Vendor Pasang Spanduk

Vendor Pasang Spanduk – Di Indonesia saat ini sudah sangat banyak. Tidak hanya vendor spanduk saja, tapi ada juga pemasangan baliho, umbul-umbul-pamflet, flyer, poster, majalah billboard dan yang lainnya.

Pemasangan spanduk atau promosi sebuah produk dan jasa ini cukup terkenal di Indonesia dan digunakan oleh banyak kalangan, baik perseorangan, badan usaha sampai perusahaan-perusahaan besar.

 

vendor pasang spanduk

 

Spanduk sendiri merupakan sebuah media informasi, bentuknya berupa kain yang membentang dan diletakkan pada tepi-tepi jalan berisi tulisan, warna dan juga gambar dari sebuah produk atau jasa.

Vendor Pasang Spanduk Terbaik

 

 

Vendor Pemasangan Spanduk

Secara umum spanduk dibedakan menjadi dua macam, spanduk dari kain dan spanduk MMT. Untuk spanduk kain biasanya dibuat menggunakan cara sablon atau print digital dengan cat. Sedangkan untuk spanduk MMT hanya dibuat dengan teknik digital printing saja.

Spanduk memiliki fungsi yang baik sebagai media promosi untuk sebuah jasa, acara, promosi sekolah dan sebuah produk. Penggunaan spanduk ini juga sangat murah dan efektif untuk berbagai penyelenggara.

Dengan masyarakat yang melihat spanduk tersebut maka konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan atau menggunakan jasa yang ada pada spanduk tersebut.

Selain itu, saat ini di Indonesia atau di kota-kota besar juga terdapat berbagai macam spanduk yang dipasang di pinggir jalan raya untuk media promosi para penyelenggara.

Biaya Pasang Spanduk

Untuk biaya dari vendor pasang spanduk biasanya setiap wilayah atau kota memberikan harga pemasangan spanduk yang berbeda-beda. Mulai dari:

  • Pemasangan spanduk 25pcs memiliki harga Rp. 80.000/pcs
  • Spanduk 50 pcs memiliki harga Rp. 70.000/pcs
  • Spanduk 100 pcs memiliki harga Rp. 60.000/pcs
  • Spanduk 150 pcs memiliki harga Rp. 50.000/pcs
  • Spanduk 200 pcs memiliki harga Rp. 40.000/pcs

Ukuran dari spanduk dari vendor pasang spanduk juga bermacam-macam, seperti:

  • 90 x 600 cm
  • 90 x 500 cm
  • 115 x 500 cm
  • 100 x 700 cm

Spanduk sendiri memiliki ciri-ciri dengan ukurannya 90/100 x 800 cm. Dari kalimatnya cukup pendek dan ukuran tulisannya cukup besar. Sedangkan untuk warna biasanya memiliki warna yang kontras atau mencolok, hal ini untuk mempermudah dilihat atau di baca oleh masyarakat. Biasanya spanduk juga di tempatkan pada sebuah perempatan jalan atau jalan yang strategis.

Kelebihan & Kekurangan Spanduk

Untuk kelebihan spanduk, karena proses pembuatannya tidak terlalu rumit seperti media informasi lainnya. Jangkauan untuk pemasangan spanduk juga cukup luas dan memiliki frekuensi yang tinggi.

Selain itu kelebihan lainnya, vendor pasang spanduk dapat mencapai semua target atau audience, penempatannya fleksibel, mudah diingat sebelum membeli sebuah produk dan dapat dilihat berulang kali oleh pengguna jalan sehingga pesan dalam spanduk dapat tersampaikan secara terus menerus.

Sedangkan untuk kekurangannya, spanduk kurang efektif karena ada juga sebagian masyarakat yang melewati spanduk saat berjalan. Waktu pemasangan spanduk juga terbilang singkat dan tidak bisa menampilkan informasi dari produk atau jasa secara lengkap.

Kekurangan lainnya jika frekuensinya terlalu tinggi, maka akan berakibat dengan kebosanan oleh para audience atau masyarakat. Spanduk juga termasuk mengganggu keindahan lingkungan jika tidak dipasang secara teratur.

Jenis Huruf & Foto Untuk Spanduk

Untuk penggunaan jenis huruf dalam spanduk sebaiknya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan idealnya huruf dalam spanduk menggunakan huruf latin tapi penggunaan huruf tersebut disesuaikan dengan kebutuhan supaya dapat tersampaikan dan diterima oleh pembaca

Dalam penggunaan huruf usahakan vendor pasang spanduk menggunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan komersial, kita dapat mendownload di internet atau menggunakan kata kunci.

Sedangkan untuk foto dalam spanduk, pilih foto yang memiliki resolusi tinggi supaya tidak pecah atau blur saat di cetak dan dimasukkan dalam spanduk. Untuk besarnya resolusi juga menyesuaikan kebutuhan atau ukuran dari spanduk yang akan digunakan. Foto dengan resolusi lebih besar, maka akan bertamabah baik.

Jenis-jenis Spanduk

Untuk jenisnya spanduk ada 3 macam seperti spanduk sablon, spanduk printing dan spanduk spray. Untuk spanduk sablon memiliki kelebihan hanya 1 hari dapat mencetak spanduk sebanyak 100 pcs, sedangkan kelemahannya spanduk sablon jika dicampur dengan cat yang tidak pas maka akan luntur jika terkena air.

Spanduk printing memiliki kelebihan karena lebih bagus, karena dapat menghasilkan spanduk full warna. Kelemahan spanduk printing karena harganya termasuk cukup mahal dibandingkan dengan jenis spanduk lainnya.

Sedangkan spanduk spray dari vendor pasang spanduk memiliki kelebihan dengan tahan terhadap air, untuk kelemahannya spanduk spray ini harganya cukup mahal sama dengan spanduk printing.

Tempat yang Dilarang untuk Memasang Spanduk

Selain kita harus memperhatikan huruf, foto yang digunakan untuk spanduk dan cara mengurus perizinan pemasangan. Kita juga harus memperhatikan dan mengetahui tempat-tempat yang dilarang untuk memasang spanduk.

Sedangkan pemasangan spanduk sendiri biasanya berada di tempat yang mudah dilihat orang dan lokasinya strategis. Tapi kita juga harus-berhati-hati dalam melakukan pemasangan.

Pasang spanduk pada lokasi yang benar dan tepat supaya iklan atau promosi yang akan dipasang tidak mengganggu kenyamanan dari penggunaan jalan. Selain itu pemasangan vendor pasang spanduk yang tidak berhati-hati juga akan membahayakan keselamatan seseorang yang berada di sekitarnya.

Tempat pemasangan spanduk yang dilarang seperti:

  • Pemasangan di pohon
  • Pemasangan di tiang telepon & listrik
  • Pemasangan di tiang trafic light
  • Pemasangan spanduk di kawasan jalur hijau
  • Pemasangan spanduk yang mengganggu penerangan jalan umum
  • Pemasangan di pagar pembatas jalan & taman
  • Pemasangan melintang pada jalan protocol

Cara Mengurus Perizinan Spanduk

Dalam pemasangan sebuah spanduk kita juga memerlukan sebuah perizinan. Perizinan spanduk ini terbilang mudah dan tidak ribet, hanya membawa persyaratan seperti mengisi formulir, fotokopi KTP, membayar biaya iklan, memberikan surat pernyataan bermaterai dan membawa spanduk yang akan dipasang.

Perizinan pemasangan spanduk ini sangat penting untuk vendor pasang spanduk dan penyelenggara, karena dalam memasang spanduk yang sudah memiliki izin akan memiliki jangka waktu yang lebih lama. Jika tidak melakukan proses perizinan ini, maka dalam waktu 2 hari sudah hilang disita oleh satpol PP yang sering mengadakan razia.

Dengan membawa perlengkapan yang dibutuhkan dalam perizinan tersebut, maka petugas seksi penerimaan akan menyerahkan bukti spanduk lengkap pada seksi penerimaan dan penerbitan izin untuk dilakukan proses yang lebih lanjut.

Untuk petugas seksi pemrosesan dan penerbitan izin akan meneliti kembali media spanduk untuk pengajuan. Sedangkan petugas seksi penetapan dinas perizinan akan membuat data pengajuan reklame rangkap 3 untuk arsip, untuk seksi pemrosesan dan penerbitan izin dan dinas pendapatan.

Kemudian penyelenggara akan mengambil izin pemasangan rekame dengan surat ketetapan pajak daerah sebagai pembayaran dan menyerahkan tanda terima pembayaran pajak reklame kepada petugas loket bagian pengambilan izin.

Petugas dinas perizinan dan dinas pendapatan akan membubuhkan legalitas izin reklame pada spanduk yang akan digunakan. Terakhir petugas loket dari pengambilan izin akan menyerahkan izin pemasangan kepada penyelenggara spanduk atau kepada vendor pasang spanduk.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat