Tips Membuat Plang Papan Nama Sekolah

Plang Papan Nama Sekolah – Plang atau papan nama merupakan sebuah media penyampaian informasi tentang lokasi, jasa, maupun keterangan terkait suatu lokasi usaha, tempat, maupun jasa.  Plang nama sekolahan ini sering dipakai untuk menjadi penanda dan keterangan dari suatu badan usaha, lembaga pemerintahan, maupun lembaga pendidikan. Anda tentu akan menemukan plang nama sekolah yang berisikan tentang informasi terkait sekolah tersebut. Biasanya akan dicantumkan nama sekolah, alamat, hingga organisasi-organisasi yang dicakup oleh sekolah tersebut.

Plang Papan Nama Sekolah

Bagian-bagian Plang Nama Sekolah

Plang nama sekolahan pada umumnya tidak hanya berisikan nama dan alamat sekolahan saja, namun juga organisasi-organisasi di dalam sekolah seperti OSIS dan Pramuka. Pembuatan plang sekolah yang menarik tentu akan membuat banyak calon siswa tertarik dengan sekolah tersebut, serta membanggakan bagi para siswa yang bersekolah di tempat tersebut. Plang nama biasanya terdiri atas beberapa bagian berikut :

  • Kerangka

Kerangka plang nama biasanya terbuat dari benda keras dan kuat seperti besi, alumunium, maupun galvanis. Kerangka plang menjadi dasar bagi pemasangan papan nama sehingga membutuhkan konstruksi yang kuat dan tahan lama. Kerangka dari besi umumnya dipilih karena harganya yang relatif murah, namun memiliki kekurangan dari segi daya tahan karena mudah terkena korosi. Kerangka dari alumunium maupun galvanis umumnya lebih mahal dari besi, namun memiliki bobot yang lebih ringan. Kendati demikian, kekuatan dan ketahanan dari material ini jauh lebih baik.

  • Cover

Cover merupakan dasar papan yang digunakan untuk mencantumkan informasi yang akan ditampilkan. Banyak sekali material yang bisa dipakai untuk membuat cover ini seperti kayu, alumunium, seng, hingga acrylic. Cover ini biasanya akan dipasangkan pada kerangka plang.

  • Gambar

Gambar atau tulisan dari informasi yang akan ditampilkan juga dapat dihasilkan dari berbagai macam proses. Proses pembuatan gambar atau tulisan ini dapat dilakukan dengan pengecatan, printing, penyablonan, bahkan dengan menempel stiker. Ukuran dan kualitas gambar haruslah disesuaikan dengan ukuran cover yang menjadi papan penampil informasi tersebut.

  • Frame

Frame atau bingkai merupakan penjepit atau pencengkram dari cover yang akan dipasangkan pada kerangka. Frame ini biasa dibuat dari bahan plat tipis yang kuat seperti seng maupun alumunium. Pemasangan antara frame, kerangka, dan cover ini biasanya menggunakan baut maupun dipatenkan dengan las.

Plang Nama Pondok Pesantren

Ukuran Plang Nama

Ukuran plang nama sekolahan juga harus menjadi prioritas yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pembuatan plang. Ukuran plang yang akan dibuat harus disesuaikan dengan ketersedian lahan dan lokasi yang akan menjadi tempat pemasangan. Panjang dan tinggi dari keseluruhan plang nama yang akan dipasang ini nantinya akan mempengaruhi ukuran-ukuran lainnya seperti ukuran frame, cover, hingga besar tulisan dan gambar yang akan dicantumkan.

Untuk menentukan ukuran yang tepat, anda bisa memerhatikan jarak lokasi pemasangan plang dengan lokasi baca seperti jalan di depan sekolah ataupun dari seberang sekolah. Besarnya huruf dan logo yang hendak dipasang tentunya harus dapat dilihat dengan mudah oleh orang yang lewat, terutama pengendara kendaraan yang lewat.  Anda bisa menggunakan ukuran kertas HVS sebagai patokan pengukuran tulisan yang hendak dibuat.

Material Pembuat Cover

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu bagian penting dari plang nama sekolah adalah cover. Pada cover ini akan menjadi dasar bagi tulisan maupun gambar yang menjadi informasi bagi sekolah tersebut. Bahan cover ini juga akan memengaruhi proses dan bahan untuk pembuatan tulisan maupun gambar. Bahan-bahan yang umumnya digunakan untuk membuat cover adalah acrylic, kayu, alumuniu, dan seng. Bahan-bahan tersebut memiliki kelemahan dan kelebihannya tersendiri.

  • Acrylic

Material yang seperti kaca namun lebih lentur dan kuat ini menjadi pilihan terbaik saat ini. Material acrylic memiliki ketahanan yang baik terhadap perubahan cuaca maupun dari serangga seperti rayap. Selain itu material ini juga memiliki bobot yang ringat, sehingga tidak membutuhkan kerangka yang terlalu besar untuk memasangnya. Kendati demikian, harga bahan ini cukup mahal tergantung tingkat ketebalannya. Penggunaan material ini bisa memberikan kesan elegan yang modern.

  • Kayu

Bahan kayu juga bisa dipakai sebagai bahan cover plang sekolah. Banyak sekali pilihan papan kayu yang bisa digunakan untuk kebutuhan ini, mulai dari triplek maupun potongan kayu utuh. Harga material kayu juga cenderung lebih murah, namun kembali lagi pada jenis kayu yang dipakai. Penggunaan material kayu juga bisa menampilkan kesan elegan yang alami dari sekolahan tersebut. Namun material kayu cenderung tidak memiliki ketahanan yang baik dari serangga maupun perubahan cuaca. Oleh karena itu, dibutuhkan pengecatan atau finishing yang tepat dan berkala untuk menjaga keawetannya.

  • Alumunium

Lembaran alumunium adalah material yang umum dipakai dalam pembuatan plang. Lembaran material ini memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik terhadap cuaca maupun serangga. Penggunaan cover ini juga bisa dibarengi dengan pembuatan kerangka dari bahan alumunium untuk hasil yang lebih kuat dan tahan lama. Ketebalan alumunium biasanya tersedia dari ukuran 1-20 milimeter, dimana semakin tebal ukurannya, makan bobotnya juga akan semakin berat.

  • Seng

Material seng mirip seperti alumunium, namun memiliki kandungan besi yang lebih tinggi.  Kandungan besi ini mudah mengalami korosi oleh cuaca dan air, sehingga cepat berkarat dan keropos. Oleh karena itu material ini membutuhkan pelapisan anti karat yang cukup tepat agar lebih awet dan tahan lama. Material ini banyak dipilih karena alasan ekonomi.

Plang Nama Sekolah

Penggambaran

Penggambaran tulisan dan gambar pada cover dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara yang umum dilakukan adalah dengan pengecatan pada cetakan yang telah dibuat sebelumnya. Teknik ini biasanya digunakan untuk cover dengan material alumunium, seng, maupun kayu.  Untuk material acrylic biasanya dilakukan dengan penempelan stiker yang ukurannya telah disesuaikan dengan ukuran cover. Stiker cutting laser juga bisa digunakan untuk ditempelkan pada material-material tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih tajam dan jelas. Saat ini terdapat pula alternatif dengan mencetak informasi yang akan ditampilkan dalam plang nama sekolahan menggunakan printer khusus. Hal ini bisa diterapkan pada material acrylic.

Keunggulan dari penggunaan stiker adalah desainnya yang bisa menyesuaikan dengan berbagai warna dan media. Sementara untuk pengecatan atau teknik sablon, pilihan warna akan sangat terbatas, dan biasanya cover akan dilapisi warna putih terlebih dahulu.

Harga

Salah satu yang harus dipertimbangkan dalam pengadaan plang nama sekolah adalah harga. Faktor harga dan ketersedian dana ini akan memengaruhi dari material yang dipilih. Harga antar satu penyedia  jasa dengan lainnya tentu cukup beragam sehingga anda bisa membandingkan satu dengan lainnya. Bila ketersedian dana terbatas, material rangka besi dan cover seng dengan finishing cat bisa anda pertimbangkan . Pilihan lain adalah material cover kayu dengan rangka besi.

Namun bila tersedia dana yang cukup besar, material acrylic adalah pilihan terbaik untuk jangka panjang. Selain awet, acrylik juga memberikan kesan yang mewah serta menarik. Untuk rangka, material galvalis atau alumunium merupakan pilihan yang sangat tepat.

Jasa Pembuatan dan Pemasangan

Untuk mendapatkan hasil terbaik dan kualitas yang terjamin anda dapat menghubungi penyedia jasa dan pembuatan plang nama sekolahan. Jasa pembuatan yang terpecaya seperti sinergimedia.co.id menyediakan berbagai pilihan terbaik untuk plang sekolah anda.

No Responses

Leave a Reply

× WhatsApp Chat