Plang Nama Jalan dari Kayu

Plang Nama Jalan dari Kayu – Meskipun tampaknya sederhana, plang nama jalan dari kayu memiliki peranan yang sangat penting. Tanpa adanya plang penunjuk jalan, seseorang bisa tersesat dan gagal menemukan lokasi yang ingin dituju. Sayangnya, masih banyak jalan di Indonesia yang tidak dilengkapi dengan plang nama jalan.

Plang Nama Jalan dari Kayu

Jika Anda tinggal di area yang tidak memiliki plang nama jalan, bisa jadi Anda sering menemui orang-orang yang menanyakan arah jalan. Hal ini bisa diatasi dengan memasang plang nama jalan yang bisa membantu para pengguna jalan untuk menemukan tempat tujuan mereka dengan mudah.

Keunggulan Papan Nama Jalan dari Bahan Kayu

Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan plang atau papan nama jalan. Misalnya, Anda bisa menggunakan alumunium, kayu, acrylic, dan bahkan seng. Dan tentu saja, bahan yang paling disukai adalah kayu karena bahan ini memiliki berbagai keunggulan.

Beberapa keunggulan dari bahan kayu antara lain adalah:

  • Mudah untuk dibentuk
  • Mudah diberi warna menggunakan berbagai jenis cat
  • Berkualitas dan kuat
  • Tampak berkelas

Sayangnya, bahan kayu bukan tanpa kekurangan. Adapun beberapa kekurangan dari plang atau papan nama jalan yang terbuat dari kayu antara lain:

  • Berat, terlebih jika terbuat dari kayu yang berkualitas dan kuat
  • Lemah dalam menghadapi perubahan cuaca
  • Rentan diserang oleh hama

Jika Anda ingin membuat plang nama jalan di depan kediaman Anda tampak menarik dan unik, kayu merupakan pilihan bahan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Sebelum memesan papan nama jalan kayu, pastikan Anda mengetahui bahan terbaik yang bisa digunakan untuk pembuatan plang.

Berbagai Bahan Berkualitas untuk Plang Nama Jalan dari Kayu

Kayu yang telah digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai dekorasi dan furniture hadir dalam berbagai jenis. Beberapa diantaranya cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan papan nama jalan. Berikut beberapa jenis kayu yang bisa Anda pilih untuk membuat plang nama jalan.

  • Kayu Ulin

Disebut juga sebagai kayu besi, kayu ulin termasuk dalam kategori kayu keras. Jenis kayu ini hadir dalam warna coklat muda. Yang istimewa dari kayu ulin adalah tidak adanya perawatan khusus yang diperlukan oleh jenis kayu ini.

Tidak seperti kayu jati, kayu ulin tidak memiliki serat yang terlihat jelas. Jika Anda menginginkan papan nama jalan yang memiliki tekstur menarik, Anda perlu mempertimbangkan kayu jati. Kayu ulin juga mempunyai kelemahan berupa keretakan seukuran rambut pada permukaannya.

  • Kayu Meranti

Papan kayu yang satu ini mempunyai karakteristik yang keras tetapi bobot yang ringan hingga sedang. Kayu meranti hadir dengan berbagai warna seperti merah kecoklatan, merah tua, dan merah muda. Kayu jenis ini memiliki ketahanan yang tinggi untuk digunakan sebagai plang jalan.

  • Kayu Bengkirai

Nama lain dari kayu ini adalah kayu balau. Kayu bengkirai berwarna kuning kecoklatan dengan inti yang lebih gelap daripada bagian luar kayu. Kayu bengkirai mempunyai serat yang lurus dan panjang. Sifatnya yang keras membuatnya cocok untuk digunakan di luar ruangan sebagai plang.

  • Kayu Punak

Kayu punak sangat populer di Indonesia dan disukai karena karakteristiknya yang tahan cuaca dan air. Kayu jenis ini juga padat dan memiliki kualitas yang sangat bagus. Dibandingkan dengan bahan papan nama jalan kayu yang lain, papan dari kayu punak tersedia dengan harga lebih terjangkau.

  • Kayu Kamper

Karena akan digunakan di luar ruangan, Anda perlu menggunakan papan kayu yang tahan rayap dan awet, seperti kayu kamper. Dengan tekstur yang kasar, kayu ini sering digunakan dalam pembuatan furniture. Anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan papan nama jalan.

  • Kayu Jati Belanda

Papan kayu ini juga dikenal dengan sebutan kayu pinus dan sering digunakan dalam pembuatan furniture karena memiliki bobot yang ringan, warna cerah cantik, serta serat yang halus yang memudahkannya untuk diolah. Keawetan papan kayu pinus ini juga bisa diandalkan.

  • Kayu Borneo

Yang termasuk dalam jenis kayu ini antara lain kayu afrika, kayu karet, dan kayu albasia. Kayu Borneo hadir dengan warna khas putih kekuningan, tekstur yang lunak hingga keras, serta bobot yang berat. Anda bisa menggunakan kayu jenis ini untuk membuat plang nama jalan dari kayu.

  • Kayu Merbau

Merupakan bahan alternatif untuk menggantikan kayu jati. Kayu jenis ini memiliki warna coklat dengan semburat kuning dan merah. Beberapa kayu merbau bahkan memiliki warna kelabu yang mendekati hitam. Kayu merbau memiliki tekstur yang menyerupai garis lurus putus-putus.

Pembuatan papan nama jalan dari kayu merbau memang sedikit melelahkan. Tetapi kayu jenis ini membutuhkan lebih sedikit perawatan. Kualitasnya yang hampir menyamai kayu jati membuat harga kayu merbau juga hampir menyerupai harga papan kayu jati.

  • Kayu MDF

Merupakan singkatan dari Medium Density Fiber, jenis kayu ini adalah kayu olahan tetapi seringkali digunakan dalam pembuatan furniture. Kayu MDF memiliki ikatan partikel yang kuat, permukaan halus, serta bobot yang ringan yang membuatnya mudah untuk diolah menjadi furniture dan plang.

Bahan kayu yang mana yang akan Anda gunakan untuk membuat plang nama jalan? Sebelum menentukan pilihan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan Kami di https://sinergimedia.co.id/. Kami akan membantu Anda menentukan bahan apa yang paling baik untuk pembuatan plang jalan.

Mengapa Menggunakan Jasa Sinergi Media?

Selain papan nama jalan dari kayu, Kami juga menyediakan jasa pembuatan berbagai produk seperti letter sign, neon box, pylon sign, dan lain sebagainya. Anda bisa menghubungi kami melalui email, telepon, atau WhatsApp untuk mendapatkan detail yang lebih lengkap dan jelas.

Sinergi Media memiliki pengalaman dalam pembuatan plang nama jalan dari kayu. Anda bisa membuat jalan di depan rumah Anda tampak lebih menarik dan bahkan artistik dengan papan nama jalan unik berbahan dasar kayu. Anda bahkan bisa membuat plang nama jalan sesuai keinginan Anda.

Misalnya, Anda boleh memilih bahan kayu sesuai dengan selera Anda. Jika Anda menginginkan plang nama jalan yang tahan lama serta berkualitas, Anda bisa memesan plang nama dari bahan kayu jati. Tapi jika kayu jati terasa mahal, Anda bisa memilih plang nama dari kayu kelapa atau kayu mahoni.

Plang Nama Jalan dengan Variasi Desain

Tidak seperti plang nama jalan yang terbuat dari bahan logam, plang nama jalan yang terbuat dari kayu bisa memberikan berbagai pilihan desain. Misalnya, Anda bisa membuat plang nama jalan dengan tulisan atau font ukiran indah yang tidak mungkin bisa Anda dapatkan bila memilih bahan logam.

Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa plang nama jalan bertujuan untuk memudahkan pengguna jalan mendapatkan petunjuk arah yang jelas. Jadi, pastikan jenis font atau ukiran yang Anda pilih dapat mudah dimengerti oleh semua pengguna jalan, baik yang muda maupun yang sudah berusia lanjut.

Leave a Reply

×