Signage Kantor

Signage KantorBanyak orang yang hanya mementingkan visual luar gedung perkantoran tanpa menyadari jika bagian dalam pun membutuhkan perhatian yang sama banyaknya. Maka selain memesan signage outdoor, usahakan untuk memesan signage office yang menarik dan unik. Tujuannya agar interior kantor tampak lebih indah, unik dan profesional. Orang yang bertamu ke kantor pun bisa menemukan publik area dengan cepat. 

Signage Kantor

Jenis-jenis Signage Kantor

Sebenarnya tidak sulit menemukan aplikasi office signage, Anda bahkan menemukan yang ukurannya paling kecil seperti plat nama hingga ukuran besar yang menampilkan papan informasi tiap ruangan. Simak jenis-jenis office signage yang paling banyak ditemukan di perkantoran Indonesia berikut:

  • Penghargaan dan Plakat

Aplikasi signage office yang paling sering kita lihat ketika berjalan di lobby kantor tidak lain adalah penghargaan atau plakat. Signage ini memiliki beberapa fungsi salah satunya sebagai media informasi. Klien yang datang akan merasa terkesan dengan pencapaian yang telah dimiliki oleh kantor tersebut sehingga tidak perlu berpikir panjang untuk bekerja sama.

Fungsi lainnya, plakat dan penghargaan bisa diberikan pada masing-masing karyawan yang memiliki dedikasi tinggi terhadap kantor. Penghargaan seperti ini biasanya ditampilkan di dinding atau meja tepat di bagian dalam ruangan dari karyawan yang bersangkutan.

Dengan pemberian penghargaan dan plakat ini diharapkan karyawan bisa bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya. Karena semakin giat usaha yang diberikan akan semakin besar pula timbal balik yang didapatkan. 

Model signage penghargaan dan plakat bisa dicari di internet, ada banyak sekali model yang akan keluar. Anda bisa menggunakan desain yang paling unik, tapi jangan lupa untuk menambahkan detail penting seperti nama perusahaan juga logonya. Dengan demikian, orang lain bisa mengetahui dengan mudah jika penghargaan dan plakat tersebut dikeluarkan dan dibuat oleh perusahaan Anda. 

  • Vinyl Graphics dan Lettering

Tipe signage kantor berikutnya adalah aplikasi dari vinyl graphic dan lettering yang dipasang di bagian dalam gedung perkantoran untuk menambah keindahan interior. Selain memperkaya interior, signage ini juga bisa difungsikan dengan baik sebagai media promosi.

Promosi merupakan kegiatan bisnis yang paling penting untuk meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan trafik penjualan. Sulit bagi kantor yang baru tumbuh dan berkembang untuk dikenal oleh klien bila tidak melakukan promosi sama sekali.

Jika modal promosi yang dimiliki masih sangat terbatas, manfaatkan vinyl graphics dan lattering ini sebagai media promosi utama. Karena bertujuan sebagai single promosi, Anda wajib memfokuskan segalanya dalam desain signage tersebut.

Jangan sampai signage iklan promosi yang dibuat tampak terlalu sederhana sehingga tidak menonjolkan sedang berpromosi. Tapi jangan pula membuat signage yang terlalu rumit, karena audience umumnya malas membaca informasi yang diurai terlalu panjang. 

Karena berada di lingkungan perkantoran, pesan yang diberikan tidak selalu tentang promosi produk atau iklan. Beberapa signage sengaja diciptakan untuk meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya melaksanakan pekerjaan dan berdedikasi untuk kepentingan kantor. 

  • Indoor Wall Signage

Beberapa kantor memiliki pandangan tersendiri ketika ditanya tentang sejarah kantornya. Uniknya, tidak sedikit perusahaan atau gedung perkantoran yang menggambarkan sejarah secara visual dengan membuat indoor wall signage yang atraktif. 

Aplikasi indoor wall ini memberikan kesan terbaru terhadap interior perusahaan meskipun dalam praktiknya tidak digunakan setiap hari. Melainkan hanya digunakan saat musim-musim tertentu, misalnya ketika menyambut direksi tinggi atau ketika mengeluarkan produk terbaru bagi perusahaan produksi. 

Namun sebagaimana iklan lainnya, iklan bergambar umumnya jauh lebih mudah untuk dipahami oleh banyak orang. Pesan yang coba ditampilkan akan lebih dikenali terlepas dari perbedaan usia dan generasi. 

  • Acrylic Signage

Signage ini memiliki visualisasi yang sangat futuristik memungkinkan suatu ruangan tampak lebih dominan dari ruangan lainnya. Sebagian besar signage akrilik dibuat dengan tampilan yang berkelas dan bisa dipadankan dengan model signage lainnya. 

Sebagian besar kantor menggunakan akrilik signage untuk meningkatkan nilai keistimewaan dari gedung perkantoran yang dimilikinya. Sayangnya karena harganya yang cenderung mahal, signage akrilik bukan termasuk materi yang paling disukai. 

Tapi bila harga bukan masalah utama Anda, tidak ada ruginya menggunakan akrilik signage ini. Apalagi jika dalam perkembangannya, kantor mendapatkan lebih banyak proyek setelah menggunakan signage akrilik yang unik. 

3 Macam Kreasi Desain Office Signage

Signage kantor memberikan banyak perubahan terhadap interior kantor, apalagi bila desain yang digunakan dirancang istimewa dengan keterampilan terbaik. Berikut ini macam-macam ide signage kantor yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda:

  • Digital Signage

Di era digital, hampir semua aktivitas ditunjang dengan konsep digitalisasi salah satunya signage. Hampir sebagian besar gedung perkantoran menggunakan digital signage karena tampilannya yang jauh lebih modern dan kekinian. Penggunaan digital signage pun dinilai jauh lebih efisien dibandingkan signage tradisional.

Kelebihan lain digital signage adalah bisa didesain ulang dengan teknik tulisan yang berbeda. Artinya, Anda tidak perlu menggunakan signage dalam jumlah yang banyak untuk menampilkan berbagai informasi. Cukup tampilkan informasi baru menggantikan informasi lama yang sudah expired

Tidak hanya menampilkan teks dan gambar diam, digital signage juga mampu menampilkan animasi video klip, gambaran produk termasuk harga dan berbagai detail lainnya. Sehingga audience yang melihat tampilan tersebut tidak merasa bosan justru akan merasa terhibur karena signage yang ditampilkannya berbeda daripada kantor lainnya. 

Konsep signage digital akan menonjolkan konsep modern yang coba Anda tonjolkan dari gedung perkantoran. Setidaknya dengan sedikit pengetahuan desain interior dan pemakaian digital signage, Anda sudah mendapatkan tampilan yang unik dan trendi. Tidak perlu lagi menggunakan jasa desainer interior yang mahal untuk mendesain interior dari gedung perkantoran Anda yang megah. 

  • Signage Akrilik di Dinding

Salah satu bahan signage kantor yang cukup sering ditemukan di jasa pembuatan signage antara lain akrilik. Signage akrilik ini bisa dirancang sebagai outdoor signage atau dipasang di bagian dalam kantor. 

Inti utama dari pemakaian signage akrilik dinding adalah mengoptimalkan pemakaian dinding sebagai pembawa pesan. Sehingga pesan yang ingin diutarakan benar-benar sampai ke target marketing tanpa menimbulkan kesalahan persepsi. 

Mayoritas signage akrilik dinding dibuat dengan menonjolkan pesan teks dan gambar. Pemilihan warna harus dibuat sekontras mungkin sehingga bisa memaksimalkan panel informasi yang ditulis di bodi signage. Selain menggunakan akrilik, sebenarnya ada banyak material lainnya yang bisa digunakan untuk menciptakan signage dinding. 

Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan interior kantor dan budget yang dimiliki. Sehingga pembuatan signage tidak akan menghabiskan banyak kas kantor. Terlebih jika kantor masih dalam tahap pertumbuhan dan belum memiliki banyak klien potensial.

  • Custom Vinyl 

Elemen yang satu ini cukup banyak ditemukan di perkantoran dan termasuk signage kantor murah dengan karakteristik yang unik. Menggunakan custom vinyl sticker, decals atau label akan menonjolkan ciri khas kantor, selain memperkaya visual kantor produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk memfasilitasi karyawan.

Contohnya, topi karyawan yang sengaja dibuat dengan menambahkan beberapa custom vinyl. Dari sekian banyak desain yang dipilih beberapa perusahaan lebih condong menggunakan logo perusahaan dan nama perusahaan. Sehingga selain dikenal sebagai fasilitas pendukung karyawan, topi tersebut juga dikenal sebagai properti kantor. 

Perbedaan Antara Signage Alumunium vs Signage Plastik

Banyak yang bertanya apa mana yang lebih baik dan tahan lama dari signage alumunium dan plastik? Memilih signage kantor tahan lama belakangan ini memang menjadi perhatian bagi pelaku usaha. Tujuannya agar tidak mengulangi proses yang sama yakni merancang desain signage terbaru, mencari jasa pembuatan signage dan memasangnya di kantor.

Semakin lama signage mampu bertahan akan semakin baik untuk kesehatan kas kantor. Artinya tidak ada pengeluaran tambahan karena harus membuat signage yang baru. Ketika bicara tentang material, alumunium dan plastik masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jumlah penggunanya pun sama banyaknya. Lantas, apa yang membedakan antara signage alumunium dan signage plastik?

  • Alumunium

Partikel yang tersusu dalam material ini memungkinkannya untuk bertahan lama ketika ditempatkan di lingkungan luar yang sering kali mengalami perubahan cuaca dan suhu. Meski sama-sama logam, alumunium jauh lebih baik daripada besi karena tidak akan berkarat ketika terkena tetesan air terus menerus.

Kelebihan lainnya, Anda bisa menemukan alumunium dalam berbagai warna. Sehingga signage alumunium yang dibuat bisa lebih kreatif dan unik lagi. Aplikasi signage kantor dari material alumunium biasanya ditemukan di halaman kantor sebagai tanda parkir. Bila ditanya tentang daya tahannya, signage alumunium mampu bertahan maksimal 10 tahun.

Terutama bila Anda merawatnya dengan baik dan benar. Alih-alih dicat, ada baiknya jika signage alumunium dibiarkan secara alami. Signage kantor terbaik ini lebih mudah rusak bila terkena cat.

  • Plastik

Banyak orang yang memandang sepele signage plastik padahal bila dirawat dan diawasi dengan baik, daya tahan signage ini tidak kalah jauh daripada signage alumunium. Rata-rata logo dan huruf berbahan dasar plastik mampu bertahan hingga 10 tahun.

Sementara material akrilik dan polycarbonate yang terus menerus terkena sinar matahari terik bisa bertahan hingga 7 tahun lamanya. Beda dari signage alumunium yang desainnya tampak sederhana, signage dari bahan akrilik jauh lebih unik dan mewah. 

Karena alasan itu pula banyak pengusaha yang memilih signage akrilik meskipun harganya lebih mahal dan lebih mudah rusak. Supaya signage plastik bisa bertahan lama, baiknya Anda minta jasa pembuatan signage kantor untuk melapisi permukaan signagenya dengan lapisan UV. 

Cara ini akan menambah usia ketahanan signage sehingga Anda tidak perlu lagi merancang signage yang baru setelah 7 tahun pemakaian. Karena untuk menghasilkan tampilan signage yang unik dibutuhkan usaha dan upaya yang cukup panjang dan menyita waktu. 

Dari kedua material signage di atas, mana yang paling berkualias menurut Anda? Apapun pilihan Anda hendaknya gunakan signage semaksimal mungkin entah sebagai papan informasi maupun papan iklan. Caranya bagaimana? Sangat mudah cukup dengan mengoptimalkan desain signage dan panel pesan yang ada di bodi signage. 

Tertarik untuk mengganti signage kantor dengan yang baru? Segera hubungi jasa signage terpercaya Sinergi Media. Sebelum deal harga, pastikan Anda lihat terlebih dahulu contoh pekerjaan yang pernah kami lakukan jika masih ragu. Kami adalah perusahaan advertising yang sudah berpengalaman di bidangnya. Silahkan kontak kami kapan saja.

 

Leave a Reply

× WhatsApp Chat