Cara Pasang Billboard – Mungkin sering terlintas di benak masyarakat bagaimana memasang billboard yang berukuran besar dan berada di pinggir jalan. Tidak hanya itu, billboard yang tidak hanya dipajang sekali tentu butuh perawatan.
Kira-kira bagaimana cara memasangnya supaya tetap aman dan berapa biaya yang dibutuhkan. Untuk itu mari simak pembahasan berikut.
Langkah-langkah Cara Pasang Billboard
- Membuat fondasi
Langkah pertama yaitu membuat fondasi billboard dengan spek yang telah dihitung dan dipertimbangkan sebelumnya. Spesifikasi berupa ukuran seperti lebar dan tinggi billboard serta kekuatan fondasi dari material yang dapat menahan billboard tersebut. Contoh material yang bisa digunakan antara lain seperti beton dan besi karena konstruksinya kuat.
- Menancapkan papan billboard
Kemudian jika fondasi sudah dibuat, tancapkan dan angkat papan iklan billboard ke dalam fondasi. Pastikan papan tidak mudah lepas, gunakan alat berat untuk melakukan hal tersebut.
- Memasang iklan atau cetakan hasil digital printing
Jika papan iklan sudah terpasang sempurna, langkah selanjutnya yaitu menempelkan atau memasang iklan cetak digital printing pada muka papan. Saat pemasangan perhatikan keamanan serta keselamatan pekerja, karena harus menempelkan di tempat yang cukup tinggi. Untuk pemasangannya bisa menggunakan 4-5 tenaga kerja profesional.
Seluruh proses pemasangan di atas sebaiknya juga diawasi oleh petugas keamanan. Jalanan juga sebaiknya diamankan dari keramaian selama pemasangan berlangsung.
Syarat Izin Cara Pasang Billboard
- Mendapatkan Izin dari Gubernur: Penyelenggara iklan reklame harus memperoleh izin dari gubernur.
- Tidak Boleh Dipindah tangankan: Perizinan reklame harus dilakukan oleh yang bersangkutan atau tidak boleh dipindah tangan ke pihak lain.
- Izin terbatas: Adapun izin reklame yang diberikan dalam bentuk izin terbatas
- Perpanjangan Masa Izin: Penyelenggara dapat meminta izin perpanjangan reklame apabila dibutuhkan.
- Pemindahan Lokasi: Pemerintah setempat berhak mengalihkan lokasi pemasangan bila penyelenggara reklame tidak segera melakukan perpanjangan izin.
- Penggunaan Bahasa: Apabila penyelenggara menggunakan bahasa asing, sertakan juga bahasa Indonesia
- Mengikuti Syarat: Pihak penyelenggara wajib mengikuti syarat yang ditetapkan oleh pemerintah.
- Pelanggaran: Baik sebelum maupun sesudah izin dikeluarkan, penyelenggara tidak diperkenankan melanggar dan menentang aturan atau norma yang berlaku.
- Syarat Administrasi: Permohonan yang telah diajukan kepada instansi terkait harus segara ditandatangani oleh pemohon. Permohonan cara pasang billboard berisi materai, gambar, bentuk, tekstur, masa berlaku reklame, dan denah lokasi.
Jenis-Jenis Billboard
- Neon Box
Papan iklan ini mempunyai bentuk kotak dan berbahan material akrilik untuk layar yang berada di bagian belakang dan depan papan. Di dalam kotak terdapat lampu neon dan lampu TL agar tulisan pada akrilik dapat terlihat jelas oleh masyarakat.
- L.E.D Billboard
Merupakan jenis billboard pertama yang mengusung teknologi canggih dalam menampilkan gambar bergerak atau video dari pagi sampai malam hari. L.E.D billboard berisi konten dengan format JPEG dan audio visual berkualitas tinggi dan masuk ke dalam kategori OOH advertising digital.
- Geometrics
Menggunakan ilustrasi tiga dimensi, papan reklame geometrics bertujuan memberi kesan kepada pembaca untuk melihat billboard dari segala arah.
- Backlite dan Frontlite
Billboard jenis ini biasanya terletak di jalan tol atau di sisi jalan secara vertikal. Masyarakat dapat dengan mudah melihat berbagai jenis panel khususnya di kota-kota besar. Bentuk papan iklan yang umumnya tersedia yaitu frontlite vertikal dan frontlite horizontal.
- Inflatables
Mempunyai desain tiga dimensi, papan iklan ditempelkan pada papan reklame sehingga menjadi satu kesatuan.
- Poster Panel
Billboard ini diciptakan melalui proses produksi modern dari hasil fotografi dan desain profesional. Proses pencetakannya menggunakan kertas fleksibel yang menghasilkan poster panel yang lebih baik daripada painted bullentins. Poster panel terbuat dari bahan yang biasanya digunakan sebagai background iklan atau film di gedung bioskop.
- Neon Sign
Jenis billboard yang menggunakan lampu TL pada papan iklan berbentuk gambar atau teks. Sehingga ketika malam hari billboard tetap terlihat dan dapat dibaca oleh masyarakat.
- Prismatext
Billboard yang satu ini berisi tiga jenis iklan yang berbeda dalam satu papan. Iklan akan berganti secara otomatis dalam beberapa waktu pada papan. Namun papan ini hanya menampilkan satu jenis produk tertentu. Jadi hanya objek gambarnya saja yang berubah, bukan merek atau produk.
- Kinetic Board
Berbentuk segitiga, papan iklan ini bisa diputar dan mempunyai satu tiang. Sehingga, publik dapat melihat ketiga sisi dari arah yang berbeda-beda. Papan iklan ini memiliki tiga jenis iklan untuk masing-masing halaman.
- Painted Bullentins
Papan reklame ini menggunakan teknik manual yaitu airbrush. Penggunaan billbooard jenis ini sudah banyak ditinggalkan oleh penyewa papan billboard karena proses produksinya cenderung lama.
Tidak hanya itu, hasilnya pun kurang maksimal. Alasan yang paling mendasari adalah jenis papan iklan ini hasilnya tidak setara dengan biaya yang dikeluarkan.
Fungsi Billboard
- Media Promosi
Billboard digunakan oleh bisnis atau perusahaan sebagai media promosi yang diletakkan di luar ruangan supaya dilihat oleh masyarakat luas.
- Meningkatkan Penjualan
Bertujuan agar bisa dilihat banyak orang, maka akan semakin banyak yang tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga penjualan perusahaan atau bisnis dapat meningkat.
- Sarana Informasi
Tidak hanya untuk tujuan bisnis, billboard juga digunakan sebagai sarana bagi pihak tertentu untuk menyampaikan informasi bersifat sosial kepada masyarakat. Misalnya billboard informasi vaksin yang digunakan dinas kesehatan dan dipasang di sekitar jalan utama.
Ciri-ciri Billboard
- Ukuran Billboard
Memiliki ukuran yang cukup besar dengan perbandingan sebesar 2:3 untuk tinggi dan lebarnya.
- Penggunaan Warna
Umumnya billboard menggunakan warna kontras dengan tujuan supaya lebih mudah terlihat dan terbaca oleh banyak orang.
- Lokasi
Bilboard biasanya ditempatkan pada lokasi strategis, seperti di jalan utama, pertigaan, perempatan lampu merah, dan area lain yang sering dilewati banyak orang.
- Huruf dan Ilustrasi
Huruf dan ilustrasi pada billboard dibuat dengan ukuran besar sehingga dapat dengan mudah menarik perhatian baik pengendara atau pejalan kaki.
Tips Membuat Billboard yang Menarik
- Penggunaan Font
Disarankan menggunakan jenis fons bold sans serif, ukuran yang besar, serta warna yang kontras.
- Teks Putih
Penggunaan teks putih pada latar belakang berwarna membuat tulisan tampak timbul dan lebih mudah terlihat oleh pembaca.
- Visual
Penggunaan visual yang menarik akan menarik atensi masyarakat. Visual menciptakan emosi tersendiri sehingga dapat meninggalkan kesan lebih dalam dan mudah diingat. Penerapan visual yang baik merupakan salah satu strategi cara pasang billboard baik yang harus diperhatikan pihak penyelenggara.
- Komunikasi Cepat
Papan billboard biasanya memuat iklan dengan durasi pendek bahkan hanya dalam hitungan detik saja. Dalam hal ini pastikan Anda sudah menyusun konsep iklan yang jelas dan padat untuk meninggalkan kesan pada pembaca.
Itulah persyaratan serta cara pasang billboard harus Anda ketahui. Jika Anda butuh jasa pasang billboard legal dan amanah cukup hubungi Sinergi Media. Kami adalah jasa reklame dan advertising profesional di 0812 8553 5200 atau email ke info@sinergimedia.co.id.