Biaya Pasang Umbul-umbul – Banyaknya jenis media promosi yang ada menjadikan perusahaan harus pandai-pandai dalam memilih media promosi yang benar-benar mampu membuahkan hasil yang optimal. Salah satu media promosi luar ruangan yang populer bagi para pelaku bisnis adalah umbul-umbul. Hal ini menjadikan biaya pasang umbul-umbul banyak dicari oleh orang yang hendak mempromosikan produk atau jasa yang dimilikinya.
Umbul-umbul merupakan salah satu bentuk reklame yang sering dijumpai di kanan dan kiri jalan raya. Dalam suatu acara, umbul-umbul menjadi hal yang sangat penting karena berfungsi sebagai sarana promosi dan publikasi. Dengan adanya umbul-umbul ini maka acara yang akan diselenggarakan bisa lebih meriah dan berjalan dengan lancar.
Tentang Umbul-umbul dan Biaya Pasang Umbul-umbul Terbaik
Pengertian Umbul-umbul
Sebelum membahas tentang biaya pasang umbul-umbul ada baiknya untuk diketahui terlebih dahulu tentang pengertian dari umbul-umbul. Mungkin bagi sebagian orang pengertian umbul-umbul ini masih sering tertukar dengan jenis reklame lainnya. Umbul-umbul merupakan bendera yang memiliki warna beraneka ragam dan dipasang memanjang ke atas. Umbul-umbul memiliki bentuk yang meruncing pada bagian ujungnya.
Pemasangan umbul-umbul biasanya ditujukan untuk memeriahkan suatu acara agar terlihat menarik dan untuk menarik perhatian masyarakat. Sebenarnya, pemasangan umbul-umbul dilakukan ketika ada kegiatan hari besar dan untuk tujuan dekoratif lainnya. Namun, karena memiliki bentuk yang menarik perhatian menjadikan banyak orang menggunakan umbul-umbul sebagai salah satu media periklanan yang mampu menarik perhatian publik.
Model Umbul-umbul
Bahasan selanjutnya tentang umbul-umbul dan biaya pasang umbul-umbul adalah berkaitan dengan model umbul-umbul yang biasa digunakan oleh masyarakat. Umbul-umbul ini memiliki beberapa macam, yakni umbul-umbul T banner, umbul-umbul kibar, dan umbul-umbul pohon. Umbul-umbul T banner memiliki bentuk yang elegan dengan konstruksi yang kokoh karena terbuat dari besi.
Untuk umbul-umbul kibar memiliki desain yang beraneka ragam dengan disertai kontruksi yang sederhana karena hanya terbuat dari bambu. Umbul-umbul kibar banyak digunakan ketika memperingati hari besar atau event tertentu. Bagi perusahaan yang ingin mempromosikan produknya dalam jangka waktu pendek bisa menggunakan umbul-umbul kibar sebagai salah satu medianya.
Sedangkan untuk umbul-umbul pohon merupakan jenis umbul-umbul yang paling sederhana, karena biaya yang dikeluarkan sangat minim. Kegunaan umbul-umbul pohon hampir sama dengan umbul-umbul kibar, yakni untuk hari besar, event, dan juga media promosi jangka pendek. Yang membedakannya adalah pemasangannya, karena umbul-umbul pohon di pasang pada pohon-pohon di tepi jalan raya.
Jenis Kain Umbul-umbul
Bagian berikutnya dari umbul-umbul dan biaya pasang umbul-umbul adalah pada jenis kain yang digunakan untuk membuat umbul-umbul. Ada empat jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat umbul-umbul, yakni bahan kain umbul-umbul TC 1, TC 2, poly A, dan poly B. Untuk bahan kain umbul-umbul TC 1 sering digunakan sebagai kain bahan umbul-umbul konstruksi 60/40 yang memiliki hasil kuat dan tahan lama.
Untuk bahan kain umbul-umbul TC 2 banyak digunakan untuk pembuatan keperluan seperti kain bendera, kain spanduk, dan sebagainya. Lalu, untuk bahan umbul-umbul poly A memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan bahan TC, sehingga sesuai digunakan untuk kegiatan jangka pendek dengan jumlah umbul-umbul yang banyak.
Kemudian untuk bahan umbul-umbul poly B biasa digunakan untuk membuat spanduk jangka pendek, karena memiliki harga yang murah jika dibandingkan dengan jenis kain bahan umbul-umbul lainnya.
Manfaat Pemasangan Umbul-umbul
Kemudian yang selanjutnya dari umbul-umbul dan biaya pasang umbul-umbul adalah pada manfaat yang diperoleh. Pada dasarnya manfaat pemasangan umbul-umbul hampir sama dengan manfaat pemasangan reklame pada umumnya, yakni untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Salah satu manfaat pemasangan umbul-umbul yang paling menonjol adalah untuk mengenalkan produk perusahaan kepada masyarakat secara luas.
Manfaat lainnya dari pemasangan umbul-umbul ialah untuk mendorong masyarakat agar tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Jika sebuah produk atau jasa sudah dikenal masyarakat secara umum maka bisa mendatangkan pelanggan tetap yang akan selalu membeli produk atau jasa yang Anda produksi. Selain itu, dengan memasang umbul-umbul reputasi perusahaan bisa meningkat ke arah yang lebih baik. Hal ini karena produk yang ditawarkan akan dikenal oleh konsumen dan juga investor.
Kelebihan Umbul-umbul
Dari pembahasan tentang umbul-umbul dan biaya pasang umbul-umbul yang selanjutnya ialah tentang kelebihan umbul-umbul. Umbul-umbul memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh media promosi lainnya seperti mudah dilihat karena berada di tempat publik, seperti di tepi jalan raya. Umbul-umbul juga tahan terhadap segala macam cuaca, baik hujan maupun panas.
Dari biaya yang dikeluarkan, umbul-umbul tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan media promosi lainnya seperti pada saat memasang iklan di radio, koran, televisi, dan lain sebagainya. Ketika sedang berlangsung suatu acara maka dengan memasang umbul-umbul secara otomatis akan menjadi tanda bahwa di tempat tersebut sedang berlangsung sebuah event.
Selanjutnya dari segi biaya pasang umbul-umbul jauh lebih murah jika dibandingkan dengan media promosi lainnya ketika melakukan perizinan pada pemerintah. Selain itu, umbul-umbul dapat dengan mudah dipasang dan dilepas. Karena kemudahan ini menjadikan umbul-umbul sebagai media promosi yang fleksibel untuk bisa dibawa kemana saja dan kapan saja.
Pemilihan Umbul-umbul
Biaya pasang umbul-umbul yang tergolong murah bukan berarti tidak ada hal penting yang harus diperhatikan saat akan memasang umbul-umbul untuk sebuah event atau promosi. Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih umbul-umbul adalah dengan memperhatikan desain yang dimiliki. Desain umbul-umbul yang baik ialah terlihat komunikatif dan sesuai dengan event yang diselenggarakan.
Selain desain yang komunikatif, pemilihan material juga menjadi hal yang patut Anda perhatikan jika akan membuat umbul-umbul. Memilih bahan umbul-umbul yang sesuai dengan fungsinya merupakan pilihan yang bijak. Misalnya umbul-umbul yang digunakan untuk peringatan hari besar maka pilihlah jenis kain poly A. Sedangkan untuk media promosi jangka panjang bisa menggunakan jenis kain TC 1 yang lebih awet.
Waktu Pembuatan Umbul-umbul
Pada saat akan memesan umbul-umbul ke jasa advertising ada baiknya untuk memperhitungkan waktu yang dibutuhkan terlebih dahulu. Usahakan untuk memesan umbul-umbul dengan ketersediaan waktu yang masih memadai. Perhitungan waktu pembuatan umbul-umbul ini disesuaikan dengan jumlah umbul-umbul yang dipesan serta sistem cetak umbul-umbul yang dipilih.
Pengurusan Pajak Umbul-umbul
Pengurusan pajak harus dipertimbangkan dengan bijak, karena orang yang tidak sportif bisa saja menggunakan kesempatan ini untuk berbuat curang. Pada saat Anda membayar pajak reklame untuk sepuluh hari, tetapi setelah satu hari reklame tersebut telah lenyap.
Membahas tentang biaya pasang umbul-umbul maka tidak terlepas dari pengurusan pajak pemasangan umbul-umbul. Dalam hal pemasangan umbul-umbul ada hal lain yang menyertainya seperti cara memasang, membongkar, dan izin pemasangan. Dalam hal mengurus pajak umbul-umbul Anda harus mempercayakannya pada orang yang sudah memiliki pengalaman dan sportivitas tinggi dalam hal pemasangan reklame.