Vendor Signage Semarang

Vendor Signage SemarangDi era teknologi yang semakin modern ini semua akan secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan sosial media dan apa pun yang berbentuk digital. Penyebaran berbagai informasi atau berita dilakukan secara digital. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menarik perhatian orang-orang. Dengan begitu diharapkan informasi akan semakin mudah tersampaikan. 

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan signage. Dulu signage dianggap media yang mahal namun, sekarang ada signage Semarang murah yang menawarkan berbagai jenis dan ukuran sesuai dengan harga yang terjangkau. Lalu, sebenarnya seperti apa dan bagaimana signage itu?

Vendor Signage Semarang

Apa itu signage Semarang?

Kata signage akan terdengar sangat tidak familier ditelinga, namun sebenarnya signage sudah sangat sering dijumpai dimana-mana. Signage sendiri berasal dari kata utama sign yang berarti tanda, jadi signage merupakan papan informasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi. Signage ini diolah menggunakan desain grafik sehingga memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan papan pengumuman biasa. 

Papan signage sering kita jumpai di mall, jalan raya, terminal, rumah sakit, area perkantoran atau tempat umum lainnya. Hal ini karena ketika bepergian pastinya membutuhkan papan-papan informasi yang jelas agar tidak kebingungan saat mencari lokasi atau informasi di suatu tempat. Bentuk dan ukuran dari signage tentunya juga bervariasi. Semuanya bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan yang sesuai lokasi atau tujuannya.

Misalnya, nama jalan, spanduk, billboard, hingga yang berjenis digital atau elektronik. Semua itu tentunya juga harus diserahkan kepada signage Semarang berpengalaman agar hasilnya juga berkualitas tinggi.

Fungsi signage untuk publik

Secara umum signage memang berfungsi untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat. Selain itu signage juga berfungsi sebagai media untuk berkomunikasi dengan lebih luas. Namun, ada beberapa fungsi penting juga yang berkaitan dengan signage untuk ruang publik. Apa sajakah itu?

  • Meningkatkan komunikasi secara internal

Secara umum orang-orang akan merasa bahwa fungsi penggunaan signage di area publik adalah untuk komunikasi dengan masyarakat luar, meskipun memang hal tersebut lebih sering terjadi. Namun, pada sektor publik seperti industri dan lainnya, digital signage tidak hanya diperuntukkan untuk komunikasi eksternal dan mendapatkan keuntungan. Terkadang justru perusahaan menggunakan signage untuk memberikan informasi kepada pihak internalnya sendiri dalam hal ini yaitu anggota mereka sendiri secara cepat dan akurat.

Dengan menggunakan signage di area bekerja dirasa juga akan semakin menambah nilai praktis dan efisien dibandingkan dengan pengiriman informasi lewat email, media sosial atau media penyebaran informasi lainnya. Biasanya penggunaan digital signage di area kantor dapat berupa update peraturan perusahaan, menampilkan data, memberikan informasi jadwal, sharing reminder dan sebagainya. Oleh karena itu banyak sekali vendor signage Semarang yang menjual signage, karena jika dilihat lagi Semarang merupakan kota besar yang sudah pasti memiliki banyak area publik dan industri yang membutuhkan signage.

  • Membantu kebutuhan masyarakat secara umum

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan signage secara umum adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satu contohnya adalah menggunakan signage sebagai wadah atau media bagi pemerintah atau sektor publik untuk menyampaikan berbagai informasi penting.

Misalnya penggunaan layer digital untuk iklan layanan masyarakat, himbauan untuk selalu menjaga keamanan saat berkendara, atau iklan yang mengingatkan masyarakat akan bahaya narkoba, rokok, pengingat untuk membayar pajak dan sebagainya.

Bahkan ada beberapa iklan tentang berbagai acara yang terselenggara agar wisatawan atau masyarakat tertarik untuk mengunjunginya. Tentunya konten akan selalu dibuat secara kreatif dan interaktif sehingga menarik perhatian masyarakat. Dengan adanya kebutuhan publik akan permintaan jasa signage Semarang maka akan semakin banyak pula masyarakat yang dengan mudah bisa mendapatkan informasi yang lebih baru.

  • Membantu penyebaran informasi penting secara cepat

Informasi yang penting atau darurat memang sudah seharusnya dapat disebar luaskan dengan cepat. Hal ini tentunya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan agar tidak terjadi. Penggunaan digital signage dapat membantu penyebaran informasi penting dengan cepat. Misalnya, menggunakan digital signage untuk menginformasikan orang-orang yang berada dalam suatu gedung mengenai bencana alam atau kondisi darurat lainnya.

Peringatan dan instruksi evakuasi dengan digital signage diharapkan mampu menjangkau lebih banyak orang secara cepat. Tidak hanya informasi tentang kejadian saja, namun juga dapat membantu memberikan informasi mengenai rincian evakuasi seperti jalur yang harus diambil dan tempat aman untuk berkumpul.

Digital signage dengan fungsi seperti ini pada umumnya ada di rumah sakit, area fasilitas publik bahkan di jalan raya guna memastikan penyampaian informasi dengan cepat dan akurat. Karena penempatannya yang di area publik tentunya juga membutuhkan pasang signage Semarang yang baik dan aman guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti jatuhnya papan atau layar digital signage.

  • Memastikan tersampaikannya semua informasi

Tidak semua pesan yang dikirimkan melalui email atau media sosial akan selalu dibaca oleh penerimanya. Bahkan bisa saja sang penerima justru belum menerima pesan tersebut. Akan menjadi suatu masalah apabila pesan atau informasi yang telah dikirimkan malah tidak pernah diterima, apalagi jika pesan tersebut termasuk penting.

Hal yang sama juga akan terjadi pada memo atau notes yang ditulis secara langsung dan ditempelkan di meja penerima. Dengan menggunakan digital signage memungkinkan semua orang melihat dan mendapatkan informasi atau pesan secara langsung. Jika hal ini diterapkan di area perkantoran, maka karyawan tidak perlu membuka email setiap saat untuk melihat pesan atau informasi baru yang masuk.

Tipe-tipe signage Semarang di pasaran

Sudah diketahui bahwa signage memiliki fungsi yang penting untuk area publik, maka dibutuhkan juga signage dengan berbagai jenis atau tipe yang sesuai dengan kebutuhan. Banyak sekali jual signage Semarang yang menawarkan berbagai jenis atau tipe signage. Hal ini karena penggunaan signage tidak hanya semata-mata untuk menyampaikan dan menyebarkan informasi, namun juga bisa digunakan sebagai media mempercantik ruang publik.

Lalu, ada apa sajakah tipe signage yang sering dijumpai?

  • Banner signs

Pastinya sudah tidak asing dengan istilah banner bukan? Banner sering kali dijumpai dipinggir jalan raya atau dipasang di sebuah event guna memberikan informasi. Pada umumnya banner juga digunakan sebagai media iklan, baik itu jasa, barang, bahkan banner kampanye. Banner sign ini terbuat dari bahan yang tidak kaku dan ringan seperti kertas, kain dan plastik. Harga untuk banner sign sendiri juga disesuaikan dengan ukuran dan design yang diminta. Semakin rumit desain dan besar ukuran banner tersebut maka harganya pun juga akan semakin mahal.

  • Canopy sign

Sesuai dengan namanya, canopy sign biasanya dipasang pada permukaan misalnya tembok atau tiang. Tipe signage seperti ini sering dijumpai untuk nama sebuah toko, gedung atau brand tertentu. Peletakannya biasanya tercetak pada sebuah kanopi atau berada ditembok bagian atas sebuah gedung, seperti nama bioskop atau merek mobil. Penggunaan canopy sign tentunya bisa menarik perhatian karena ukurannya yang besar dengan warna mencolok bahkan ada beberapa canopy sign yang bisa menyala saat malam hari.

  • Changeable copy sign

Jenis signage yang lebih fleksibel karena bisa diubah-ubah sesuai dengan keinginan. Diubah di sini adalah informasi yang disampaikan bisa diubah atau diganti dengan informasi baru yang lebih akurat atau terkini. Karena informasi yang disampaikan bisa sewaktu-waktu berubah, maka changeable copy sign ini umumnya digunakan untuk memberikan informasi jangka pendek. Misalnya pengumuman sekolah, daftar menu café yang dapat berubah, atau jadwal kerja yang berubah-ubah.

  • Electronic message center

Tipe signage seperti ini hampir sama juga dengan tipe changeable hanya saja electronic message center lebih secara digital. Signage seperti ini akan lebih terlihat menarik karena memiliki design yang lebih berwarna dan kekinian. Selain itu, penggunaan signage jenis ini akan membuat penyampaian informasi lebih efisien karena dapat diubah sewaktu-waktu dengan cepat. Contoh penggunaan electronic message center pada area publik adalah di bandara atau bioskop yang harus menampilkan informasi secara cepat dan efisien.

  • Floor sign

Floor sign juga sering dijumpai di area publik atau tempat-tempat fasilitas umum lainnya. Karena namanya floor sign maka signage ini pasti ditemukan di lantai guna memberikan informasi. Informasi yang diberikan bukanlah yang memiliki banyak tulisan informatif melainkan berupa simbol dengan keterangan yang ringkas.

Misalnya simbol atau gambar orang dengan kursi roda, berarti informasi yang ingin disampaikan adalah bahwa jalan tersebut diperuntukkan atau dikhususkan untuk penyandang disabilitas. Contoh lainnya adalah simbol bergambar orang dengan sepeda yang kita temui di jalan raya, simbol tersebut dimaksudkan untuk memberikan informasi bahwa jalan tersebut hanya digunakan oleh pengendara sepeda saja.

  • Free standing sign

Berbeda dengan signage yang lain, free standing sign memiliki penopangnya sendiri untuk berdiri sehingga tidak terpasang pada bangunan atau tembok. Biasanya signage ini disangga oleh satu atau dua tiang agar berdiri tegak dan terkait dengan tanah atau lantai. Free standing sign biasanya digunakan untuk memberikan informasi secara terus menerus dan tidak pernah berubah. Misalnya informasi mengenai suatu hasil karya di sebuah museum. Kelebihan dari free standing sign ini adalah ada yang bisa dipindahkan sehingga akan lebih memudahkan untuk memindah informasi yang sesuai.

  • Projecting sign

Projecting sign sering ditemui sebagai cara untuk mempromosikan suatu toko atau café. Hal yang unik dari projecting sign adalah memiliki dua sisi yang dapat dibaca dari dua arah yang berlawanan secara sekaligus. Sehingga akan sangat menarik jika digunakan sebagai papan nama toko atau café.

  • Wall sign

Wall sign adalah jenis yang paling sering dan mudah dijumpai. Biasanya ditemukan di tempat umum, sekolah, rumah sakit, kantor dan lain sebagainya. Signage ini terpasang secara menempel dengan tembok sebuah bangunan dengan ukuran yang tidak lebih dari 18 inci. Wall sign ini hanya memiliki satu sisi yang bisa dilihat dan umumnya berbentuk persegi empat.

Jadi, demikianlah informasi tentang pengertian, fungsi serta berbagai macam tipe dari signage. Jika Anda butuh memasang signage Semarang terbaik, maka bisa menghubungi kami Sinergi Media. Kami merupakan jasa pasang signage sekaligus agen periklanan yang sudah berpengalaman di bidangnya. Hubungi CS kami untuk info lebih lanjut terkait produk signage kami.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat