Pembuat Billboard Jakarta

Pembuat Billboard Jakarta – Dalam menjalankan suatu usaha atau marketing diperlukan adanya upaya promosi. Sampai saat ini upaya promosi outdoor masih menjadi primadona. Promosi atau iklan outdoor adalah upaya promosi dengan iklan yang dipasang atau diletakkan pada ruang terbuka seperti jalan raya, akses jalan tol, jembatan penyeberangan, dan lain sebagainya yang menjadi spot incaran iklan-iklan besar.

Pembuat Billboard Jakarta

Jenis-Jenis Media Promosi Dan Keutamaan Dari Billboard

Anda bisa menyimpulkan sendiri manfaat dilakukannya promosi dengan iklan outdoor. Berikut adalah alasan iklan outdoor masih digemari antara lain:

  1. Bersifat universal

Iklan outdoor lebih mampu menjangkau berbagai macam lapisan masyarakat. Jika dibandingkan dengan iklan media online, tentu saja iklan outdoor juga dapat menjangkau masyarakat yang belum memakai internet atau tidak familiar dengan adanya media maya atau media online.

  1. Tarif yang bersahabat

Memasang baliho atau billboard tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Bahkan billboard adalah media iklan dengan harga paling murah dengan manfaat yang besar.

  1. Tidak bisa dimatikan

Berbeda dengan iklan di televisi yang tampilannya diatur oleh waktu, iklan outdoor adalah iklan yang tidak bisa untuk dimatikan. Konten iklannya akan selalu bisa dilihat baik pagi, siang, sore, atau[un malam.

Jenis-jenis Media Promosi

Kegiatan promosi tentu memerlukan adanya sebuah media. Ada banyak jenis media promosi yang terdiri dari media cetak, media elektronik, dan media outdoor

  1. Media cetak

Contoh media cetak adalah Koran, majalah, jurnal, tabloid, dan poster. Berbagai macam media cetak tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.

  1. Media elektronik

Dengan perkembangan pesat dari media sosial dan internet saat ini, media elektronik dianggap menjadi media yang paling efektif dalam media iklan dan upaya promosi. Contoh media elektronik adalah website, Koran elektronik, dan media sosial facebook atau instagram.

  1. Iklan outdoor

Iklan outdoor adalah jenis iklan yang paling sering dijumpai. Jenis media iklannya yang paling sering digunakan untuk promosi adalah banner, billboard, dan baliho. Ketiga serupa namun tak sama, bahkan masih banyak orang yang menganggapnya sama dan belum mengetahui perbedaanya.

  1. Banner

Banner merupakan jenis media promosi cetak yang bisa biasa dipasang di ruangan terbuka, namun juga bisa dipasang di ruang tertutup tergantung pada tujuannya. Banner dicetak menggunakan dengan print digital yang biasanya berbentuk vertikal atau portrait. Banner sebenarnya dapat dikatakan sebagai bentuk sederhana dari baliho, karena ukuran banner yang lebih kecil dibandingkan dengan baliho ataupun billboard. Anda bisa menjumpai banner hampir disemua tempat, dan biasa banner selalu berada di toko-toko yang ramai seperti mall, bank, event suatu produk, salon, dan lain sebagainya. Banner cenderung banyak diminati karena fleksibilitasnya mudah untuk dipindah-pindah, awet, praktis, dan mudah digulung.

Adapun jenis bahan dalam mencetak banner adalah:

  • Flexi korea

  • Flexi cina

  • Flexi jerman

  • Adabros

  1. Billboard

Billboard merupakan media promosi  berupa iklan outdoor berukuran sangat besar. Billboard mudah menjadi pusat perhatian karena mudah dilihat. Jenis media promosi pembuat billboard Jakarta banyak digunakan oleh perusahaan skala besar seperti rokok.

  1. Baliho

Baliho bisa dikatakan sama dengan billboard karena ukurannya yang juga besar. Namun, tidak seperti billboard, baliho tidak dipasang untuk keperluan permanen atau hanya bersifat sementara. Untuk itu baliho bisa dengan mudah dilakukan bongkar pasang. karena itu, bukan berarti memasang baliho bisa dilakukan secara mudah. Memasang baliho bisa dikatakan gampang-gampang susah karena ukurannya yang besar bisa sangat rentan dan mudah diterpa oleh angin kencang. Jadi perlu kehati-hatian tinggi saat memasangnya. Cara memasang baliho sebenarnya cukup sederhana dengan alat yang harus ada antara lain kayu, logam, kain, dan fiber glass.

  1. Neon box

Media ini sangat cocok digunakan pada malam hari karena memiliki bentuk yang kotak dan diisi dengan cahaya lampu neon di dalamnya.

  1. Round tag

Merupakan media yang sering dipasang di tepi jalan dengan bahan dasar yang digunakan adalah banner.

Billboard Media Promosi Outdoor Paling Efektif

Billboard dirasa sebagai media promosi paling efektif karena pembuat billboard Jakarta selalu ditempatkan di tempat strategis. Perkembangan billboard juga semakin maju di era digital. Pemasangan billboard bermanfaat untuk menyampaikan pesan tentang suatu produk atau jasa sehingga mampu mendongkrak popularitasnya. Bahkan billboard juga menjadi bagian upaya kampanye atau sekedar ucapan memberikan selamat dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Billboard

Billboard yang disebut juga dengan papan reklame terus mengalami perkembangan seiring dukungan teknologi baru. Berikut adalah jenis-jenis billboard antara lain:

  1. Horizontal front light

Billboard dengan bentuk datar disertai lampu sorot di depan papan dan pondasi terbuat dari beton. Billboard horizontal front light sering dipasang di tempat umum.

  1. Vertical front light

Jenis billboard ini memiliki ukuran besar, memanjang dari atas ke bawah disertai lampu sorot di bagian depan, dan menggunakan pondasi beton.

  1. Horizontal black light

Hampir sama dengan jenis billboard sebelumnya, namun yang membedakan lampu sorotnya diletakkan di bagian belakang yang bertujuan agar tampilan billboard terlihat lebih elegan dan megah. Semakin menarik saat malah hari.

  1. Vertical black light

Sama dengan vertical front light hanya saja lampu sorot diletakkan di bagian belakang.

Promosi Menggunakan Billboard

Jika Anda tertarik untuk melakukan upaya promosi dengan memanfaatkan jenis billboard, sebelum memulainya Anda harus tahu terlebih dahulu cara promosi menggunakan billboard. Berikut adalah tips menggunakan billboard:

  1. Tentukan lokasi pemasangan billboard

Yang paling penting jika ingin memasang iklan pembuat billboard Jakarta adalah dipasang di lokasi yang tepat. Sebaiknya tidak meletakkannya di tempat yang tersembunyi, atau ditutupi oleh gedung-gedung yang tinggi karena tentu saja akan menyulitkan masyarakat untuk melihat dan mengetahui iklan yang Anda buat. Billboard sebaiknya dipasang di tempat terbuka yang luas dan ramai, misalnya di tengah atau di pinggir jalan sehingga langsung dapat dilihat oleh orang-orang yang melintas.

  1. Pesannya singkat dan jelas

Meskipun billboard berukuran besar, namun Anda harus tetap menuliskan kata-kata dengan singkat dan jelas. Dalam membuat tulisan di billboard gunakan tidak lebih dari delapan kata untuk satu kalimat. Karena dengan banyak tulisan, justru akan membuat orang yang melihatnya merasa kebingungan dan sulit untuk menangkap pesan.

  1. Kata mudah diingat

Iklan merupakan sebuah informasi singkat dan jelas. Jadi buatlah tulisan yang mudah unik ingat oleh konsumen misalnya slogan. Buatlah slogan sekreatif mungkin yang selalu akan diingat oleh konsumen, walaupun konsumen sudah tidak melihat iklan tersebut.

  1. Gunakan gambar

Gambar atau visual memang selalu mampu menarik perhatian dan mudah untuk diingat. Oleh karena itu, dalam pembuat billboard Jakarta dianjurkan untuk menggunakan banyak gambar dibandingkan dengan tulisan. Gunakan juga warna yang meriah sehingga mudah dilihat oleh pengguna jalan.

  1. Cantumkan alamat website atau nomor telepon

Untuk memudahkan konsumen, maka upayakan untuk memberikan petunjuk identitas seperti alamat website, nomor telepon, media sosial, dan lain sebagainya untuk dapat diakses langsung oleh konsumen.

Cara Memasang Billboard

Dalam memasang billboard juga harus mengikuti peraturan yang berlaku. Berikut adalah peraturannya antara lain:

  1. Isi

Peraturan dalam isi billboard adalah harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan juga benar. Bila menggunakan bahasa asing selain bahasa Indonesia, diwajibkan untuk memberikan terjemahan dalam bahasa Indonesia berukuran kecil di bagian bawahnya. Hal tersebut bertujuan agar informasi dalam pesan dapat diterima dengan jelas. Dalam isi juga ada peraturan lain selain bahasa yaitu:

  • Tulisan

Tulisan harus jelas meski dilihat dari jarak yang cukup jauh sekalipun. Kata juga harus dibuat dengan singkat, jelas, dan padat.

  • Gambar

Gambar harus sesuai dengan isi dalam billboard. Contohnya jika tujuannya adalah promosi kuliner maka gunakan gambar menu atau tempat makannya. Gambar juga harus sesuai dengan norma masyarakat sekitar.  Misalnya jika diperlukan gambar seorang model, maka model harus berpakaian sopan dengan tata krama.

  1. Lokasi

Tidak seluruh tempat boleh dipasangi billboard seperti gedung pemerintahan pusat atau daerah, tempat ibadah, tempat pendidikan, dan tempat-tempat lain yang bukan menjadi wilayah komersil. Pemerintah telah membatasi lokasi pemasangan billboard tergantung pada jenis produknya. Papan reklame atau billboard tidak diizinkan untuk dipasang pada pohon, karena dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan dari pohon itu sendiri. Selain itu pemasangan juga tidak boleh menggangu penerangan yang ada di jalan umum, tidak boleh dipasang pada tiang listrik, tiang komunikasi, tiang lampu merah, pagar pembatas jalan, tiang marka jalan, dan lain sebagainya. Konsekuensi jika Anda tetap melanggar peraturan tentang pemasangan reklame atau billboard, maka satpoll PP akan menurunkannya.

Cara Mengurus Izin Pemasangan Billboard

Peraturan dalam memasang billboard berada di masing-masing peraturan daerah. Setiap pihak yang ingin memasang billboard atau papan reklame harus mengantongi izin dari pemerintah setempat. Untuk mendapatkan izin tersebut, penyelenggara billboard harus mengajukan permohonan tertulis pada gubernur yang dilengkapi dengan persyaratan administrasi yang sudah ditetapkan. Adapun prosedur nya adalah

  • Mendatangi kantor dinas pendapatan daerah dan mengisi formulir wajib pajak

  • Setelah mendapatkan nomor wajib pajak, kemudian mengisi surat wajib pajak reklame untuk mendapatkan izin pemasangan reklame

  • Izin tersebut bisa diberikan pada pembuat billboard Jakarta

Pajak Billboard

Billboard menjadi andalan media promosi pengusaha besar di kota besar. Namun, tahukah Anda jika billboard yang dipasang di pinggir jalan memiliki tata tertib peraturan bahkan harus membayar sejumlah pajak. Namun, ada juga pembuat billboard Jakarta yang tidak wajib pajak yaitu :

  • Diselenggarakan oleh pemerintah

  • Nama tempat ibadah seperti gereja, masjid, dan panti asuhan

  • Tidak lebih dari 1 meter

  • Diselenggarakan oleh perwakilan dari luar negeri

Cara Menghitung Pajak Billboard

Pajak billboard adalah sebesar 25% dari nilai sewa atau tergantung pada faktor yang dapat mempengaruhi besaran nilainya seperti jenis reklame, lokasi, jumlah reklame, kategori kelas jalan, ukuran, jangka waktu pemasangan, bahan yang digunakan, dan waktu pemasangan.

Memang tidak mudah untuk dipungkiri jika perkembangan kemajuan suatu kota seringkali berkaitan dengan banyaknya papan reklame atau billboard yang berada di pinggir jalan strategis dari kota tersebut.

Sending
User Rating 5 (1 vote)

Leave a Reply

Call Now Button