Pasang Iklan di Billboard – Memilih media untuk berpromosi bisa dikatakan susah-susah gampang. Acap kali setelah pengeluaran yang tidak sedikit, penghasilan yang didapatkan dari iklan tersebut tak kunjung memperlihatkan hasil. Dikarenakan ada banyak media promosi selain pasang iklan di bilboard, maka Anda juga harus bijaksana dalam memilih yang sesuai dengan target pasar Anda agar penjualan bisa terus meningkat.
Faktor anggaran biasanya menjadi pertimbangan yang membuat sebuah perusahaan menentukan jenis media iklan apa yang akan mereka pilih untuk menawarkan produk yang mereka miliki. Memilih media low-cost mau pun high-cost tidak bisa dikatakan benar atau salah. Asalkan sesuai dengan kebutuhan maka keduanya sah-sah saja.
Satu lagi yang biasanya menjadi pertimbangan adalah target pasar. Dengan segmentasi pasar yang benar maka iklan yang dibutuhkan juga akan lebih efektif menjangkau calon pembeli potensial. Pasang iklan di bilboard memang menguntungkan, tapi tidak semua produk sesuai jika diiklankan dengan media ini.
Pemilihan media iklan juga harus disesuaikan dengan tujuan Anda membuat iklan tersebut. Apakah untuk pengenalan brand Anda ke khalayak luas atau kah memang untuk penjualan langsung kepada konsumen Anda. Jangan sampai salah persepsi ini membuat iklan Anda menjadi tidak optimal.
Apa Saja Media Selain Pasang Iklan di Bilboard?
Televisi
Kelebihan dalam menggunakan media tayang seperti televisi adalah meliputi jangkauannya yang sangat luas. Akses televisi sekarang ini bisa dijumpai di mana pun, semua usia juga bisa menonton televisi. Selain itu media yang digunakan untuk iklan di televisi adalah gambar bergerak serta suara, keduanya sangat efektif dalam menyampaikan pesan suatu produk.
Iklan yang ada di televisi juga ditempatkan pada jam-jam tertentu, bersamaan dengan program televisi tertentu yang target marketnya sudah jelas. Sehingga penikmat iklan ini memang sudah tersegmen, yaitu yang memiliki ketertarikan yang sama dengan program yang sedang berlangsung. Hal ini tentunya berbeda dengan pasang iklan di bilboard yang memiliki audience lebih beragam.
Media beriklan di televisi juga masih menduduki rating paling tinggi di antara media iklan lainnya. Media ini sangat menjadi favorit mengingat masyarakat di tanah air masih sangat gemar melihat televisi. Namun tentu saja, memasang iklan di sini jauh lebih mahal biayanya dibandingkan dengan iklan bilboard, apa lagi jika iklan dipasang di prime time.
Radio
Radio adalah media kedua yang masih sering dipakai sebagai media beriklan bagi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi karena biayanya yang cukup murah padahal dapat diakses oleh pendengarnya di mana saja. Jangkauannya juga lumayan luas mengingat radio merupakan media pengusir bosan yang masih menjadi favorit di tanah air.
Berbeda dengan pasang iklan di bilboard yang hanya menggunakan bahasa gambar, maka pesan yang disampaikan melalui iklan di radio ini menggunakan suara yang bisa berasal dari penyiarnya mau pun dari iklan radio yang biasa disebut dengan Adlips. Pendengarnya pun jarang sekali melakukan perubahan channel saat iklan berlangsung, berbeda dengan televisi.
Pendengar dari iklan ini juga cukup bisa dikelompokkan, hampir sama dengan televisi, iklan juga disesuaikan dengan materi program yang diperdengarkan oleh stasiun radio tersebut. Namun sayangnya, seringnya gangguan sinyal pada radio membuat iklan menjadi kurang jelas terdengar, dan lagi hanya radio dengan rating tinggi yang mampu membuka menaikkan rating iklan.
Media Cetak
Walau pun sudah mulai tergeser dengan media digital namun masih merupakan media yang disenangi oleh berbagai kalangan. Hal ini juga yang membuat media cetak masih menjadi favorit masyarakat untuk mencari dan memasang iklan.
Persamaan memasang iklan di media cetak dengan pasang iklan di bilboard adalah keduanya sama-sama menggunakan media gambar dan tulisan sehingga membuat calon pembeli dapat melihat iklan lebih lama dan memahami informasi di dalamnya dengan lebih spesifik.
Jangkauan pasar media cetak juga cukup luas walau pun juga terbatas. Luas karena penyebarannya bisa dikatakan hampir di seluruh wilayah Indonesia, namun terbatas karena tidak semua orang menyukai satu jenis media cetak. Walau pun begitu orang-orang yang sedang membutuhkan sesuatu akan cenderung melihat iklan dari media cetak yang mengkhususkan dirinya dalam bidang tertentu.
Misalnya orang yang akan membeli gawai baru pasti akan mencari media cetak yang membahas masalah gawai terkini dan ada banyak iklan pendukung di sana. Pemuatan iklannya juga sangat fleksibel. Namun masa tayangnya sangat terbatas, dihitung setiap terbitan saja. Berbeda dengan pasang iklan di bilboard yang biasanya setahun penuh.
Bilboard
Billboard merupakan media iklan selanjutnya yang biayanya bisa tergolong cukup murah karena sifat kontraknya yang satu tahun dan bisa diperpanjang. Selain itu sifat dari iklan bilboard juga sangat fleksibel.
Pasang iklan di bilboard juga membuat iklan yang ditawarkan lebih cepat diingat oleh masyarakat yang melihatnya. Hal ini berhubungan langsung dengan media gambar yang dibuat sangat eye-catching dan menarik serta kemungkinan dilihat yang lebih dari satu kali.
Kelebihan lain dari iklan bilboard adalah kemampuannya untuk bisa mengajak langsung calon pembeli potensial untuk membeli produk yang diiklankan. Media yang terbatas memang mengharuskan sifat dari iklan bilboard untuk bisa sepersuasif mungkin. Selain itu dengan media yang terbatas membuat pemasang iklan harus lebih kreatif menciptakan konten. Apa lagi durasi pandang iklan ini terbatas.
Membuat promosi yang dilakukan di pasang iklan di bilboard menjadi mudah diingat dan menarik juga merupakan tantangan. Saking gampangnya diingat, tak jarang pengguna jalan menggunakan bilboard ini ketika akan memberikan petunjuk arah. Jika sudah mencapai tahap ini berarti iklan bisa dianggap berhasil.
Online
Media online adalah media iklan yang paling murah dibandingkan dengan media iklan lainnya. Dengan memiliki gawai maka Anda bisa beriklan dengan tanpa batas. Anda bisa menggunakan iklan paid promote mau pun gratis dengan menggunakan semua akun media sosial yang Anda miliki.
Anda juga bisa menjual produk yang Anda tawarkan langsung kepada pembeli potensial Anda. Sifatnya yang langsung kepada target pasar ini membuat iklan menjadi lebih efektif. Sama dengan iklan bilboard, iklan secara online juga bisa dilakukan berkali-kali dan durasi pandangnya lebih lama dibandingkan bilboard.
Namun dengan semakin maraknya penipuan yang dilakukan pihak tak bertanggung jawab secara online membuat banyak calon pembeli yang ragu membeli dari situs online. Perlu banyak usaha dan kesabaran untuk menarik minat pembeli dengan berjualan secara online.
Dengan banyaknya pilihan media beriklan, maka tidak ada alasan lagi untuk berpuasa mengkampanyekan produk yang Anda miliki. Anda bisa memilih media iklan yang cocok untuk usaha dan target market Anda. Pastikan perencanaan dan kampanye yang aktif agar penjualan Anda meningkat.
Jika Anda menginginkan untuk pasang iklan di bilboard, pastikan Anda menggunakan jasa penyedia pembuatan iklan outdoor yang terpercaya dan menggunakan bahan berkualitas agar konstruksinya awet dan meminimalisasi biaya perawatan.