Signage Kota

Signage KotaSignage akrilik peta wisata kota hanyalah satu dari banyak aplikasi signage yang dikembangkan dan dipasang di pusat kota. Seperti namanya, signage peta wisata kota berisi panel peta informasi yang berfungsi untuk memandu wisatawan asing menemukan titik lokasi yang hendak dituju. Menemukan signage peta kota tidak sulit, umumnya dipasang dibody halte bus atau di dinding stasiun kereta api. 

Signage Kota

Pengertian Signage Kota

Secara harfiah signage disebut sebagai panel atau papan informasi yang dipasang di jalan raya atau di bagian dalam dan outdoor gedung.  Tujuannya sangat beragam, mulai dari pengenalan brand, media periklanan promo atau diskon dan lainnya.

Yang dimaksud dengan urban signane adalah pemasangan papan informasi atau panel penunjuk arah di kawasan perkotaan. Bisa ditemukan di jalan raya seperti papan petunjuk jalan atau menghiasi bagian depan pertokoan. Tidak sedikit pula gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan kota yang memasangnya. 

Pemasangan urban signage menjadi salah satu bukti kepedulian pemerintah dan pelaku bisnis dalam pembangunan infrastruktur di perkotaan. Berbeda dari pedesaan yang lebih banyak dikeliling oleh tanah persawahan dan perkebunan, kawasan urban cenderung dihiasi oleh gedung-gedung bertingkat. 

Contohnya Jakarta, kota urban yang tumbuh semakin pesat setiap harinya dengan aktivitas perekonomian di segala sektor. Tanpa fasilitas signage yang ditempatkan di berbagai lokasi, rasanya akan sulit bagi masyarakat untuk melakukan aktivitasnya dengan mudah. Seperti menemukan terminal keberangkatan pesawat yang benar di bandara atau menemukan rumah yang benar di kompleks perumahan.

4 Jenis Signage Kota

Ada beberapa model signage yang populer dan sering kali ditempatkan di jalan raya atau tempat umum. Dan inilah jenis signage yang banyak ditemukan di perkotaan:

  • Billboard

Saat berjalan ke berbagai tempat di pusat kota, Anda akan sering kali menemukan iklan promosi yang ditampilkan dalam layar besar itulah yang dinamakan billboard. Uniknya selain dimanfaatkan pelaku usaha untuk memajukan bisnisnya terkadang billboard juga dimanfaatkan pemerintah untuk menyampaikan informasi tertentu. 

Semenjak perkembangan teknologi semakin maju, billboard mulai dibuat dalam versi digital dan mobile billboard. Masing-masing signage tersebut dipasang di tempat-tempat umum. Dalam media advertising, billboard digital termasuk media iklan modern yang hanya dilakukan beberapa pelaku usaha. Karena proses pembuatannya memakan biaya yang cukup tinggi. Meski demikian kehadiran billboard digital memberi angin segar terutama untuk kemajuan bisnis dan promosi produk baru. 

  • Megatron

Merupakan konsep billboard yang lebih canggih karena menampilkan gambar bergerak. Billboard ini memiliki tampilan lebih unik dan menarik, apalagi bila ditunjang dengan cerita iklan yang menarik. Kehadiran megatron sering kali kita temukan di pinggir jalan atau sengaja dipasang di dinding jembatan penyebrangan.

Megatron paling sering dimanfaatkan oleh pelaku bisnis yang ingin mengenalkan iklan mereka dengan durasi lebih banyak. Iklan tidak hanya ditampilkan di televisi atau radio tapi turut ditampilkan secara langsung di sekitar masyarakat. Tapi terkadang tipe signage kota ini dimanfaatkan oleh beberapa pusat perbelanjaan dan hotel sebagai bagian dari outdoor interior. Dengan pengaturan gambar dan kontras warna terbaik, megatron signage akan memberikan tampilan indah dan unik dari suatu publik building. 

  • Baliho

Dari kedua model signage yang telah disebutkan di atas, baliho termasuk produk yang nilai jualnya tinggi dengan modal rendah. Berbeda dari billboard yang ditempatkan secara permanen di suatu wilayah, baliho dipasang semi permanen.  Meskipun dipasang permanen, iklan yang muncul di panel billboard kerap kali berubah tidak menetap.

Baliho dibuat dari material beragam, termasuk logam, kayu, fiberglass, kain dan masih banyak lagi. Berita atau informasi yang ditampilkan pada baliho merupakan pesan jangka pendek mengenai kegiatan tertentu, tidak jarang promotor acara memasang informasi terkait programnya di baliho. Tujuannya dan kegunaan signage kota ini masih sama untuk memberikan pesan pada audience. 

Dengan harapan pesannya tersampaikan dengan baik, sehingga ketika tiba saatnya pelaksanaan acara orang yang datang cukup banyak. Karena tujuan dari penggunaan baliho tidak lain untuk meningkatkan grafik pengunjung acara. Semakin unik tampilan baliho, akan semakin banyak audience yang tertarik untuk melihat. 

  • Videotron

Beda dari baliho yang dikenal sebagai signage kota murah, videotron justru model signage yang cenderung mahal. Karena konsep pembuatannya mengikuti perkembangan zaman digital. Isi yang ditampilkan pada videotron tidak hanya gambar bergerak biasa melainkan video dan gambar film digital. 

Selain memperhatikan modal untuk pembuatannya, pelaku bisnis wajib mempersiapkan materi videotron dengan sebaik mungkin. Bila materi yang ditampilkan kurang komersil atau terlalu sederhana justru audience akan kehilangan minat untuk sekedar menengoknya saja. 

Biasanya perusahaan besar dan pelaku usaha skala menengah akan meminta bantuan jasa advertising yang bekerja sama dengan jasa pembuatan signage videotron. Proyeknya pun diberikan pada jasa advertising yang andal dan sudah cukup berpengalaman. 

Alasan Mengapa Perlu Menggarap Digital Signage di Perkotaan

Di atas telah disebutkan beberapa model digital signage yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian di pusat kota. Akan tetapi, benarkah signage mampu memberikan dampak positif terhadap bisnis? Mari lihat, beberapa alasan perlu tidaknya memasang digital signage berikut:

  • Sangat berpengaruh pada audience

Salah satu keistimewaan dari signage digital adalah materi iklan yang modern dan berkembang. Bila dahulu orang hanya melihat panel iklan biasa di pinggir jalan namun dengan perkembangan teknologi tampilannya berubah menjadi video yang unik.

Materi yang ditampilkan sangat beragam, beberapa adalah iklan produk terbaru tapi ada pula yang menampilkan promosi acara. Apa pun model iklan yang ditampilkan masing-masing signage kota outdoor memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap audience. Apalagi jika signage tersebut dikemas dengan profesional oleh jasa signage terpercaya.  

  • Pesan berteknologi canggih

Di generasi milenial, semua orang lebih suka berhubungan dengan smartphone dan produk digital lainnya. Digital signage dinilai jauh lebih modern dan hampir semua orang mudah memahami pesan yang tertulis di papannya. 

Tidak heran jika digital signage menjadi salah satu model usaha yang sangat populer belakangan ini. Banyak jasa advertising yang menawarkannya dan banyak pula pelaku bisnis pembuatan signage yang membuka usaha. Karena semakin kesini semakin banyak pebisnis yang lebih suka membuat digital signage daripada iklan lainnya. Digital signage ditampilkan secara permanen dan pebisnis bisa menampilkan materi iklan yang berbeda. Dalam kacamata keuangan, cara ini jauh lebih murah dan efisien. 

  • Bisa menjadi jembatan kolaborasi antar pengusaha

Beberapa jasa advertising membuka kesempatan emas bagi jasa pembuatan signage kota untuk melakukan kolaborasi. Selain kerja sama antar penyedia jasa, kerja sama juga bisa dilakukan antara perusahaan. Contohnya iklan rokok yang berpartner dengan promotor acara tertentu.

Materi iklan yang ditampilkan adalah promosi acara tapi di akhir bisa ditambahkan dengan iklan rokok. Kolaborasi ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis, bukan hanya berasal dari iklan rokok saja. Keuntungan membuat iklan berpartner akan memberikan efisiensi biaya bagi kedua belah pihak.

Biaya bisa dibagi rata menjadi dua, sayangnya kolaborasi iklan seperti ini memiliki batasan waktu. Jika acara sudah berlalu, perusahaan rokok akan menarik iklan tersebut dari digital signage dan digantikan dengan iklan terbaru. Agar tidak mengalami kerugian akibat terlalu sering mengubah image iklan, perusahaan biasanya hanya berpartner dengan penyedia acara yang potensial. Contohnya acara konser penyanyi dari luar negeri atau acara temu penggemar. 

  • Memiliki tujuan dan audience yang jelas

Fungsi signage kota sangat beragam namun hampir semua signage digital yang ditampilkan memiliki tujuan dan audience yang jelas. Contohnya videotron yang menampilkan iklan produk, di mana tujuannya adalah memperkenalkan brand dan produk. Sementara untuk audience, perusahaan akan menentukan target marketing di awal sebelum iklan dibuat. 

Model iklan yang digunakan pun sangat jelas, contohnya iklan kosmetik yang kebanyakan  menggunakan wanita dewasa. Sementara iklan travelling biasanya ditampilkan oleh model sekeluarga. 

  • Eksplorasi pesan signage sekreatif mungkin

Berbeda dari iklan di media cetak yang hanya menampilkan pesan teks saja. Pesan yang ditampilkan di digital signage jauh lebih berbobot dan berkesan. Sebelum produk dibuat, semua detail akan diperhatikan dengan baik. Mulai dari materi mentah hingga materi yang siap dieksekusi.

Untuk membuat digital signage terutama billboard digital, suatu perusahaan biasanya mempekerjakan tim kreatif yang profesional. Tim kreatif yang akan membantu merancang materi iklan agar terlihat semenarik mungkin. Meskipun iklan hanya ditampilkan selama beberapa detik, audience akan dengan mudah menyerapnya bahkan mengingatnya. 

Proses untuk menemukan materi iklan signage bisa dilakukan melalui beberapa tahapan. Seperti observasi digital signage di pusat kota atau melihat contoh iklan bergambar dari televisi dan media sosial. Tidak heran jika proses pengerjaan billboard signage memakan waktu yang lama daripada iklan teks yang ditampilkan di media massa. 

Mengingat sebelum materinya disetujui oleh semua pihak, tim kreatif tidak akan bisa menggarap billboard digital. Persetujuan semua pihak benar-benar diperlukan, usai materi disetuju tim kreatif baru bisa mengeksekusi idenya dengan kucuran dana yang diberikan perusahaan.

  • Bersifat permanen

Berbeda dari iklan koran yang akan ditarik jika masa berlangganannya habis, membuat billboard digital memberikan pelayanan iklan semi permanen hingga permanen. Dengan catatan billboard dibuat di depan properti Anda dan hak miliknya atas nama Anda bukan menumpang iklan di billboard umum.

Karena bersifat personal, billboard digital tersebut bisa Anda gunakan sesuka hati. Mau menampilkan pesan apa saja tidak menjadi persoalan, selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah pajak reklame. Karena pembuatan reklame mendapatkan klaim pajak dari pemerintah. 

Pada akhirnya, selain memikirkan modal untuk mendesain panel pesan yang baru seorang pelaku bisnis juga harus memperhatikan biaya pemasangan reklame di properti miliknya. Bila kehadiran billboard digital memberikan keuntungan yang lebih besar daripada pengeluaran perusahaan, Anda bisa meneruskan materi periklanan ini untuk jangka waktu panjang. 

Bekerja di jasa periklanan selalu dituntut untuk bersikap kreatif, apalagi jasa ini sering kali berhubungan dengan berbagai permintaan salah satunya pembuatan signage. Jika pembuatan signage bukan hal yang familier, pilih salah satu jasa pembuatan signage populer di perkotaan. 

Ada banyak jasa yang menawarkan materi signage digital dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget. Cukup pertimbangkan pula cara eksekusi layanan pembuatan signage kota, apa sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda atau belum.

Leave a Reply

× WhatsApp Chat