Biaya Pasang Iklan Baliho – Semua pengusaha pasti membutuhkan iklan untuk meningkatkan kesejahteraan perusahaannya. Semua bidang pasti akan membutuhkan kampanye iklan untuk mendongkrak pemasukan mereka. Salah satu media yang dipilih untuk iklan adalah baliho. Dibandingkan dengan memasang bilboard, biaya pasang iklan baliho terbilang lebih murah.
Promosi tidak terbatas pada menawarkan barang saja tetapi juga menawarkan jasa, karena pada dasarnya promosi adalah usaha mengenalkan sesuatu kepada khalayak yang lebih luas. Pada masa pemilu, jasa promosi dengan baliho jadi semakin marak. Banyak calon pemimpin daerah yang mempromosikan diri mereka agar dikenal oleh calon pemiliknya.
Biaya pasang iklan baliho yang murah sangat menguntungkan karena dengan biaya murah tersebut dapat dipakai untuk memperbanyak baliho yang akan digunakan. Apa lagi promosi dengan cara mulut ke mulut sudah tidak lagi efektif. Berpromosi dengan media online memang cukup bisa diandalkan, tapi tim social marketing yang baik dibutuhkan untuk media iklan ini.
Sekarang ini semakin banyak perusahaan penyedia jasa pembuatan media iklan yang memberikan persaingan biaya pasang iklan baliho. Mereka menawarkan harga yang beragam untuk pembuatan baliho berbagai ukuran. Beragamnya harga ini membuat persaingan menjadi semakin menarik.
Tentunya pilihan kembali kepada pengguna jasa. Sebagai pemilik produk yang akan diiklankan, maka menjadi keputusan mereka untuk memilih apakah membutuhkan baliho dengan harga mahal mau pun murah, juga baliho dengan kualitas bagus mau pun baliho dengan kualitas yang apa adanya.
Pertimbangan Sebelum Menentukan Biaya Pasang Iklan Baliho
Lokasi Penempatan Baliho
Baliho hampir mirip dengan bilboard. Bahkan penampangnya bisa lebih luas dari pada bilboard. Perbedaannya adalah pada masa pasangnya. Biasanya baliho hanya semi permanen dan sementara sedangkan bilboard sifatnya lebih permanen karena lebih lama.
Pemasangan baliho ini kerap kali ditemui paling sering adalah pada saat pemilu. Baliho-baliho dengan ukuran raksasa terpampang di setiap sudut kota. Penempatan baliho ini juga menentukan viewer yang melihat iklan tersebut. Semakin strategis penempatan suatu baliho, maka biaya pasang iklan baliho juga semakin mahal.
Lokasi juga menentukan pemasangan baliho. Dengan penampang yang seluas itu dan konstruksi yang lebih ringan dari pada bilboard, maka baliho lebih rentan terhadap cuaca seperti terpaan angin kencang. Untuk itulah dibutuhkan pemasangan yang teliti serta melihat kondisi lokasi pemasangan. Memasang baliho di dekat pohon besar bisa membantu baliho terlindung dari angin kencang.
Ukuran Baliho
Baliho tidak mempunyai aturan baku tentang ukurannya. Media promosi ini bisa tersedia dalam ukuran yang bermacam-macam. Penentuan besarnya baliho ini juga akan menentukan biaya pasang iklan baliho. Semakin besar tentunya biaya yang dikeluarkan juga makin besar. Besar kecilnya baliho juga tergantung pada perhitungan bagian pemasaran dan selera pemilik produk sebagai pemasang iklan.
Ukuran baliho juga menentukan lokasi tempat pemasangannya. Untuk baliho berukuran super besar tentunya tidak pas jika dipasang pada jalanan yang sempit. Penentuan titik pasang ini hendaknya didiskusikan kepada tim pemasaran dan bagian jasa pembuat advertising baliho ini.
Sifat baliho yang sementara juga harus dipikirkan. Karena baliho hanya dipasang selama periode event tertentu saja, maka sebaiknya konstruksi baliho juga memudahkan untuk dilakukan bongkar-pasang dan tentunya menyesuaikan dengan ukuran baliho.
Bahan Pembuat Baliho
Baliho bisa dibuat dari logam mau pun kayu. Untuk media yang akan ditumpuk dengan desain bisa menggunakan kain serta fiberglass. Beda bahan tentunya akan menyebabkan perbedaan biaya. Selain itu perbedaan bahan akan menentukan rumit atau tidaknya pemasangan yang berimbas pada biaya pasang iklan baliho. Kemungkinan-kemungkinan ini sebaiknya sudah dimasukkan ke dalam anggaran.
Bahan pembuat baliho juga menentukan hasil desain yang akan ditimpakan di atasnya. Karena baliho biasanya berisi tentang informasi, maka memilih media yang tepat akan membantu iklan yang akan disampaikan menjadi mudah terbaca. Jika tidak, maka pesan yang terkandung tidak dapat sampai kepada target pasarnya.
Tujuan Baliho
Sebelum memasang baliho, tentunya tujuan pembuatan baliho harus diperjelas. Apakah untuk mempromosikan sebuah acara, mengiklankan suatu produk atau untuk memperkenalkan profil seseorang mau pun sesuatu.
Tujuan berbeda tentunya akan membuat konten yang dimuat di dalam baliho juga berbeda. Desain dalam baliho juga disesuaikan dengan konten yang akan dimuat di dalam baliho. Unsur-unsur informatif yang ada di dalam baliho juga harus merepresentasikan produk yang akan dipromosikan.
Keterbatasan penampang baliho juga mengharuskan pembuat baliho untuk lebih bisa kreatif dalam menciptakan konsep yang menarik untuk baliho tersebut. Ketentuan dalam baliho lebih luas dari pada pemuatan konten dalam bilboard karena kebebasan dalam membuat penampang dan biaya yang dikeluarkan.
Jasa Pembuat Advertising Baliho
Setelah semua sudah diperhitungkan, termasuk biaya dan konsep desain dari baliho, maka pertimbangan selanjutnya adalah memilih jasa pembuat baliho. Dengan semakin banyaknya orang yang akan mengiklankan produk mereka, maka semakin banyak pula pengusaha yang menyediakan jasa pembuatan baliho.
Anda dan tim pemasaran harus pintar menyeleksi jasa pembuat baliho yang terbaik di antara yang terbaik. Referensi dari berbagai pihak sangat dibutuhkan. Pilihlah jasa pembuat media iklan ini yang memiliki rekam jejak yang baik. Jika pun akan melakukan kerja sama dengan pihak yang masih baru dalam pembuatan advertising outdoor, pastikan Anda selalu mengecek proses pembuatan dan pemasangannya.
Penyedia layanan pembuat advertising outdoor tentunya memiliki standar sendiri-sendiri termasuk dalam menentukan harga dari baliho mereka. Anda dapat mendiskusikan biaya pembuatan dengan anggaran yang selama ini sudah Anda rencanakan.
Memilih biaya pasang iklan baliho yang terjangkau bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Apa lagi baliho hanya bersifat sementara. Pastikan Anda mendapatkan baliho yang memenuhi standar promosi Anda.
Kelebihan dari Pemasangan Baliho
Biaya pasang iklan baliho bisa dibilang cukup murah bila dibandingkan dengan bilboard yang permanen dan konstruksinya lebih berat. Biaya yang murah tersebut membuat baliho lebih banyak digunakan untuk memuat iklan yang bersifat memuat informasi baik tentang sebuah acara, produk mau pun mempromosikan seseorang atau lembaga.
Kelebihan baliho dalam memuat iklan adalah dapat lebih lama dibaca serta proses pembacaan pun bisa diulang-ulang. Pembacaan yang bisa lebih lama dan berulang ini membuat informasi dapat ditelaah dengan lebih baik. Sifat baliho yang fleksibel juga sangat cocok untuk mengkampanyekan produk yang tentatif.
Walau pun demikian karena konstruksi baliho yang cukup ringan menyebabkan media ini cukup rentan terhadap aksi vandalisme dan pengrusakan. Baliho juga memiliki jangkauan yang terbatas karena memang iklan yang dimuat sangat terkotakkan. Selain itu media ini juga sangat rentan terhadap cuaca.
Untuk itulah ada baiknya untuk memilih jasa pembuat baliho yang berkualitas walau pun terkadang mereka membanderol biaya pasang iklan baliho yang lebih mahal. Namun biaya yang mahal ini sebanding dengan kemampuan mereka dalam menanggulangi kemungkinan kerusakan baliho.