Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memilih Titik Billboard di Jakarta

Titik Billboard di Jakarta – Menggunakan media billboard untuk pemasaran tentu akan membuat brand Anda lebih mudah dilihat oleh banyak orang. Cara pemasaran ini terutama populer di daerah padat seperti Jakarta. Dalam penggunaan billboard ini, Anda tentunya tidak boleh asal pilih tempat. Menentukan tempat yang paling baik untuk meletakkan billboard Anda tentu memiliki pengaruh besar dalam kesuksesan pemasaran.

Titik Billboard di Jakarta
Titik Billboard di Jakarta

Dalam sejarahnya sudah banyak perusahaan yang hanya buang uang di billboard tapi merugi karena salah pilih tempat. Memilih tempat strategis di kota besar memang perlu usaha khusus, tapi hasilnya pasti lebih baik. Jangan hanya terpacu harga sewa spot billboard yang terjangkau atau bentuk billboard yang besar jika spotnya tidak baik.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih titik billboard terutama di daerah Jakarta. Bahasan tentang menentukan titik billboard di Jakarta ini mudah – mudahan dapat membantu Anda.

Persiapan

Untuk mendapatkan titik yang paling baik di area Jakarta, Anda tentu perlu melakukan persiapan terlebih dahulu. Groundwork yang Anda lakukan ini bisa menentukan keberhasilan Anda atau kegagalan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam persiapan ini adalah research.

Setiap tahunnya di Jakarta, pemasaran billboard bisa mencapai beberapa miliar Rupiah. Total uang yang keluar hanya setiap tahunnya di bidang ini tentu sebuah tanda bahwa teknik ini bisa mendatangkan sukses.

Dari data kesuksesan yang tersedia, didapat angka sebanyak 74% billboard di Jakarta menarik perhatian pengemudi dan dari jumlah tersebut 48% diantaranya benar – benar dibaca. Para pengemudi usia muda (18 sampai 35 tahun) adalah yang paling dominan memperhatikan billboard waktu berkendara, sisanya (35 tahun ke atas) lebih fokus saat berkendara.

Menggunakan data ini Anda bisa membuat billboard memiliki konten yang menarik untuk pengendara umur. Selain itu Anda juga bisa gunakan basis data umur ini untuk mencari lokasi dengan demografi sekitar batas usia tersebut. Misal daerah perkantoran ataupun perbelanjaan. Perlu diingat juga bahwa semakin strategis lokasinya, Anda memerlukan persiapan biaya yang baik juga.

Pengumpulan perkiraan dana ini akan membuat perencanaan pemasaran billboard Anda lebih hemat biaya. Perencanaan yang baik dapat memotong biaya – biaya yang tidak terencana dan membuat list biaya lebih jelas.

Visibility

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan tingkat visibility dari billboard yang akan Anda pilih. Visibility ini bisa diartikan seberapa terlihatnya billboard diukur dari sudut pandang target pemasaran Anda. Semakin banyak orang melihat billboard yang Anda pasang, makin banyak juga penjualan yang bisa Anda hasilkan dari hal ini.

Setiap titik billboard di Jakarta tentu memiliki tingkat visibilitas yang berbeda. Hal seperti ukuran, posisi dari jalan, kepadatan dan masih banyak lagi faktor lainnya, bisa menentukan keefektifan billboard sebagai media pemasaran. Jika Anda ingin tahu bagaimana membuat billboard Anda memiliki visibility yang baik, ikuti tips berikut ini:

  • Pastikan billboard menghadap ke arah pengendara

Sangat disayangkan banyak perusahaan memasang billboard dengan posisi yang salah. Billboard yang baik seharusnya mudah dilihat di jalan dan tidak sekedar ada di jalan. Beberapa billboard yang sekedar ada di jalan biasanya berposisi paralel dengan pinggir jalan. Hal ini membuat pengendara harus melirik ke kanan atau kiri untuk melihat billboard yang dipasang.

Para pengendara tentu tidak akan membahayakan diri dengan melirik ke samping saat berkendara. Jika ingin banyak orang melihat media pemasaran yang Anda pasang, ada baiknya membuat hal tersebut nyaman dilihat. Billboard yang dipasang di pinggir jalan bisa saja dibuat sedikit miring untuk memudahkan para pengendara yang mendekatinya melihat konten pemasaran Anda.

  • Pastikan ketinggian billboard mudah dibaca dari kendaraan

Selain posisi billboard menghadap pengendara, Anda juga sebaiknya pikirkan ketinggian billboard. Untuk billboard yang besar mungkin posisi tinggi tidak masalah karena dari jauhpun gambar dan tulisan di billboard tersebut masih akan terlihat. Walaupun begitu, untuk billboard ukuran sedang, Anda sebaiknya memastikan ketinggian billboard pas dengan area pandang pengendara.

Billboard ukuran sedang biasanya tidak memiliki font yang terlalu besar, jadi pengendara harus mendekat untuk melihat konten billboard dengan jelas. Jika billboard ukuran sedang ini posisinya terlalu tinggi, pengendara yang mendekat akan kesulitan melihat billboard tersebut. Untuk memastikan ketinggian sesuai, sebaiknya Anda tes dan simulasikan ukuran ketinggian billboard yang akan digunakan.

  • Pastikan billboard tidak terhalang apapun

Tempat ramai seperti perkantoran dan area pusat perbelanjaan di Jakarta biasanya penuh dengan bangunan – bangunan, pepohonan, banner, hiasan jalan dan bahkan lampu kota. Hal – hal tersebut memang membuat area menjadi lebih menarik, tapi bagi pemasang iklan billboard, hal ini membuat pusing karena terkadang menutupi billboard dari posisi pengendara.

Pengendara yang terhalang pasangannya tentu tidak akan membuang waktu berhenti hanya untuk melihat konten billboard yang masuk ke area pandangannya. Hal ini tentu sangat merugikan bagi Anda yang memasang billboard namun terhalang pandangannya. Sebagian besar pengendara mengaku tidak terlalu memperhatikan billboard yang tidak terlalu terlihat jelas saat pertama kali menjumpainya.

  • Usahakan menggunakan warna yang jelas dan menarik perhatian

Untuk meningkatkan visibility, ada baiknya Anda memilih warna – warna yang tajam. Membuat konten visual yang baik sebetulnya tidak mudah. Anda harus perhatikan bagaimana warna dalam billboard tersebut saat terpengaruh cahaya matahari, cahaya lampu kota, cahaya dari kendaraan yang lewat dan masih banyak lagi. Memastikan gambar iklan selalu jelas di segala situasi memastikan semua orang dapat melihat billboard itu dengan lebih baik.

  • Gunakan visual yang menarik dan kurangi keperluan membaca seminimal mungkin

Selain pilihan warna, visual yang menarik juga dapat meningkatkan visibility billboard Anda. Beberapa billboard di Jakarta ada yang menggunakan visual unik untuk membuat para pengendara penasaran. Hal ini tentu akan membuat pemasaran billboard Anda lebih efektif karena menarik perhatian.

Keramaian Jalan

Hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih titik billboard di Jakarta berikutnya adalah memperhitungkan keramaian jalan. Hal ini tentu logis, semakin banyak kendaraan yang lewat lokasi billboard Anda, semakin banyak pula orang yang melihatnya.

Untuk mengetahui tingkat keramaian jalan, Anda bisa ke biro transportasi Jakarta untuk mendapatkan data. Biasanya data seperti ini tersedia dan bisa dilihat dengan izin yang tepat. Jika sudah tahu tempat – tempat yang strategis, Anda sekarang tinggal memilih dari beberapa lokasi tersebut.

Hal lain yang bisa Anda manfaatkan dari data keramaian ini adalah informasi tingkat kemacetan. Situasi jalan yang macet tentu menandakan tempat yang pada kendaraan. Pada situasi macet, para pengendara tentu cenderung lihat pemandangan sekitar. Jika billboard Anda ada di lokasi kemacetan ini, bisa dibilang banyak orang terpaku memandangnya sambil menunggu jalanan lancar.

Pikirkan Demografi Target Pemasaran

Mengetahui target untuk iklan adalah pengetahuan dasar pemasaran. Tidak semua orang bisa jadi customer yang ideal untuk usaha Anda. Penyesuaian konten iklan dengan target pemasaran sebaiknya disesuaikan agar lebih tepat. Untuk kasus billboard, Anda bisa sesuaikan target dengan memilih spot yang tepat.

Titik billboard di Jakarta tentu ada banyak dan bisa dipilih, tapi pikirkan kembali demografi yang akan melihat billboard Anda paling sering. Contoh saja, Anda menjual produk fashion wanita yang tergolong premium. Untuk memaksimalkan efek pemasaran billboard produk ini, Anda bisa pilih spot di area perkantoran bergengsi atapun pusat perbelanjaan.

Alasan spot ini dipilih adalah target Anda harus memiliki pendapatan yang mampu membeli produk Anda. Untuk barang fashion premium wanita, Anda bisa target wanita karir di area perkantoran ataupun fashionista yang sedang belanja. Semakin sering target customer Anda melihat hal ini, semakin tinggi kemungkinannya mereka tertarik dan membeli produk dari Anda.

Prioritaskan Area Antara Komersial dan Pemukiman

Titik keramaian di Jakarta tentu tersedia banyak, tapi tempat yang paling efektif dipilih adalah lokasi yang berdekatan dengan area komersial dan pemukiman. Area ini pasti ramai di Jakarta karena pasti dilalui semua orang. Banyak orang berangkat kerja keluar dari area pemukiman dan masuk ke area komersial. Saat kembali pulang, mereka keluar area komersial dan masuk ke area pemukiman.

Jika billboard Anda ditaruh di area antar komersial dan pemukiman, dapat dipastikan orang – orang tersebut akan selalu melihat media pemasaran tersebut di kesehariannya. Karena selalu menarik perhatian dan sudah menjadi keseharian, psychologist orang tersebut biasa lebih nyaman dengan brand Anda. Jika mereka sudah nyaman dengan brand, saat mereka membutuhkan sesuatu, mereka tidak akan ragu membeli dari Anda.

Perhatikan Lokasi Bisnis Anda

Tidak semua billboard harus produk. Anda yang merupakan pengusaha di Jakarta bisa juga mengiklankan berdasarkan lokasi. Untuk contoh sederhana saja billboard untuk mengiklankan apartemen. Meletakkan billboard mengiklankan tentang apartemen beberapa ratus meter dari lokasi apartemen itu sendiri tentu akan membantu orang yang tertarik.

Anda bisa juga mencantumkan informasi alamat dan jarak di billboard untuk membantu menemukan lokasi. Contoh lain adalah untuk usaha restaurant. Memberikan promosi billboard dengan jarak tertentu sebelum pengendara melewati lokasi usaha akan menarik perhatian orang yang mencari tempat makan.

Sesuaikan Lokasi Pemasaran dengan Tema Pemasaran Anda

Penyesuaian ini hampir sama dengan menentukan target pemasaran, tapi bedanya ada pada pemilihan tema pemasaran. Misalnya saja Anda adalah pengusaha yang menjual perlengkapan olahraga. Jika melihat target produk ini tentu luas, tua dan muda pasti ada yang memiliki hobi olahraga. Dari info ini Anda bisa saja memasang billboard dekat pemukiman atau perkantoran seperti yang disinggung sebelumnya. Namun sebetulnya ada lokasi lain yang bisa Anda gunakan.

Di Jakarta Anda bisa menemukan spot – spot yang penuh dengan tema olahraga. Mulai dari area Senayan yang dekat dengan Stadion Gelora Bung Karno atau spot jogging populer seperti area Monas ataupun kawasan Epicentrum Kuningan. Menggunakan titik billboard di Jakarta dengan tema sesuai produk yang dipasarkan tentu akan membuat iklan lebih tepat sasaran.

Kesimpulan

Dari informasi hal – hal yang harus diperhatikan di atas, Anda pasti sekarang sudah tahu apa yang harus Anda lakukan. Billboard memang memiliki kekuatan yang kuat sebagai alat pemasaran walaupun sekarang ini kita berada di era internet.

Sama seperti media pemasaran lain, penggunaan billboard yang sukses tergantung dari bagaimana Anda menggunakannya. Semoga dengan pengetahuan dari artikel ini, Anda sekarang makin sukses memilih titik billboard di Jakarta dan mendapatkan banyak untung. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba!

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Leave a Reply

× WhatsApp Chat