Jenis dan Memilih Plang Nama Ruangan Secara Tepat

Plang Nama Ruangan – Seperti namanya plang nama ruangan, maka papan nama yang satu ini akan digunakan di dalam ruangan. Sama seperti plang nama lainnya, desain plang nama yang satu ini juga cukup beragam. Walaupun demikian, fungsi alat yang satu ini tetap sama, yaitu sama-sama memberikan informasi tentang petunjuk arah atau informasi tentang apa yang ada di dalam ruangan tersebut.

Jenis Papan Nama Ruangan

Tahukah Anda bahwa plang nama ruangan ini terdiri atas beberapa jenis, masing-masing jenis, akan memberikan informasi secara jelas, tentang apa yang Anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa jenis papan nama yang ada di pasaran saat ini, antara lain :

Papan Nama Gantung

  • Papan nama gantung

Jenis pertama dan yang paling banyak digunakan saat ini adalah papan nama ruangan gantung. Seperti namanya, maka papan nama yang satu ini akan dipasang dengan cara digantung. Biasanya bahan untuk menggantung alat ini adalah kayu, yang menggunakan besi berukuran kecil, sebagai kaitannya. Sedangkan papan nama yang digantung sendiri cukup beragam, namun rata-rata bahan yang digunakan adalah acrylic. Produk yang satu ini, banyak Anda temukan di berbagai sekolah atau juga gedung perkantoran.

Papan Nama Tempel

  • Papan nama tempelan

Adapun papan nama ruangan berikutnya adalah papan nama tempelan. Seperti namanya, maka produk yang satu ini bukan digantung, melainkan ditempel pada dinding atau bahan lainnya. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat produk yang satu ini cukup beragam, ada yang menggunakan acrylic, stainless steel, atau bahan lainnya. Anda dapat menemukan papan seperti ini di banyak rumah sakit, klinik dokter, atau yang lainnya. Di pasaran sendiri, produk yang satu ini dibagi ke dalam 3 tipe, yaitu :

Papan Nama Geser

  • Papan nama geser

Papan seperti ini biasanya digunakan untuk memberikan informasi tentang apa atau siapa yang ada di dalam ruangan. Bahan yang digunakan kebanyakan menggunakan stainless steel, dan cara menggunakan alat ini adalah  dengan menggeser nama atau petunjuk yang ada di dalamnya, dengan nama atau petunjuk yang baru. Anda biasanya menemukan papan nama seperti ini di klinik kesehatan, klinik kecantikan, dll.

Papan Nama Statis

  • Papan nama statis

Sama seperti papan nama lainnya. Menggunakan bahan acrylic atau juga stainless steel, yang biasanya ditempel di dinding ruangan atau di bagian lainnya. Anda dapat menemukan produk yang satu ini di kantor, rumah sakit, dll.

Papan Nama Petunjuk Arah

  • Papan nama petunjuk arah

Sebenarnya alat yang satu ini sama dengan produk papan nama statis. Namun yang membedakan hanyalah ukuran yang besar dan letaknya yang sangat strategis (baik itu di berdiri sendiri di atas tanah, atau ditempel di dinding) karena sifatnya memberikan informasi tentang petunjuk arah. Sedangkan bahan yang digunakan juga cukup beragam, mulai dari neon box, acrylic, dll.

Memilih Desain Papan Nama Ruangan Tepat

Memilih plang nama ruangan yang tepat, tentunya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan secara bijak, agar produk yang Anda dapatkan kelak, sesuai dengan yang diinginkan.

  • Fungsi papan nama ruangan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah fungsi dari papan nama itu sendiri. Apakah Anda akan menggunakan papan nama tersebut sebagai papan petunjuk arah, memberikan informasi siapa yang ada di ruangan, atau memberitahu fungsi dari ruangan tersebut. Karena masing-masing fungsi papan, mempunyai desain yang berbeda-beda.

Misalnya saja Anda ingin menggunakan papan nama untuk disimpan dalam ruang praktek dokter, sebaiknya pilih papan nama geser, guna mempermudah Anda dalam mengganti nama dokter yang sedang bertugas kala itu, jabatan dan juga ada tidaknya dokter yang sedang jaga kala itu. Lain halnya jika Anda ingin memberikan informasi tentang petunjuk arah, papan nama seperti ini biasanya diletakkan secara mandiri, atau juga ditempel di dinding, dengan ukurannya yang cukup besar.

  • Memilih bahan yang tepat

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengenal dan memilih bahan yang tepat. Di pasaran sendiri, bahan yang digunakan cenderung beragam, mulai dari acrylic, stainless steel, neon box, dan yang lainnya. Adapun bahan yang paling banyak dan paling sering digunakan adalah bahan acrylic. Namun sebelumnya, pemilihan bahan tersebut, tentunya disesuaikan dengan fungsi dari bahan itu sendiri. Adapun kualitas dari masing-masing bahan ini berbeda-beda, jadi tidak heran jika harga yang diberikan juga berbeda-beda.

  • Ukuran papan nama ruangan

Berikutnya adalah ukuran dari papan nama tersebut. Ada beberapa ukuran yang dapat Anda perhatikan dalam hal ini, mulai dari ukuran 28 cm x 9,5 cm, 28 cm x 6,5 cm, 20 cm x 7 cm, dan ukuran lainnya. Untuk memilih ukuran yang tepat, maka hal ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan akan papan nama ruangan itu sendiri. Misalnya saja ingin menggunakan papan nama tersebut untuk memberikan nama pada ruang kelas atau ruang kepala sekolah, maka ukuran yang paling tepat adalah ukuran 28 cm x 9,5 cm. Akan lain halnya jika Anda ingin memberikan petunjuk tentang papan nama geser, maka ukuran papan nama tersebut cenderung lebih besar seperti 30 cm x 8 cm.

  • Desain papan nama ruangan

Anda juga perlu memperhatikan desain dari papan nama tersebut. Seperti yang telah dijelaskan di atas, saat ini ada beberapa jenis papan nama yang ada di pasaran, masing-masing jenis mempunyai fungsi yang berbeda. Kali ini Anda akan membuat desain yang pas untuk papan nama yang akan dibuat, Anda perlu memperhatikan desain tulisan dan ukuran tulisan yang akan digunakan, gambar atau logo yang akan digunakan, angka yang akan digunakan, atau bahkan hiasan seperti pigura yang akan digunakan. Sedikit tips untuk Anda dalam memilih jenis tulisan yang tepat, adalah pilih tulisan yang tegas, agar mudah terbaca.

  • Memilih warna yang tepat

Setelah memilih desain, Anda juga perlu memperhatikan masalah warna pada produk tersebut. Mulai dari warna tulisan dan juga warna latar belakang. Pada warna latar belakang, sebaiknya pilih warna yang netral. Namun jika Anda ingin menggunakan warna latar belakang sesuai dengan warna perusahaan atau yang lainnya. Maka warna tulisan yang sebaiknya digunakan adalah warna netral seperti warna putih atau warna lainnya. Perpaduan warna ini, tentunya tidak boleh sembarangan, Anda harus dapat memadukan warna secara tepat, terlihat sedikit kontras, namun tetap terlihat cantik dan mudah dibaca.

  • Budget untuk membeli papan nama ruangan

Budget adalah hal lain yang tentunya perlu Anda cermati dengan baik. Hal ini sebaiknya disesuaikan dengan bahan yang akan digunakan dan desain plang nama ruangan itu sendiri. Bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, sebaiknya pilih desain plang nama yang sederhana, dengan desain yang juga sederhana.

Lain halnya jika Anda ingin menggunakan plang nama dokter berbahan stainless steel yang mudah dibongkar pasang, terutama dari sisi nama dan jabatan dari dokter itu sendiri. Biasanya harga yang diberikan cenderung mahal.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Leave a Reply

Call Now Button