Signage Penunjuk Arah

Signage Penunjuk ArahSignage merupakan salah satu media informasi yang berbentuk desain grafis. Media informasi ini berfungsi untuk memberikan dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Informasi tersebut dapat berupa himbauan, anjuran atau perintah larangan. Informasi tersebut ada yang ditujukan secara umum kepada semua lapisan masyarakat atau ditujukan khusus untuk pembaca tertentu. 

Signage Penunjuk Arah

Signage ini memiliki berbagai macam jenis yaitu Janis signage outdoor dan indoor. Kedua signage tersebut disesuaikan berdasarkan letak penggunaannya, yaitu di luar ruangan atau di dalam ruangan. Masing-masing jenis signage ini memiliki bahan atau material yang berbeda pula. Perbedaan material tersebut disesuaikan dengan kondisi signage atau kegunaannya, misalnya digunakan untuk di dalam atau di luar ruangan. Selain itu, jenis signage tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda pula tergantung pada kebutuhan dan penggunaannya. 

Contohnya adalah signage yang digunakan untuk penunjuk arah. Signage ini sering juga disebut wayfinding signage. Penjelasannya lebih lanjut sebagai berikut.

Mengenal Signage Wayfinding atau Penunjuk Arah

Wayfinding signage merupakan jenis signage yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai sebuah lokasi atau arah tertentu. Penunjuk arah ini sangatlah penting terutama bagi orang-orang yang baru pertama kali datang ke tempat tujuannya. Signage penunjuk jalan ini diperlukan guna membantu orang-orang yang kesulitan dalam mencari lokasi atau arah suatu tempat. 

Wayfinding atau signage penunjuk arah outdoor ini biasanya sering ditemukan di area-area fasilitas umum seperti di taman, alun-alun, atau tempat terbuka lainnya yang sering dikunjungi orang-orang. Namun selain di luar ruangan ternyata signage penunjuk arah ini juga bisa ditemukan di dalam bangunan. Hanya saja seringnya tetap bangunan yang juga sering dikunjungi. Misalnya di museum, hotel, atau rumah sakit. Hal ini guna memberikan informasi dimana letak suatu ruang atau lokasi tertentu yang berkaitan dengan bangunan tersebut.

Persyaratan Membuat dan Memasang Signage Penunjuk Arah Yang Tepat

Sebelum Anda memilih untuk membuat signage penunjuk arah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan syarat dan ketentuan membuat signage penunjuk arah yang baik dan benar:

  • Ditempatkan pada tempat yang mudah dilihat

Dikarenakan tujuan dan fungsi dari signage ini adalah untuk memberikan infomasi mengenai lokasi atau arah, maka sebisa mungkin penempatannya juga harus mudah dilihat. Selain mudah dilihat signage penunjuk arah juga harus mudah ditemukan.

Letakkan signage tersebut di area yang ramai dan mudah dijumpai orang. Hindari penempatan signage dekat dengan pohon atau tiang listrik. Hal ini dimaksudkan agar signage tersebut tidak tertutupi oleh rimbunnya dahan maupun tiang listrik. Sekarang ini juga sudah banyak sekali yang menjual signage penunjuk arah untuk memudahkan Anda dalam mencari signage yang cocok.

  • Perhatikan bahan yang digunakan

Signage penunjuk arah ini lebih umum ditemukan di luar ruangan atau outdoor maka pilihlah bahan atau material yang juga tahan terhadap perubahan cuaca. Hal ini guna mengantisipasi ketahanan signage penunjuk arah agar lebih awet. Oleh karena itu dibutuhkan material penunjang yang mampu bertahan di cuaca ekstrem. Misalnya bahan alumunium, stainless dan lain sebagainya. Saat ini sudah banyak sekali vendor signage penunjuk arah yang menggunakan berbagai material yang berkualitas serta cocok digunakan untuk signage jenis outdoor. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai ketahanan dari signage penunjuk arah tersebut. 

  • Komposisi warna yang digunakan

Desain signage penunjuk arah harus memiliki komposisi warna yang sesuai. Komposisi warna tersebut antara warna latar belakang atau background dengan komposisi warna dari huruf. Antara warna huruf dengan background harus lebih kontras. Hal ini dimaksudkan agar informasi yang terdapat pada signage penunjuk arah tersebut bisa terbaca dan terlihat dengan jelas. Hindari menggunakan background dengan warna gelap guna menghindari susahnya membaca informasi saat di malam hari.

  • Keseimbangan 

Dari segi simbol, signage penunjuk arah harus memiliki keseimbangan dari setiap sisinya. Mulai dari ukuran, kondisi di lapangan, maupun warna juga harus seimbang. Misalnya signage penunjuk arah untuk hotel. Desain dan penempatan simbol pada signage harus dibuat secara seimbang dan konsisten. Hal ini berguna untuk membantu pengunjung hotel agar merasa aman dan nyaman sehingga dapat menemukan lokasi dengan lebih akurat dan cepat.

  • Font atau huruf yang mudah dibaca

Salah satu yang penting adalah ukuran huruf atau pemilihan font harus mudah dibaca meskipun dari jarak yang jauh. Hal ini penting agar orang-orang yang mencari lokasi atau suatu arah tidak terganggu dengan ukuran huruf dan jenis huruf yang digunakan. Gunakan ukuran huruf yang tidak terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar. Untuk jenis atau pilihan font Anda bisa menggunakan jenis font formal atau bentuk font yang sederhana. Dikarenakan tidak semua kalimat atau font yang digunakan bisa nyaman dibaca. Terlebih lagi jika jumlah informasi yang ingin disampaikan banyak.

  • Pesan yang jelas

Hal yang penting dalam signage penunjuk arah selain tentang desainnya adalah mengenai informasi yang ingin disampaikan. Isi pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah signage penunjuk arah haruslah informasi yang penting saja. Hindari memasukkan informasi yang sia-sia atau informasi yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan suatu lokasi atau tempat tersebut. Hal ini agar masyarakat yang hendak mencari arah atau lokasi tertentu tidak merasa kebingungan karena banyaknya informasi yang tidak sesuai dengan tempat tersebut.

  • Pesan yang selalu diperbaiki

Jika signage penunjuk arah tersebut bersifat sementara, maka hal yang perlu dilakukan adalah secara rutin mengganti informasi yang ingin disampaikan. Jangan sampai informasi dengan lokasi tersebut berbeda. Akibatnya nanti akan ada banyak sekali orang-orang yang tersesat karena mengikuti petunjuk yang salah pada signage tersebut.

  • Melakukan uji coba

Uji coba ini penting dilakukan agar signage penunjuk arah yang hendak dibuat memiliki arah atau petunjuk yang sesuai dengan kondisi aslinya di lapangan. Hal ini guna mengukur tingkat keefektifan dari sebuah signage penunjuk arah. Misalnya dengan menapaki jalan yang nantinya akan dibangun sesuai dengan desain yang dibuat, maka desainer interior atau pembuat signage tersebut bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai hasil signage penunjuk jalan yang telah dibuat. Anda juga tidak perlu melakukan uji coba sendiri karena saat ini sudah tersedia banyak jasa signage penunjuk arah yang bisa membantu Anda membuat wayfinding yang sesuai.

  • Menciptakan kepribadian

Terkadang, signage penunjuk arah bisa menjadi simbol dari sebuah lokasi. Penggunaan simbol-simbol tertentu pada signage penunjuk arah secara tidak langsung juga bisa membentuk image suatu bangunan seperti perumahan, perusahaan dan fasilitas yang lain. Selain itu dengan adanya simbol-simbol ini juga membantu seseorang untuk lebih mudah dan cepat menemukan lokasi yang ingin dicari.

  • Riset

Selain melakukan uji coba, riset juga diperlukan dalam proses pembuatan signage penunjuk jalan. Riset ini berguna untuk memahami para pengguna jalan atau bangunan sebelum mendesain signage penunjuk jalan tersebut. Hal ini dikarenakan penunjuk jalan yang dibuat harus bisa menyesuaikan dengan karakter masyarakat di sekitar lokasi tersebut, karena masyarakat memiliki karakter yang berbeda di setiap tempatnya.

Isi signage penunjuk jalan juga harus bisa disesuaikan dengan tingkat pendidikan masyarakat yang ada di daerah tersebut. Jangan sampai isi atau bentuk informasi pada signage penunjuk arah tersebut tidak disesuaikan dengan tingkat pemahaman masyarakatnya. Akibatnya bisa saja signage penunjuk arah yang sudah dibuat justru sia-sia karena masyarakat tidak paham dan tidak mengerti bagaimana cara menggunakannya. Setiap vendor signage penunjuk arah pastinya juga akan melakukan riset terlebih dahulu agar signage yang dibuat tidak sia-sia. 

  • Hindari membuat orang berpikir terlalu lama

Tujuan atau fungsi dari signage penunjuk arah adalah membantu orang-orang yang sedang kebingungan dalam mencari letak suatu arah atau lokasi tertentu. Orang-orang seperti itu biasanya dalam keadaan yang mendesak sehingga dengan segera membutuhkan informasi yang benar mengenai lokasi yang dicari. Untuk itu penting agar signage ini tidak membuat orang bingung dan berpikir terlalu lama saat mencari lokasi dikarenakan tidak memahami dan tidak mengerti tentang isi atau informasi yang disampaikan. Anda dapat menemukan signage penunjuk arah Jakarta karena di kota besar ini akan sangat banyak sekali ditemukan signage penunjuk arah yang sangat bermanfaat.

Hal Penting Lainnya Dalam Mengatur Signage Wayfinding

Selain persyaratan yang perlu dilakukan sebelum membuat signage penunjuk arah, juga ada beberapa hal yang membuat bagaimana seseorang bisa dengan mudah membaca signage penunjuk arah tersebut, seperti:

  • Orientasi 

Sebelum memutuskan untuk pergi ke lokasi lain, hal yang penting dan perlu diperhatikan adalah dimana letak Anda saat itu. Hal ini penting untuk menentukan kemana arah selanjutnya yang harus dituju. Lokasi Anda saat itu bisa menjadi patokan untuk arah tujuan Anda selanjutnya.

  • Navigasi

Tanda-tanda atau petunjuk arah akan semakin memudahkan seseorang untuk mencari dan menuju lokasi yang diinginkannya. Oleh sebab itu, tanda atau petunjuk yang diberikan haruslah jelas dan mudah dipahami.

  • Tanda 

Tanda dalam penggunaan signage penunjuk arah diperlukan guna lingkungan atau lokasi tertentu yang spesifik dapat terbaca. Hal ini dilakukan untuk memperkuat ingatan atau ciri dari suatu lokasi tertentu. Dengan adanya tanda tersebut akan memungkinkan lokasi lebih mudah diingat dan dipahami oleh seseorang.

Lokasi yang diberi tanda biasanya adalah lokasi-lokasi umum, misalnya sebuah mall besar, pasar, area pabrik, rel kereta, masjid, rumah sakit dan lain sebagainya. Tanda ini juga bisa menjadi sebuah patokan seseorang untuk menentukan atau mengingat letak lokasi atau tempat tertentu.

Demikianlah artikel mengenai signage penunjuk arah. Anda bisa datang ke konsultan signage penunjuk arah yang sudah berpengalaman jika ingin membuat signage. Hal ini karena membuat signage untuk menunjukkan arah sedikit lebih susah daripada signage biasa. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatannya sehingga menghindari signage susah dibaca atau malah menyesatkan orang yang membacanya.

Sinergi Media sebagai salah satu perusahaan advertising di area Jadetabek saat ini siap melayani kebutuhan tersebut. Kami menyediakan konsultan signage yang berpengalaman bagi Anda yang butuh tanya-tanya lebih lanjut terkait signage penunjuk arah. Tidak hanya itu, kami juga siap melayani pembuatan signage untuk kebutuhan lainnya seperti bisnis dan promosi.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat