Pasang Neon Sign

Pasang Neon Sign – Neon sign adalah jenis lampu yang menggunakan gas serta daya listrik untuk mengeksitasi uap raksa. Uap raksa tersebut kemudian memproduksi gelombang cahaya ultraungu yang menjadi pemicu lapisan fosfor bercahaya dan menghasilkan sinar kasat mata. Keindahan cahaya tersebut yang membuat banyak tempat usaha memilih pasang neon sign untuk menambah awareness tempat usaha mereka.

Pasang Neon Sign

Nama neon digunakan untuk menunjukkan jenis lampu secara umum. Sedangkan gas yang dipakai di dalam tabung untuk menimbulkan warna sebenarnya bukan hanya berasal dari gas neon saja, melainkan dari paduan gas yang lainnya, seperti kripton, argon dan helium.

Gas neon murni hanya menghasilkan sekitar sepertiga warna yang diperlukan. Warna dari gas neon murni ini biasanya adalah warna yang mendekati nuansa oranye dan merah, juga warna merah muda yang hangat. Pemilihan warna untuk pasang neon sign menentukan gas apa yang akan dipakai.

Neon Sign mampu memproduksi sinar lebih efisien dibandingkan dengan lampu pijar. Ada dua bentuk neon sign yang sering digunakan berdasarkan bentuk tabungnya. Pertama berbentuk tabung panjang atau yang umum dikenal dengan lampu TL ( tubular lamp). Kedua berukuran lebih kecil dengan tabung ditekuk menyerupai spiral yang biasa dikenal dengan lampu hemat energi (LHE).

Tahap Pasang Neon Sign

 

 

Pembentukan Tabung

Neon sign terdiri dari tabung neon yang berbahan kaca lurus serta berongga. Anda dapat menemukan jenis tabung ini di toko peralatan listrik dan harus dirangkai secara manual untuk menghasilkan desain seperti yang diinginkan. Tabung-tabung ini biasanya memiliki diameter 8 sampai 15 mm dengan ketebalan dinding sekitar 1 mm. Namun sekarang ada juga yang menggunakan tabung berdinding 6 mm.

Untuk membentuk tabung yang awalnya berbentuk lurus menjadi bentuk yang diinginkan harus digunakan teknik pembengkokan dengan bantuan panas lewat pembakaran. Pembakaran dilakukan di ujung tabung yang akan dibengkokkan kemudian disambung dengan tabung selanjutnya. Cara pasang neon sign memang cukup rumit karena membutuhkan keahlian dan keterampilan.

Sedangkan warnanya terdapat lebih dari selusin warna tersedia yang dihasilkan oleh jenis tabung kaca dan komposisi pengisian gas yang berbeda-beda. Pada bagian dalam tabung biasanya dilapisi serbuk fosfor tipis kemudian ditempelkan pada dinding interior tabung dengan lem khusus. Tabung diisi dengan campuran gas yang dimurnikan.

Gas Dalam Tabung

Gas yang ada di dalam tabung sudah terionisasi oleh tegangan tinggi yang disalurkan oleh elektroda yang ada di ujung tabung. Warna cahaya yang dipancarkan oleh tabung mungkin hanya berasal dari gas, atau cahaya dari lapisan fosfor. Penggunaan kata neon sendiri hanya untuk mewakili sifat fluorescent yang dipancarkan neon sign, bukan kandungan yang ada di dalam tabung.

Setiap jenis tabung neon menghasilkan dua kemungkinan warna yang berbeda, satu dengan gas neon dan yang lainnya dengan argon/merkuri. Beberapa tabung “neon” dibuat tanpa lapisan fosfor untuk beberapa warna. Pipa bening yang diisi dengan gas neon menghasilkan warna oranye kekuningan di mana-mana dengan kolom plasma interior terlihat jelas, dan merupakan tabung termurah dan paling sederhana untuk dibuat.

Kelebihan Pasang Neon Sign

Warna Lebih Menarik

Desain dari neon sign sangat fleksibel, berbeda dengan neon box yang memiliki aturan tertentu termasuk dalam bentuk rangka serta cahaya yang dipakai. Anda tentu pernah melihat neon sign yang membentuk huruf latin dengan warna yang berbeda-beda bukan? Demikianlah keunikan dari neon sign. Anda bisa membuat desain sesuai kreativitas dan keinginan Anda.

Warna-warna untuk pasang neon sign juga sangat beragam dan memang harus mencolok karena biasanya media iklan ini memang dipasang di malam hari sehingga harus mampu menarik mata pembaca. Tidak ada syarat khusus untuk pemilihan warna, semakin berani maka akan semakin memikat.

Menarik Perhatian

Neon sign memang tidak efektif untuk media promosi di siang hari karena tidak akan terlihat karena tabung kacanya tembus pandang. Namun akan berbeda daya tariknya ketika malam tiba. Dalam keadaan sekitar yang gelap, cahaya neon sign akan mengalihkan perhatian setiap orang yang melewati tanda tersebut untuk melihat.

Berbeda dengan media lainnya yang terlihat di siang hari namun tidak efektif di malam hari, pasang neon sign dapat dilihat dari jarak kejauhan. Penanda ini juga tidak hanya bagus untuk advertensi luar ruangan tetapi juga sangat cocok untuk menjadi dekorasi di dalam ruangan.

Tahan Lama

Keragaman warna dan kemampuan tabung yang bisa bertahan bertahun-tahun bahkan mungkin puluhan tahun tanpa penggantian membuat neon sign digolongkan sebagai karya seni. Namun untuk menghasilkan neon sign dengan masa pakai yang lama maka dibutuhkan pengerjaan yang baik dengan proses yang benar. Jika dikerjakan dengan baik maka hasilnya akan sangat menghemat anggaran.

Penyebab terbesar kegagalan tabung neon adalah penyerapan gas neon secara bertahap oleh implantasi ion tegangan tinggi ke dalam dinding kaca interior tabung yang menghabiskan gas, dan akhirnya menyebabkan resistensi tabung naik ke tingkat yang tidak dapat lagi diterangi cahaya. Tapi ini mungkin memakan waktu lebih dari 50 tahun, jika proses pengerjaan tabungnya benar.

Penyebab lainnya dari 80% kerusakan neon adalah terbakarnya kabel listrik tegangan tinggi yang menghubungkan tabung di dalam saluran logam. Kesalahan dalam pemasangan kabel akan berdampak pada arus listrik yang tidak stabil yang menyebabkan gas tidak dapat terinduksi dengan baik. Untuk itulah mengapa proses pasang neon sign harus benar-benar cermat.

Keunggulan neon sign pada rentang masa pakai inilah yang membuat media promosi ini menjadi primadona. Bahkan penanda dengan tabung warna-warni ini tidak hanya dipasang di tempat usaha saja namun juga termasuk di rumah. Karena tabung dapat ditekuk ke dalam bentuk apapun, bisa dipasang di tempat yang sempit, dan dapat melakukannya tanpa memerlukan penggantian tabung untuk satu dekade atau lebih, sehingga cocok untuk dekorasi.

Jika proses pasang neon sign dikerjakan dengan benar, maka media promosi ini menjadi media paling irit karena masa pakainya yang paling panjang di antara media promosi yang lainnya. Apa lagi harga pembuatannya juga tergolong paling murah di antara yang lainnya. Maka tak heran banyak orang beralih untuk menggunakan neon sign untuk memasarkan logo perusahaan kepada khalayak ramai.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan neon sign juga tidak susah dicari. Jika desain yang diminta tidak terlalu rumit, maka proses pengerjaannya bisa cepat. Anda bisa mendesain neon sign dengan bentuk yang Anda sukai. Fleksibilitas neon sign inilah yang juga menjadi daya tariknya sebagai perangkat promosi outdoor.

Jika Anda tertarik untuk pasang neon sign baik di tempat usaha mau pun sebagai dekorasi di rumah, maka Anda tinggal memesannya ke jasa penyedia advertising outdoor untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dan berkualitas. Pemilihan jasa pemasangan yang tepat bisa menjadi langkah awal usaha Anda mendapatkan nama brand yang sesuai.

No Responses

Leave a Reply

× WhatsApp Chat