Biaya Pasang Reklame Jakarta

Biaya Pasang Reklame Jakarta – Referensi terkait dengan biaya pasang reklame Jakarta saat ini memang banyak dicari mereka para pengusaha atau aktivis yang ingin mengadakan suatu kegiatan atau event. Reklame terbagi dalam dua tujuan yaitu reklame komersial dan nonkomersial. Sementara dari segi jenis reklame sangatlah bervariasi mulai dari reklame audio, reklame visual dan reklame audio visual.

Biaya Pasang Reklame Jakarta

Bagi Anda yang saat ini berkeinginan untuk memasang reklame di Jakarta sebaiknya pahami betul terkait dengan tujuan reklame, jenis-jenis reklame, etika dalam bereaklame dan cara mengurus pemasangan reklame di Jalan.

Hal ini dikarenakan setiap kota atau daerah masing-masing pasti mempunyai ketentuan tersendiri mengenai aturan dalam pemasangan reklame. Begitu pula pemasangan reklame di wilayah DKI Jakarta telah tercantum dalam peraturan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 9 Tahun 2014 Mengenai Penyelenggaraan Reklame (Peraturan Daerah DKI Jakarta September 2014).

Tujuan Pemasangan Reklame

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya pasang reklame Jakarta ada baiknya pahami betul tujuan pemasangan reklame Anda. Apakah akan bersifat komersial atau non komersial.

Tujuan Komersial

Tujuan reklame dibagi dalam dua kategori, untuk tujuan komersial maka perusahaan atau pelaku bisnis yang menggunakan reklame tersebut bertujuan pada keuntungan yang besar.

Tujuan Nonkomersial

Berbeda dengan tujuan orang melakukan iklan yang tidak difokuskan untuk komersial atau mencari keuntungan. Mereka hanya ingin mengiklankan suatu kegiatan atau informasi yang bisa membantu orang-orang di sekitar.

Etika dalam Bereklame

 

 

Gunakan Bahasa yang Baik

Dalam bereklame ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama penggunaan bahasa yang baik. Pastikan iklan Anda tidak menyinggung perasaan pihak lain. Penggunaan bahasa yang baik dalam beriklan tentu akan membuat citra perusahaan juga baik. Apalagi jika tujuan reklame Anda untuk komersial maka bahasa yang digunakan harus bahasa yang baik dan menarik perhatian.

Tidak Berbohong

Biaya pasang reklame Jakarta memang tergolong lebih mahal dibandingkan kota lainnya. Hal ini dikarenakan Jakarta sebagai pusatnya ibukota di Indonesia yang terdiri dari jutaan penduduk. Oleh karena itu, janganlah mempunyai etikat buruk dalam beriklan apalagi berbohong. Hal ini dikarenakan kredibilitas perusahaan sangatlah penting dan bisa tercemar saat Anda melakukan kebohongan, biarpun kebohongan tersebut tidaklah besar.

Cara Mengurus Perizinan Pemasangan Reklame Jakarta

Mendapatkan Izin Tertulis dari Gubernur

Sebelum memasang reklame dan membayar biaya pasang reklame Jakarta maka Anda harus mendapatkan ijin tertulis terlebih dahulu dari gubernur dengan menunjuk satu Dinas yang kompeten. Supaya mendapatkan ijin dari Gubernur maka Anda harus membuat permohonan tertulis kepada gubernur disertai dengan persyaratan serta administrasi yang sudah ditentukan pada keputusan Gubernur.

Persyaratan Serta Administrasi Penyelenggaraan Reklame

  • Fotocopy Lokasi Bangunan yang akan didirikan reklame (TLB Reklame)
  • Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB) jika reklame melekat di bangunan
  • Izin Pelaksanaan Teknis Bangunan (IPTB)
  • Fotocopy Bukti Kepemilikan Tanah
  • Mengajukan Surat Permohonan dan pernyataan dengan materai 6000
  • Identitas pemohon seperti KTP, KK, dan NPWP
  • Saat Diwakilkan atau dikuasakan maka harus membuat surat kuasa di atas kertas dengan materai Rp. 6000 dan KTP orang yang diberikan kuasa
  • Fotocopy Bukti Pembayaran PBB Tahun Terakhir
  • Surat Pernyataan Pemohon tidak akan mengubah bentuk reklame di atas materai Rp. 6000
  • Proposal Teknis
  • Jika melakukan perpanjangan maka dilengkapi dengan Izin Penyelenggaraan Reklame Kelas B

Biaya Pasang Reklame Jakarta Terlengkap

Billboard

Biaya pasang reklame pada dasarnya bergantung dari masing masing kebijakan di setiap kota. Harga pasang reklame billboard untuk yang tidak disinari dan ditanam seharga Rp.310.000/m2 selama setahun. Sementara Billboard yang tidak disinari ditempel seharga Rp. 300.000/m2 selama setahun.

Neon Box

Sementara untuk harga pasang reklame neon box disinari ditanam seharga Rp.360.000/m2 per setahun. Jika Anda berminat membeli Neonbox yang disinari dan ditempel maka harganya Rp. 340.000/m2 selama setahun.

Kendaraan

Biaya pasang reklame Jakarta untuk kendaraan terbagi dalam dua jenis, yaitu kendaraan besar dan kendaraan kecil. Untuk kendaraan besar seharga 1.700.000/Unit selama 1 tahun. Akan tetapi untuk kendaraan kecil seharga Rp. 1.500.000/unit untuk 1 tahun.

Baliho

Harga iklan menggunakan Baliho jauh lebih murah, yaitu Rp. 100.000/m2 baliho biasa digunakan mereka untuk mengiklankan produk atau suatu event.

Megatron

Megatron sangat ditentukan oleh lokasi penempatan reklame, ketinggian reklame, serta sudut pandang dari reklame tersebut. Adapun biaya pasang reklame Jakarta untuk reklame Megatron dengan luas bidang kurang dari atau sama dengan 8,00 m2 maka seharga Rp. 4.000.000 dengan masa pajak per tahun.

Kain/Spanduk/Umbul-umbul

Reklame jenis kain/spanduk/umbul-umbul juga ditentukan berdasarkan lokasi yang dipilih. Untuk jalan kelas I seharga Rp. 30.000, Jalan Kelas II seharga Rp. 15.000 dan jalan kelas III Seharga Rp. 5.000. Dengan perhitungan masa pajak per hari. Harga tersebut merupakan harga per m2 dan nilai jual objek pajak Rp. 30.000.

Tips Memasang Papan Reklame Supaya Efektif

Kombinasi Warna dan Tulisan yang Menarik

Dalam melakukan advertising menggunakan reklame tentu kombinasi antara warna dan tulisan harus terlihat menarik. Pastikan tulisan yang tertera pada iklan dapat terbaca dengan jelas. Mengenai ukuran atau font tulisan sebaiknya jangan terlalu kecil ataupun besar akan tetapi disesuaikan dengan ukuran media promosinya.

Dari segi warna tulisan yang paling netral dan enak dibaca adalah warna hitam. Namun jika Anda menginginkan warna lain maka bisa disesuaikan dengan warna tulisan dan desain yang ada.

Biaya pasang reklame Jakarta tentu bukan menjadi pertimbangan berat untuk mendapatkan kualitas advertising yang menarik. Untuk itu sebaiknya gunakan warna, tulisan, font serta perpaduan dari ketiganya secara tepat. Dengan kombinasi warna tulisan, background dan desain tentu akan terlihat jauh lebih menarik dan menimbulkan seseorang ingin membacanya.

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Lokasi yang tepat dalam pemasangan reklame adalah lokasi paling strategis dengan sudut pandang yang efektif dan mudah terlihat oleh orang banyak. Biaya pasang reklame Jakarta sangat terpengaruh dari lokasi yang akan dipilih serta sudut pandang yang ada.

Semakin strategis lokasinya dengan sudut pandang yang baik maka harganya jauh lebih mahal. Lokasi yang strategis yang dimaksud adalah jangkauannya tepat sasaran, mudah terlihat atau dibaca masyarakat dan lainnya. Tempat strategis dapat kita jumpai disekitar area pertokoan, perhotelan, bandara, stasiun kampus, sekolah, perkantoran, terminal ataupun tempat-tempat lainnya.

Desain yang Menarik

Desain dalam advertising sangatlah penting untuk dipertimbangkan. Desain dalam bereklame yang menarik otomatis akan membuat selera masyarakat menjadi semakin tinggi untuk membaca atau berkunjung ketempat tersebut. Desain yang dibuat sebaiknya tidak berbelit-belit dan langsung pada intinya. Selain itu jangan terlalu memaksakan desain yang berlebihan karena akan memberikan kesan berlebihan dan tidak menarik sehingga isi pesan justru tidak akan tersampaikan.

Itulah beberapa hal yang dapat dijadikan informasi lebih terkait biaya pasang reklame Jakarta. Karena pada dasarnya biaya reklame tergantung dari jenis reklame yang dipilih, lokasi penempatan reklame, sudut pandang reklame dan ukuran reklame.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat