Billboard Advertising Jakarta – Ketika sebuah perusahaan ingin meraih kesuksesan dalam produk atau jasa yang dimiliknya maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan promosi. Dalam melakukan promosi ini ada jenis promosi yang efektif untuk mendapatkan banyak konsumen, yakni dengan menggunakan billboard advertising Jakarta kualitas terbaik. Banyak sekali perusahaan yang mencari jasa billboard advertising karena dinilai lebih efektif dan efisien dalam mendatangkan banyak konsumen.
Billboard advertising ini merupakan jenis media promosi di luar ruangan dengan ukuran yang sedang hingga sangat besar. Billboard biasanya berbentuk poster dengan ukuran yang besar dan penempatannya pada area yang tinggi. Ciri khas dari billboard lainnya adalah pada penempatannya, yakni di daerah yang ramai dan sering dilalui oleh banyak orang. Billboard ini merupakan jenis media promosi luar ruangan yang paling sering digunakan.
Tips saat Pasang Billboard Advertising Jakarta
Isi Pesan yang Cerdas
Saat akan memasang billboard advertising Jakarta usahakan agar isi pesan yang disampaikan cerdas sehingga billboard akan berkesan berkualitas. Billboard dengan isi pesan yang cerdas akan terlihat lebih menarik dan mengesankan, sehingga tidak mudah dilupakan oleh audiens. Jika billboard yang ditayangkan memiliki isi pesan yang membosankan atau terlihat biasa saja maka akan diabaikan oleh masyarakat.
Namun, yang perlu diperhatikan dalam membuat isi pesan yang cerdas ini ialah tidak boleh terlalu jenius karena dikhawatirkan akan menyesatkan pola pikir audiens. Selain isi pesan yang terlalu jenius, jangan mengisi billboard dengan pesan yang bisa menimbulkan multitafsir karena akan membuat audiens bingung. Akhirnya isi pesan yang diharapkan tidak bisa tersampaikan dengan baik. Visual yang terlalu kompleks juga tidak baik untuk sebuah billboard karena akan terlihat membosankan.
Jumlah yang Banyak
Berbeda dengan jenis media promosi lainnya, dalam billboard ternyata kuantitas menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jika Anda akan memasang billboard advertising Jakarta, maka semakin banyak billboard yang dipasang akan semakin baik. Pemasangan dalam jumlah yang banyak ini dimaksudkan agar billboard dapat menarik perhatian masyarakat.
Dengan jumlah yang banyak ini tentunya iklan pada billboard yang berisi produk atau layanan dari perusahaan akan dengan cepat dikenal oleh publik. Selain itu, billboard yang dipasang dalam jumlah yang banyak juga akan meningkatkan rasa penasaran calon konsumen yang sebelumnya tidak begitu peduli dengan billboard yang ditayangkan.
Setiap billboard yang ditayangkan memiliki rating atau Gross Rating Points. Rating pada billboard diperoleh melalui ukuran billboard, visibilitas, lokasi, dan juga lalu lintas tempat billboard tersebut ditayangkan. Semakin tinggi rating sebuah billboard maka biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan klien juga semakin besar. Hal ini sebanding dengan apa yang telah diperoleh, yakni kepopuleran produk atau jasa.
Sehingga, bagi perusahaan klien ada baiknya untuk memasang billboard dalam jumlah yang banyak. Pengaruh yang ditimbulkan dari pemasangan satu buah billboard dengan lima sampai enam billboard tentunya akan sangat berbeda.
Kreativitas yang Tinggi
Ketika akan membuat billboard advertising Jakarta dibutuhkan kreativitas yang tinggi agar billboard yang ditayangkan mampu meraih kesuksesan. Selain memasang billboard dalam jumlah yang banyak Anda diperbolehkan untuk menyalurkan daya kreativitas tanpa batas dalam mendesain billboard. Ide-ide kreatif yang Anda miliki dapat disalurkan untuk bagian isi pesan maupun desain dari billboard itu sendiri.
Untuk idealnya, sebuah billboard memiliki bentuk yang datar. Namun, Anda bisa mengkreasikannya sendiri agar billboard tersebut memiliki tampilan yang berbeda dari biasanya. Sesuatu yang tampil unik atau berbeda dengan yang lain pasti menjadi pusat perhatian, hal ini berlaku juga dalam pembuatan billboard. Adapun jenis billboard yang dapat Anda kreasikan misalnya bentuk tiga dimensi atau billboard yang bisa bergerak dan sebagainya.
Adanya Aspek Lintas Media
Dalam pemasangan billboard advertising Jakarta sebaiknya pertimbangkan aspek lintas media agar ciri khas dari perusahaan dapat diingat dengan jelas oleh audiens. Ciri khas dari perusahaan klien dapat dilihat dari simbol-simbol yang digunakan secara konsisten pada setiap iklan yang ditayangkan, baik itu di billboard, televisi, bangunan HBO, di sisi bus, dan juga sampul sebuah majalah.
Simbol yang konsisten ini secara tidak langsung juga berfungsi sebagai media promosi perusahaan klien. Ketika perusahaan klien meluncurkan produk atau jasa terbaru maka akan segera dikenal oleh publik jika menggunakan simbol perusahaan yang sudah lama digunakan. Simbol-simbol yang konsisten ini juga sering digunakan sebagai acuan bagi orang yang melintas di area jalan tertentu, secara otomatis ini menjadi sebuah proses promosi yang efektif.
Bukan Respon Langsung
Dalam pemasangan billboard advertising Jakarta ada hal yang perlu diperhatikan, yakni terkait dengan respon yang diperoleh dari audiens. Sama seperti reklame pada umumnya, billboard merupakan media promosi sekunder yang tidak memungkinkan terjadinya respon secara langsung dari audiens. Media promosi billboard ini ideal digunakan untuk promosi sebuah merek, jasa, dan untuk mendukung kampanye.
Namun, billboard tidak bisa mendapatkan respon langsung dari audiens berupa percakapan atau yang lainnya. jika Anda ingin menayangkan iklan yang mendapatkan respon secara langsung dari audiens bisa menggunakan media iklan lainnya, seperti televisi, website, brosur, radio, dan media promosi cetak lainnya. Jika billboard tetap menjadi pilihan utama Anda dalam beriklan maka respon langsung dari audiens tidak akan pernah di dapatkan. Namun, Anda bisa mengkombinasikan dengan memasang iklan di berbagai media.
Tarik Perhatian Audiens dengan Benar
Saat akan memasang billboard advertising Jakarta usahakan agar bisa menarik perhatian audiens dengan benar dan bijak. Sasaran utama dari pemasangan iklan melalui billboard ialah para pengendara mobil, motor, sepeda, dan juga pejalan kaki. Sehingga penting untuk memperhatikan keselamatan pengendara dan pejalan kaki yang melintasi billboard tersebut. Jangan sampai Anda memasang iklan billboard yang bisa merusak konsentrasi berkendara, karena bisa berakibat fatal.
Para advertiser yang ingin billboard yang mereka pasang menarik perhatian para pengendara dan pejalan kaki banyak yang belum mau bertanggung jawab dengan resiko kecelakaan yang mungkin terjadi. Bagi para advertiser usahakan untuk bisa menarik perhatian audiens dengan menayangkan billboard yang berkualitas dan tidak mengganggu konsentrasi dalam berkendara, karena keselamatan publik jauh lebih penting.
Banyaknya Kata
Dalam pemasangan billboard advertising Jakarta Anda juga perlu memperhatikan jumlah kata yang digunakan dalam sebuah billboard. Dikarenakan billboard merupakan media promosi yang akan menentukan berhasil tidaknya sebuah produk atau jasa dalam menjangkau konsumen, maka jumlah kata yang ada pada billboard harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh.
Waktu maksimal yang dapat digunakan untuk melihat sebuah billboard advertising Jakarta adalah enam detik. Sehingga dalam enam detik tersebut Anda hanya membutuhkan enam kata agar semua informasi dapat tersampaikan kepada audiens. Adanya penambahan tulisan-tulisan berupa paragraf kecil akan percuma karena tidak akan terbaca dalam waktu yang relatif singkat tersebut.