Signage MRT Jakarta

Signage MRT JakartaSebelum kehadiran MRT, Jakarta telah mengenal alat transportasi yang hampir sama cepat dan sama bermanfaatnya yaitu KRL. Dan hampir sama seperti KRL MRT Jakarta telah difasilitasi banyak hal termasuk signage. Signage ini membantu memberikan kenyamanan terutama untuk audience yang tidak familier dengan MRT karena bagaimana pun alat transportasi ini termasuk transportasi terbaru di Jakarta. 

Signage MRT Jakarta

Contoh-contoh Signage MRT Jakarta

Sebelum Anda pergi dan menggunakan fasilitas serta layanan dari MRT Jakarta pastikan sudah mengenal fungsi dan tujuan dari masing-masing signage. Dan inilah contoh signage yang bisa ditemukan dengan mudah di MRT Jakarta:

  • Wayfinding Signage

Model signage ini termasuk yang paling sering kita temukan di public area tidak terkecuali MRT Jakarta. Wayfanding signage memudahkan audience untuk menemukan pintu masuk, pintu keluar bahkan letak fasilitas umum lainnya yang tersedia di MRT. 

Sehingga mereka tidak akan tersesat dan kesulitan untuk menemukan tempat tujuan meskipun belum pernah menggunakan fasilitas MRT sama sekali. Mengingat jumlah staf MRT tidak begitu banyak dan hampir semuanya memiliki tugasnya masing-masing. Jadi daripada mengandalkan pihak security MRT akan lebih baik mengambil jalan sendiri dengan mengikuti wayfanding signage.  

  • Floor Standing Signage

Hampir semua signage MRT Jakarta murah dibuat untuk dipasang di langit-langit gedung MRT sehingga audience bisa melihatnya dengan mudah karena jarak pandang yang jelas. Tapi terkadang, kita juga menemukan standing signage. Signage tersebut bisa berupa promosi produk atau juga informasi. Hanya saja modelnya sengaja dibuat dalam bentuk kotak persegi berukuran besar dan diletakkan di lantai.\

  • Informational Signage

Mereka yang belum pernah menggunakan layanan MRT Jakarta tentu merasa kesulitan untuk mengetahui berbagai informasi termasuk hal yang dilarang dan diizinkan. Contohnya saja signage yang berisi penjelasan tentang macam-macam tiket MRT yang ditawarkan.

Signage tersebut akan memberikan informasi baru bagi penumpang MRT. Di lain kesempatan kita juga menemukan signage informasi tentang aturan, baik itu peraturan pemakaian tiket maupun peraturan lainnya. Tujuannya untuk memberikan informasi terkini atau mengedukasi audience sehingga tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pemerintah. 

  • Rambu Toilet

Merupakan contoh signage MRT Jakarta yang sangat familiar di mata penumpang. Signage ini biasanya yang paling dicari terutama oleh penumpang yang beru datang dan turun dari MRT. Supaya menemukan toilet tidak sulit, penting sekali bagi manajemen MRT untuk memasang signage rambu toilet.

Jika signage rambu toilet berfungsi untuk membedakan antara toilet khusus pria atau wanita, maka signage penunjuk arah akan membantu audience menemukan toilet dengan mudah. Karena bagi beberapa orang terasa memalukan bertanya letak toilet, jadi daripada bertanya langsung mereka lebih suka melihat penunjuk arah dan menemukan toiletnya seorang diri. 

  • Prohibition Sign

Dan contoh signage MRT lainnya yang bisa kita temukan di Jakarta adalah prohibition signage yang berisi berbagai larangan. Karena meskipun area publik, MRT Jakarta memiliki peraturan tersendiri yang wajib dipatuhi oleh seluruh penumpang. 

Contohnya larangan membawa binatang yang ditandai dengan simbol anjing disilang. Selain larangan membawa anjing ke fasilitas MRT Jakarta, masih banyak larangan lain yang wajib dipatuhi oleh audience. Agar memudahkan audience, manajemen MRT Jakarta memutuskan untuk pasang signage MRT Jakarta ini dengan menyertai penjelasannya. 

Jadi di bawah simbol anjing disilang misalnya, Anda bisa membaca larangan yang tertulis. Begitu pula dengan simbol larangan lainnya. Dengan demikian, edukasi dan pemberian informasi larangan di sekitar jalur MRT  bisa dipahami semua kalangan dan generasi usia. 

  • Signage Peta

Salah satu tujuan seseorang memutuskan menggunakan MRT tidak lain untuk menjangkau lokasi tertentu. Bagi mereka yang sudah mengenal Jakarta dengan baik mungkin tidak sulit untuk menemukan tempat yang dituju, sementara bagi pendatang baru mereka membutuhkan peta untuk menemukan lokasi dengan akurat. Itulah gunanya signage peta, signage ini menunjukkan rute mana saja yang bisa dituju dengan mudah dan cepat. 

Manfaat Menggunakan Signage di Area MRT Jakarta 

Di atas telah dijelaskan dengan singkat dan sederhana, apa saja jenis-jenis signage MRT. Sebagai area publik signage yang dipasang di sana memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut ini:

  • Mengedukasi audience

Manfaat utama memasang signage tidak lain untuk mengedukasi audience atau penumpang yang masuk dan keluar dari layanan MRT Jakarta. Itulah mengapa manajemen MRT Jakarta memilih membuat signage dari toko jual signage MRT Jakarta terbaik. Selain membuat signage di tempat profesional mereka juga memutuskan untuk menggunakan kata-kata informatif dan persuasif pada beberapa signage. Sehingga signage yang dibuat akan memberikan edukasi dengan cara positif baik untuk penumpang remaja atau dewasa.

  • Mudah diatur sesuai kebutuhan

Ada banyak kelebihan yang dimiliki signage termasuk fleksibilitasnya. Apalagi jika kita menggunakan digital signage yang bisa diatur dari jarak jauh. Signage ini memungkinkan kita untuk menuliskan informasi yang berbeda setiap harinya, artinya apa? Artinya tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menginformasikan atau mengiklankan sesuatu karena versi perbaruan bisa dilakukan kapan saja.

Selain pengaturan digital signage yang mudah, kita bisa menyesuaikan pesan signage sesuai target pasaran. Ada baiknya cukup buat signage yang simpel sehingga bisa masuk ke berbagai target marketing. Menemukan model signage ini tidak sulit, cukup buka situs online dan pilih toko signage MRT Jakarta online.

  • Konten bisa dibuat semenarik atau senatural mungkin

Meskipun informasi yang diberikan sederhana, singkat dan terangkum bukan berarti kita bisa membuat signage seadanya saja. Bahkan beberapa perusahaan memutuskan untuk menggunakan jasa signage terpercaya agar signage yang dibuat tampak bagus dan berkesan.

Salah satu elemen yang wajib diputuskan saat berencana membuat signage adalah desain dan format. Apakah signage akan dibuat modern atau bergaya vintage? Modern atau tradisional signage bisa dipengaruhi oleh materialnya. Contohnya signage kayu, signage ini memberikan kesan natural, vintage dan tradisional.

Sementara signage yang dibuat dari logam jauh lebih modern dan mewah apalagi jika logam yang dipakai adalah logam kuningan yang sudah terkenal kualitas dan harganya yang mahal.  Karena MRT Jakarta merupakan area publik, otomatis material signage yang digunakan harus yang ramah lingkungan, terjangkau tapi tetap berkualitas.

  • Mengalihkan perhatian audience dari kebosanan

Manfaat lain membuat signage di tempat jasa signage MRT Jakarta adalah menciptakan signage yang mampu mengalihkan atensi audience dari rasa kebosanan mereka. Karena sama seperti KRL dan kereta biasa, MRT Jakarta juga memiliki jadwal kereta tersendiri. Kita tidak bisa memaksa masuk ke dalam MRT jika ternyata bukan tujuannya bukan?

Mau tidak mau harus menunggu hingga MRT yang ditunggu datang. Maka untuk memfasilitasi audience agar terhindar dari kebosanan, manajemen MRT Jakarta memutuskan untuk memasang beberapa signage informasi di tempat yang paling ramai seperti koridor MRT misalnya.

Penumpang MRT Jakarta yang tidak terbiasa bermain ponsel atau memiliki bahan bacaan lainnya bisa mengandalkan signage informasi untuk membunuh waktu. Informasi yang diberikan oleh MRT Jakarta biasanya informasi seputar layanan MRT ada juga iklan atau promosi. Karena jumlah signage informasi yang ada sangat banyak, tidak sulit bagi audience untuk memilih jenis signage yang tepat sebagai bahan bacaan mereka. 

  • Jauh lebih modern

Tampilan signage belakangan ini semakin berkembang tidak hanya dibuat sederhana atau simple. Bahkan di pinggir jalan kita bisa menemukan digital signage dalam bentuk video. Isi signage-nya didominasi dengan iklan atau promosi produk tertentu. 

Dan jika digitalisasi semakin berkembang, tidak menutup kemungkinan jika kehadiran digital signage akan semakin modern dan berkualitas dari model saat ini. Itulah alasan lain mengapa MRT Jakarta menggunakan signage. 

  • Sumber iklan bagi pemilik usaha

Beberapa perusahaan memilih area publik untuk memasang iklan mereka, biasanya adalah pinggir jalan tapi tidak jarang yang memilih pasang di MRT Jakarta. Tidak heran jika ada banyak iklan yang bisa kita temukan dengan mudah saat berada di bagian dalam MRT.

Kebanyakan iklan yang dipromosikan seputar produk perjalanan MRT atau produk keselamatan diri yaitu asuransi perjalanan. Mengapa mereka memilih memasang iklan di MRT Jakarta? tentu saja karena tempat ini dikunjungi banyak orang, apalagi MRT termasuk alat transportasi baru di Jakarta dan hampir semua warga merasa tertarik dan tertantang untuk mencobanya.

  • Dekorasi yang cantik untuk indoor MRT Jakarta

Tujuan lain seseorang mengunjungi vendor signage MRT Jakarta tidak lain untuk membuat signage yang cantik dan unik. Signage seperti ini biasanya disesuaikan dengan dekorasi interior dari bagian dalam MRT Jakarta. Alhasil desain interiornya tampak lebih hidup dan berwarna dari sebelum ditambahkan signage.

Apalagi jika signage yang digunakan menggunakan warna yang kontras dengan konsep interior MRT Jakarta. Tampilannya tentu akan lebih harmonis bahkan memberikan kesan estetika bagi ruangan, audience yang ada di  bagian dalam kompleks MRT Jakarta juga tidak akan merasa bosan atau terganggu dengan kehadiran semua signage tersebut.

Di atas telah dijelaskan secara terperinci macam-macam signage yang dipasang MRT Jakarta berikut manfaatnya. Dengan mengetahui informasi ini setidaknya kita bisa melihat fungsional signage dengan kacamata yang lebih luas, tidak sekedar memahami signage sebagai penunjuk jalan atau pemberi informasi saja. 

Mengingat sulit sekali menghilangkan peran dan fungsi signage dari kehidupan kita, apalagi di tengah-tengah kesibukan individu yang terkadang tidak bisa membantu banyak ketika kita membutuhkan arahan tempat. Jadi secara tidak langsung, signage membantu memudahkan manusia dalam memenuhi informasi  dari informasi skala kecil hingga informasi yang cukup mendetail dan privasi.

Sinergi Media Jasa Pasang Signage Untuk MRT

Bagi Anda saat ini yang sedang membutuhkan jasa pasang signage untuk MRT ataupun kebutuhan lainnya, maka bisa menghubungi kami Sinergi Media. Kami merupakan perusahaan advertising yang juga melayani pembuatan serta pemasangan signage. Kami menawarkan signage custom yang dapat dipesan sesuai permintaan mulai dari ukuran, bahan material, warna, desain, dan lokasi pemasangan.

Bagi Anda yang tertarik dengan jasa signage MRT Jakarta kami atau untuk kebutuhan signage lain seperti hotel, restoran, kantor, apartemen, café, toko, dll bisa menghubungi sekarang juga. Kami menawarkan harga bersaing dengan jasa signage lainnya di Jakarta.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat