Bagaimana Cara Mempromosikan Tempat Wisata?

Bagaimana Cara Mempromosikan Tempat Wisata – Tempat wisata selain harus memiliki daya tarik yang unik juga harus melalui proses promosi yang tepat. Bahkan ketika sebuah wisata sudah dibuat sangat bagus pun tetap kurang dilirik pengunjungnya. Hal ini dikarenakan informasi mengenai wisatanya kurang menyebar merata ke masyarakat yang membutuhkan. Sehingga perkembangan wisatanya menjadi terhambat.

Bagaimana Cara Mempromosikan Tempat Wisata

Pelajari Bagaimana Cara Mempromosikan Tempat Wisata yang Tepat

Untuk melancarkan proses promosi ini diperlukan beberapa tips penting dalam melakukannya. Anda bisa menggaet impresi pengunjung yang berada di wilayah terdekat menggunakan cara promosi media offline. Beberapa kerja sama dengan pihak terkait juga harus dijalin agar tempat wisatanya lebih mudah mendapatkan kunjungan.

  • Lakukan koordinasi dengan penyelenggara tour perjalanan

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah menjalin relasi dengan penyelenggara jasa tour perjalanan. Untuk tempat wisata baru tentu bukan menjadi masalah untuk mencari relasi yang sesuai. Cari tahu lebih mendalam mengenai jasa tour yang banyak digunakan pada wilayah terkait.

Apalagi jika wisata yang ditawarkan termasuk wisata edukasi yang berhubungan dengan siswa dan pendidikan tentu pemasarannya lebih mudah. Anda bisa menjalin relasi dengan pihak yang bertugas mencari lokasi perjalanan untuk siswa selama liburannya. Pemasaran dengan cara ini juga lebih cepat memperluas informasi mengenai wisata yang ditawarkan.

  • Buatlah materi untuk wisatanya

Jawaban untuk bagaimana cara mempromosikan tempat wisata terbaik yang kedua adalah dengan membuat materi wisata. Pengenalan wisata secara offline harus didukung dengan pembuatan media yang menarik berisikan materi wisatanya. Anda bisa membuat baliho, brosur ataupun billboard untuk menekankan fasilitas yang ditawarkan.

Buatlah desain yang sangat menarik dan layouting yang sesuai untuk mempermudah pengunjung membaca semua informasi yang ada. Pembagian brosur offline ini memang melelahkan namun pengunjung bisa langsung mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa harus mencari.

  • Buatlah pameran untuk wisata

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pameran mengenai wisatanya. Dalam pembuatan acara ini memang diperlukan dana yang banyak untuk persiapan sampai pelaksanaannya. Pameran bisa berupa event berhadiah dan juga undian tertentu yang menarik minat pengunjung untuk datang.

Anda tidak perlu melakukan event wisata ini terlalu sering cukup selama tiga bulan sekali untuk menggaet pengunjung baru. Jangan lupa untuk memberikan sambutan yang menarik pada pengunjung yang memasuki pintu masuk wisatanya. Berikan impresi yang menawan agar mereka ingin kembali untuk berwisata.

  • Pakai banyak platform iklan

Saat ini sudah banyak platform iklan yang bisa dilakukan baik online maupun offline. Untuk offline Anda bisa memaksimalkan penggunaan iklan dengan desain sesuai kegunaannya. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan seperti brosur, baliho dan kartu nama untuk memperluas informasi mengenai wisatanya.

Jika tidak memiliki keahlian dalam membuat iklan jangan khawatir karena bisa menggunakan jasa desain yang terpercaya. Harga dan isi materinya juga bisa requst sesuai kebutuhan.

  • Kerjasama dengan instansi

Jawaban untuk bagaimana cara mempromosikan tempat wisata terbaru berikutnya adalah melakukan kerja sama dengan instansi. Lakukan pengajuan kerja sama dengan pihak penginapan atau travel. Buatlah paket yang menarik untuk mengajak pelanggan datang berkunjung. Apalagi jika pihak yang diajak bekerja sama sudah memiliki nama, maka penyebarannya bisa menjadi lebih mudah.

  • Pemilihan duta wisata

Tidak bisa dipungkiri bahwa adanya tokoh penting atau seseorang yang menjadi ikon wisata tersebut. Salah satu cara yang mampu mendongkrak potensi wisata tersebut adalah dengan melakukan pemilihan duta wisata. Pemilihan duta wisata ini tentu memiliki beberapa kriteria penting seperti wawasan mengenai wisata dan juga kemampuan bahasa inggrisnya.

Duta wisata ini bisa dibuat sepasang untuk lebih mendekati pengunjung lebih meluas. Mereka harus mampu menjawab semua hal yang berkaitan dengan wisata untuk memuaskan pengunjungnya. Pemilihan duta wisata ini juga ada periode masanya untuk menggantikannya dengan duta yang lebih fresh.

  • Gandeng investor

Untuk meningkatkan kualitas dan fasilitas dari tempat wisatanya Anda bisa menarik investor agar dana yang dimiliki lebih banyak. Dana dari investor akan memperluas informasi mengenai adanya wisata ini dengan promosi yang sesuai. Terlebih jika wisata yang digunakan adalah milik swasta lebih baik gandeng investor swasta juga agar lebih sejalan.

Jangan lupa untuk selalu mencari investor baru dengan pembagian hasil yang menjanjikan. Anda juga harus mampu meyakinkan investor untuk memberikan investasinya pada wisata tersebut. Investor ini mampu membantu Anda dalam pengelolaan ekonomi yang lebih mudah berputar.

  • Selalu perbaiki akses, infrastruktur dan fasilitas yang diberikan

Jawaban bagaimana cara mempromosikan tempat wisata terpercaya berikutnya adalah dengan memperbaiki semua fasilitas yang ada. Setelah mendapatkan dana dari investor selalu kelola uangnya dengan baik seperti memperbaiki akses dan infrastruktur dari wisatanya. Hal ini akan membuat pengunjung lebih puas ketika mencoba wisata yang ditawarkan tersebut.

Perhatikan juga mengenai kebutuhan penting yang dibutuhkan wisata seperti kamar mandi, toilet, tempat makan dan tempat lain yang dibutuhkan. Akses yang mudah dan infrastruktur yang lengkap akan membantu pengunjung lebih betah untuk datang kembali ke wisatanya.

Lakukan penggantian fasilitas dan akses minimal satu tahun sekali untuk yang memiliki harga tinggi. Sementara untuk fasilitas yang hanya bertahan bulanan juga harus diganti sesuai dengan jangka waktunya. Hal ini akan membuat kenyamanan pengunjung lebih terjaga dan tidak kecewa untuk kembali ke wisatanya.

Cara Memasang Baliho Dan Tips Promosi Yang Sesuai 

Salah satu cara untuk promosi offline adalah menggunakan media baliho. Namun Anda perlu tahu untuk pemasangannya diperlukan beberapa tips khusus yang harus diperhatikan. Adapun tips yang bisa digunakan bisa dilihat di bawah ini:

  • Layouting

Baliho haruslah memiliki desain yang tepat untuk memudahkan cara penyampaian pesan yang ingin disampaikan. Layouting ini berkaitan dengan penataan bahasa yang benar dan pemilihan font serta ukuran yang sesuai. Layouting ini juga menentukan mudah tidaknya pesan yang diberikan untuk masyarakat yang lewat. Jangan lupa menggunakan jasa pembuatan baliho yang tepat jika tidak memiliki kemampuan untuk membuat desainnya.

  • Sesuai dengan normanya

Tips kedua dalam pemasangan baliho adalah isinya harus sesuai dengan norma kesopanan yang berlaku. Dalam membuat baliho jangan lupa memperhatikan kesesuaiannya dengan perundang-undangan, ketertiban, kesusilaan, kesopanan, norma agama yang ditaati.

  • Sesuaikan dengan jenisnya

Ada beberapa pengecualian untuk pembuatan reklame mengenai konstruksinya. Jenis papan yang tidak boleh digunakan adalah tipe papan dan megatron. Jenis papan seperti ini terlalu berat dan berbahaya dipasang pada keramaian jika mengenai orang di bawahnya.

  • Pemasangannya harus sesuai

Tips bagaimana cara mempromosikan tempat wisata masa kini dalam pemasangan baliho harus menggunakan pemasangan yang sesuai. Pemasangan ini harus dibuat tidak menyimpang yakni tidak boleh berada di lintasan jembatan dan jalan raya. Pemasangan pada area tersebut dirasa terlalu mengambil risiko untuk keselamatan reklame dan masyarakat.

  • Tujuannya untuk promosi

Dalam pembuatan sebuah baliho jangan melupakan tujuan utama dalam pembuatan baliho tersebut. Isian dalam baliho harus berisikan ajakan atau pengenalan wisata yang menarik untuk dibaca. Baliho juga tidak perlu berisikan banyak kalimat di dalamnya, asalkan sesuai dengan inti materi yang digunakan.

  • Ada jangka waktunya

Biasanya untuk memasang baliho ini terdapat proses perizinan terlebih dahulu mengenai jangka waktu pemasangannya. Biaya yang dibayarkan untuk pemasangannya juga tidak boleh diganggu gugat kecuali jika ada keinginan untuk memperpanjangnya. Bahkan ketika jangka waktu pasangnya sudah habis Anda wajib mencopot dan membersihkan lokasi pemasangan balihonya.

  • Perhatikan keamanannya

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah pastikan ukuran dan lokasi pemasangannya aman untuk fasilitas kota. Baliho dibuat untuk kepentingan pribadi sementara fasilitas kota digunakan secara bersama. Anda harus mengedepankan kepentingan bersama dengan memperhatikan pemasangan baliho yang aman.

Strategi Memilih Cara Promosi Tempat Wisata yang Tepat

Selain mempelajari bagaimana cara mempromosikan tempat wisata termurah Anda juga harus memastikan bahwa strategi pemasaran tersebut sudah tepat. Caranya adalah memilih strategi terbaik yang bisa dilakukan dengan langkah di bawah ini:

  • Pemasaran yang tepat

Wisata juga memiliki pangsa pasarnya sendiri-sendiri sesuai passion dan hobi pengunjung wisatanya. Pemasaran yang sesuai ini juga lebih mampu menjangkau target yang tepat dan berlangsung lebih tahan lama. Anda sekaligus mampu merekrut pengunjung baru dan mempertahankan loyalitas dari pengunjung yang lama. Untuk itu jangan luap membuat perencanaan wisata yang sesuai agar lebih terstruktur.

  • USP

Untuk memberikan ciri dari wisata jangan lupa merumuskan USP dalam wisatanya. Anda tentunya tahu alasan banyak Pantai di Indonesia namun memiliki ciri dan keindahannya masing-masing. Agar memiliki keunikan yang sesuai maka keunikan dari wisata tersebut juga harus dicari. Seperti halnya wisata yang fokus terhadap edukasi penanaman sayuran hijau.

Maka pengunjung yang datang hanya fokus untuk mempelajari penanaman sayuran hijau mulai teori sampai dengan cara prakteknya. Keunikan ini akan langsung menjadi tagline dan menjadi penguasaan mindset seseorang saat melihat nama wisata tersebut. Penentuan USP ini sangat menentukan minat masyarakat untuk berkunjung.

  • Harga yang terjangkau

Dalam perumusan harga ini tidak hanya berpaku pada fasilitas, range harga wisata daerah dan juga besar tidaknya wisata yang ditawarkan. Penentuan harga ini juga harus dikemas dengan perumusan yang tepat agar terlihat murah padahal sesuai dengan fasilitas yang didapatkan.

Untuk itu di dalam brosurnya buatlah harga yang bulat dengan kelipatan lima ribuan. Kemudian isikan fitur yang didapatkan ketika pengunjung datang ke wisata tersebut. Informasi yang terperinci ini juga mampu meyakinkan pengunjung untuk datang ke wisatanya.

  • Tentukan target peminatnya

Untuk membuat pemasarannya lebih terstruktur jangan lupa langsung mempromosikannya pada pengunjung yang sesuai passionnya. Seperti contohnya jika wisata berupa pantai Anda harus mampu menjangkau orang-orang pecinta pantai agar lebih mengerucut. Pecinta pantai yang menyukai pantai akan langsung merekomendasikannya secara cuma-cuma pada pengunjung lainnya.

  • Bangunlah identitas wisata yang sesuai

Dalam membuat identitas wisata yang sesuai jangan lupa membangunkan branding yang sesuai. Buatlah data yang lengkap mulai dari lokasi wisata, fasilitas yang diberikan, akses yang jelas serta nomor izin wisata yang memenuhi syarat. Identitas ini mampu meyakinkan pengunjung untuk menikmati wisatanya.

Saat mempelajari bagaimana cara mempromosikan tempat wisata memang banyak hal yang harus direncanakan dengan matang. Salah satunya adalah perencanaan pembuatan baliho yang memiliki banyak manfaat untuk tempat wisata. Sinergi Media dapat memenuhi kebutuhan promosi tersebut, segera hubungi kami melalui nomor 021-8262-7171 untuk mendapatkan konsultasi gratis promosi.

5/5 - (5 votes)

Leave a Reply

×