Biaya Pasang Iklan di Jalan

Biaya Pasang Iklan di Jalan – Penyelenggaraan iklan khususnya dalam bentuk reklame yang dipasang di dalam maupun luar ruangan membutuhkan biaya yang harus dibayar. Besar biaya iklan tersebut bergantung dari beberapa faktor seperti jenis iklan yang ingin dipasang, ukuran iklan, lokasi pasang iklan, dan sebagainya. Yang terpenting adalah bagaimana mengoptimalkan keefektifan iklan yang dipasang di jalan untuk menjangkau masyarakat luas sehingga sepadan dengan biaya yang sudah dikeluarkan.

Biaya Pasang Iklan di Jalan

Elemen biaya pasang iklan di jalan

Biaya pasang iklan di jalan terdiri dari beberapa elemen biaya yang dimasukkan ke dalam penyelenggaraan reklame sampai betul-betul terpasang. Biaya-biaya tersebut antara lain seperti:

  1. Biaya pembuatan reklame

Anda tidak harus membuat iklan sendiri, cukup dengan memanfaatkan agen periklanan maka mereka bisa membantu membuat iklan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Agen periklanan seperti Sinergi Media Advertising, mereka bisa membuat berbagai macam media reklame promosi atau non promosi yang dipasang di dalam dan luar ruangan. Ada berbagai jenis media reklame yang bisa dibuat seperti neon box, billboard, umbul-umbul, spanduk, banner, sign box, huruf timbul, dan lain sebagainya. Berikut ini gambaran biaya pembuatan iklan sesuai dengan jenis reklame yang ingin dibuat:

Biaya billboard alumunium:

  • Stiker cutting Rp 600 ribu per m2
  • Spray painting Rp 650 ribu per m2
  • Digital printing Rp 750 ribu per m2

Biaya neon box:

  • Coleybrite stiker Rp 1,3 juta per m2
  • Coleybrite stiker 3M Rp 1,6 juta per m2
  • Coleybrite stiker Rp 1,3 juta per m2
  • Akrilik Rp 1.25 juta per m2

Biaya reklame huruf timbul:

  • Kuningan Rp 10 ribu per m2
  • Galvani Rp 8 ribu per m2
  • Stanless dopp Rp 15 ribu per m2
  • Akrilik Rp 9 ribu per m2

Untuk biaya pasang iklan di jalan Bekasi, Jakarta, dan daerah sekitarnya yaitu papan reklame dan ternasuk harga neon sign dikenai Rp 2,8 juta tiap travo. Sedangkan biaya konstruksinya sebesar Rp 800 ribu per meter.

  1. Biaya pemasangan reklame

Biaya pasang reklame ini tidak hanya terdiri dari ongkos tenaga kerja untuk memasang media reklame di jalan, namun juga termasuk biaya-biaya seperti:

  • Biaya izin pasang reklame

Izin pengurusan pasang reklame akan dilakukan langsung oleh pihak ketiga dalam hal ini agen periklanan yang Anda sewa. Pengurusan izin pasang reklame di jalan wajib dilakukan sesuai dengan peraturan Pemerintah Daerah yang berlaku. Jika tidak mengurus izin pasang dan perpanjangannya tepat waktu, maka iklan di jalan terpaksa akan diturunkan atau disegel.

  • Biaya pajak pasang reklame

Selain izin pasang reklame, dalam penyelenggaraan iklan juga wajib membayar pajak reklame sebagai retribusi atau pemasukan ke Pemda. Tarif pajak iklan yang dikenakan yaitu sebesar 25% dari Nilai Sewa Reklame yang dihitung berdasarkan jangka waktu pasang iklan, kelas jalan pasang iklan, serta ukuran media iklan (dalam hal ini reklame) yang dihitung panjang dan lebar per meter persegi.

Selain biaya izin pasang dan pajak reklame di atas, masih ada juga biaya untuk koordinasi dan sebagainya sampai iklan betul-betul bisa terpasang di jalan.

  1. Biaya perawatan

Perawatan iklan yang dipasang di jalan sangatlah penting sebab media reklame yang dipasang bisa mengalami kerusakan akibat perubahan cuaca maupun terkena hujan dan panas matahari. Itulah sebabnya diperlukan biaya perawatan selama iklan terpasang di pinggir jalan. Biaya pasang iklan di jalan ini memang tidak seberapa namun merupakan elemen yang penting, terutama jika iklan ingin dipasang dalam jangka waktu yang cukup lama.

  1. Biaya asuransi

Dalam pemasangan iklan, selain biaya perawatan juga terdapat elemen biaya asuransi sebab memang memasang iklan di jalan atau tempat-tempat umum memiliki resiko tersendiri. Untuk itulah dibutuhkan asuransi dalam penyelenggaraan iklan reklame sehingga tanggungan menjadi lebih ringan jika terjadi suatu hal yang tak diinginkan.

  1. Biaya lokasi jalan

Jalan yang berbeda juga mempunyai kondisi serta target masyarakat yang berbeda pula. Selain itu kondisi tiap jalan juga akan berbeda, misalnya ada kondisi jalanan yang ramai dilalui kendaraa, kondisi jalan yang lumayan ramai, dan ada juga kondisi jalan kecil dan sepi. Selain itu, tipe-tipe jalan yang tersedia untuk pemasangan iklan terdiri dari bermacam-macam lokasi seperti:

  • Jalan pertigaan
  • Jalan perempatan
  • Jalan tol

Lokasi jalan tempat penyelanggaraan iklan akan mempengaruhi berapa biaya pasang iklan di jalan. Tentunya jika lokasi ramai dilalui orang, maka biayanya juga akan semakin tinggi. Selain itu juga ada lokasi jalan dalam kota dan lokasi jalan di luar kota.

Pentingnya memasang iklan di jalan

Kenapa memilih memasang iklan di jalan daripada pasang iklan di dalam ruangan/ disebar/ lewat media sosial? Berikut ini alasan mengapa pemasangan iklan di jalan sering dilakukan:

  1. Mudah mencapai target konsumen sesuai dengan yang dibidik.
  2. Menarik perhatian sehingga banyak yang melihat.
  3. Efektif dalam membangun brand/ image bisnis supaya kelihatan ‘mahal’ dan elegan.
  4. Dapat dipasang dalam jangka waktu lama sehingga bisa menayangkan pesan iklan sampai berkali-kali.
  5. Biaya yang dikeluarkan sepadan dengan hasil yang dicapai dan berdampak baik bagi perkembangan usaha/ bisnis Anda.

Mengapa menggunakan jasa agen periklanan?

Karena begitu banyak ketertarikan terhadap penyelenggaraan iklan yang dipasang di pinggir jalan, maka banyak agen periklanan yang menawarkan pemasangan iklan secara langsung. Pemasangan iklan ini bisa dalam bentuk sewa atau kepemilikan tergantung media iklan yang ingin dipasang.

Misalkan saja Anda ingin memasang billboard berukuran besar, maka Anda bisa coba memanfaatkan Sinergimedia.co.id untuk sewa penggunaan billboard yang dipasang di konstruksi permanen di jalan-jalan. Semua akan diurus mulai dari pembuatan billboard, pemasangan, sampai dengan pengurusan izin serta pajaknya. Oleh karena itu, Anda cukup mengontak agen periklanan untuk memasang iklan di jalan.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika ingin menyelenggaraan iklan lewat Sinergi Media Advertising:

  1. Pastikan terlebih dahulu jenis iklan yang ingin dipasang di jalan. Apakah berbentuk billboard, spanduk, umbul-umbul, neon box, atau yang lainnya.
  2. Hubungi customer service melalui kontak yang sudah tersedia dan berikan detail mengenai informasi iklan seperti apa yang ingin dipasang.
  3. CS kami akan segera merespon kebutuhan Anda dengan memberikan besar biaya pasang iklan di jalan. Selain itu, kami juga akan memberitahukan kapan pembuatan iklan akan selesai.
  4. Setelah transaksi pembayaran dilakukan sesuai dengan kontrak kesepakatan, maka kami akan langsung memasang iklan Anda.

Mudah bukan? Anda hanya perlu mengontak kami dan kami jamin dengan garansi bahwa iklan akan langsung terpasang di waktu yang sudah disepakati bersama. Kami akan bertanggung jawab apabila iklan Anda hilang sebelum masa waktu selesai. Tidak perlu khawatir mengenai biaya pasang iklan di jalan dari jasa agen periklanan kami sebab kami menawarkan harga yang terjangkau.

One Response

Leave a Reply

× WhatsApp Chat