Kententuan Pajak Reklame Kabupaten Bekasi

Pajak Reklame Kabupaten Bekasi – Pemasangan reklame tidak bisa lepas dari urusan perpajakan sebab pajak yang didapat berkaitan dengan penghasilan pajak daerah. Reklame yang dipasang biasanya dipakai sebagai media periklanan untuk mengampanyekan suatu produk barang atau jasa. Iklan yang dipajang tersebut diharapkan mampu memberikan sugesti dan membuat orang tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan termasuk sebagai salah satu cara membangun image atau brand perusahaan.

Pajak Reklame Kabupaten Bekasi

Faktor biaya pajak reklame kabupaten Bekasi

Pajak reklame kabupaten Bekasi wajib diurus oleh pemasang reklame sebab jika reklame tidak segera dibayarkan, maka reklame yang sudah terlanjur dipasang akan disegel oleh pemda setempat. Meski penerapan tarif pajak reklame berbeda-beda tiap daerah menurut kelas jalannya, namun untuk prosentasi tarif pajak seluruh Indonesia dikenakan sebesar 25%.

Selain prosentase tersebut, dalam penarikan besar biaya pajak yang harus dibayarkan dipengaruhi juga oleh beberapa faktor antara lain:

  • Lokasi penempatan reklame
  • Jenis reklame
  • Kategori kelas jalan
  • Jumlah reklame
  • Ukuran reklame
  • Waktu pemasangan dan jangka waktu reklame

Sebagai catatan, khusus untuk reklame yang mengiklankan produk rokok dan minuman keras dikenai tarif pajak tambahan sebesar 25%. Lalu pemasangan reklame tersebut juga hanya boleh dilakukan di tempat-tempat tertentu.

Yang dimaksud jenis reklame di sini dikategorikan menjadi reklame yang dibuat dari papan dan kain. Contoh reklame papan antara lain billboard atau baliho dan ada juga reklame berjenis videotron dan LED. Sedangkan untuk reklame yang terbuat dari bahan kain yaitu spanduk, umbul-umbul, dan banner. Wajib pajak reklame adalah perusahaan maupun perseorangan.

Rumus perhitungan pajak reklame di Bekasi

Ada rumus perhitungan pajak reklame di Kabupaten Bekasi yang bisa digunakan dalam menghitung besar biaya pajak yang harus dibayarkan. Rumus perhitungannya yaitu:

Jangka waktu x Ukuran Reklame (m3) x Kelas Jalan x Tarif pajak 25% = Biaya pajak reklame

Keterangan:

  • Jangka waktu = Masa waktu pemasangan media reklame misalnya 1 tahun/ 365 hari, dst.
  • Ukuran reklame = Besar media reklame dalam meter persegi yang diukur dari panjang dan lebarnya.
  • Kelas Jalan = Tarif berdasarkan kelas jalan tempat memasang reklame, misalnya kelas jalan khusus, I, II, dan III.
  • Tarif pajak = Ketentuan prosentase pajak reklame sebesar 25%.

Dari perhitungan rumus tersebut akan didapat besar Nilai Sewa Reklame (NSR) yang nantinya akan dikalikan dengan prosentase tarif pajak sebesar 25%. Jadi pajak yang dikenakan akan menyesuaikan besaran nilai sewa reklamenya. Kalau perusahaan memasang reklame dua sisi, maka perhitungan harus dikalikan 2.

Jika pemasangan dan pengadaan reklame dilakukan oleh pihak ketiga, misalnya agen periklanan Sinergi Media Advertising, maka Wajib Pajak (WP) yang harus mengurus pembayaran pajak adalah agen iklan tersebut. Berapa besar pajak yang harus perusahaan bayar nantinya akan tertuang di kontrak sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan sebagai customer dengan agen periklanan. Jika terdapat nilai kontrak yang tak sesuai dengan tarif nyata yang ada di lapangan, maka tarif yang nanti akan dikenakan akan merujuk kepada tarif reklame yang dipasang secara perseorangan.

Perbedaan nilai pajak produk dan non produk

Besar biaya pajak reklame Kabupaten Bekasi yang harus dibayarkan juga dipengaruhi fungsi dari media reklame tersebut, maksudnya apakah akan digunakan untuk mengampanyekan informasi berupa produk atau non produk. Nyatanya ada banyak orang yang masih bingung bahwa nilai pajak kedua jenis reklame ini berbeda sehingga daripada ribet mereka lebih suka menyewa jasa pengurusan pajak reklame.

1. Reklame produk

Reklame produk adalah reklame sebagai sarana promosi yang menayangkan produk dalam bentuk barang maupun jasa. Produk di sini maksudnya merupakan barang atau jasa yang dibuat kemudian ditambah nilai serta kegunaannya menjadi proses akhir produksi. Jadi, reklame produk merupakan reklame yang menampilkan suatu barang atau jasa, contohnya antara lain:

  • Reklame iklan minuman keras
  • Reklame iklan rokok
  • Reklame iklan online jasa travel
  • Reklame iklan sabun cuci, dan sebagainya

2. Reklame non produk

Reklame yang termasuk jenis ini adalah reklame yang tak mempromosikan produk barang maupun jasa, melainkan memuat nama perusahaan, badan usaha, nama profesi, jenis usaha, logo, identitas badan, simbol, usaha dan perusahaan yang bisa diketahui oleh masyarakat. Sebagai contohnya yaitu:

  • Nama dan logo perusahaan
  • Plang prakter dokter
  • Nama toko
  • Nama dan logo sekolah, universitas, dan sarana pendidikan lainnya

Namun, jika reklame non produk seperti nama, logo, dan sebagainya ditambah dengan unsure penawaran produk barang atau jasa maka reklame tersebut akan dikategorikan sebagai reklame produk. Tarif pajak reklame Kabupaten Bekasi untuk produk dan non produk jelas berbeda dan umumnya pajak reklame golongan non produk jauh lebih kecil daripada reklame produk.

Memilih jasa pengurusan pajak reklame Bekasi

Orang yang tidak paham mengenai pajak reklame Kabupaten Bekasi dan harus mengurus semua itu kemana biasanya lebih memilih untuk menyerangkan segala sesuatunya ke jasa pengurusan pajak reklame. Sayangnya tidak semua jasa agen periklanan yang mengurus pajak reklame betul-betul reliabel. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih jasa pengurusan pajak dan jika bisa perhatikan hal berikut ini:

  • Pertama tanyakan apakah perusahaan agen periklanan tersebut menawarkan pembuatan dan pemasangan reklame yang termasuk perijinan serta pembayaran pajak.
  • Coba lihat sudah berapa lama bisnis agen periklanan tersebut berjalan. Lebih baik pilih agen iklan reklame yang sudah cukup lama berdiri.
  • Tanyakan mengenai proyek-proyek reklame yang sudah pernah dibuat, dari situ Anda bisa lihat apakah cara kerja dan pengurusan pajak mereka bermasalah atau tidak.
  • Tanyakan apakah ada proyek reklame yang kena segel, pastikan agen periklanan tidak pernah bermasalah dengan Pemda setempat soal izin dan pembayaran pajak reklame Kabupaten Bekasi Timur dan sekitarnya.
  • Tanyakan mengenai kesepakatan besar nilai kontrak pembuatan dan pemasangan reklame termasuk soal perhitungan pajaknya. Apakah sudah benar dan wajar.
  • Jika ada testimoni dari para pelanggan yang sudah pernah membuat reklame di agen tersebut, maka coba baca dan cari review-review mereka. Apakah pelanggan tersebut puas atau tidak.

Salah satu perusahaan agen periklanan terpercaya yang tidak hanya menawarkan pembuatan dan pemasangan, namun juga perizinan dan pajak reklame adalah Sinergimedia.co.id. Keunggulan jasa kami dibandingkan agen periklanan di Bekasi lainnya yaitu:

  • Usaha kami sudah berjalan cukup lama dan rata-rata pelanggan semua puas dengan hasil kerja pembuatan dan pemasangan reklame dari kami.
  • Kami juga langsung mengurus soal izin dan pajak reklame Kabupaten Bekasi dengan jujur, benar, dan terpercaya.
  • Kami memberikan garansi resmi jika reklame tidak tayang sebelum masa waktu pemasangan berakhir.
  • Kami menawarkan harga yang terjangkau untuk Anda beriklan menggunakan media reklame.

Silahkan hubungi customer service kami segera untuk menanyakan maupun konsultasi soal media reklame sebagai sarana promosi maupun non promosi.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat