Signage Musholla

Signage MushollaMenemukan mushola atau masjid di Indonesia bukan perkara sulit karena mayoritas masyarakat menganut agama Islam. Salah satu cara mudah mengenali masjid atau mushola dari kejauhan dengan melihat bentuk bangunan dan signage. Hampir semua mushola di Indonesia diberi nama dan papan nama mushola tersebut tidak dibuat sederhana melainkan diciptakan profesional oleh jasa pembuatan signage. 

Signage Musholla

Contoh-contoh Signage Mushola 

Apa yang kalian perhatikan pertama Kali saat melihat mushola? Apa desain arsitekturnya? Selain memiliki desain arsitektur unik dan modern, semua mushola di Indonesia telah dilengkapi dengan signage. Berikut ini contoh signagenya:

  • Papan Nama Musholla

Pada dasarnya mushola memang memiliki desain arsitektur yang sangat unik dan berkarakter, tidak sulit untuk membedakannya dengan jenis bangunan yang lain. Tapi sebagai pertimbangkan lainnya, semua mushola menambahkan signage papan nama. 

Signage papan nama dibuat dari berbagai material mulai dari akrilik, logam hingga kayu. Masing-masing signage dibuat sespesial, tidak hanya terdiri dari teks tulisan saja melainkan menggunakan tambahan simbol mushola atau bulan sabit. 

Signage papan nama mushola dibuat untuk tujuan outdoor signage, jadi material yang paling cocok digunakan adalah logam anti karat. Sehingga saat musim hujan signage tidak akan berkarat dan bisa bertahan lama hingga bertahun-tahun. 

  • Penunjuk tempat wudhu

Signage mushola online memiliki desain yang sangat unik apalagi signage penunjuk tempat wudhu. Sudah menjadi rahasia umum jika setiap mushola dilengkapi dengan fasilitas tempat pengambilan air wudhu, mengingat tubuh perlu dibersihkan sebelum menunaikan shalat. 

Pada dasarnya hampir semua tempat wudhu memiliki desain yang sama, terdiri dari beberapa keran air yang sengaja diberi jarak. Tapi untuk memudahkan memisahkan antara tempat wudhu pria dan wanita, beberapa mushola sengaja dipasang signage penunjuk tempat wudhu. 

Gambar signage-nya hampir sama seperti sigage di toilet yang dibedakan dengan simbol feminin atau maskulin. Tapi beberapa mushola terkadang hanya menggunakan signage sederhana dan dibuat dalam bentuk teks. 

  • Warning Sign

Yang dimaksud dengan warning sign bukanlah peringatan tempat berbahaya atau bahan berbahaya. Tapi pesan pemberitahuan sederhana seperti dilarang menggunakan sandal. Signage yang digunakan biasanya adalah lettering signage atau signage gambar dengan symbol sepatu disilang. 

Cara ini berguna untuk mengingatkan para jamaah akan pentingnya menjaga kebersihan terutama di bagian dalam mushola. Saat masuk ke dalam mushola, kaki harus berada dalam kondisi bersih dan alas kaki wajib disimpan di tempat penyimpanan. 

Model warning sign ini tidak dipasang di bagian atas tapi ditempatkan di lokasi yang memungkinkan Jemaah untuk melihat pesan dan mematuhinya dengan baik. Karena berbeda dengan rumah, mushola merupakan ruang publik yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk beribadah. Bila tidak dijaga kebersihannya oleh kita sendiri, sulit bagi mushola untuk tampak bersih.

  • Toilet 

Beberapa mushola terkadang membuat signage mushola murah untuk rambu-rambut toilet. Tujuannya untuk menginformasikan Jemaah, mana toilet pria dan toilet wanita. Fungsinya hampir sama seperti penunjuk tempat wudhu yang sudah disebutkan di atas.

Meskipun tidak semua mushola telah dilengkapi dengan fasilitas toilet, permintaan signage toilet untuk fasilitas mushola tetap ada. Apalagi jika pengelola mushola dan warga sekitar perhatian dengan layanan dan fasilitas mushola sehingga sering melakukan renovasi. 

  • Papan jadwal shalat

Penggunaan digital signage kini bukan lagi digunakan oleh mall atau gedung perkantoran saja. Mushola yang ada di perkampungan pun sudah membenahi diri dengan menambahkan fasilitas lengkap termasuk digital signage jadwal shalat.

Digital signage ini memungkinkan Jemaah untuk mengetahui kapan waktu shalat dengan melihat dan mencatat informasinya. Informasi yang diberi tentu informasi lengkap, mulai dari jadwal shalat dzuhur, ashar hingga jadwal shalat subuh. Karena modelnya digital dan modern, menggunakan digital signage jadwal shalat jauh lebih efisien dan cepat daripada papan jadwal manual yang harus ditulis dan diperbaharui sendiri. 

Itulah lima contoh signage yang biasa kita temukan di mushola, semua signage tersebut mungkin sudah sering Anda lihat di semua mushola yang pernah Anda datangi. Masing-masing signage biasanya dibuat berdasarkan standar penggunaan. Contohnya signage papan nama yang sudah pasti dibuat berukuran lebih besar daripada signage lainnya. 

Tips Buat Signage Yang Unik dan Memorable

Di atas sudah dijelaskan apa saja jenis signage mushola Jakarta. Jika Anda merasa tertarik untuk membuat signage sendiri untuk memfasilitas mushola, perhatikan beberapa tips penting ini:

Buat Signage yang Tepat Sasaran

Membuat signage sebenarnya bukan hal yang sulit apalagi jika bicara tentang Jakarta di mana tempat pembuatan signage berkualitas bisa ditemukan di mana-mana. Tapi alangkah baiknya jika Anda membuat signage dengan memperhatikan target. 

Mushola dikenal sebagai tempat ibadah, di mana mayoritas pengunjungnya adalah anak-anak hingga lanjut usia. Agar proses pembuatan signage tidak bermasalah pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pemilihan Font

Beberapa vendor signage mushola yang Anda kenal mungkin merekomendasikan Anda beberapa font signage yang unik. Tapi melihat kebutuhan Jemaah utamakan untuk memilih font yang simple dan familiar sehingga semua orang bisa mendapatkan pesan signage-nya dengan baik. Maka alih-alih menggunakan font yang modern atau kekinian, cukup gunakan font Times New Roman.  Dalam Microsoft Word, font ini yang paling umum dan sering digunakan termasuk oleh orang dewasa. 

  • Ukuran

Selain font, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran. Akan sia-sia dan kurang berkesan jika Anda membuat papan nama mushola seukuran signage penunjuk arah. Signage papan nama harus berukuran besar dan dipasang di bagian depan atau atap mushola.

  • Lokasi Pemasangan Signage

Hal lain yang wajib diperhatikan tentu saja lokasi pemasangannya. Signage  papan nama contohnya, tidak mungkin bukan menempatkan signage tersebut di belakang mushola? Atau signage rambu toilet yang harus dipasang tepat di depan toilet. 

Bila salah memasang signage artinya pesan yang ingin disampaikan tidak akan terkirim dengan baik. Padahal hakikat dan tujuan utama dari pembuatan signage untuk kepentingan dan kebutuhan audience.

Tidak perlu terlalu kompleks 

Apa yang Anda minta ketika datang ke jasa signage mushola? Apakah meminta signage yang sangat unik dan eksentrik sehingga orang merasa terkesan ketika melihatnya? Atau justru memilih signage dengan desain sederhana?

Ada banyak konsep signage yang bisa diaplikasikan pada mushola tapi baiknya hindari konsep rumit. Konsep seperti ini tidak cocok untuk mushola yang banyak dikunjungi orang dari berbagai kalangan dan generasi. Bahkan dengan menggunakan satu icon dan satu kata saja, pesan signage sudah bisa tersampaikan dengan baik. Anda tidak perlu menggunakan puluhan kata padahal tujuan pesannya bisa terkirim cukup dengan satu kata saja.

Pilih warna yang kontras dengan mushola

Berbeda dengan hunian atau apartemen, desain arsitektur biasanya lebih tradisional. Tapi itu dahulu, belakangan ini banyak sekali mushola yang dibuat dengan konsep arsitektur modern bahkan mengombinasikan antara satu konsep dengan konsep lainnya. Alhasil signage yang dibuat pun harus modern dan mengikuti pemilihan warna cat dari mushola.

Jika mushola menggunakan pilihan warna putih dan hijau, maka Anda bisa pergi ke tempat jual signage mushola untuk memesan signage papan nama dengan kombinasi warna yang sama. Menggunakan kombinasi warna yang sama atau mungkin warna terang seperti gold akan memberikan kesan unik dan artistik pada mushola.

Beda lagi jika mushola menggunakan warna emas, baiknya gunakan signage dari bahan logam seperti kuningan. Dengan cara ini tampilan emas dari signage akan terlihat lebih elegan, mewah dan modern. Bahkan tidak kalah indahnya dari gedung bangunan yang ada di sekitarnya. 

Pilih material yang sesuai

Iklim di Indonesia terkadang menyulitkan kita untuk memilih material signage yang tepat, jika memilih kayu dikhawatirkan signage akan rusak apalagi  jika setiap hari diguyur hujan. Sementara memilih logam juga bukan pilihan terbaik karena tidak semua logam anti karat.

Lantas, apa pilihan material yang tepat? Jika benar-benar ingin terbebas dari masalah karat atau material rapuh, baiknya gunakan logam anti karat seperti stainless steel. Selain stainless steel sebenarnya masih banyak material lain yang bagus contohnya akrilik. 

Signage dari kedua bahan di atas sangat berkualitas dan bisa bertahan cukup lama baik di musim panas atau hujan. Artinya, mushola tidak perlu mengalami perubahan signage untuk beberapa tahun yang akan datang. Sementara itu, dana mushola yang telah dikumpulkan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya yang lebih urgen.

Perlu atau tidaknya menggunakan simbol

Lettering atau symbol gambar keduanya merupakan elemen penting dari signage. Beberapa orang terkadang menggunakan salah satu dari keduanya, tapi untuk pesan yang lebih kuat tidak jarang menggunakannya secara bersamaan. 

Sebelum pasang signage mushola ada baiknya memastikan terlebih dahulu bagusnya menggunakan gambar atau lettering, caranya dengan melakukan survei. Anda bisa mendatangi macam-macam mushola yang ada di sekitar mushola dan lihat contoh aplikasi signage-nya. Cara ini paling mudah dan sederhana supaya Anda tidak salah membuat signage. 

Karena meskipun biaya membuat signage menggunakan uang masyarakat dan akan selalu bertambah dari hari ke hari. Tetap saja mushola butuh menghemat dana, karena fasilitas mushola bukan hanya signage saja masih ada fasilitas dan layanan lainnya yang perlu direnovasi secara berkala.

Dan itulah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk membuat signage untuk mushola. Meskipun hanya tips sederhana, baiknya patuhi semua tips di atas untuk mendapatkan kesan yang sesungguhnya dari signage entah sebagai directory signage atau informasi signage. Karena penggunaan signage sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat yang tidak bisa digantikan dengan mudah.

Melayani Pemasangan Signage Mushola

Sinergi Media melayani kebutuhan pembuatan dan pemasangan signage untuk tempat-tempat ibadah seperti mushola. Kami menawarkan signage yang kuat dengan desain yang baik. Tidak hanya itu bahan material yang digunakan amat bagus sehingga tidak mudah rusak.

Keuntungan memesan signage di tempat kami yaitu:

  • Dari segi harga amat bersaing dengan jasa lainnya
  • Siap bantu pasang oleh tenaga kerja berpengalaman
  • Bingung? Bisa tanya dengan konsultan desain signage kami yang ahli
  • Rusak? Kami menyediakan garansi produk dalam jangka waktu tertentu

Signage mushola dapat dicustom sesuai kebutuhan yang diminta pelanggan. Jadi Anda bisa memesan sesuai keinginan.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat