Tips Pasang Iklan Spanduk yang Efektif Agar Omzet Meningkat

Pasang Iklan Spanduk – Merupakan salah satu strategi marketing yang handal dan banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Disadari atau tidak, spanduk memang menjadi salah satu cara promosi yang sangat tepat dan mampu menaikkan omzet penjualan produk atau layanan dengan cukup signifikan. Hal ini tentu saja akan menambah sensasi dan gairah dalam usaha yang sedang anda rintis dan lakukan. Dapat dilihat dewasa ini bahwa di beberapa lokasi strategis, seperti jalan raya, atau tempat lainnya terpampang dengan begitu jelas beragam spanduk yang menawarkan produk tertentu.

pasang iklan spanduk

Tentu, manfaat yang besar dari pemasangan iklan spanduk membuat anda ingin juga menjajal cara promosi yang satu ini demi mendapatkan omzet yang berlipat. Namun, sebelum memutuskan untuk pasang iklan spanduk sebagai sarana produk, tentu saja anda perlu mengerti beberapa strategi yang jitu untuk memaksimalkan manfaat dari iklan spanduk tersebut.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa tips tepat yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pemasangan iklan spanduk produk anda. Bagaimana saja tipsnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Maksimalkan Manfaat Pasang Iklan Spanduk

 

 

Tepat Sasaran

Salah satu masalah yang sering muncul dari beberapa pengusaha yang belum mendapatkan tambahan omzet meskipun sudah memasang iklan spanduk adalah karena memiliki masalah dengan sasaran dari iklan yang hendak dipasang. Perlu diketahui bahwa anda tentu harus memiliki target sasaran atau siapa yang hendak anda tuju sebagai tujuan promosi iklan tersebut. Misalnya, ketika anda memiliki produk bawang goreng, maka sasaran yang akan dituju lebih ke ibu-ibu rumah tangga.

Jika sasaran iklan sudah diketahui, maka anda tinggal menyusun iklan yang tepat. Dalam hal ini, bahasa iklan merupakan elemen yang sangat penting. Tentu, anda sebaiknya tidak menggunakan bahasa yang terlalu baku yang terkesan kaku sehingga kurang menarik. Selain itu, dalam pasang iklan spanduk usahakan juga menyertakan kalimat-kalimat pengajak yang bisa mensugesti calon konsumen anda.

Mengikuti Cara Pandang Konsumen

Dalam pembuatan iklan, tentu anda memiliki standard pembuatan tersendiri yang akan menunjukkan siapa anda. Dalam hal ini, sebaiknya, sikap idealis seperti itu dihindari dan ikutilah cara pandang konsumen anda. Misalnya, dalam penyusunan kata-kata dalam iklan, hindari penggunaan kalimat-kalimat yang terkesan provokatif yang seolah memaksakan kehendak anda dan menjatuhkan produk lain. Hal semacam ini tentu tidak disukai konsumen dan bisa jadi konsumen justru akan memilih produk lain.

Memilih Waktu Pemasangan yang Tepat

Hal lain yang cukup penting untuk diperhatikan sebagai salah satu strategi yang tepat untuk memaksimalkan manfaat dari pasang iklan spanduk adalah memilih waktu pemasangan yang tepat.

Amati pola ketertarikan dari calon konsumen anda dan pasang iklan anda ketika mereka nampak begitu membutuhkannya. Misalnya, kita bisa belajar dari iklan sirup. Meskipun setiap hari sirup tersedia di supermarket, namun iklan sirup mulai booming dan begitu masif ketika menjelang hari raya. Hal ini adalah contoh pemanfaatan waktu iklan yang tepat mengikuti selera dari konsumen. Anda tentu harus memahami pola seperti ini agar iklan yang anda pasang lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat.

Lakukan Survey

Melakukan survey menjadi salah satu tips lain yang bisa saja anda lakukan untuk memaksimalkan potensi dari iklan spanduk yang hendak anda pasang. Survey atau penelitian ini dimaksudkan untuk memahami kondisi nyata dari konsumen anda. Sebelum anda pasang iklan spanduk disuatu tempat, tentu sebaiknya anda mengetahui keadaan masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

Buatlah data tentang apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar dan apa yang mereka senangi. Sebagai contoh, anda bisa memasang iklan penjualan TV LCD di beberapa perumahan elite.

Survery seperti ini tentu saja penting dan akan memberikan manfaat yang maksimal dari iklan yang anda pasang. Dengan sasaran yang langsung tertuju, kemungkinan untuk mendapatkan omzet yang lebih tinggi akan lebih mudah untuk terpenuhi dibandingkan dengan berjudi memasang iklan di wilayah yang belum anda ketahui kondisi riilnya seperti apa.

Tunjukkan Kreatifitas

Iklan memang harus menarik dan memiliki fitur yang bisa memikat calon konsumen anda yang baru. Dalam hal ini, tentu saja, anda harus menunjukkan kreatifitas anda dalam membuat iklan. Kreatifitas anda yang tertuang dalam iklan spanduk tentu akan lebih berpotensi menarik calon konsumen untuk melirik produk yang anda jajakan. Dalam hal ini, berpikirlah untuk menyajikan iklan yang tidak hanya berbeda dari yang lain tetapi juga mendidik dan menarik. Misalnya, anda bisa memanfaatkan ikon suatu daerah sebagai pemanis dalam iklan spanduk yang anda buat.

Gunakan Ikon

Ikon adalah identitas dari usaha yang sedang anda rintis. Dalam hal ini, membubuhkan ikon dalam pembuatan iklan spanduk akan meningkatkan manfaat dari iklan tersebut. Pastikan anda memiliki ikon yang tepat saat hendak pasang iklan spanduk. Ikon dapat berupa semboyan, lambang, symbol dan lainnya. Jika anda memiliki anggaran yang cukup memadai, anda bisa menyewa seorang brand ambassador, seperti artis, atau publik figur yang bisa membantu anda untuk mempromosikan usaha.

Lokasi yang Strategis

Ini sebenarnya adalah kunci utama dari iklan yang hendak anda pasang. Ya, untuk mendapatkan animo masyarakat yang tinggi terkait iklan yang anda buat, tentu pasang iklan spanduk anda pada lokasi yang mudah untuk dijangkau dan juga dilihat oleh kebanyakan orang. Misalnya, pasangkan iklan spanduk anda di beberapa ruas jalan utama yang menjadi akses bagi masyarakat sekitar. Selain itu, anda juga bisa menyewa papan reklame yang disediakan pemerintah khusus untuk menampung iklan yang hendak ditampilkan.

Namun, dalam pemilihan tempat iklan yang strategis ini tentu saja anda tetap harus melihat hal lain yang berhubungan, seperti misalnya pajak yang harus dikeluarkan. Semakin strategis lokasi yang anda pilih, tentu saja pajak yang harus anda bayarkan juga akan semakin meningkat.

Memperkirakan Biaya

Tentu, dalam pasang iklan spanduk anda tetap harus melakukan kalkulasi terhadap biaya yang akan anda keluarkan. Sudah disinggung sebelumnya bahwa anda harus mengeluarkan pajak untuk pemasangan iklan tersebut. Tidak hanya pajak, dalam pembuatan iklan, anda tentu juga harus menghitung biaya yang hendak dikeluarkan. Jangan sampai anggaran iklan anda terlalu besar sedang income yang masuk hanya sebagian kecil saja. Tentu hal ini akan berakibat pada usaha yang susah untuk berkembang dan cenderung menyusut.

Dari beberapa keterangan di atas, agaknya kita memahami beberapa tips dan prinsip pasang iklan spanduk untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari iklan yang kita buat. Namun, tentu saja, dalam beriklan, ada rumus klasik yang harus anda pegang. Terus berusaha adalah kunci utama yang harus anda lakukan. Jika iklan spanduk yang anda pasang belum memberikan manfaat yang banyak, tentu anda tidak boleh menyerah dan terus melakukan evaluasi terhadap kesalahan yang mungkin saja anda lakukan.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat