bisa dipakai berupa penyedia restoran, jasa foto yang bagus, penjual oleh-oleh dan juga bisnis lain yang mendukung. Cara ini selain membuka lapangan kerja lebih banyak untuk usaha kecil, pengunjung merasa lebih puas ketika datang ke wisatanya.

  • Gabung ke travel fair

Cara kedua yang cocok untuk memperluas sebaran pengunjung ke wisata daerahnya adalah bergabung dengan ke travel fair. Bisnis tour and travel ini bisa digunakan secara offline maupun online. Dengan begitu penyebarannya menjadi lebih efektif sesuai pangsa pasarnya.

  • Buatlah papan promosi yang menarik

Bagaimana cara mempromosikan wisata daerah termudah dengan papan promosi bisa dengan memakai billboard. Namun Anda perlu tahu ada beberapa kriteria khusus untuk membuat billboard sesuai standar seperti di bawah ini:

  • Pilih lokasi yang sesuai

Biasanya semakin strategis sebuah tempat untuk pemasangan billboard maka harga sewanya menjadi lebih mahal. Namun Anda tidak boleh menyerah karena lokasi yang strategis justru mampu menggaet pelanggan datang walaupun modalnya besar. Pemasangan yang strategis juga tidak akan mengganggu rambu-rambu lalu lintas dan fasilitas lain di sekitarnya.

  • Isi materi jangan bertele-tele

Tips berikutnya untuk membuat pemasangan billboard ini menjadi bermanfaat adalah dengan memperhatikan isian dari materi promosinya. Jangan pernah membuat pesan yang terlalu banyak namun intinya sama. Berikan poin penting mengenai penekanan promosi wisata yang ditawarkan. Cara ini lebih bermanfaat untuk mempengaruhi pengunjung datang ke wisatanya.

  • Perhatikan pemilihan diksi

Anda juga harus membaca ulang pesan yang akan dimasukkan ke dalam billboardnya. Selain menghindari adanya typo hal ini juga bermanfaat untuk mempermudah pemahaman orang yang membaca pesannya. Pemilihan diksi yang salah juga berujung kesalahpahaman sehingga pesan promosinya kurang tersampaikan.

  • Perbanyak foto wisata

Yang Anda juga adalah sebuah wisata yang menawarkan keindahan alam atau tempat yang akan dikunjungi. Untuk menarik minat pengunjung jangan lupa untuk memberikan gambar foto wisata yang menarik. Perbanyak gambar yang digunakan sementara tulisannya lebih sedikit. Billboard yang mengutamakan banyak gambar lebih menarik perhatian dari pada yang full dengan tulisan.

  • Gunakan baliho bergerak

Jika memiliki budget yang lebih Anda bisa menggunakan tipe baliho bergerak digital sehingga bisa menampilkan transisi gambar atau video. Tips bagaimana cara mempromosikan wisata daerah termurah ini juga menjadi alternatif khusus ketika pemasangan billboard gambar dirasa kurang menarik. Dengan begitu calon pengunjung bisa langsung melihat keindahan alam yang ditawarkan oleh wisata daerahnya.

  • Cantumkan kontak yang bisa dihubungi

Layaknya promosi lainnya jangan lupa untuk mencantumkan beberapa pilihan kontak yang bisa dihubungi. Anda bisa memasukkan nomor WA, Email ataupun media sosial agar pengunjung bisa mencari informasi di sana. Dengan begitu ketika mendapatkan kebingungan mereka langsung bisa bertanya pada kontak yang tepat.

Proses bagaimana cara mempromosikan wisata daerah ini memang menghabiskan banyak tenaga, uang dan juga waktu. Namun jika dilakukan terus menerus maka wisata daerahnya bisa dikenal lebih meluas. Sehingga perkembangan wisatanya lebih terjaga dan modern sesuai standar wisata masa kini.

Leave a Reply

×