Fungsi dan Memilih Plang Nama Perumahan, Agar Terlihat Menarik!

Plang Nama Perumahan – Plang papan nama memang bukan hal baru saat ini, Anda akan melihat plang papan nama ini di berbagai macam tempat, mulai dari plang nama lokasi wisata, plang nama perumahan, dll. Memilih plang nama secara tepat tentunya harus Anda lakukan. Hal ini penting, mengingat ini, adalah salah satu penanda atau bahkan media promosi produk yang Anda tawarkan.

Plang Nama Perumahan

Mengenal Fungsi Dari Plang Nama Perumahan

Sebelum membahas tentang bagaimana cara memilih plang nama perumahan yang tepat, ada baiknya jika Anda mengenal dengan baik, fungsi dari plang tersebut.

  • Sebagai papan iklan

Tahukah Anda bahwa plang nama perumahan itu juga dapat dijadikan sebagai papan iklan. Walaupun statis namun desain plang papan nama yang cantik, lebih mudah diingat, serta dapat menjadi rekomendasi bagi para pencari rumah. Kemudian orang tertarik untuk melihat desain perumahan itu sendiri.

  • Sebagai penanda tempat

Fungsi yang kedua dan tentunya semua orang tahu adalah papan nama tersebut dapat digunakan sebagai penanda tempat, atau alamat. Ketika seseorang mencari sebuah alamat, papan nama tersebut akan sangat membantu dan juga mempermudah seseorang dalam mencari alamat yang dituju. Apalagi jika plang nama tersebut berukuran besar.

  • Mempercantik penampilan gerbang perumahan

Membuat papan nama sebaiknya tidak sembarangan, perhatikan estetika keindahan yang ada. Dengan demikian, penampilan perumahan tersebut akan tampak semakin cantik, elegan, dan membuat siapapun ingin mengunjungi perumahan tersebut.

Memilih Plang Nama Perumahan Secara Tepat

Seperti yang dijelaskan di atas, membuat sebuah plang nama perumahan tentunya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu. Hal ini penting agar plang papan nama yang diinginkan terlihat cantik, dan pas dengan perumahan yang dibangun.

  1. Lokasi peletakan plang papan nama

Hal pertama yang tentunya harus Anda perhatikan adalah dimana akan meletakkan plang papan nama tersebut. Apakah Anda akan menyimpanya tepat di pintu gerbang, seperti membuat sebuah tiang di kanan kiri dan papan nama di bagian atas gerbang, di bagian tengah atau bagian pos pemeriksaan, atau Anda akan meletakkannya di dinding kanan atau kiri gerbang masuk.  Pilih dan perhatikan dengan baik, berdasarkan estetika yang tepat untuk perumahan itu sendiri.

Lain halnya jika sebelum memasuki pintu gerbang perumahan, terdapat sebuah taman mini di bagian depannya. Anda pun dapat meletakkan plang nama yang ada di taman tersebut. Ini akan mempercantik penampilan perumahan itu sendiri.

  1. Ukuran papan nama

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah ukuran papan nama itu sendiri. Hal seperti ini, berkaitan erat dengan nama dan gambar yang akan digunakan. Pastinya besar atau kecilnya papan nama yang ada, sangat berpengaruh terhadap budget yang akan dikeluarkan kelak.

Jika Anda ingin menggunakan papan nama di bagian atas atau di bagian tengah, ukuran sedang atau kecil, pasti menjadi pilihan yang bijak. Lain halnya jika Anda akan menyimpannya di bagian dinding gerbang, menggunakan ukuran yang besar atau ukuran sedang dapat Anda pilih.

  1. Pilih bahan yang tepat

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah masalah bahan yang akan digunakan dalam membuat plang nama perumahan tersebut. Adapun bahan yang biasanya digunakan adalah bahan acrylic, stainless, galvanil. Sedangkan desain pembuatan plang papan nama yang dibuat cenderung beragam, ada yang menggunakan teknik huruf timbul, ada yang menggunakan plat yang dilubangi dengan karakter huruf yang diinginkan, dan yang lainnya. Tentunya masing-masing bahan dan masing desain mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin menggunakan warna pada papan nama tersebut, misalnya, Anda dapat menggunakan bahan galvanis, bahan yang satu ini dapat diwarnai sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

  1. Sesuaikan dengan karakter perumahan

Setelah Anda menemukan lokasi, ukuran dan bahan yang akan digunakan, maka berikutnya adalah masalah desain dari papan nama yang akan digunakan. Untuk memperoleh karakter plang nama perumahan yang tepat. Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan karakter perumahan itu sendiri. Apakah Anda membuat perumahan untuk kalangan menengah ke atas, menengah kebawah, perumahan bersubsidi atau yang lainnya. Dari sini, Anda dapat melihat dan menentukan desain plang yang tepat sesuai.

  • Pilih layout yang simple dan mudah dilihat

Untuk mempermudah Anda dalam mendesain plang papan nama tersebut, sebaiknya pilih payout yang simpel dan mudah dilihat. Pastikan informasi tentang nama perumahan tersebut dapat diterima oleh konsumen atau masyarakat luas dalam hitungan detik. Karena secara tidak langsung informasi yang ada, akan terekam di alam bawah sadar, yang akan mempermudah mereka ketika akan mencari perumahan kelak.

  • Pilih baground yang tepat

Dalam membuat sebuah plang, sebaiknya baground yang akan digunakan jangan terlalu ribet atau bahkan jangan terlalu mencolok. Agar orang lebih mudah membaca nama yang tertera dalam plag itu sendiri.

Misalnya saja ketika Anda menggunakan dinding tembok gerbang masuk, untuk menyimpan plang dari nama perumahan tersebut, maka hal ini Anda tidak perlu menambahkan aksesoris lainnya, cukup gunakan dinding yang ada. Akan lain halnya jika Anda ingin meletakkan plang nama tersebut di atas gerbang, pastikan warna baground yang ada tidak terlalu mencolok.

  • Perhatikan teks huruf yang akan digunakan

Memperhatikan huruf yang akan digunakan juga penting. Pastikan Anda menggunakan huruf yang eye-catching, hindari penggunaan tulisan yang terlalu formal, sebaiknya sesuaikan karakter tulisan dengan karakter perumahan itu sendiri. Ini yang membuat penampilan plang tersebut tampak semakin cantik.

Anda juga perlu memperhatikan ukuran huruf, tebal atau tipisnya huruf, warna huruf yang akan digunakan, kemiringan huruf, besar dan kecilnya huruf dan yang lainnya. Huruf yang digunakan harus tepat, agar orang mampu membaca secara cepat dan tepat, tanpa menimbulkan salah pengertian, dan pastikan berikan jarak antara huruf yang digunakan.

  • Apakah ada gambar atau simbol yang akan digunakan

Jika plang nama perumahan yang akan Anda gunakan menggunakan gambar, sebaiknya pilih gambar yang yang sesuai dengan karakter dari perumahan itu sendiri. Desain gambar haruslah cantik namun mempunyai makna yang dalam. Pemilihan gambar yang tepat, ini akan membantu masyarakat dalam menerima informasi yang ada walau dalam waktu yang singkat.

Selain itu, Anda juga perlu mengkombinasikan gambar dan tulisan secara tepat, dan juga seimbang. Dalam hal ini ada perlu memastikan gambar yang ada tidak terlalu menonjol, melainkan tulisan. Dengan demikian, orang akan lebih mudah menyimak nama dari perumahan tersebut.

  • Perpaduan warna yang akan dipilih

Apabila Anda ingin menggunakan warna, pada tulisan atau gambar yang akan dibuat. Sebaiknya pilih warna yang tepat, sesuaikan juga dengan baground yang akan digunakan. Warna baground sebaiknya pilih warna yang netral, agar mudah melakukan perpaduan warna, dan tidak terlihat kontras, seperti warna silver, hitam, atau warna lainnya. Pemilihan baground ini sama ketika Anda akan menggunakannya di tembok, atau di simpan di bagian atas gerbang.

Sending
User Rating 5 (2 votes)

Leave a Reply

Call Now Button