Plang Nama Pondok Pesantren

Plang Nama Pondok Pesantren – Untuk anda yang saat ini sedang mencari jasa pembuatan plang nama pondok pesantren. Anda bisa memilih teknik pembuatan plang nama yang bagaimana. Apakah ingin yang di sablon atau di tulis secara manual, nah disini kami akan membahas mengenai cara pembuatan plang nama dengan menggunakan metode sablon manual, yuk simak ulasannya berikut ini.

Plang Nama Pondok Pesantren

Cara Membuat Plang Nama Pondok Pesantren Dengan Cara Manual

Pembuatan plang nama pondok pesantren dengan cara manual itu berarti pengerjaannya dilakukan secara langsung tanpa adanya bantuan mesin. Nah, teknik membuatnya anda bisa memanfaatkan karton atau kertas yang memiliki ketebalan dan kelebaran di atas rata-rata, langkah selanjutnya adalah membuat sebuah mall dengan bahan dasar dari karton. Jika anda tidak ingin repot-repot membuatnya, anda bisa membelinya di toko yang menyediakan peralatan atk.

Pasti banyak yang bertanya-tanya apa sih sebenarnya fungsi dari plang nama pondok pesantren itu? Papan nama dibuat untuk melihatkan identitas dari sebuah lembaga yang menaungi dan dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan kepada masyarakat, supaya mereka mengetahui keberadaan dari pesantren tersebut

Manfaat Pembuatan Plang Nama Pondok Pesantren Dengan Metode Sablon Secara Manual

Pasti anda pernah melihat plang nama sebuah pondok pesantren. apakah Anda pernah berpikir bagaimana cara membuatnya, jika belum, kami akan membahas mengenai manfaat pembuatan plang nama yang dibuat dengan metode manual. Yang  apa-apa dikerjakan secara manual pastilah menghasilkan karya yang jauh lebih bagus. Dan pastinya anda tidak perlu banyak mengulang membuat plang nama dengan teknik dua wajah, kanan dan kiri.

Manfaat Menggunakan Plang Nama Pondok Pesantren Dari Papan Kayu

Berikut ini adalah manfaat membuat plang nama dengan bahan dasar kayu:

  • Membuat plang nama pondok pesantren dari bahan kayu, pastinya akan lebih awet. Karena saat papan tersebut dicat tidak akan mudah untuk terkelupas, walaupun cuaca sering berubah-ubah setiap harinya. Sangat berbeda jika anda menggunakan plang yang terbuat dari seng tentunya jika di cat papan tersebut tidak akan bertahan lama.

  • Dengan memilih plang dari bahan dasar kayu, hasilnya pun akan jauh lebih indah. Karena anda bisa dengan mudah untuk mengatur desain dan tulisannya. Dan jangan lupakan anda bisa memilih cat yang anda inginkan.

  • Penampilannya lebih maksimal

Alat-Alat Yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Plang Nama Pondok Pesantren Dari Kayu

  1. Papan yang sudah jadi dan siap pakai

  2. Kertas karton yang akan dijadikan sebagai kanvas untuk membantu proses penyablonan

  3. Cutter atau pisau kecil, pastikan benar-benar tajam

  4. Pensil

  5. Penghapus

  6. Pena

  7. Penggaris

  8. Lakban yang bening dan lakban double yang akan berfungsi untuk menempelkan mall

  9. Jangkar, jika anda tidak mempunyai, anda bisa menggantinya dengan peralatan dapur yang akan membantu anda untuk membuat lingkaran

  10. Cat, pastikan yang berkualitas terbaik

  11. Kuas dengan ukuran tanggung dan kecil

  12. Spidol

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan papan, pastikan anda sudah membersihkannya terlebih dahulu. setelah itu anda bisa mengecatnya dengan memilih warna alat atau bisa disesuaikan dengan selera anda. sebaiknya anda mengetahui nama-nama background terlebih dahulu. hal tersebut dilakukan supaya anda bisa mengetahui warna plang  yang resmi.

Misalnya saja anda akan membuat plang nama pondok pesantren, sebaiknya warna yang anda pilih adalah warna hijau. Anda bisa melakukan pengecatan dengan memilih cat yang biasanya diaplikasikan pada besi dan pastikan cat yang anda pilih haruslah berkualitas. Jangan memilih yang murahan. Karena cat adalah salah satu penentu kualitas sebuah produk.

Langkah selanjutnya setelah anda selesai melakukan pengecatan, anda bisa membuat logo dari lembaga pesantren tersebut, anda bisa membuat mall kemudian menyablonnya. Karena peralatan sangat terbatas sebaiknya anda memanfaatkan kreativitas tangan anda. dengan bantuan cutter anda bisa membuat logo tersebut dari kertas karton.

Sebaiknya anda menggambar terlebih dahulu logonya, setelah itu anda bisa menyesuaikan dengan plang yang anda buat. Sebenarnya caranya cukup mudah anda bisa menggaris untuk di lubangi pinggirannya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda saat melakukan pengecatan supaya  cat bisa menembus ke permukaan dari papan tersebut.

Nah, setelah anda selesai membuat mall logo dari pondok pesantren, langkah selanjutnya anda bisa memasangnya ke dalam papan yang sudah anda buat sebelumnya. Biasanya logo diletakkan pada sisi kiri, anda bisa melakukan pengecatan. Untuk memudahkan pekerjaan, anda bisa memanfaatkan busa yang bisa meresap cat.

Setelah memilih busa yang baik, anda bisa menempelkan busa tersebut ke dalam cat yang sudah anda sediakan. kamu bisa menekan atau hanya menutupnya saja. Namun, pastikan semua cat bisa merata dengan baik.

Anda bisa membuat mall lagi dari kertas karton yang akan dibuat untuk nama pesantren, biasanya permintaan konsumen paling banyak meminta tulisan arab atau latin. Nah untuk membuat tulisan latinya anda bisa menggunakan model tulisan dengan font adobe garamond pro.

Anda bisa melakukan bagian lainnya dengan cara yang sama tentunya, setelah anda menyelesaikan satu sisi, anda bisa melanjutkannya ke tahap lainnya. anda juga tidak perlu membuat mall lagi. Memang pembuatan plang nama pesantren dengan cara manual ini paling menyita waktu pada tahap pembuatan mallnya. Namun sebuah proses tidak akan menghianati hasil, terbukti hasilnya sangat indah dan memuaskan.

Setelah anda melakukan serangkaian penyablonan secara manual, dengan menggunakan mall, anda bisa memesan tiang papan tersebut, jadi anda tidak perlu repot-repot membuat tiangnya.

Manfaat Plang Nama Pondok Pesantren

Pastinya anda sudah banyak menjumpai yang namanya plang nama, baik papan tersebut berisi mengenai promosi sebuah produk atau pemberitahuan adanya sebuah tempat yang paling banyak dicari, misalnya saja plang nama pondok pesantren. Lantas, apakah anda mengetahui dari manfaat dari plang nama pesantren itu sendiri. Jika anda masih bingung, anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

  • Plang nama pondok pesantren biasanya dibuat untuk memberitahu kepada masyarakat yang melintas di sekitar lokasi tersebut, jika ada berdiri sebuah pondok pesantren

  • Plang nama juga digunakan sebagai media promosi.

Fungsi Pembuatan Plang Nama Pondok Pesantren

Plang nama pondok pesantren berfungsi untuk media pasif yang bisa digunakan sebagai ajang promosi, karena sebuah plang bisa melakukan interaksi secara tidak langsung kepada masyarakat yang melintas di sekitar lokasi tersebut. Mereka pasti secara tidak sengaja membaca informasi yang ditampilkan dalam palang tersebut. Biasanya plang pesantren itu berisi mengenai nama pesantren yang bertuliskan arab dan juga latin, logo pesantren dan informasi yang terkait dengan pesantren tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membuat plang nama pondok pesantren semoga informasi di atas bisa membantu anda. terima kasih.

No Responses

Leave a Reply

× WhatsApp Chat